31 Des 2022

PBNU Gelar Halaqah Fiqih Peradaban di Pondok Buntet Pesantren

INDOMEDIANEWSC- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren menyelenggarakan Halaqah Fiqih Peradaban dengan tema “Kontekstualisasi Kitab Kuning dalam Menghadapi Tantangan Modernitas di Eraa Tatanan Dunia Baru”. Kegiatan ini digelar di Aula Akademi Keperawatan (Akper) Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat pada Jumat (30/12/2022).

Halaqah ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu (1) KH Husein Muhammad, Mustasyar PBNU; (2) KH Abdul Moqsith Ghazali, Katib Syuriyah PBNU; dan (3) KH Wawan Arwani Amin, Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon. Halaqah ini dipandu Ustadz Muhammad Sofi Mubarok, dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Kiai Husein menyampaikan bahwa seluruh produk keagamaan adalah produk Arabia abad pertengahan dalam nuansa budaya dan sistem patriarkhismenya. Namun, jarang yang membaca produk keagamaan sendiri. Padahal, telah terjadi perubahan situasi sosial, pergantian zaman, perbedaan ruang dan tradisi yang membuat hukum bisa berubah.
Karenanya, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Fikr Arjawinangun itu menyampaikan perlunya para ulama dapat lebih terbuka dalam memahami teks. Ia mengajak bergeser dari tekstualisme ke kontekstualisme, dari tafsir ke ta’wil, dari langit ke bumi.

“Sudah saatnya kita memahami teks keagamaan secara lebih terbuka,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Darul Fikr, Arjawinangun, Cirebon itu.

Sementara itu, Kiai Moqsith menjelaskan bahwa kontekstualisasi kitab kuning sudah dibicarakan di Watucongol, Magelang pada tahun 1988, sebelum Muktamar NU di Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta.

Ia juga menjelaskan bahwa di dalam muamalah, terbuka ijtihad. Banyak hal yang tidak tertuang dalam teks-teks nas sehingga perlu diinisiasi fiqih baru tanpa meninggalkan nas sebagai pijakannya. “Harus diinisiasi fiqih baru jika tidak ada penjelasan turats,” kata pengajar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Ia mencontohkan batas teritorial negara yang baru muncul dan tidak terdapat dalam teks-teks turats. Padahal di zaman Nabi Muhammad saw tidak ada batasan teritorial. Hal tersebut merupakan realitas. Karenanya, ia menyebut bahwa realitas dan teks merupakan simbiosis mutualisme, teks melahirkan realitas dan realitas melahirkan teks baru.

Adapun Kiai Wawan menyampaikan bahwa para pemikir NU sangat luar biasa dalam membahas realitas. Ia mengapresiasi inisiasi PBNU untuk menyelenggarakan kegiatan ini untuk dapat memberikan wawasan para kiai di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan Pimpinan Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU).

29 Des 2022

FKSB Cirebon " Salurkan Bantuan Bencana Cianjur"

INDOMEDIANEWSC - Kepedulian atas sesama terus didengungkan demi meringankan beban saudara-saudara di Cianjur yang tengah dilanda bencana.
Salah satunya yang dilakukan Forum Komunikasi Seni Burok (FKSB) Cirebon.

Sebagai upaya yang telah dilakukan melalui penggalangan Dana yang berhasil dikumpulkan melalui sumbangsih para pengguna jalan akhirnya berhasil disalurkan.

Hal tersebut disampaikan ketua FKSB Cirebon, H. Taufik, yang menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh warga dan pengguna jalan yang telah menyisihkan rijkinya.

"Kami atas nama pelaku seni, hususnya Forum Komunikasi Seni Burok Cirebon, menghaturkan rasa terimakasih yang tidak terhingga kepada seluruh warga Masyarakat yang telah menyisihkan rijkinya demi saudara-saudara kita di Cianjur yang saat ini tengah dilanda bencana, semoga apa yang telah diberikan akan bermanfaat dan mendapat imbalan yang setimpal dari Allah SWT" tuturnya. Kamis, 29/12/2022.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, hingga saat ini masih banyak kebutuhan yang diperlukan oleh warga Cianjur, oleh karenanya pihak FKSB mengajak kepada semua pihak untuk terus memberikan perhatian dan bantuannya demi meringankan beban warga Masyarakat Cianjur.

"Masih banyak hal yang harus kita berikan kepada mereka ( warga Cianjur- red) bukan hanya sebatas sembako, namun kebutuhan lainnya seperti tenda maupun sembako dan jenis lainnya, insayaAllah melalui donasi dan doa yang selalu kita curahkan akan meringankan beban dan kembali menjalani kehidupan normal" pungkas H.Taufik. (1c)

28 Des 2022

Kuwu Panongan Lantik Perangkat Baru " Sinergitas perlu terjalin"

INDOMEDIANEWSC- Kuwu Desa Panongan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, melantik dan mengambil Sumpah salah seorang Perangkat Desa Baru yang disaksikan seluruh unsur Muspika bertempat di kantor Aula setempat, Rabu,28/12/2022.

Dalam keterangannya, Kuwu Desa Panongan, Haerudin, menuturkan pelantilan perangkat Desa tersebut sebelumnya dilakukan penjaringan.

"Saat ini kami melantik perangkat Desa Baru, dalam hal ini Kadus Dusun 2, yang semula dijabat oleh Bapak Carman, karena yang bersangkutan mengundurkan diri, maka kami lakukan penjaringan sesuai Perbub 22 Tahun 2018,  hingga diperoleh satu nama yang dirasa berkopenten untuk.menduduki jabatan sebagai Kadus Dusun 2, yaitu Ibu Sri Mulyanti" tuturnya.

Lebih lanjut Haerudin menuturkan harapannya kepada Perangkat Desa yang baru dilantik dan diambil sumpah untuk bersinergi dan mampu bekerja dengan baik.

"Kami sangat berharap adanya sinegritas dari seluruh jajaran Perangkat Desa maupun Lembaga Desa yang ada, satu pesan kami, jangan malu bertanya dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan selalu berpegang pada aturan dan ketentuan yang berlaku, kami yakin dengan adanya kerjasama dan komunikasi yang terjalin baik akan mampu mewujudkan apa yang diharapkan, sehingga Desa Panongan akan lebih maju dan semakin bisa dibanggakan oleh semua pihak" jelasnya.(1c)

27 Des 2022

Personel Pospam Losari Polresta Cirebon Layani Masyarakat Dengan Gatur Lalin

INDOMEDIANEWSC  - Personel Pos Pam Losari Polresta Cirebon Polda Jabar melaksanakan pengaturan arus lalu lintas di kawasan Pertigaan Losari, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (27/12/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Pos Pam Gebang Operasi Lilin Lodaya 2022 Polresta Cirebon Polda Jabar KOMPOL Alisman, Tampak terlihat sejumlah anggota melakukan pengaturan lalu lintas di Pertigaan Losari antisipasi kemacetan selama musim libur sekolah dan Tahun Baru 2023.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol. Arif Budiman, S.I.K., M.H., melalui Kepala Pos Pam Losari KOMPOL Alisman menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rutinitas tiap personel di Pos Pam Losari dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas selama Libur Sekolah dan Tahun Baru 2023. Tiap personel yang piket selalu tiap pagi dan diwaktu tingginya volume turun ke jalan melakukan pengaturan lalu lintas.

"Pengaturan ini bertujuan untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas selama Libur Sekolah, dan Tahun Baru 2023. Selain itu juga bagian dari pada pelaksanaan tugas pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2022 di wilayah Hukum Polresta Cirebon Polda Jabar," ujar KOMPOL Alisman.

Menurutnya bahwa arus lalu lintas sampai saat ini masih terpantau normal, namun pada saat waktu tertentu terdapat sedikit kemacetan yang diakibatkan dari adanya peningkatan aktifitas masyarakat sekitar mengingat lokasinya berbatasan dengan Kab. Brebes Provinsi Jawa Tengah, akan tetapi masih dapat dikendalikan sehingga kendaraan dapat terus berjalan.

"Sampai dengan hari ini volume kendaraan masih normal, arus lalu lintas di Pertigaan Losari Cirebon terpantau ramai lancar baik yang berasal dari Jakarta menuju Jawa Tengah maupun dari Jawa Tengah Menuju Jakarta ," katanya.

Saya berpesan kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan kendaraan bermotor untuk tetap selalu perhatikan faktor keselamatan, baik dari kondisi kendaraan hingga tentunya dari fisik pengendara itu sendiri. Ujar KOMPOL Alisman.(1e)

pemdes Japura Lor " Lantik Anggota BPD masa bakti 2022-2028"

INDOMEDIANEWSC - Setelah sekian lama menanti dengan berbagai persoalan yang ada , akhirnya pelantikan BPD Desa Japura lor, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, dilaksanakan di Aula Kantor Desa setempat Senin, 26/12/2022.

Dalam keterangannya, Kuwu Desa Japura lor, Mulyadi, usai pelantikan BPD menyampailan harapannya.

"Kami sangat berharap setelah dilaksanakannya pelantikan BPD masa bakti 2022-2028 mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai mitra Desa, hal ini perlu dilakukan demi mewujudkan Pemerintahan Desa yang baik dan berkembang sesuai harapan bersama" tuturnya

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dalam Pemerintahan Desa diperlukan adanya dukungan dan sinegritas dari berbagai kalangan, termasuk didalamnya Lembaga Desa.

"BPD mempunya peran yang sangat penting dalam Pemerintahan Desa, oleh karenanya kami sangat berharap  kepada semua pihak untuk secara bersama sama membangun Desa ke arah yang lebih baik, hal tersebut bisa terwujud dengan adanya satu harapan yang mengutamakan kepentingan umum, dengan telah dilantiknya BPD dan disaksikan oleh seluruh unsur muspika, kami atas nama Pemerintahan Desa mengucapkan Selamat,  semoga mampu beriringan menciptakan kondusifitas dan keselarasan secara menyuluruh" pungkas Mulyadi. 

Nama-nama Yang dilantik sebagai berikut. 1. Herman ( Ketua) 2.Ami Maya Sopha (wakil ketua) 3.Ahmad Hidayat ( Sekretaris) 4.Fatwa Prihatin, 5. Muhammad Rwmlan, 6.Nirmala, 7.Katim, 8.Ayun Ainul Widad, 9.Iman Hermansah ( Anggota )(1c)


Tim Monev Kecamatan Turun ke Desa. " agar tertib Administrasi"

INDOMEDIANEWSC -  mewujudkan Desa yang tertib dalam administrasi, Tim Monitoring dan Evaluasi ( Monev), Kecamatan Lemahabang, mengunjungi beberapa Desa, diantaranya Desa Sarajaya, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Senin, 26/12/2022.

Kuwu  Desa Sarajaya, Rudiyana, mengatakan kegiatan Monev yang dilakukan oleh tim  Kecamatan Lemahabang tersebut, sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa, karena sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja ke depannya.
sehingga dari hasil Monev tersebut akan dijadikan dasar dalam membuat Laporan Pertanggungjawaban (SPJ) sesuai dengan peruntukannya.

"Dengan turun langsung ke desa jelas  sangat kami butuhkan, dengan demikian kami dapat memahami bagaimana pengelolaan Pemerintahan Desa yang baik dan benar sesuai aturan, sehingga dapat menekan kekeliruan atau kesalahan administrasi desa,” tutur Rudiyana .

Dirinya pun, menjelaskan, tujuan  Monev ini, tidak lain untuk lebih meningkatkan serta menguatkan kembali asas pengelolaan Keuangan Desa yang lebih efektif, efisien, dan akuntabel, agar dalam mengelola Dana Desa (DD), maupun anggaran lainnya yang diterima desa, akan tepat sasaran dan bisa memberdayakan masyarakatnya, sekaligus  guna menurunkan angka kemiskinan, dan tentunya dapat  membawa kemajuan bagi desa itu sendiri.

" Kami ( Pemdes, red) dengan adanya pembinaan ini, nantinya akan lebih tertib  adminstrasi  dan pengelolaan keuangan desa akan lebih baik lagi ke depannya,"ujarnya.

Lebih lanjut Rudiyana, menghimbau kepada  jajaran maupun masing-masing kasi, untuk dapat  melengkapi dokumen yang belum lengkap agar Administrasi Desa Sarajaya bisa tertib dan sesuai harapan semua pihak 

“Alhamdulilah, sejauh ini  sudah baik, namun memang diakuinya masih banyak yang harus dirapihkan,” pungkasnya  (1c)

26 Des 2022

Tinjau Pelaksanaan Natal, Kabupaten Cirebon Berlangsung Aman dan Kondusif

INDOMEDIANEWSC– Bupati Cirebon melakukan monitoring dan pemberian bingkisan/parsel untuk Pos Pengamanan (Pospam) dan gereja dalam pelaksanaan Natal Tahun 2022. Pemantauan didampingi Wakil Bupati Cirebon beserta Ketua DPRD, Kapolresta, Ketua FKUB, Forkopimda serta jajaran Pemerintah Kabupaten Cirebon, Minggu (25/12/2022). 

Perjalanan dimulai dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Cirebon menuju Pospam Kedawung, Bupati Cirebon beserta jajaran melakukan penyerahan bingkisan. Kemudian, dilanjutkan menuju Pospam Ramayana Weru dan Pospam Jungjang Arjawinangun untuk melakukan hal yang sama.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron M.Ag menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi dirinya bisa hadir secara langsung menemui saudara-saudara umat Nasrani yang sedang merayakan Natal, dan atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat Natal. 

"Saya ucapkan selamat Natal kepada saudara-saudara kita yang saat ini sedang merayakan. Semoga Natal ini menjadi berkah untuk kita semua," ujar Imron dalam sambutannya, ketika melakukan ramah tamah di depan para pengurus dan jemaat Gereja Bethel Indonesia (GBI) Arjawinangun.

Ia juga meminta agar seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon menjaga kerukunan antar umat beragama. Hal ini, menurut Imron, karena persatuan adalah modal utama untuk maju dan membangun daerah.

Ditambahkannya, bahwa Cirebon sebagai representasi atau miniaturnya Indonesia. Ia mencontohkan Arjawinangun, yang mempunyai tiga bangunan milik umat beragama yang berbeda-beda, tetapi tetap terjaga kerukunannya.

Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE MSi mengatakan bahwa Indonesia adalah negara Bhinneka Tunggal Ika yang kaya akan keanekaragamannya. “Negara kita ini negara Bhinneka Tunggal Ika dengan keberagaman suku, bangsa, agama dan budaya. Terbukti pada hari ini, kita melihat rasa persaudaraan dan perdamaian antara umat beragama,” ungkap Ayu. 

Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, agar dapat menyongsong tahun baru 2023 nanti dengan kondisi aman dan kondusif seperti saat ini. Dan berharap, tahun 2023 Kabupaten Cirebon bisa lebih baik dan lebih sejahtera lagi.

Sedangkan menurut Kapolresta, dari total keseluruhan 20 tempat ibadah, ada 19 tempat ibadah yang merayakan Natal. Dan dari unsur pengamanan, TNI/Polri dibantu pemerintah daerah seperti Satpol PP dan Dishub serta organisasi kemasyarakatan, pelaksanaan Natal di Kabupaten Cirebon dapat berjalan dengan aman dan kondusif. (Lisdis)

Kapolresta Cirebon Monitoring Pengamanan Ibadah Misa Malam Natal

INDOMEDIANEWSC- Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, melaksanakan monitoring ibadah misa malam Natal dengan mendatangi sejumlah gereja di wilayah Kabupaten Cirebon, Sabtu (24/12/2022) malam. 

Diantaranya, Gedung Yayasan Anugerah Kita Ciledug, GPDI Pasar Kue Weru, Gereja Katholik Paskah Kristus Losari, GKI Cipeujeuh Wetan Lemahabang, Gereja Santa Theresia Ciledug, dan Gereja Katholik Kristus Jaya Babakan.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, kegiatah tersebut bertujuan untuk mengecek dan memberikan keamanan serta kenyamanan pada Pelaksanaan Ibadah Misa Malam Natal dan Tahun Baru 2023 di Wilayah Hukum Polresta Cirebon.

Bahkan, termasuk pengecekan kesiapsiagaan personil yang ditugaskan di gereja-gereja untuk mengamankan ibadah misa malam Natal dan Tahun Baru 2023 di Wilayah Hukum Polresta Cirebon sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Pihaknya memastikan, jajaran Polresta Cirebon siap mengamankan libur Natal dan Tahun Baru 2023. Bahkan, ribuan personel gabungan juga disiagakan di pos pengamanan, pos pelayanan, pos terpadu, tempat ibadah, dan lainnya.

"Ploting personel tersebut untuk memastikan keamanan serta kenyamanan masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah hukum Polresta Cirebon," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H. (1e)

pejuang Siliwangi "Bela Negara wajib hukumnya " bagi Anak Negeri

INDOMEDIANEWSC-  memperingati Hari Bela Negara yang ke 74 Pejuang Siliwangi kabupaten Cirebon melakukan jalan santai dari kantor sekretariat Gunungjati sampai Kantor Pendopo Bupati Cirebon yang di sambut langsung oleh Bupati Cirebon Drs, H. Imron Rosyadi,.M,Ag

Ketua DPC Pejuang Siliwangi MUSTAMID. A.M, S.Pd., S.H., M.H., C.L.A. menjelaskan

" kita pejuang Siliwangi melakukan jalan santai yang merupakan implementasi dari undang-undang dasar 45 pasal 27 ayat 1 dan junto pasal 30 yang mana setiap warga negara berhak dan wajib melakukan pembelaan terhadap negaranya selain itu juga jalan santai ini dalam rangka memperingati hari bela negara yang ke 74 tahun" tuturnya Minggu ,25/12/2022.

Tujuan dengan diadakannya kegiatan tersebut selain agar sehat jasmani dan rohani sekaligus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air  sebagai warga negara Indonesia , karena tidak menutup kemungkinan ketika negara membutuhkan  maka kita sudah siap untuk membela negara Indonesia bahwa pejuang Siliwangi sesuai dengan namanya pejuang kita tampil sebagai garda terdepan.

" Maka dari itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing untuk ikut serta dalam Bela Negara,  jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran semangat serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai," lanjutnya.

Tugas Bela Negara tentulah bukan tugas yang ringan seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi namun saya yakin melalui sinergi antar perlindungan elemen bangsa Indonesia kita semua mampu membawa indonesia menjadi Negara yang berdaulat, mandiri adil, makmur, serta berkepribadian dalam kebudayaan,

" Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan jalan santai ini bisa menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air," pungkasnya.

Sementara itu Bupati Cirebon Drs, H Imron Rosyadi,M.Ag mengatakan. 

"Saya sangat senang dan apresiasi dengan apa yang dilakukan oleh pejuang Siliwangi dalam mengimplementasikan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada masyarakat khususnya seluruh anggota Pejuang Siliwangi ini adalah sebuah contoh yang patut kita tiru" jelasnya

Bahwa nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air sadar berbangsa dan bernegara setia pada Pancasila sebagai Ideologi Bangsa, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal bela negara nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara baik di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,

“Saya mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing untuk ikut dalam bela negara jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri dan sejahtera," pungkasnya.(1f)

25 Des 2022

RSUD Arjawinangun Raih Penghargaan dalam Ajang Indonesian Best of The Best Award 2022

INDOMEDIANEWSC-  -- RSUD Arjawinangun berhasil meraih penghargaan untuk kategori “The Best Reliable Hospital of Health Service Excellent of the Year 2022” dalam ajang Indonesian Best of The Best Award 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesia Achievement Center. Penyerahan penghargaan berlangsung di Ballroom The Alana Hotel & Convention Centre, Yogyakarta, Jum’at (23/12/2022).

Penghargaan diberikan kepada RSUD Arjawinangun Kabupaten Cirebon, karena dinilai keberhasilannya dalam melakukan pembenahan dan penataan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Ka Biro Umum Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah DI Yogyakarta, Drs. Imam Pratanadi, M.T mewakili Gubernur DIY sebagai perwakilan dari pihak pemerintah daerah dan diterima langsung oleh dr. Bambang Sumardi, MM MARS., selaku Direktur RSUD Arjawinangun.

Seraya mengucapkan rasa syukur, dr. Bambang Sumardi, MM MARS menyampaikan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi dan penyemangat bagi RSUD Arjawinangun untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan pelayanan prima (service excellent) kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon dan sekitarnya.

“Pada malam ini, ijinkan saya menyampaikan terimakasih kepada Indonesia Achievement Center yang telah menganugerahkan penghargaan ini. Penghargaan yang telah kami peroleh ini tidak terlepas dari kerja keras, kerja cerdas, dedikasi, loyalitas serta doa seluruh pegawai RSUD Arjawinangun dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Bambang.

Disamping itu, dirinya tak lupa pula mengucapkan terimakasih kepada keluarga (anak dan istri tercinta), seluruh pegawai RSUD Arjawinangun, serta pihak-pihak terkait yang selama ini telah mendukung penuh atas pencapaian tersebut. 

“Tak lupa saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pegawai RSUD Arjawinangun atas komitmen dan kinerja yang telah diberikan kepada RS. Terimakasih kepada Bapak Bupati Cirebon dan juga Pak Sekda selaku ketua Dewas atas dukungan penuh untuk kemajuan RSUD Arjawinangun. Semoga penganugerahan penghargaan ini akan selalu memberikan inspirasi, motivasi dan penyemangat dalam melakukan inovasi dan perubahan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan,” pungkas Bambang. (Lisdis)

Senam Kreasi Yayasan Erick Thohir " Kebangkitan Pasca Pandemi"

INDOMEDIANEWSC- Senam sehat dan kreasi di gelar Yayasan Erick Thohir di beberapa Desa, di Kabupaten Cirebon  secara serempak, Sabtu dan Minggu  24-25/12/2022.
Dilaksanakannya acara tersebut bertujuan agar Masyarakat kembali semangat setelah selama kurang lebih 2 Tahun terdampak pandemi Covid-19.
Selain mengajak Masyarakat untuk kembali bangkit dan membiasakan berolah raga demi kesehatan, Pelaksanaan senam yang digagas Yayasan Erick Thohir membagikan berbagai bingkisan maupun sembako yang penyalurannya diserahkan kepada pihak Pemerintahan setempat.
Hal tersebut disampaikan salah seorang Team Yayasan Erick Thohir, Viktor, kepada IM ditengah pelaksanaan Senam dan kreasi, Mingu, 25/12/2022.

"Kami sifatnya hanya memfasiliatsi, segala bentuk kegiatan maupun acara diserahkan kepada pihak Pemdes masing-masing, intinya adalah pelaksanaan yang digagas Yayasan Erick Thohir adalah untuk membangkitkan kembali semangat Masyarakat yang selama 2 tahun terkendala pandemi, semoga apa yang kami laksanakan mampu membangkitkan semangat sekaligus memberikan sesuatu yang berkesan" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Panongan Lor, Agus Syamsah.

"Kami sangat berterimakasih kepada pihak Yayasan Erick Thohir yang memberikan kami kesempatan untuk membangkitkan semangat warga melalui senam dan kreasi, harapan kami tentunya dengan dilaksanakannya acara tersebut benar-benar bermanfaat bagi warga Masyarakat" jelasnya.

Sementara itu, Kuwu Desa Beringin, Agung Gunawan, berharap acara seperti ini bisa dilaksanakan secara berkala.

"Senam maupun kreasi yang digagas Yayasan Erick Thohir sangatlah berpengaruh pada kehidupan Warga Masyarakat, bukan semata demi meningkatkan kesehatan, namun yang terpenting adalah terciptanya silaturahmi dan saling peduli akan sesama" tuturnya.

Hal yang serupa disampaikan Kuwu Desa Japura Bakti, Haerudin.

"Kalau bisa acara seperti ini tetap ada, kami yakin hal seperti yang digagas Yayasan mampu menghasilkam sesuatu yang positif" tuturnya. 

pelaksanaan senam dan kreasi berhasil menyedot animo Masyarakat, hal ini terlihat dari setiap pelaksanaan selalu dipenuhi oleh Masyarakat, terlebih lagi kaum perempuan, ditambah lagi bagi mereka yang hadir ,  mendapatkan hadiah langsung dan hadiah hiburan lainnya secara gratis.(1c)

24 Des 2022

Kapolresta Cirebon Dampingi Kakorsabhara Baharkam Polri Pantau Posyan Weru Operasi Lilin Lodaya 2022

INDOMEDIANEWSC- Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mendampingi Kakor Sabhara Baharkam Polri IRJEN POL Drs. Priyo Widyanto, M.M., memantau perkembangan arus kendaraan libur Natal dan Tahun Baru 2023 di Pos Pelayanan Ramayana Weru, Jumat (23/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Kakor Sabhara Baharkam Polri IRJEN POL Drs. Priyo Widyanto, M.M., memantau langsung situasi arus lalu lintas pada masa pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2022 di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Kakor Sabhara Baharkam Polri IRJEN POL Drs. Priyo Widyanto, M.M., juga turut didampingi oleh Dirsamapta Korsabhara Baharkam Polri BRIGJEN POL Dr. Rudi Antariksawan S.H. S.I.K. M.Si., dan Dir Samapta Polda Jawa Barat KOMBES POL Eko Wahyudi Krisgiono, S.I.K, M. Si.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengecekan pelaksanaan Ops Lilin Lodaya 2022 guna mengecek Sarana dan Prasarana pendukung pengamanan yang ada di pos serta kelengkapan administrasi.

Bahkan, termasuk pengecekan kesiapsiagaan personil hingga pengecekan Jalur dalam menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023  di Wilayah Hukum Polresta Cirebon dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pihaknya memastikan, jajaran Polresta Cirebon siap mengamankan libur Natal dan Tahun Baru 2023. Bahkan, ribuan personel gabungan juga  disiagakan di pos pengamanan, pos pelayanan, pos terpadu, dan lainnya.

"Ploting personel tersebut untuk memastikan keamanan serta kenyamanan masyarakat yang melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru 2023 di wilayah hukum Polresta Cirebon," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H. (1e)

22 Des 2022

Operasi Lilin Lodaya Dimulai, Polresta Cirebon Musnahkan Ribuan Miras Berbagai Merek

INDOMEDIANEWSC- Jajaran Polresta Cirebon memusnahkan ribuan minuman keras (miras) berbagai merek, Kamis (22/12/2022). Miras yang dimusnahkan di halaman parkir Lapangan Ranggajati tersebut merupakan hasil operasi cipta kondisi yang dilaksanakan sebelum Operasi Lilin Lodaya 2022.

Jajaran Forkopimda Kabupaten Cirebon memulai pemusnahan miras itu dengan melemparkannya kemudian dihancurkan menggunakan mesin setum. Bahkan, puluhan jeriken yang berisi ribuan liter miras jenis ciu dan tuak juga turut dilindas setum.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, miras yang dimusnahkan itu hasil merupakan hasil operasi cipta kondisi di wilayah Kabupaten Cirebon untuk menjaga kondusivitas selama pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2022.

"Pemusnahan miras ini sebagai bentuk pertanggungjawaban dari kegiatan razia yang dilaksanakan untuk mencegah potensi gangguan kamtibmas dalam momentum Operasi Lilin Lodaya 2022," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia mengatakan, jumlah miras yang dimusnahkan mencapai 11.270 botol berbagai merek, 2.350 botol ciu, dan botol tuak. Miras-miras tersebut disita dari para pedagang untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Agar momen Operasi Lilin Lodaya 2022 di Kabupaten Cirebon berjalan aman dan nyaman tanpa adanya gangguan tindak kriminal. Sehingga kondusivitas wilayah tetap terjaga dan masyarakat merasa aman serta nyaman.

Pihaknya menegaskan tidak akan pernah berhenti menggelar razia miras. Bahkan, kegiatan operasi cipta kondisi semacam itu bakal dilaksanakan secara rutin di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Ia memastikan, Polresta Cirebon tak akan henti-hentinya menggelar operasi pekat dengan mendatangi warung-warung yang nekat menjual miras. Pasalnya, selama ini miras menjadi sumber atau pemicu terjadinya berbagai tindak kriminalitas di Kabupaten Cirebon. 

"Karena kejahatan konvensional yang diawali dari mengkonsumsi miras sering kali terjadi di wilayah hukum Polresta Cirebon, tapi kami tidak akan pernah berhenti untuk memberantasnya, sehingga Kabupaten Cirebon selalu kondusif," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H. (1e)

Brebes Terima Penghargaan UHC

INDOMEDIANEWSC -Kabupaten Brebes berhasil mendapatkan penghargaan atas capaian Universal Health Coverage (UHC) atau capaian kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Brebes berhasil mencapai 95,94 persen sehingga diganjar penghargaan bersama 11 Kab Kota se Jawa Tengah.

Penghargaan diserahkan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan diterima Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Gubernuran Jawa Tengah, Semarang, Selasa 20/12/2022

"Alhamdulillah, Brebes bisa mencapai UHC semoga bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat karena ada jaminan yang nyata dari BPJS Kesehatan," ujar Urip usai menerima penghargaan.

Diterangkan Urip, UHC Kab Brebes Tahun 2022  mencapai  1.937.302 peserta atau 95,94 persen per Des 2022 dari jumlah penduduk sebanyak 2.019.255 jiwa.

Menurutnya, kepesertaan ini sangat membanggakan karena bisa menjadi daya dorong untuk hidup lebih sehat dan sejahtera.

Dengan UHC akan menjamin semua orang mempunyai akses kepada layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dibutuhkan, dengan mutu yang memadai sehingga efektif, disamping menjamin pula bahwa layanan tersebut tidak menimbulkan kesulitan finansial penggunanya.

Urip menerima penghargaan bersama Wali Kota Surakarta, Wali Kota Semarang, Bupati Purbalingga, Wali Kota Tegal, Wali Kota Salatiga, Bupati Klaten, Bupati Kudus, Bupati Rembang, Bupati Banjarnegara, dan Wali Kota Magelang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati menjelaskan, kepesertaan BPJS Kesehatan yang didaftarkan oleh Pemkab sampai 1 Desember 2022 sebanyak 91.691 peserta.

Sedangkan iuran JKN Tahun 2022 berasal dari 37,5 persen dari pendapatan pajak rokok atau Rp 71 miliar. 

Sedangkan dari APBD sebanyak 
Rp 26.141.477.375 yang digunakan untuk iuran JKN PBI APBD, bantuan iuran JKN PBI APBD, dan bantuan iuran JKN mandiri kelas 3 aktif 


Sedangkan Rp 570 juta digunakan untuk program share cost sebanyak 5.000 peserta yange e dibiayai CSR faskes, UMKM, UPK dan APBD.
Dalam sambutannya Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyampaikan harapannya daerah-daerah yang saat ini capaiannya belum 95 persen agar dapat segera menyusul 11 daerah yang saat ini target capaian UHC-nya sudah melebihi 95 persen.
Sementara Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyampaikan bahwa terkait dengan capaian UHC Jawa Tengah, sudah ada 11 kabupaten/kota yang capaian UHC nya melebihi 95 persen dan untuk Provinsi Jawa Tengah sendiri rata-rata capaian UHC nya 87,67 persen.

Ali Ghufron berharap seluruh wilayah di Provinsi Jawa Tengah dapat mencapai mencapai UHC 95 persen.  “Setelah 11 daerah mencapai lebih dari 95 persen, kami mendorong 24 daerah lainnya juga dapat mencapai UHC diatas 95 persen,” ujarnya.

Ali Gufhron mengapresiasi beberapa daerah yang melakukan terobosan-terobosan terkait pendanaan kepesertaan BPJS Kesehatan. “Saya mengpresiasi daerah-daerah yang melakukan terobosan, dengan melakukan sharing dari mereka yang mampu, bisa melalui CSR dan iuran bantuan dari ASN," jelas Direktur Utama BPJS Kesehatan.(lis was)

21 Des 2022

Bhabinkamtibmas Desa Megu Gede Hadiri Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu

INDOMEDIANEWSC – Guna memupuk kesadaran kesehatan lingkungan, Pemerintah Desa Megu Gede bekerja sama dengan Puskesmas Karangsari melaksanakan kegiatan musyawarah yang bertemakan lingkungan bersih dan sehat. Bhabinkamtibmas Desa Megu Gede Polsek Weru Polresta Cirebon Aipda Suwendi mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Balai Desa Megu Gede Kecamatan Weru, Rabu (21/12/2022).

Dalam musyawarah tersebut dihadiri oleh Kepala Desa setempat, Perwakilan Puskesmas Karangsari, Ketua LPMK Desa Megu dan lainya. Kepala Desa Megu Gede dalam sambutanya mengatakan, ”Di Ds. Megu Gede sudah kita bangun pembuangan Sampah, mari kita manfaatkan demi kesehatan dan kebersihan lingkungan.”

Terpisah terkait kegiatan Bhabinkamtibmas tersebut menurut Kapolsek Weru Polresta Cirebon, Kompol Endang Kusnandar mengatakan, “Bhabinkamtibmas sebagai unsur pelaksana di wilayah di harapkan selalu hadir dalam acara kegiatan di desa binaannya untuk tetap menjalin tali silaturohim kepada warga dan elemen masyarakat lainnya dan meningkatkan terus kinerjanya Bhabinkamtibmas agar warga masyarakat merasa terayomi dan terlayani kepentingannya dan cepat menerima informasi dari masyarakat.(1e)

Massa Aksi Datangi Kantor KPU Majalengka

INDOMEDIANEWSC-  Polres Majalengka Polda Jabar melakukan Pengamanan Aksi unjukrasa dari Elemen Mahasiswa tergolong dalam Kelompok Cipayung dengan jumlah massa 20 Orang berlangsung di Kantor KPU Majalengka, Selasa (20/12/2022).

Dalam aksinya massa Elemen Mahasiswa tergolong dalam Kelompok Cipayung Majalengka terdiri dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia  (GMNI) & Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menuntut ada kejanggalan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Majalengka.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Majalengka Kota AKP Fiekry Adi Perdana memastikan pengamanan unjuk rasa yang digelar oleh Elemen Mahasiswa Kelompok Cipayung itu mengedepankan cara humanis, dalam kesempatan tersebut Kapolsek Majalengka Kota beserta Kordiv Sosdikih dan Parmas KPU Majalengka Sdr. Cecep Jamaksari menemui Massa Aksi untuk melakukan Audiensi di Aula KPU Majalengka.

“Pengamanan unjuk rasa yang dilakukan bertujuan untuk menciptakan situasi kondusif. Kita pastikan pengamanan unjuk rasa dilakukan secara humanis, terimakasih kepada Elemen Mahasiswa Kelompok Cipayung yang telah bersinergi untuk menyampaikan aspirasi masyarakat sehingga semua aspirasi dapat tersampaikan. Alhamdulillah pengamanan unjuk rasa pun berlangsung tertib dan damai,” pungkas Kapolsek Majalengka Kota. (1e)

Pemdes Panongan lor bangun Taman Desa

INDOMEDIANEWSC- Pemerintahan Desa (Pemdes) Panonganlor Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon, saat ini tengah membangun taman desa.


Dalam penuturannya, Kuwu Desa Panonganlor, Agus Syamsah mengatakan, pembangunan taman balai desa tersebut untuk memberikan kesejukan dan kenyamanan. Selain itu, memperindah dan menambah keasrian desa. 

"Selain untuk memperindah, dengan adanya taman di balai desa, akan mempererat silaturahmi antar warga dan pihak desa," katanya disela mengawasi pengerjaan, Selasa 20/12/2022.

Ketua FKKC kecamatan setempat ini menjelaskan, penanaman pohon dan tanaman di balai desa ini sebagai upaya penghijauan dan mengurangi pemanasan global sekaligus persiapan menjadi tuan rumah bina wilayah (binwil) 2023.

 "Pemanasan global yang semakin memprihatinkan membuat pihak desa tergerak untuk  melakukan menghijaukan desa. Sangat banyak manfaat dengan menanam pohon. Baik pohon buah, tanaman hias maupun apotek hidup. Maka, manfaatkan pekarangan rumah, dengan menanam pohon, khususnya musim penghujan sangat baik untuk menanam pohon, selain menambah keasrian juga sangat bermanfaat jika di kelola dengan baik" tuturnya.

Dirinya mengajak pada seluruh warga, untuk berperan serta saat pelaksanaan. 

"Kami menghimbau kepada seluruh pihak untuk menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam nanti, karenena bukan saja bermanfaat bagi kita saat ini, tentunya sebagai kenangan bagi anak cucu kita kelak" pungkasnya.(1c)

20 Des 2022

Kapolsek Sumberjaya Berikan Sosialisasi Kenakalan Remaja, Bahaya Narkoba Dan Tertib Berlalulintas Di SMA 1 Sumberjaya

INDOMEDIANEWSC -  Kepedulian anggota Polsek Sumberjaya Polres Majalengka terhadap kelangsungan generasi muda sangatlah besar. Hal ini ditunjukkan dengan turunnya Kapolsek Sumberjaya bersama anggota ke sekolah atau madrasah untuk melaksanakan sosialisasi Kenakalan Remaja, Bahaya Narkoba dan Tertib Berlalu Lintas. Salah satunya di SMAN 1 Sumberjaya, Senin (19/12/2022).

Giat sosialisasi yang diberikan langsung oleh Kapolsek Sumberjaya AKP Asep Rusmawan di SMAN 1 Sumberjaya tersebut dikuti oleh ratusan Siswa yang menghadiri Sosialisasi Kenakalan Remaja, Bahaya Narkoba dan Tertib Berlalu Lintas.

Dihadapan siswa SMAN 1 Sumberjaya, AKP Asep Rusmawan selaku Kapolsek Sumberjaya menyampaikan penyuluhan khusus Terkait bahaya narkoba sehingga diimbau kepada para pelajar agar menjauhi narkoba karena akan merusak masa depan.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Sumberjaya Akp Asep Rusmawan mengungkapkan bahwa program Polisi masuk sekolah ditahun ajaran 2022-2023 sudah dimulai, salah satunya yaitu dengan memberikan sosialisasi bahaya narkoba, tertib berlalu lintas, Peraturan Baris Berbaris (PBB), dan Juvenile deliquent.

Kapolsek menjelaskan, tujuan dari digelarnya sosialisasi akan bahaya narkoba agar para siswa/siswi  baru dapat memahami dampak penyalahgunaan narkoba sehingga tidak terjerumus dengan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika sebagaimana yang di atur dalam Undang Undang Republik Indonesia No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Selain itu, Kapolsek juga memberikan penekanan terhadap para siswa/i yang masih tergolong anak dibawah umur untuk tidak diperbolehkan mengendarai Kendaraan bermotor di Jalan Raya, sebagaimana aturan lalulintas yang sudah diatur dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas Dan angkutan jalan.

Dalam giat sosialisasi, Kapolsek Sumberjaya juga memberikan kesempatan tanya jawab kepada para siswa/i baru seputar kenakalan remaja, bahaya narkoba dan tertib berlalu lintas, dengan harapan agar nantinya para siswa/i baru dapat menjadi agen pencegah penyalahgunaan narkoba serta agen keselamatan berlalu lintas.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Sumberjaya bapak yayat Hidayat.,Spd.,Mpd sangat mendukung kegiatan itu, menurutnya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena dapat menjadi bekal bagi siswa agar tidak terjerumus ke dalam kenakalan remaja dan tahu akan dampak mengonsumsi narkoba serta pengetahuan tertib berlalulintas. (1e)

19 Des 2022

Sipropam Polres Majalengka Gelar Apel Pagi di Lapangan Apel Mapolres

INDOMEDIANEWSC- Sipropam Polres Majalengka Polda Jabar menggelar apel pagi Fungsi Propam yang dipimpin langsung oleh Kasi Propam Polres Majalengka AKP Sarjiyo di Lapangan Apel Mapolres Majalengka, Senin (19/12/2022).

“Kepada seluruh Personil Sipropam sebagai fungsi pengemban tugas penegak disiplin di tubuh Polri haruslah bisa menjadi contoh dan tauladan bagi seluruh personil baik dalam kehidupan sehari - hari maupun dalam pelaksanaan tugas.”kata Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kasi Propam Polres Majalengka AKP Sarjiyo.

Ia juga mengatakan kesiapan Sipropam Polres Majalengka, untuk meningkatkan kedisiplinan personil pada setiap pelaksanaan tugas,“Propam yang memiliki fungsi pengawasan dan pengamanan terhadap para personil Polri harus menjadi contoh bagi seluruh anggota,”ujar AKP Sarjiyo.

“Apel pagi ini sebagai bentuk komunikasi dua arah antara pimpinan dan anggotanya. Selain itu, sebagai sarana penyampaian arahan kebijakan pimpinan agar tugas yang diemban dapat dilaksanakan sesuai dengan arah kebijakan pimpinan Polri”tandasnya. (1e)

18 Des 2022

GOW Adakan Forum Koordinasi se-Wilayah 3 Ciayumajakuning Provinsi Jawa Barat

INDOMEDIANEWSC – Forum Koordinasi Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se-Wilayah 3 Ciayumajakuning Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 dengan tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” diadakan di Hotel Apita Cirebon, Jum’at (16/12/2022). 

Pertemuan yang biasa dilaksanakan setiap 3 bulan sekali ini dihadiri oleh koordinator wilayah Ciayumajakuning beserta jajaran, para ketua organisasi wanita se-Kabupaten Cirebon serta segenap pengurus dan anggota GOW Kabupaten Cirebon.

Ketua GOW Kabupaten Cirebon, Dra. Hj. Heny Irawati menyampaikan bahwa pertemuan tersebut selain sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi juga saling tukar informasi agar bisa saling bersinergi, baik dengan sesama anggota GOW maupun dengan pemerintah daerah. Juga berinovasi dan berpartisipasi aktif membangun daerah melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM), khususnya perempuan.

“Sebagai organisasi wanita, GOW bisa menjadi leader dalam memberikan sumbangsih untuk daerahnya masing-masing, yakni dengan meningkatkan kualitas SDM anggota dan aktif berperan dalam organisasi,” ujar Heny.

Sementara itu, sambutan Bupati Cirebon yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Cirebon Dr. Budi Setiawan Sanjaya MM menyampaikan, Bupati Cirebon selaku Pembina GOW sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Kehadiran GOW di Kabupaten Cirebon merupakan salah satu kekuatan penggerak dalam meningkatkan kualitas SDM, khususnya perempuan, dalam mewujudkan cita-cita bangsa menjadikan masyarakat Indonesia, khususnya perempuan yang berkualitas,” kata Budi mewakili Bupati Cirebon.

Ia juga mengungkapkan bahwa meskipun tidak mudah, banyak permasalahan serta tantangan yang dihadapi, diantaranya masih tingginya keluarga miskin, belum optimalnya pelaksanaan perlindungan terhadap perempuan dan juga terbatasnya lembaga-lembaga yang belum menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Cirebon, serta upaya untuk mengatasi rendahnya partisipasi terhadap perlindungan perempuan.

“Tentu dibutuhkan dukungan dan partisipasi dari seluruh elemen bangsa. Mulai dari pemerintah, masyarakat, terutama GOW sebagai salah satu kekuatan atau pilar membantu pemerintah dalam meningkatkan SDM, khususnya bagi perempuan,” ujar Budi. (Lisdis)

16 Des 2022

SMSI Kota/Kab Cirebon dikukuhkan

INDOMEDIANEWSC- Kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota dan Kabupaten Cirebon periode tahun 2022- 2025 resmi di Lantik dan dikukuhkan, bertempat di gedung pertemuan Balai kota Cirebon, Jumat (16/12/2022)

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Pengurus SMSI Jabar, pengurus PWI Kota/Kabupaten Cirebon, serta perwakilan organisasi kewartawanan lainnya, Setda Kota Cirebon, Perwakilan dari Polresciko, dan Kodim Kota Cirebon, serta Tim Advokat SMSI kota/Kabupaten Cirebon

Sedangkan prosesi pelantikan kepengurusan SMSI Kota/Kabupaten Cirebon, dilaksanakan dan dipimpin langsung ketua umum SMSI Jabar H. Handriansyah, SH. melalui sekretaris SMSI Jabar Ahmad Syukri A.

Ketua SMSI Jawa Barat, Handriansyah, melalui sekretaris SMSI Jabar, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukuhkan kepengurusan SMSI Kota dan Kabupaten Cirebon periode 2022 – 2025.

“Adapun sebagai ketua SMSI Kota Cirebon terpilih, Arif Rohidin dan Ketua SMSI Kabupaten Terpilih, Toto M Said,” ujarnya.

Dirinya, berharap kepada pengurus SMSI Kota dan Kabupaten Cirebon yang resmi dilantik agar dapat bekerja maksimal dalam membesarkan dan dapat menjaga dan nama baik organisasi

”Saya meminta untuk dapat bersinergi dan berkontribusi dalam pembangunan di daerah,”

Pada kesempatan yang sama, Walikota Cirebon Azis melalui Setda Drs. H. Agus Mulyadi M.Si., menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi, atas dilantik dan dikukuhkan kepengurusan SMSI kota dan Kabupaten Cirebon ini

Tentunya, lanjutnya, di era globalisasi seperti sekarang ini tidak ada lagi insan media yang terhalang wilayah dalam mengimplementasikan profesi Jurnalistiknya.

“Saya berharap, keberadaan SMSI ini, dapat saling bersinergi, dapat mendorong terwujudnya target pembangunan di kota dan Kabupaten Cirebon,” ungkap Setda Drs. H. Agus Mulyadi M.Si.

Sementara ketua SMSI Kabupaten Cirebon Toto M Said, menyampaikan ucapan terimakasih khususnya kepada SMSI Jabar yang sudah melantik dan mengukuhkan kepengurusan di Kota dan Kabupaten Cirebon ini

Selain itu lanjut Toto, tidak lepas dirinya menyampaikan kepada Pemerintah Kota Cirebon yang sudah berkenan menjadi tempat terselenggaranya kegiatan ini.

“Semoga keberadaan SMSI di kota dan Kabupaten Cirebon ini dapat menunjang program pembangunan di daerah,” paparnya

Dirinya pun menyampaikan, dengan resminya kepengurusan SMSI Kota dan Kabupaten ini, diharapkan dapat bersinergi dengan organisasi kewartawanan yang lainnya, untuk bersama-sama mendukung pembangunan di daerah.

“Kami hadir bukan untuk bersaing, tapi kami hadir untuk ikut turut serta dalam membangun Kota dan Kabupaten Cirebon menjadi lebih baik lagi,” pungkas Toto.(1c)

Warga Astanajapura " Ada oknum dalam pengelolaan Limbah " kemanakan uangnya ?

INDOMEDIANEWSC- Puluhan perwakilan warga Masyarakat Desa Astanajapura, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, melurug Kantor Desa setempat, Jum'at 16/12/2022.
Kedatangan perwakilan warga tersebut menuntut adanya keterbukaan dan tranparansi terkait pemanfaatan dan pengelolaan limbah dari salah satu pabrik yang nilainya mencapai Milyaran Rupiah.

Melalui audensi antara warga dan pihak pemdes diharapkan  mampu memberikan pemaparan sesuai yang diharapkan demi terwujudnya sebuah keterbukaan publik.
Hal tersebut disampaikan salah seorang perwakilan warga setempat, Saeful, yang meminta pihak Pemdes dalam hal ini Kuwu untuk menjelaskan terkait anggaran lumbah.

"kami pada awalnya sangat mendukung pihak Pemdes, hususnya kuwu yang memanfaatkan Penghasilan dari limbah untuk kepentingan pembangunan Masjid, dimana Dana limbah tersebut selama kurun waktu beberapa Bulan sebesar Rp.1.2 Milyar. Sedangkan dari informasi yang kami terima, uang yang disumbangkan ke Masjid hanya sebesar Rp.400.000.000, lantas kemana sisanya" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan warga lainnya, Tabroni, dirinya sangat menyayangkan adanya penyalahgunaan wewenang terlebih lagi mengatasnamakan Agama atau tempat ibadah.

"Kami menduga dan menyayangkan adanya oknum yang bermain dalam pengelolaan limbah, karena sebelumnya limbah tersebut dikelola oleh komite, namun entah kenapa komite tersebut dibubarkan dan pengelolanya langsung dilakukan oleh Kuwu dan salah seorang oknum aparat, ini jelas merugikan Masyarakat, perlu diketahui, manfaat dari limbah ini bukan milik Kuwu atau golongan tertentu, hasil limbah ini milik warga, oleh karenanya hari ini (Jum'at)  perwakilan warga menuntut agar pihak Pemdes menggelar Musdes dan membuat Perdes terkait pengelolaan limbah, karena selama ini tidak ada musdes apalagi Perdes, karena ini sifatnya bisa dijadikan PAD ( penghasilan Asli Desa) maka wajib ada perdes dan di kelola dengan baik yang diperuntukan bagi kepentingan warga, bukan pribadi maupun golongan, oleh karenanya, Kami Masyarakat menuntut kepada pengusaha agar pengolahan limbah dihentikan sementara sampai selesainya dilaksanakannya Musdes hingga menghasilkan perdes, jika tuntutan kami tidak diindahkan, maka kami akan melakukan aksi lebih besar , termasuk melaporkan hal tersebut kepada pihak terkait" jelasnya.

Sangat disayangkan, Kuwu Desa Astanajapura, Faturohman, tidak hadir dalam acara Audensi tersebut, hal ini tentunya disayangkan warga yang  mengharap adanya penjelasan terkait pemanfaatan dana limbah, dengan tidak hadirnya Kuwu semakin menambah kecurigaan Masyarakat.(1f)


15 Des 2022

Diduga terpeleset "Warga Pamengkang Ditemukan Meninggal Dunia "

INDOMEDIANEWSC - Usa (47 tahun) warga RT 4/1 Blok Manis Dusun 1 Desa Pamengkang Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, ditemukan meninggal dunia di Sungai Kalilunyu.

Informasi  yang diperoleh IM, peristiwa yang terjadi Jumat (16/12/2022) sekitar pukul 9.30 WIB bermula saat korban melintasi sungai tersebut. Diduga terpeleset, korban jatuh dan hanyut. Kemudian pihak desa dan masyarakat mencari di sekitar lokasi dan sekitar satu kilometer dari lokasi kejadian, korban diketemukan lalu dibawa ke rumah duka.

Kuwu Desa Pamengkang, Kosasih membenarkan kejadian tersebut. "Setelah ada laporan warga, kami langsung ke lokasi sekaligus mencarinya dan tak jauh dari lokasi, korban diketemukan," ujar pria yang bjasa dipanggil Ujang ini. (1e)

Satuan Resnarkoba Polresta Cirebon Gencar Sisir Penjual Miras

INDOMEDIANEWSC - Lagi, ratusan botol minuman keras (miras) berhasil disita oleh Jajaran Satuan Reserse Narkoba Polresta Cirebon, pada Rabu pagi (14/12/2022). Miras tersebut, berhasil diamankan dari dua Kecamatan. Yakni, Kecamatan Palimanan dan Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon.

Dikatakan Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman melalui Kasat Narkoba Kompol Dadang Garnadi, razia yang dilaksanakan oleh pihaknya masi dalam rangka penyakit masyarakat (pekat) tahun 2022. Tujuannya untuk menciptakan situasi lingkungan yang aman dan kondusif pada perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, mendatang.

"Kita akan melaksanakan secara rutin dengan sasaran miras dan segala tindakan pidana apaupun, seperti obat-obatan maupun narkotika," kata Kompol Dadang Garnadi kepada  wartawan, Rabu (14/12/2022).

Kompol Dadang mengaku, pihaknya menerima laporan dari masyarakat adanya peredaran miras di wilayah tersebut. Penyidik pun kemudian mendatangi warung terindikasi menjual miras tersebut, dan melakukan pengledahan. Hasilnya, ratusan miras berhasil ditemukan.

"Ada yang dari informasi masyarakat dan ada yang dari temuan kita. Dari razia di wilayah Kecamatan Depok dan Palimanan, kita berhasil amankan 115 botol miras pabrikan dari berbagai merk," tandasnya.

Miras tersebut kemudian disita petugas. Diamankan untuk dijadikan sebagai barang bukti yang nantinya akan dimusnahkan pada akhir tahun 2022, nanti. Sementara penjualnya diberikan pembinaan dan peringatan tegas agar tidak lagi menjual miras.

Tidak bosannya, Ia juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi miras karena dapat merusak kesehatan, untuk penjualnya juga agar tidak jualan karena melanggar peraturan daerah (Perda). Pihaknya, tidak akan bosan melakukan razia.(1e)

Bupati Cirebon Secara Simbolis Serahkan DIPA Petikan dan Buku Alokasi TKD 2023

INDOMEDIANEWSC– Bupati Cirebon Drs H Imron M.Ag melakukan penyerahan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) petikan dan buku alokasi TKD (Transfer ke Daerah dan Dana Desa) tahun 2023 secara simbolis kepada lima satuan kerja yang mewakili instansi vertikal di Aula Kantor KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Cirebon, Rabu (14/12/2022).

Penyerahan DIPA TA 2023 sekaligus sebagai upaya untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran pusat maupun daerah. Hal tersebut juga sebagai awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN TA 2023 yang telah disepakati oleh DPR bersama pemerintah, dimana DIPA merupakan tahap akhir dari proses perencanaan sekaligus tahap awal dari proses pelaksanaan anggaran.

“Saya berharap kepada seluruh perangkat daerah, agar menggunakan alokasi TKD untuk meningkatkan kualitas kelola anggaran. Tingkatkan kemampuan perpajakan daerah, serta optimalkan dana desa untuk mendukung pemulihan ekonomi dan percepatan penanganan kemiskinan,” ujar Imron.

Sedangkan terkait pelaksanaan DAK fisik, dirinya berpesan agar pihak terkait segera melaksanakan pengadaan barang/jasa sesuai rencana kegiatan yang telah ditetapkan, menetapkan SOP dan norma waktu dalam tata kelola penyaluran dan reviu oleh APIP.

Sementara itu, Kepala KPPN Wilayah Cirebon, Lili Khamiliyah menjelaskan tujuan dari kegiatan ini. “Salah satu tujuannya, yaitu menyampaikan DIPA petikan dan buku alokasi TKD 2023 kepada seluruh satuan kerja dan para kepala daerah, serta memfasilitasi penyampaian fokus dan program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah tahun 2023,” ujar Lili.

Ia pun memaparkan pula mengenai kondisi perekonomian nasional saat ini, dimana telah menunjukkan trend positif dengan pertumbuhan diatas 5% selama empat triwulan terakhir, tingkat inflasi menunjukkan penurunan yang konsisten ke level 5,71%, neraca perdagangan mengalami surplus dari 30 bulan terakhir dan indeks PMI manufaktur menunjukan peningkatan dalam 14 bulan terakhir. 

“Memperhatikan capaian tersebut, kita harus optimis proses pemulihan ekonomi terus dijaga, meskipun harus tetap waspada terhadap resiko global,” sambungnya.

Tak lupa, ia pun menyampaikan terimakasih kepada kinerja seluruh satuan kerja, juga kepada pemerintah daerah atas pengelolaan TKD serta DAK fisik untuk wilayah Kabupaten Cirebon yang sudah tersalurkan semua. 

“Harapan  kami agar DIPA 2023 dapat segera menindaklanjuti atas kegiatan yang dapat dilaksanakan secara lebih awal, agar dapat dirasakan manfaatnya lebih awal pula oleh masyarakat secara maksimal,” pungkasnya. (Lisdis)

14 Des 2022

15 Hari penertiban Bangli " adakah yang bermain "?

INDOMEDIANEWSC - Penertiban Bangli ( Bangunan liar) sepanjang kanci hingga Mertapada, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, diberikan batas waktu 15 hari sejak diturunkannya Surat Peringatan dari pihak Pol PP Kabupaten Cirebon tertanggal  14/12/2022.

Puluhan Anggota Pol PP Kabupaten Cirebon mendatangi satu persatu rumah atau bangunan warga yang berdiri diatas tanah milik PUPR dengan  memberikan peringatan sekaligus pemasangan stiker yang bertanda bangunan dalam pengawasan Pol PP Kabupaten Cirebon.

Dalam keterangannya, Kabid Tibun Tranmas Kabupaten Cirebon, Maman Rukmana, menuturkan, bahwa batas waktu yang diberikan kepada warga untuk membongkar bangunan yang berdiri diatas lahan milik PUPR terhitung 15 hari kedepan.

"Kami memberikan batas waktu hingga 15 hari kedepan agar warga membongkar bangunan atau tempat tinggal yang berdiri diatas lahan milik PUPR, jika tidak maka akan dilakukan pembongkaran paksa, namun demikian tetap kami mengedepankan humanis dan memberikan pemahaman kepada warga Masyarakat, pembongkaran ini tidak serta merta, karena sebelumnya kami telah melayangkan surat pemberitahuan kepada pemilik bangunan" tuturnya.

Saat disinggung terkait adanya dugaan permainan yang dilakukan oknum tertentu, pihaknya menjelaskan.

"Memang benar ada laporan yang disampaikan anggota kami, bahwa ada persoalan terkait sewa tanah atau apapun bentuknya yang dilakukan pemilik bangunan dengan seseorang, oleh karenanya kami akan menindaklanjuti dan melakukan evaluasi terkait hasil dilapangan, ini hususnya bagi pemilik bangunan yang berada di Desa Mertapadawetan, tepatnya tidak jauh dari trowongan kereta api" jelasnya

Terkuaknya persoalan terkait adanya dugaan ada pihak-pihak yang bermain, berawal dari rencana Pol PP akan menertibkan atau pembongkaran bangunan yang ada di Desa Mertapada wetan ( depan terowongan kereta api-red)

Salah seorang pemilik bangunan yang tidak bersedia dicantumkan identitasnya menjelaskan.

"Kami mendukung adanya penertiban terhadap bangunan yang ilegal, itupun harus diawali dengan sosialisasi terlebih dahulu, sementara kami disini memiliki surat dari PUPR bahkan tiap tahunnya juga bayar kepada pihak PUPR, tiba tiba pol PP datang dan menyodorkan surat untuk segera membongkar bangunan, jelas kami menolak karena selama ini kami bayar sewa tahunan kepada pihak PUPR" tuturnya yang diamini pemilik bangunan lainnya 

Terkait hal tersebut, IM melakukan konfirmasi kepada pihak PUPR, Maman, yang hadir bersama pihak Pol PP Kabupaten Cirebon, di Aula Kantor Kecamatan Astanajapura.

"Memang  benar, mereka membayar kepada kami kisaran Rp. 800.000 sampai Rp.1 200.000 pertahun, itu sifatnya administrasi hak sewa pakai, namun bukan untuk mendirikan bangunan, sewa itu diperuntukan untuk penanaman palawija, jika ada pihak yang beranggapan saya bermain, buat apa saya mendukung dilakukannya penertiban" jelasnya. Rabu,14/12/2022.

Adanya persoalan dan dugaan terjadi permainan, perlu disikapi dengan serius, salah satunya dengan dilakukan dialog antara pemilik bangunan, termasuk Pol PP, PUPR dan Dinas terkait lainnya. (1c)

Menuju Polri Yang Presisi, Propam Polres Majalengka Gelar Gaktibplin Personel

INDOMEDIANEWSC- Untuk menuju Polri yang Presisi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, Personil Polri harus siap diri dan tertib sebelum melakukan tugasnya sebagai pelindung pengayom dan pelayan kepada masyarakat.

Setelah selesai melaksanakan Apel Fungsi, Kasi Propam Polres Majalengka AKP Sarjiyo didampingi Kanit Provos Ipda Tatang bersama Anggota Unit Provos Sipropam melaksanakan tugas rutinnya mengecek sikap tampang dan kelengkapan administrasi perorangan Personil maupun ASN Polres Majalengka di Satuan Fungsi Polres Majalengka, Rabu (14/12/2022).

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kasi Propam Polres Majalengka AKP Sarjiyo mengatakan kegiatan ini rutin di lakukan. hal ini bertujuan untuk menjaga ketertiban dan kerapian anggota di lapangan saat memberikan pelayanan kepada masyarakat harus punya dan jaga kewibawaan sebagai anggota Polri.

“Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) yaitu dalam bentuk pemeriksaan kelengkapan administrasi perorangan, penggunaan seragam dinas, sikap tampang, senjata api, terhadap personel Polres Majalengka,” ungkap AKP Sarjiyo.

Selain itu, Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga disiplin personel dan meminimalisir terjadinya Pelanggaran untuk itu dilakukan pengawasan disiplin secara internal, mengingat polisi adalah panutan bagi masyarakat.

“Kegiatan Gaktibplin ini juga bertujuan untuk mendisiplinkan anggota Polri khususnya di jajaran Polres Majalengka, serta menimalisir pelanggaran yang dapat menurunkan citra dan martabat intitusi Polri dimata masyarakat,” tegas Kasi Propam AKP Sarjiyo. (1e)

Dandim 1715/Yahukimo Hadiri HUT Ke -20 Kab. Yahukimo Dan Natal Bersama

INDOMEDIANEWSC- Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tethool menghadiri acara peringatan Hut  ke - 20 Kab. Yahukimo dan Natal Bersama Kab. Yahukimo bertempat di kantor Bupati Yahukimo, Distrik Dekai Kab. Yahukimo, Senin (12/12/2022). 

Kegiatan dimulai dengan ibadah natal dan dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun  bersama bapak Bupati dan wakil Bupati Yahukimo.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kab. Yahukimo, Kapolres Yahukimo, Kepala Kejaksaan Wamena, Ketua PKK Kab. Yahukimo, kepala suku mumuna serta para tamu undangan lainnya.

Bupati Yahukimo Bapak Didimus Yahuli menyampaikan terimakasih atas kehadiran TNI/POLRI dan pihak keamanan lainnya yang  telah  berpartisipasi dalam acara Hut Ke - 20  Kab. Yahukimo.

Bupati juga menyampaikan dalam mensejahterakan masyarakat, tahun ini akan ada banyak perubahan mulai dari pembangunan sarana prasarana dan program peningkatan perekonomian masyarakat.

Sementara itu Dandim 1715/Yahukimo saat ditemui menyampaikan, hari ini merupakan hari jadi kabupaten Yahukimo yang merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Yahukimo.

"Dimana dengan bertambahnya umur Kab. Yahukimo yang ke-20 ini kami selaku komandan kodim akan terus bersinergi dengan Pemda untuk mensejahterakan masyarakat dan mewujudkan situasi keamanan yang aman, tentram dan terkendali agar Kab. Yahukimo menjadi salah satu kabupaten yang maju di Provinsi Papua Pegunungan," ujarnya.

"Kami sangat berterimakasih kepada Bapak Bupati dan pemerintah daerah Kab. Yahukimo yang selama ini sudah menjalin kerjasama yang baik dengan Kodim 1715/Yahukimo untuk kepentingan masyarakat, semoga dengan adanya momen hari ulang tahun ini, Kab. Yahukimo kedepannya akan berjalan lebih baik lagi," pungkasnya.(lis)

13 Des 2022

Wacana Pemekaran Cirebon Timur " Mundu " Non Blok

INDOMEDIANEWSC- Wacana pemekaran Cirebon timur terus disuarakan dengan melibatkan para Kuwu dan BPD se Kabupaten Cirebon bagian timur.
Salah satunya adalah yang diadakan oleh Forum Cirebon Timur Mandiri pada Selasa, 13/12/2022.
Acara yang diadakan di salah satu Rumah makan dan dihadiri oleh para Kuwu dan BPD se Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, membahas tentang tujuan dan harapan terbentuknya Kabupaten Cirebon Timur.

Dalam Acara tersebut, bukan hanya membahas perlunya penyatuan visi demi terwujudnya pemekaran Kabupaten Cirebon Timur, namun juga terjadi dialog antara para Kuwu, BPD dan Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM)

Ternyata tidak semua Desa dipastikan mendukung atau menolak adanya wacana pemekaran Cirebon Timur, ini dikarenakan keberadaan beberapa Desa yang berbatasan langsung dengan Kotamadya Cirebon, hal tersebut disampaikan Ketua FKKC Kecamatan Mundu yang merupakan Kuwu Desa Waruduwur, Yadi.

"Kami tidak menolak atau mendukung terbentuknya Kabupaten Cirebon Timur, ini dikarenakan beberapa Desa yang ada di Kecamatan Mundu berbatasan dengan Kotamadya Cirebon, jadi untuk sementara kami Non Blok sembari menanti keputusan Mendagri, apakah kami masuk Kabupaten atau Kotamadya" tuturnya.

Menyikapi hal tersebut, ketua Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) KH. Moh. Usamah Mansur, memahami alasan yang disampaikan Kuwu hingga muncul istilah Non Blok.

"Kami paham mengapa Kuwu atau Lembaga Desa yang ada di Kecamatan Mundu terkesan mau tak mau, karena mereka merasakan pelayanan di Kabupaten Cirebon tidak sebagus pelayanan di Kotamadya Cirebon, salah satu contoh , misalnya kesulitan air, Kabupaten seakan lambat dalam melangkah, sedangkan Kotamadya sangat tanggap,,jadi wajar jika mereka lebih condong ke Kotamadya, oleh karenanya kami memberikan pemahaman mengapa Pemekaran Cirebon timur ini harus terealisasi, karena kami berharap tidak ada lagi ketimpangan yang seakan dirasakan banyak pihak bahwa Cirebon Timur terkesan dianak tirikan, pada dasarnya pembentukan Cirebon Timur adalah untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik,,baik itu kesejahtraan , kesehatan,,pendidikan , perekonomian dan hal lainnya, ini semua bisa terwujud dengan adanya pemikiran dan misi yang sama, termasuk dukungan dan keinginan adanya perubahan" jelasnya.(1c)



Musrembangdes Beringin " perioritaskan penanganan sampah"

INDOMEDIANEWSC- Musrembangdes pembahasan rencana kerja pemerintah Desa (RKPDES) Tahun 2023 dilaksanakan Pemerintah Desa Beringin, Kecamatan Pangenan,Kabupaten Cirebon, Selasa,13/11/2022.
Acara yang digelar di kantor Desa setempat, dihadiri unsur Muspika,Masyarakat dan Lembaga Desa membahas berbagai program pembangunan Desa yang salah satu prioritasnya adalah terkait penanganan dan pengelolaan sampah.
Hal ini disampaikan Kuwu Desa Beringin, Agung Gunawan, usai pelaksanaan Musrembangdes.

"Ada beberapa progran pembangunan dan pengembangan Desa, salah satunya adalah penanganan dan pengelolaan sampah sebagai program prioritas, ini perlu dilakukan atas dasar Musyawarah, dengan harapan warga Masyarakat bisa lebih mengutamakan kesehatan dan kebersihan lingkungan, karena hingga saat ini masalah sampah masih menjadi persoalan yang belum bisa ditangani secara maksimal , namun demikian tentunya program lainnya tetap dijadikan acuan, dari mulai Perekonomian, Sosial, Budaya dan pengembangan lainnya" tuturnya 

Sementara itu, Camat Pangenan, Bambang, mengharapkan program yang telah tersusun bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai aturan.

"Kami berharap, program yang telah dibahas melalui Musrembangdes dapat dilaksanakan dengan baik, satu yang harus dicatat adalah pergunakan Anggaran dengan baik dengan tetap mematuhi aturan yang telah ditetapkan, intinya membangun itu harus, namun tetap berpegang pada aturan agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan" jelasnya. (1c)

Resmikan RTLH Dandim 1003/HSS bagikan Ratusan Paket Sembako

INDOMEDIANEWSC– Menjadi solusi pada setiap permasalahan masyarakat merupakan salah satu tujuan tugas pokok Aparat Teritorial (Kodim 1003/HSS), hal inilah yang di tunjukan Komandan Kodim (Dandim) 1003/HSS Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, S.M.M.M terhadap masyarakat yang kurang mampu, dengan melaksanakan peresmian perehapan dan pembuatan Rumah Layak Huni sebanyak dua unit.

Selain meresmikan program bedah rumah Dandim 1003/HSS yang mempunyai moto “Satu Rasa Untuk Semua” ini juga membagikan 250 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu yang ada di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Selasa (13/12/22)

Adapun warga yang menerima bantuan perehapan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Amawang Kiri Muka Kecamatan Kandangan yaitu Bapak Zainal Abidinoor lelaki berumur 53 tahun hidup sebatang karang yang menggantungkan hidupnya dari belas kasihan warga karena mengalami sakit lumpuh karena penyakit setruk, sedangkan satu unit lainya di berikan kepada keluarga Misran 45 tahun yang tinggal di Desa Jambu Hulu Kecamatan Padang Batung, rumah yang di tempat selama ini jauh dari kata layak dan standar kesehatan.

Dalam keterangannya Dandim 1003/HSS berikan penjelasan bahwa kegiatan program bedah rumah tidak layak huni ini merupakan salah satu wujud hadirnya TNI (Kodim 1003) di tengah masyarakat dan menjadi solusi dalam setiap permasalahan, tuturnya

Saat ini telah di laksanakan peresmian rumah sebanyak 2 unit yang telah selesai di garap perehapannya oleh prajurit Kodim 1003/HSS, selain itu ada sebanyak 250 paket sembako yang telah di bagikan kepada masyarakat yang kurang mampu, semoga dengan kegiatan ini bisa betul betul dapat di rasakan oleh masyarakat yang menerima bantuan sehingga bisa menjalani hidup yang layak seperti masyarakat pada umumnya, ucapanya

Diakhir penjelasanya diharapkan kegiatan sosial seperti ini akan bisa terus berlanjut sehingga hadirnya TNI di tengah masyarakat bisa menjadi ajang silaturahmi yang memupuk rasa saling peduli dan tercapainya kemanunggalan TNI dengan rakyat sesuai dengan tugas pokok, tandasnya (lis)


Operasi Cipta Kondisi Jelang Nataru, Polsek Jatiwangi Gelar Razia Miras

INDOMEDIANEWSC- Dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di masyarakat, Polsek Jatiwangi Polres Majalengka Polda Jabar melaksanakan operasi cipta kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru, kegiatan yang dilakukan berupa razia dengan sasaran minuman keras.pada Selasa (13/12/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Panit Lantas Jatiwangi Iptu Joko. S didampingi Panit 1 Reskrim Jatiwangi IPDA Nana Supriyatna. SH beserta anggota.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi, S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Jatiwangi Kompol H.Kustadi, S.H.  menyampaikan bahwa kegiatan razia menyasar peredaran minuman keras dengan melakukan pemeriksaan pada warung dan toko yang diduga menjual minuman keras.

Selain itu, Kapolsek mengatakan, "Dari pelaksanaan razia kami memeriksa warung dan toko yang diduga menjual minuman keras dan pada saat pemeriksaan tersebut kami mengamankan berbagai jenis miras," jelas Kapolsek.

Kapolsek menambahkan tujuan operasi miras adalah untuk menekan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang bermula dari minuman keras dan guna menciptakan situasi kondusif yang aman menjelang Natal dan Tahun Baru."tutup Kapolsek. (1e)

Pemdes Astanajapura " kembangkan pembangunan Desa"

INDOMEDIANEWSC- Meminimalisir terjadinya banjir dan tersendatnya arus air selokan, Pemerintahan Desa Astanajapura, Kecsmatan Astanajapura , Kabupaten Cirebon, saat ini tengah melaksanakan proyek pembangunan Drenasi berlokasi di Dusun Melati sepanjang 124 meter.

Dalam keterangannya, Kasi kesejahteraan Desa Astsnajapura, Ahmad Rifai, menjelaskan, bahwa proyek yang tengah digarap berasal dari Banprov.

"Alhamdulillah, melalui Anggaran Banprov saat ini tengah dilaksanakan pembangunan Drenase dengan total anggaran Rp 68 .150.000 . Diharapkan dengan Drenase yang baik akan mampu meminimalisir terjadinya penyumbatan yang bisa menimbulkan banjir" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan, bahwa pihak Pemdes akan terus melakukan berbagai program pembangunan yang pro Rakyat.

"Anggaran yang diserap akan dimaksimalkan untuk pengembangan dan kemajuan Desa, tentunya diharapkan apa yang kami lakukan selain bernanfaat bagi warga juga tentunya dirawat dan dijaga secara bersama-sama, intinya mari kita bangun Desa ke arah yang lebih baik lagi" pungkasnya. (1c)

12 Des 2022

Nana Kencanawati " BPJS " Ribet

INDOMEDIANEWSC - Carut marut pelayanan minim bagi pengguna BPJS menjadi sorotan berbagai pihak, tidak terkecuali Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Komisi IV Fraksi Gerindra, Nana Kencanawati.

Hal tersebut terungkap saat pelaksanaan Sosialisasi Raperda Inisiatif DPRD tahun 2022 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Senin, 12/12/2022.

Banyaknya keluhan yang disampaikan Masyarakat pengguna Kartu sakti tersebut ( BPJS-red) dibenarkan Nana Kencana wati

"Memang benar, BPJS tidak sesuai dengan yang diharapkan, Masyarakat pengguna BPJS yang seharusnya diperhatikan dengan husus, pada kenyataanya seringkali dinomor sekiankan dengan berbagai alasan, bahkan seolah mereka itu diabaikan, kalaupun dilayani pelayanannya tidak maksimal, bahkan kerap kali mereka ditolak menggunakan BPJS karena kartunya sudah mati, ini kan ironis" tuturnya.

Nana nenjelaskan, seharusnya jika memang kartunya sudah mati ada pemberitahuan terlebih dahulu, selain itu jika ada warga yang akan berobat jangan lah selalu ditanyakan BPJS

"Cukup dengan NIK jika akan berobat, jangan selalu ditanyakan BPJS, apalagi saat ini warga Kabupaten tidak dapat menggunakan BPJS di Kotamadya, kecuali hal yang mendesak, ini juga harus diperhatikan, seharusnya BPJS itu dapat dipergunakan di seluruh Indonesia, kami sebagai wakil Rakyat sudah cape jika berbicara perihal BPJS, apa yang kami lakukan seolah tidak berfungsi dengan dalih itu sudah aturan dari pusat, jadi entah harus dengan cara apa agar BPJS bisa sesuai dengan yang diharapkan, dan yang perlu menjadi catatan adalah seluruh RSUD harus meningkatkan pelayanan, tidak cukup hanya fasilitas yang memadai, karena walaupun fasilitasnya sudah maksimal jika tidak dibarengi dengan pelayanan yang maksimal, itu tidak ada artinya" jelasnya.

Bahkan Nana Kencanawati menegaskan mana saja RSUD yang masuk dalam kriteria bagus.

"Biarkan Masyarakat yang menilai Rumah Sakit ini bagus atau tidak, gak usah lah pihak lain yang melakukan penilaiyan,,karena Masyarakat yang lebih paham" pungkasnya.(1c)

KST Nason Mimin Memutar Balikkan Fakta Dan Melakukan Pembunuhan Keji

INDOMEDIANEWSC-  – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring membantah dengan tegas tuduhan tukang ojek yang menjadi korban kekejian Kelompok Separatis Teroris (KST) pimpinan Nason Mimin Di Kabupaten Pegunungan Bintang yang terjadi pada Senin (5/12) lalu, merupakan aparat Intelijen.

Bantahan ini disampaikan Danrem saat dihubungi via telepon seluler, pada Senin (12/12).

Danrem menyebut, 3 orang korban yang telah dibunuh secara keji oleh KST yang dilakukan di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang, Kab. Pegunungan Bintang, merupakan warga sipil yang berprofesi sebagai tukang ojek.

“Jadi tidak benar kalau mereka (KST) menyebut para korban adalah aparat Intelijen, mereka benar-benar masyarakat sipil yang sehari-harinya mencari sesuap nasi demi memenuhi kebutuhan keluarganya dengan berprofesi sebagai tukang ojek,” tuturnya.

“Pembunuhan yang dilakukan secara biadab ini adalah pekerjaan teroris. Saya juga beragama Kristen, dalam ajaran agama apapun tidak ada yang mengajarkan melakukan pembantaian keji yang kemudian direkam dan disebarkan untuk menebar ketakutan di masyarakat. Ini merupakan pekerjaan teroris yang dirinya sedang dirasuki oleh setan,” sambung Danrem.

Danrem menyatakan bahwa pihak KST juga telah menuduh korban sebagai aparat intelijen dengan meletakkan senjatanya jenis pistol seolah-olah adalah barang yang dibawa oleh korban.

“Hal ini merupakan cara licik yang dilakukan oleh KST untuk menutupi kebiadaban dan membenarkan apa yang mereka lakukan,” tegas Danrem.  
 
Selaku Danrem 172/PWY, pihaknya menyampaikan duka cita kepada pihak keluarga korban. “Saya mewakili seluruh prajurit Korem 172/PWY menyampaikan duka cita yang mendalam bagi keluarga korban kekejian dan kebiadaban KST ini,” imbuhnya.

Terkait dengan pistol yang digunakan oleh KST, pihaknya mengindikasikan senjata pistol tersebut merupakan salah satu senjata organik milik TNI AD yang hilang ketika Heli MI 17 milik Penerbad jatuh pada tahun 2019 silam di Kab. Pegunungan Bintang.

“Pada kejadian jatuhnya Heli MI-17 pada tahun 2019 lalu, sebanyak 11 senjata organik milik kru dan penumpang hilang dan diambil oleh pihak KST. Senjata yang hilang diantaranya tujuh senapan serbu SS-1, tiga pistol dan satu GLM. Kami mengindikasikan pistol yang digunakan oleh KST tersebut merupakan salah satu senjata yang hilang,” ujar Danrem.

Sebelumnya beredar di media sosial klaim oleh KST menyebut para korban tukang ojek yang mereka bunuh secara keji merupakan anggota intelijen TNI-Polri. Adapun nama korban yaitu La Usu (23), La Ati (40) dan La Aman (39). (Lis)