31 Okt 2021

Calonwu Mujahid " siap membangun Desa lebih baik"

INDOMEDIANEWSC- Kunjungan team kecamatan Susukan lebak, Kabupaten Cirebon, di kediaman Calon Kuwu Desa Karangmangu, Mujahid, disambut dengan penuh suka cita.

Kedatangan team Kecamatan tersebut bertujuan selain menjalin silaturahmi sekaligus memberikan pengarahan dan imbauan agar pelaksanaan pilwu berjalan dengan baik, hal ini disampaikan Kapolsek Susukanlebak, Iptu, Soleh, yang didampingi seluruh team kes beserta unsur terkait lainnya, Sabtu, 30/10/2021.

" kami mendatangi seluruh calon kuwu yang akan melaksanakan pilwu serentak se Kecamatan Susukanlebak, dan salah satunya adalah Calon Kuwu Desa Karangmangu,  nomor urut 2,  Bapak Mujahid,  dimana selain bertujuan mempererat silaturahmi, juga memberikan imnauan agar pilwu ini berjalan aman dan damai, oleh karenanya kami mengharap kepada seliruh Calon Kuwu untuk bersama-sama menjaga kondusifitas dan yang tidak kalah pentingnya adalah melaksanakan dan menerapkan protokol kesehatan" tuturnya.

Iptu Soleh, pun mengajak semua unsur lapisan Masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi terciptanya pilwu yang sesuai harapan semua pihak.

Sementara itu, Mujahid, menyambut baik kedatangan dari pihak Muspika dikediamannya.

" semoga ini merupakan marwah silaturahmi yang menjadi ciri khas kita sebagai Muslim, tentunya kami beserta keluarga sangat menyambut baik kedatangan para tamu dikediaman saya, tentunya harapan kami semoga ini menjadi doa agar apa yang diharapkan kami bisa tercapai dan saya tentunya secara pribadi memohon doa serta dukungan dari semua pihak, agar harapan saya untuk memimpin dan membangun Desa Karangmangu kearah lebih baik bisa tercapai" harapnya (1c)

29 Okt 2021

Bupati Optimistis Cakupan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon Selesai Akhir Tahun Ini

INDOMEDIANEWSC-  Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag optimistis, cakupan vaksinasi Corona virus disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Cirebon hingga akhir tahun mencapai 70 persen. Kerja sama semua pihak menjadi penentu kesuksesan program tersebut.

Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Cirebon saat memimpin rapat percepatan vaksinasi di Ruang Nyimas Gandasari, Gedung Setda Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sumber, Jumat (29/10/2021).

Imron mengatakan, kendala lambannya pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Cirebon terjadi karena keterlambatan distribusi vaksin Covid-19 dari pemerintah provinsi atau pun pemerintah provinsi.

"Permasalahan distribusi vaksin terjadi pada minggu-minggu kemarin. Tetapi sekarang, distribusi sudah lancar dan siap disuntikkan kepada masyarakat di Kabupaten Cirebon yang menjadi sasaran," kata Imron.

Imron mengatakan, selain keterlambatan proses distribusi, permasalahan proses vaksinasi di Kabupaten Cirebon terjadi karena adanya kesalahan input data oleh petugas di lapangan.

Tidak hanya itu, lanjut Imron, ada beberapa kuwu yang tidak aktif melakukan sosialisasi vaksinasi. Padahal, peran aktif pimpinan di desa tersebut menjadi salah satu kunci kesuksesan program dari pemerintah pusat.

"Mengimbau juga kepada masyarakat untuk tidak meragukan dan mengikuti program vaksinasi. Harus optimistis sampai akhir tahun ini bisa selesai," kata Imron.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon per Kamis (28/10/2021), warga yang menjadi sasaran untuk mendapatkan vaksinasi sebanyak 1.782.964. Dari jumlah tersebut, baru 1.025.674 jiwa.

Sementara, untuk sasaran masyarakat kelompok lansia baru sebanyak 40.469 orang dari total sasaran 154.777.

Kepala Polresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, pihaknya siap membantu pemerintah untuk mencapai cakupan vaksinasi hingga 100 persen. Pihaknya, sampai saat ini masih melakukan vaksinasi massal.

Arif menyebutkan, semua anggota yang terlibat dalam Tim Percepatan Vaksinasi Kabupaten Cirebon sudah diimbau agar tetap semangat mengajak masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

"Semua adalah tim percepatan vaksinasi. Semua lelah, kalau ada kendala jadikan sebagai evaluasi, bukan untuk berhenti," katanya. (Lisdis)

122 Pimpinan Pompes Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

INDOMEDIANEWSC- Pondok Pesantren Al Ishlah  yang beralamat di Jl. Kh Jawahir Blok sida Bagus memperingati Muludan ,sebutan bagi orang Ciribon dalam memperingati  Hari Kelahiran Nabi Muhummad Saw. 

pelaksanaan tersebut diisi Dengan beberapa Acara , dari pentas Seni, seperti Hadroh, pembacaan Puisi Berantai, pidato dengan tiga  Bahasa, Indonesia, Arab dan Pidato Bahasa Inggris.

Acara pun dilanjutkan  Pada sore harinya  Marhabanan dan Ceramah Agama pada malam Harinya yg disampaikan Oleh Drs KH Adib Rofiuddin Izza Sesepuh Buntet pesantren.

menurut Gus Sozu  Saat ditemui Awak Media menyampaikan bahwa  tahun ini berbeda dg tahun tahun sebelumnya , karena dalam Tasyakkur Muludan tahun ini Ponpes Al ishlah pada siang harinya yaitu hari rabu tgl  27 Oktober  akan berkumpul para pimpinan Pondok pesantren se kabupaten Cirebon 

" berjumlah 122 pinpinan Ponpes  Sekabupaten Cirebon akan mendapat Bantuan prodak dari pt Uniliver yg bekerjasama dg Icsd dalam program pesantren Sehat " tutur Kh Soleh Zuhdi yang akrab di sapa dengan Gus Sozu 

Pengasuh Ponpes Al Ishlah 2  Buntet Pesantren juga sebagai ketua Forum Pondok Pesantren ( FPP ) Jabar sekaligus  sebagai Korda FPPU Kab . Cirebon .dan salah satu Sekertaris di DPP IPI  Ikatan Pesantren Indonesia Departemen Pemberdayaan dan pengembangan Pondok Pesantren, mengharapkan kecintaan takan pudar kepada Kanjeng Rosul.

" dengan peringatan Maulid Nabi diharapkan kita semua bisa mentauladaninya dan termasuk pada golongan Orang-Orang yang beruntung hingga akhir jaman  dan maauk dalam Surganya Allah"pungkasnya. (1c)

Pemuda Harus Ikut Menjadi Penggerak Pemulihan Ekonomi

INDOMEDIANEWSC- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon dan sejumlah OPD mengikuti Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 secara virtual di Ruang Nyimas Gandasari Kantor Setda, Kamis (28/10/2021). 

Ketua Panitia Nasional Sumpah Pemuda yang merupakan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. H. M. Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan 
Tumbuh”. 

Menurutnya, tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. 

"Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.
Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia," katanya. 

Ia menjelaskan, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. 

"Untuk itu momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda," katanya.

Selain itu, kata, Asrorun, Seiring dengan komitemen pemerintah melalui arahan menteri pemuda dan olahraga, bahwa para pemuda sekarang harus ikut fokus pada kondisi pemulihan dan bangkitkan ekonomi di masa Pandemi Covid-19. 

"Sekarang pemuda harus ikut dan pemuda sebagai pengerak pemulihan ekonomi, " katanya. 

"Dalam upaya membangkitkan ekonomi pemuda, juga percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia maju, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren, sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi," tambahnya. (Lisdis)

28 Okt 2021

Cecep Calonwu Cipeujehwetan "Siap lakukan perubahan"

INDOMEDIANEWSC - Siap lakukan perubahan ke arah yang lebih baik menjadi tujuan dan langkah awal yang dilakulan Calon Kuwu Desa Cipeujeh wetan, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Nomor urut 4, Cecep.

Saat melakukan perbincangan dengan IM di kediamannya, Kamis, 28/10/2021. Dirinya menuturkan harapannya agar apa yang sudah baik akan lebih baik lahi.

" Desa kami saat ini sudah baik dan banyak perubahan, dan tentunya saya ingin melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi, baik dalam peningkatan infrastruktur, perekonomian, Budaya , Agama dan hal positif lainnya, termasuk pemberdayaan juga kearifan budaya lokal " jelasnya.

Lebih lanjut Cecep menjelaskan bahwa keinginan untuk merubah merupakan tujuan utama namum tidak bisa direalisasilan tanpa adanya dukungan dan peranserta semua pihak

" perubahan itu bisa terwujud dengan cara semua pihak turut serta, dan InsyaAllah keinginan untuk membuat perubahan kearah yang lebih baik mendapat ridlo dari Allah SWT, dan yang pasti dengan kekurangan dan keterbatasan yang saya miliki tidak menutup niat untuk menjadi sesuatu yang lebih baik lagi, saya hanya berpesan kepada warga Masyarakat gunakan Hak pilih dengan bijak dan tetap utamakan kebersamaan  juga jangan abaikan prokes" pungkasnya. (1c)


kunjungan bergilir Muspika" Pilwu Damai"

INDOMEDIANEWSC- Kedatangan pihak Muspika dalam rangka pemaparan dan imbauan terkait pelaksanaan Pilwu serentak di kediaman salah seorang Calon Kuwu Desa Sindanglaut, H. Sukari, pada Rabu, 27/10/2021. Disambut dengan baik.

Hal ini disampaikan H.Sukari, kepada IM, usai acara.

" kami para Calon tentunya sangat merespon dan mendukung adanya kunjungan sekaligus imbauan yang dilakukan pihak Muspika beserta team, hal ini diharapkan dalam pilwu nanti berjalan dengan baik sesuai harapan bersama" tuturnya.

Lebij lanjut H.Sukari, menyampaikan hatapannya kepada seluruh calon pemilih.

" saya sangat berharap adanya peranserta dari seluruh unsur lapisan Masyarakat agar mampu menciptakan pilwu yang damai, jujur dan menjunjung tinggi nilai persaudaraan, pilwu ini hanya sebatas cara untuk mencari pemimpin, namun persaudaraan adalah yang utama" pungkasnya.

Senada hal.tersebut disampaikan Kapolsek Lemahabang, Kompol . S. Sembiring yang didampingi Camat Lemahabang, Edi Prayitno. Beserta Danramil Sindanglaut, Kapten J. Sodik.

" kami dari jajaran muspika melaksanakan kunjungan ke seluruh Calon Kuwu secara bergilir, hal ini dilakukan selain sebagai ajang silaturahmi, juga tentunya memberikan imbauan dan pemahaman terkait pelaksanaan yang harus menerapkan prokes dan tetap mengedepankan persaudaraan agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari, dan kami sangat yakin warga keseluruhan sangat menjunjung tinggi nilai persatuan dan cinta damai, intinya pilwu berjalan baik dan Masyarakat tetap secara bersama-sama menjaga kondusifitas" jelasnya (1c)

Gubernur Jawa Barat: Jabar Bukan Jago Kandang

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan  penghargaan kepada Kontingen Paralympic Tokyo 2021dan PON XX Papua serta Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Jawa Barat pada Peparnas XVI 2021 Papua secara virtual, Rabu (27/10/2021). 

Penyerahan tersebut langsung diberikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan disaksikan langsung secara virtual kepala daerah kota/kabupaten se-Jabar. 

Tampak hadir secara virtual, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si, Asisten Pemerintahan, Asdullah Anwar di Command Center Kantor Setda Kabupaten Cirebon. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerja keras para atlet dan oficial yang sudah memberikan yang terbaik untuk Jawa Barat pada PON XX Papua. 

Menurutnya, capaian prestasi ini harus mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

"Kami sangat bangga pada para Kontingen Jabar yang sudah membawa Jabar menjadi Juara Umum PON XX Papua," kata Kang Emil. 

Kang Emil juga meminta maaf kepada para Kontingen Jawa Barat yang sudah berprestasi dan belum sepenuhnya mendapatkan bonus. 

"Hari ini kami memberikan Bonus kepada para atlet yang berprestasi baik Paralympic Tokyo 2021, PON XX Papua akan tetapi kami hanya baru bisa memberikan setengahnya, dan setengahnya akan diberikan di tahun 2022 mendatang," katanya. 

Ia menjelaskan, pemberitahuan bonus tersebut terkendala dengan anggaran APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebab, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengeluarkan anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. 

"Kami Pemprov Jabar sudah habis Rp 5 triliun untuk penanganan Covid-19.  Tetapi kami juga tetap akan memberikan bonus kepada para atlet yang berprestasi walaupun dibayar dua tahap," kata Kang Emil. 

Kang Emil mengatakan, sebutan Jabar Juara bukannya isapan jempol semata. Pasalnya, Jabar mempunyai banyak prestasi pada olahraga maupun lainnya. 

"Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) kita juara, Pekan Olahraga Pesantren level santri kita juara nasional, di level PNS, korpri kita juara nasional termasuk Pepernas 2016 kita juara nasional yang terakhir minggu lalu juara olahraga tradisional. Sehingga kata Jabar Juara memang patut kita raih, dan kami juga bisa membuktikan Jabar tidak jago kandang," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Engkus Sutisna mengatakan, sebagaimana kita ketahui Kontingen Jabar berhasil menyabet Juara Umum pada PON XX Papua. Artinya, Jawa Barat telah membuktikan bahwa Jabar tidak jago kandang. 

"Pada gelaran PON XX Papua 2021 kontingen Jabar telah berhasil menjadi juara umum  dengan raihan, 133 mendali emas, 105 perak, 119 mendali perunggu. Hasil ini patut kita syukuri bersama karena membutuhkan  perjuangan yang keras dan tidak mudah untuk mendapatkan capaian tersebut, " kata Engkus.

Engkus mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menyediakan anggaran untuk bonus para atlet yang berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional. 

"Sebagai bentuk apresiasi kepada atlet Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 140 miliar lebih, penyaluran dilakukan 2 tahap, yang pertama melalui APBD perubahan tahun anggaran 2021 dan sisanya pada  APBD murni anggaran 2022," ujarnya.

Atas capaian tersebut, Engkus menambahkan, ini semua tidak luput dari perhatian Gubernur Jawa Barat terhadap pembinaan olahraga di Jabar. 

"Ini juga berkat kolaborasi semua pihak yang mengantarkan kontingen Jabar Juara Umum pada PON XX Papua tahun 2022," katanya. (Lisdis)

27 Okt 2021

Pemcam Lemahabang " gelar Deklarasi Damai Pilwu 2021 "

INDOMEDIANEWSC- Jelang pemilihan Kuwu serentak 2021, Muspika Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, menggelar Deklarasi Damai secara virtual, di Aula Kecamatan Lemahabang, yang diikuti oleh seluruh Calon Kuwu, Rabu, 27/10/2021.

Dengan mengusung tema Deklarasi Damai , siap kalah siap menang, diharapkan pelaksanaan Pilwu berjalan lancar , Aman, damai tanpa ekses.

Dalam pemaparannya, Camat Lemahabang, Edi Prayitno, mengharapkan kepada seluruh Calon Kuwu agar tetap mematuhi prokes

" Pemerintah telah memberikan anjuran atau imbauan dalam pelaksanaan pilwu baik sebelum maupun saat pelaksanaan tetap mematuhi prokes, ini perlu dilaksanakan oleh semua pihak agar Pilwu tetap dapat dilaksanakan namun pencegahan terjadinya penyebaran pandemi pun bisa diminimalisir, selain itu tentunya kita tetap menjunjung tinggi demokrasi dan kebebasan dalam menentukan pilihan, yang terpenting persatuan dan kesatuan bisa terjaga" tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kapolsek Lemahabang, Kompol. S.Sembiring, menyampaikan harapannya.

" kami dari unsur TNI dan Polri tentunya mengharap kepada semua pihak untuk mengutamakan kondusifitas lingkungan, pilwu ini mampu dijadikan ajang pendewasaan walau perbedaan dalam menentukan pilihan, karena kami yakin Masyarakat cinta damai, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, yang terpenting lagi adalah sesuai moto Deklarasi, yaitu siap kalah siap menang, oleh karenanya kami dari unsur muspika selalu berupaya untuk memberikan pemahaman kepada seluruh calon melalui kunjungan yang kami lakukan secara bergilir " jelasnya.

Sementara itu, salah seorang Calon Kuwu, H. Sukari, sangat menyambut baik adanya Deklarasi Damai.

" dengan dilaksanakannya Deklarasi damai diharapkan mampu merealisasikan pilwu yang Damai, saya yakin semua calon kuwu mempunya visi misi yang baik, yang terpenting adalah kedewasaan dan kebijakan dalam menentukan pilihan sebagai kunci utama menuju keberhasilan, semoga kita semua senantiasa dalam Ridlo dan lindungan Allah SWT" jelasnya (1c)

Pemkab Cirebon Tetapkan Delapan Prioritas Pembangunan untuk Tahun 2022

INDOMEDIANEWSC- DPRD Kabupaten Cirebon menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Jawaban Bupati Cirebon terhadap Pemandangan umum Fraksi DPRD terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2022 di Gedung DPRD setempat, Selasa (26/10/2021). 

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih saat membacakan Jawaban Bupati Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2022, mengatakan, bahwa penyampaian hantaran nota keuangan disampaikan sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah bahwa kepala daerah wajib mengajukan rancangan Perda tentang APBD disertai penjelasan dan dokumen pendukung kepada DPRD. 

Menurutnya, untuk memenuhi ketentuan tersebut pihaknya telah menyampaikan rancangan Perda APBD Tahun Anggaran 2022 pada saat hantaran nota keuangan RAPBD dihantarkan pada tanggal 18 Oktober 2021 yang lalu. 

"Bahwa didasarkan pada Peraturan Bupati Cirebon Nomor 69 Tahun 2021 tentang rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon Tahun 2022 maka arah kebijakan pembangunan ekonomi Kabupaten Cirebon pada Tahun 2022 ditunjukkan dalam rangka memaksimalkan pemberdayaan ekonomi yang inklusif berkeadilan dan berkelanjutan untuk pengurangan kemiskinan dan peningkatan pemberdayaan masyarakat dengan didukung oleh pembangunan SDM," kata Wabup Ayu. 

Ayu menjelaskan, berdasarkan tema pembangunan Pemerintah Kabupaten Cirebon menetapkan 8 prioritas pembangunan Kabupaten Cirebon untuk Tahun 2022. 

"Yang pertama meliputi peningkatan akses dan kualitas pendidikan dan partisipasi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan dasar, serta  perluasan jaminan kesehatan dan peningkatan kualitas berkelanjutan untuk pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan kesehatan baik yang bersifat preventif maupun kuratif berbasis masyarakat," katanya. 

Menurut Wabup Ayu, ada juga untuk peningkatan pelayanan dasar kelancaran kegiatan ekonomi daerah perbatasan dan rawan bencana. Pengembangan ekonomi kerakyatan sektor pertanian industri perdagangan dan pariwisata yang berbasis inovasi. Penanganan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat miskin dan perlindungan jaminan sosial. 

Selain itu, kata Ayu, ada perluasan kesempatan kerja melalui peningkatan daya saing tenaga kerja dan penguatan jiwa kewirausahaan. 

"Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pengendalian pemanfaatan ruang wilayah dan pembangunan berkelanjutan. Serta yang terakhir  reformasi birokrasi melalui optimalisasi pelayanan publik yang prima," katanya. 

Ayu menambahkan, dalam perumusan rancangan APBD Tahun Anggaran 2022 bertujuan untuk keselarasan dan keterpaduan urusan pemerintahan dan fungsi dalam pengelolaan keuangan tahun anggaran 2022. 
Adapun Proporsi Alokasi Anggaran Yang Dirumuskan dalam R-APBD Tahun Anggaran 2022 adalah "Pada pelayanan umum sebesar 31,77 persen, ketertiban dan ketentraman sebesar 1,49 persen, ekonomi sebesar 5,32 persen, lingkungan hidup sebesar 6,27 persen, perumahan dan fasilitas umum sebesar 1,55 persen, kesehatan sebesar 22,5 persen, pariwisata sebesar 0,36 persen, pendidikan sebesar 29,85 persen dan perlindungan sosial sebesar 0,87 persen, melalui tema pembangunan tersebut pertumbuhan ekonomi daerah tahun 2022 diharapkan  dapat mencapai 4,61 persen," katanya. 

Ayu mengatakan, untuk mendukung stabilitas ekonomi yang kokoh maka laju inflasi ditekan pada tingkat inflasi yang cukup rendah dengan tetap memperhatikan pertumbuhan ekonomi pada besaran inflasi 2,7 sampai 3,5 persen inflasi. 

"Dengan pertumbuhan ekonomi yang bisa menekan laju inflasi yang terkendali memungkinkan nilai tukar dan suku bunga yang kompetitif sehingga mendorong sektor riil bergerak dan berkembang dengan sehat, sehingga tingkat kemiskinan dapat ditekan pada angka 11,04 persen sedangkan tingkat pengangguran terbuka pada kisaran angka 10,7 persen," katanya. (Lisdis)

Perpres Nomor 64 Tahun 2020 Dorong Peran Pemda dalam Mendukung Program JKN

INDOMEDIANEWSC.- Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. Rahmat Sutrisno, M.Si mengikuti acara Evaluasi dan Advokasi Perpres Nomor 64 Tahun 2020 dengan Kemendagri secara Virtual di Ruang Rapat Bappelitbangda, Selasa (26/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut, sekda didamping Kepala DPMD, Erus Rusmana, Kepala Bappelitbangda, Suhartono, S.Sos, Kepala Bappenda, Kepala Dinas Pendidikan, Direktur RSUD Arjawinangun dan Wakil Direktur RSUD Waled.

Hadir secara Virtual dalam acara tersebut, Asisten Deputi Bidang Manajemen Iuran Peserta Penerima Upah BPJS Kesehatan, Rokhimah Hayati, Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Pemprov Jawa Barat, Hj Raden Dewi Sartika. 

Dalam paparannnya, Asisten Deputi Bidang Manajemen Iuran Peserta Penerima Upah BPJS Kesehatan, Rokhimah Hayati mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada kementerian, lembaga, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah Kabupaten/kota di Jawa Barat yang telah melaksanakan kewajiban penganggaran dan pendaftaran JKN. 

Menurutnya, Perpres Nomor 64 Tahun 2020 mendorong peran pemda dalam mendukung program JKN sebagai program prioritas nasional. 

"Kami mengajak semua untuk kembali berkomitmen dalam kolaborasi untuk  mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera," katanya. 

Hayati berharap, dengan berbekal pengetahun dan informasi yang didapat, semua bisa memastikan penduduk di wilayahnya sudah terdaftar pada peserta aktif JKN.

"Kami memastiakn semua pekerja baik penerimah upah maupun bukan penerima upah termasuk pekerja Non ASN terdaftar secara aktif pada program JKN dan memastikan perndaftaran perencanaan anggaran dan pembayaran sebagai peserta aktif JKN sebagaimana diatur dalam Peraturam Mendargri Nomer 119 Tahun 2019," katanya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Hukum, dan Kesejahteraan Pemprov Jawa Barat, Hj. Raden Dewi Sartika mengatakan, dibutuhkan peran aktif semua pihak untuk menyukseskan program JKN. 

"Dalam menyukseskan program JKN semua pihak baik dari BPJS Kesehatan maupun pemerintah daerah harus berperan aktif di mana masih mempunyai peran mulai dari pendataan sasaran, jenis keanggotaan mulai dari PBI sampai dengan mandiri, penganggaran, pembayaran yang pembagian perannya mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota kemudian kebijakan dan program pelayanan kesehatan di lapangan," katanya. 

Dewi menjelaskan, data Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sampai bulan Oktober 2021 tercatat sebagai peserta JKN sebanyak 78.81 persen dari jumlah penduduk Jawa Barat 47 juta jiwa lebih. 

"Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Jabar sesuai dengan amanat Perpres Nomor 64 Tahun 2020 telah menganggarkan kontribusi PBI pada Anggaran Perubahan 2021 untuk 16.966.876 jiwa selama satu tahun, sampai 12 bulan sesuai kapasitas Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Jabar," katanya. (Lisdis)

26 Okt 2021

Muspika Susukan lebak " optimalkan prokes jelang Pilwu"

INDOMEDIANEWSC- Iklim kondusifitas terus dibangun jajaran Muspika Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, menjelang dilaksanakannya pilwu serentak, 21 November 2021.

Upaya tersebut direalisasikan melalui ajang silaturahmi kepada seluruh Calon Kuwu se Kecamatan Susukanlebak.

Dari informaai yang disampaikan Camat Susukanlebak, Juri Ashari, bahwa untuk Pilwu serentak, Kecamatan Susukanlebak terbanyak yang Desanya melaksanakan Pilwu.

" ada delapan Desa di Kecamatan Susukanlebak yang tahun ini melaksanakan pilwu serentak, dan ini merupakan pelaksanaan pilwu terbanyak se Kabupaten Cirebon, oleh karenanya perlu adanya sinegritas dari semua pihak agar Pilwu ini berjalan amam, damai dengan tetap mematuhi protokol kesehatan" tuturnya saat berkunjung di kediaman  salah seorang Calon Kuwu Susukan Agung, Selasa, 26/10/2021. 

Dalam silaturahmi tersebut, pihak Satgas Kecamatan meminta kepada semua Calon untuk menyiapkan satgas kesehatan agar penerapan prokes bisa dilaksanakan dengan baik.

Senada hal tersebut disampaikan Kapolsek Susukanlebak, Iptu.Soleh, yang hadir bersama jajaran guna memberikan pemahaman kepada seluruh Calon Kuwu.

" kami berharap semua pihak termasuk Calon Kuwu bersama Team dan seluruh Maayarakat untuk secara bersama-sama menciptakan iklim kondusifitas dan tetap berusaha semaksimal mungkin agar pilwu ini berjalan aman , nyaman tanpa ekses, yang terpenting adalah menciptakan kesadaran bersama bahwa pilwu ini bertujuan untuk mencari sosok pemimpin yang bisa membangun Desa lebih baik lagi, oleh karena itu mari kita jadikan pilwu ini sebagai ajang mempererat silaturahmi" jelasnya.

Sementara itu, Calon Kuwu Desa Susukan Agung Nomor urut 1, Ria Gumelar, mengucapkan terimakasih atas kunjungan pihak Muspika dikediamannya.

" Kami atas nama keluarga sangat berterimakasih atas kunjungan dari pihak muspika, pada dasarnya kami berharap pilwu serentak.nanti bisa berjalan sesuai yang kita harapkan, dan satu harapan yang InsyaAllah diijabah Allah, Cita -cita dan harapan saya menjadi Kuwu di Desa Susukan Agung bisa tercapai, tentunya semua itu atas dukungan dari semua pihak dan Ridlo Allah SWT" tutur Ria. (1c)


Wabup Ayu Ingatkan Semua ASN agar Berkomitmen Tinggi dalam Terapkan SPIP

INDOMEDIANEWSC .- Wakil Bupati, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si membuka acara Monitoring dan Evaluasi SPIP dan Evaluasi Maturitas SPIP di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cirebon di Hotel Verse Kecamatan Kedawung, Senin (25/10/2021). 

Wabup Ayu mengatakan, pihaknya mengingatkan kepada semua ASN agar tetap berkomitmen tinggi dalam menerapkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). 

"Ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan salah satu instrumen penting dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih," katanya. 

Ia pun menjelaskan, sistem pengendalian intern pemerintah adalah proses pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efesien. 

"Melalui kegiatan monitoring dan evaluasi SPIP ini, kami mengingatkan kepada seluruh perangkat daerah dan seluruh jajaran wajib menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah mulai dari konsep pedoman, implementasi sampai dengan proses ukuran keberhasilan penyelengaraan SPIP, khususnya di Kabupaten Cirebon," ujarnya.

Selain itu, kata Ayu, maksud dan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menyediakan media pengukuran tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP dalam mendukung kinerja yang transparansi, akuntabilitas, dalam  pengelolaan keuangan, administrasi serta pertanggungjawaban. 

"Sistem Pengendalian Intern pemerintah terdiri dari lima unsur antara lain, lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, Informasi dan komunikasi, pemantauan pengendalian," katanya. 

Ayu mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Cirebon sangat serius dalam melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah. 

Menurutnya, dalam pengendalian yang menjadi unsur penting adalah pembangunan integritas dan nilai etika organisasi dengan maksud agar seluruh pegawai mengetahui aturan untuk berintegritas yang baik dan melaksanakan kegiatannya dengan sepenuh hati dengan berlandasan etika yang berlaku untuk seluruh pegawai di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cirebon tanpa terkecuali.

"Integritas dan etika tersebut perlu dibudayakan sehingga akan menjadi suatu kebutuhan bukan keterpaksaan. Sehingga budaya kerja yang baik pada Pemerintahan Kabupaten Cirebon perlu dilaksanakan secara terus menerus," katanya. 

Sementara itu, Inspektur pada Inspektorat Kabupaten Cirebon, Drs. Iyan Ediyana, M.M mengatakan, tujuan diadakan acara SPIP ini untuk  memberikan gambaran kesiapan pelaksanaan penilaian SPIP di Kabupaten Cirebon. 

"Acara ini diikuti 64 orang dari perwakilan perangkat daerah, sekretaris, bagian program, perwakilan kecamatan, puskesmas dan lainnya," katanya. (Lisdis)

DANREM 172/PWY PIMPIN SERTIJAB KASIPERS DAN DANYON 756/WMS

INDOMEDIANEWSC  – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan memimpin upacara Korps Raport dan serah terima jabatan Kepala Seksi Personel (Kasipers) Kasrem 172/PWY dan Komandan Yonif (Danyon) 756/Wimane Sili, bertempat di Aula Makorem 172/PWY, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Senin (25/10).

Pejabat yang melaksanakan serah terima yaitu Kasipers Kasrem 172/PWY dari Kolonel Inf Suharma Zunam S.AP., M.SI., kepada Letkol Inf Eri Winardi dan Danyon 756/WMS dari Letkol Inf Marolop Edison Bala Hutapea kepada Letkol Inf Tommy Yudistyo, S.Sos.
 
Danrem 172/PWY dalam amanatnya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada pejabat lama, atas dedikasinya dalam bekerja untuk membangun dan memajukan organisasi khususnya Korem 172/PWY. Kepada pejabat baru, Danrem berpesan bahwa amanah jabatan yang telah diberikan oleh pimpinan TNI AD dapat diterima dengan rasa syukur dan disertai tekad untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Danrem berharap dalam mengantisipasi perubahan dan perkembangan strategis saat ini, para pemimpin harus mampu menganalisa masalah, mencari solusi dan berfikir kreatif dalam melakukan perbaikan dan perubahan di satuan yang dipimpin.

Acara ditandai dengan penyerahan cinderamata sebagai tanda terimakasih dan wujud silaturrahmi dari Danrem 172/PWY dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 172 kepada pejabat lama yang akan pindah satuan (1b)

25 Okt 2021

pilwu " antara sajen dan judi"


Penulis ; R. AGUS.S

Tidak lama lagi Pemilihan kepala Desa atau kuwu serentak akan dilaksanakan di Kabupaten Cirebon, tepatnya Tanggal 21 November 2021.

Ada sebuah ketentuan yang tidak tertulis, bahwa pilwu tidak terlepas dari persoalan klenik atau magij.

Betapa tidak, acapkali pilwu dilaksanakan hembusan aroma kemenyan menyengat dihampir seluruh penjuru empat mata angin

Entah ini sebuah tradisi atau kepercayaan yang telah terjadi sejak dulu, atau sebuah keniscayaan bahwa pilwu adalah sebuah ajang perebutan kekuasaan yang tidak bisa dilepaskan dari unsur magij dan kekuatan supranatural.

Dari tahun ketahun ada saja mitos atau kepercayaan yang selalu dihembuskan menjelang pelaksanaan pemilihan.

Dari berbagai fenomena yang ada, bahwa untuk tahun ini mitos yang kemungkinan akan terjadi bahan perdebatan adalah adanya nomor urut ganjil atau genap bagi sang pemenang.

Ada dua penafsiran terkait nomor ganjil genap.

Bagi sebagian mungkin menafsirkan, bahwa pilwu yang diikuti oleh dua calon, maka pemenangnya adalah mereka yang memiliki nomor ganjil, sementara jika calon lebih dari dua, maka pemenangnya adalah mereka yang memiliki nomor urut genap.

Sementara penafsiran lainnya menjelaskan, bahw pemenang pilwu untuk tahun ini adalah mereka yang memiliki nomor urut ganjil, terlebih lagi bagi calon kuwu definitif.

Dari dua paradigma diatas, mungkin ini hanya sebuah kiasan atau perkiraan yang belum tentu kebenarannya, namun ada satu hal yang harus menjadi keyakinan, bahwa sehebat apapun prediksi atau ramalan, Ketentuan semuanya ada di tangan Tuhan , Allah pemilik Hak atas sesuatu yang belum dan akan terjadi.

Terlepas dari nomor ganjil genap, ada sesuatu yang sampai saat ini masih banyak dipercaya oleh banyak kalangan, bahwa pilwu identik dengan hal gaib, baik itu diakui atau tidak, nyatanya kelenik masih ada di jaman sekarang yang konon sudah jaman moderen. Wallahua'lam...

Ironisnya lagi, ditengah menjelang pemilihan, banyak terjadi pergulatan yang dilakukan para pencari rupiah melalui perjudian yang menjagokan salah satu kandidat.

Hal ini mungkin sudah menjadi tradisi atau dijadikan sebuah tradisi yang semakin membuat ajang pilwu sebuah pergulatan yang multi kompleks.

Gugatan Berakhir NO, Kemenangan Atas Tanah Milik H. Yukeng

INDOMEDIANEWSC - Persoalan lahan tanah H. Susilawan Suryanatadiredja Parta Sudjana Putra (H.Yukeng) di lokasi tengah kota Cirebon, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Jawa Barat, telah diputuskan oleh Pengadilan Negeri Cirebon.

Terkait hal tersebut, IM mendapat press release, Minggu tanggal 24 Oktober 2021, yang menegaskan. Pada hari Selasa, Tanggal 28 September 2021, Pengadilan Negeri Cirebon Kelas IB yang telah memeriksa dan memutus perkara perdata Nomor : 80/Pdt.G/2020/PN.Cbn yaitu Gugatan Andy Machyadi Pasha (selaku Penggugat) terhadap H.Susilawan Suryanatadiredja Parta Sudjana Putra (H.Yukeng) Selaku Tergugat I dan 2 Kantor Notaris lainnya selaku Tergugat II dan Tergugat III serta Kepala Kantah BPN Kota Cirebon selaku Turut Tergugat. 

Dalam Pokok Perkara Penggugat dalam Petitumnya yang diantaranya menyatakan Tergugat I (H. Yukeng) telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum karena Tergugat I telah melakukan jual beli objek tanah kepada Pihak Ketiga lainnya tanpa ada kesepakatan, memberitahukan dan melibatkan Penggugat. Petitum Gugatan lainnya dari Penggugat diantaranya adalah; Menyatakan sebagian objek tanah adalah milik Penggugat, serta akta- akta perubahan PT. Wita Lestari Abadi (PT. WLA) yang dibuat oleh Notaris dinyatakan tidak sah dan cacat hukum. 

Kuasa hukum H. Yukeng, A.Sahala Akbar Hasibuan, SH, MH menyatakan, berdasarkan amar putusan Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara a quo adalah mengabulkan eksepsi client kami selaku Tergugat I (H. Yukeng) dan Turut Tergugat (Kepala Kantah BPN Kota Cirebon) dan dalam pokok perkara menyatakan gugatan Penggugat tidak dapat diterima (niet ontvankelijk verklaard/NO). 

Sahala juga menambahkan, Gugatan tersebut jelas tidak dapat diterima karena H. Yu Keng tidak sama sekali melakukan pelanggaran hukum terkait penjualan tanah miliknya. Apalagi dalam gugatan, Penggugat menyatakan objek tanah milik Penggugat, Majelis hakim di PN Cirebon yang menangani perkara ini telah mengadili dan memutus bahwa tuduhan -tuduhan itu tidak dapat diterima, berarti jelas ya itu semua tidak berdasar hukum.

“Kami bersyukur akhirnya persoalan yang panjang ini dapat selesai dengan kemenangan. Sejujurnya, masalah ini sangat merugikan terutama dari segi investasi atau kerjasama yang akan dilakukan oleh PT. WLA. Client kami tentu terganggu pekerjannya karena harus fokus ke pengadilan. Kerugian pasti ada, baik materil maupun moril. Tapi, setidaknya kemenangan ini membuat hati menjadi tenang," pungkasnya. 

Sekilas Sejarah Tanah dan PT Wita Lestari Abadi (PT. WLA) Kepada media, H. Yukeng dan putrinya, Syarova Soraya didampingi kuasa hukum, A.Sahala Akbar Hasibuan, SH, MH mengisahkan historis tanah dan PT, Wita Lestari Abadi. 

Diceritakan oleh Syarova selaku putri dari H. Yukeng yang juga salah satu direksi PT WLA, surat atau dokumen cukup lengkap dan kuat, dari mulai pada tanggal 7 Desember 1981 Kantor Agraria Kodya Cirebon menerbitkan SHGB No. 302, PT. Wita Motor and Engineering atas tanah seluas 5.865 M2 yang berlokasi di Jl Cipto No.6 Pekiringan berlaku sampai 2001. 

Bahkan pada tahun 2001, terjadi perpanjangan HGB dan diterbitkannya Hak Guna Bangunan No.446 oleh Kantor Pertanahan Kodya Cirebon Masa berlaku selama 20 tahun berakhir sampai dengan tanggal 5 Desember 2021. Dan, "Buktinya pada tahun 2015 tanah displitzing/dijual seluas 1.000 M2 sesuai SHGB No.688 tgl 9 April 2015. Itu nggak ada masalah” Tandas Syarova kepada Media. 

Untuk meyakinkan, Syarova mengatakan, sesuai Akta pendirian perusahaan No.19 PT. Wita Motor and Engineering didirikan pada tahun 1973, Direkturnya adalah H.Yukeng, mengalami beberapakali perubahan akta perusahaan dan berganti nama menjadi PT. Wita Lestari Abadi.

Syarova juga menegaskan, yang perlu ditekankan di sini adalah Penggugat tidak pernah menjadi pengurus perusahaan maupun menjadi karyawan di perusahaan PT. WLA, jadi jelas tidak perlu ada izin atau kesepakatan dengan penggugat.  

Sedangkan H. Yukeng pun menjelaskan, “Kalo mau bicara mengenai Majelis Taklim Hidayatullah (MTH), yang didirikan pada tahun 1983 dengan kegiatan utama adalah tabliq akbar (syiar Islam). Secara insidentil pusat kegiatan MTH adalah diatas tanah milik saya H. Yukeng yaitu di Jl. Cipto No.6 Kota Cirebon. 

Pada tahun 1991 Penggugat dan H. Yukeng mendirikan Yayasan Majlis Ta'lim Syarif Hidayatullah dengan kekayaan sebesar Rp.3.000.000 dan untuk pertama kali berkantor di bangunan milik H.Yukeng di Jl. Cipto No.6 Cirebon, tidak ada sama sekali dokumen atau surat yang menyatakan keterkaitan atas aset MTH dan Yayasan Majlis Ta'lim Syarif Hidayatullah terhadap tanah SHGB No 446 sisa/Pekiringan seluas 4865 M2 milik H. Yukeng. 

"Jadi dilokasi tanah tersebut  hanya digunakan sebagai tempat Tabliq Akbar MTH secara insidentil saja. Namun sayangnya, ini dijadikan celah untuk menggugat oleh oknum MTH." Jelas H. Yukeng di dan putrinya. 

Kami berharap, semoga Allah SWT senantiasa memberi nikmat sehat dan keberkahan kepada kita semua dan saya yg sudah berusia 76 tahun, ungkap H. Yukeng kepada media. (Lis Co)

24 Okt 2021

Warga Leuwidinding peringati Maulid Nabi " jujur dan dapat dipercaya" tauladan Rosulallah

INDOMEDIANEWSC- Mentauladani Rosulallah sebagai panutan yang menjadi landasan seluruh umat Muslim , diperingati oleh warga Desa Leuwidinding, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, melalui Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu,23/10/2021.

Acara Peringatan Maulid Nabi yang diisi oleh Penceramah Dari Ponpes Pamijin, KH. Mutohar, diharapkan mampu memberikan pencerahan kepada Ummat Muslim untuk terus berusaha berlaku baik sesuai ajaran Rosulallah.

Hadir dalam acara tersebut, Kuwu Desa Leuwidinding, Imas Rasdianto, beserta seluruh jajaran Perangkat Desa dan jamaah Dari beberapa komunitas yang ada di Desa setempat.

Usai Acara tersebut, imas, menuturkan perlunya mentauladani Rosulallah.

" Jujur dan dapat dipercaya, itulah diantara tauladan Rosul, hingga beliau dijuluki Al-amin, atau yang dapat dipercaya, maka sudah selayaknya kita berusaha untuk berlaku jujur dan dapat mengemban amanat hingga tidak memudarkan kepercayaan yang diberikan pada kita, dengan memperingati Maulid Nabi, tentunya kita semua berharap agar kita termasuk dalam ummatnya Rosulallah yang kelak kemudian kita bisa bersama-sama Rosulallah berada dalam Surganya Allah" ujarnya.

Lebih lanjut, Imas, menuturkan, dalam mengarungi dunia kehidupan yang saat ini masuk dalam nuansa moderen, jangan sampai akidah kita tergerus oleh adanya perubahan zaman.

" Era atau zaman boleh berubah, namun jangan sampai kita melupakan apalagi menjauh dari ajaran Rosulallah, karena itu Peringatan Nabi ini perlu terus kita laksanakan walaupun dengan keterbatasan dan kesederhanaan karena saat ini suasana kita masih dalam situasin pandemi, semoga dengan mengingat dan mentauladani Rosulallah, kita tetap diberikan kekuatan Iman Islam dan tidak lelah untuk memohon dan berdoa kepada Allah, agar kita tetap menjadi manusia yang jujur dan dapat dipercaya" pungkasnya. (1c)

23 Okt 2021

Muspika Susukanlebak " jalin Silaturahmi"

INDOMEDIANEWSC- Muspika Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, melaksanakan kunjungan dan silaturahmi kepada para Calon Kuwu di Desa Curugwetan, Sabtu, 23/10/2021.

Kunjungan sekaligus imbauan tentang pelaksanaan pilwu diharapkan mampu menciptakan iklim kondusifitas lingkungan, hal ini disampaikan Kapolsek Susukanlebak, Iptu. Soleh, usai kunjungan di salah satu Calon Kuwu  Curugwetan, Jaenudin.

" kunjungan ini sebagai salam perkenalan saya sebagai Kapolsek baru di Susukanlebak, juga  sebagai upaya memberikan imbauan kepada para Calon agar Pilwu ini dapat berjalan baik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan" tuturnya.

Sementara itu, Calon Kuwu Curugwetan nomor urut 1, Jaenudin, sangat berterimakasih kepada pihak Muspika yang telah berkunjung dikediamannya.

" kami sangat respek dengan kehadiran pihak Muspika yang secara bersama-sama terus berupaya untuk menciptakan kondusifitas disaat sebelum maupun sesudah pilwu,  ini tenrunya merupakan langkah tepat dalam upaya menjaga kerukunan di tengah perbedaan yang mau tidak mau  terjadi dalam pelaksanaan pemilihan , khususnya Pilwu, kita tentunya berharap Masyarakat semakin bijak dan dewasa dalam menentukan pilihan, semoga niat baik ini mendapat Ridlo dari Allah.SWT" jelas Jejejn. (1c)

Bupati Imron Lantik Pengurus Cabang Ikhwan KHAS Cirebon

INDOMEDIANEWSC- - Pelantikan Pengurus Cabang (PC) Ikatan Alumni Pondok Pesantren Kiai Haji Aqil Siroj (Ikhwan KHAS) Cirebon, berlangsung di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan Kartini, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Sabtu (22/10/2021) malam.

Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, momen pelantikan PC Ikhwan KHAS Cirebon ini bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN). Hal tersebut menjadi pengingat perjuangan para kiai pada zaman kemerdekaan.

Menurut Imron, organisasi yang baru saja dibentuk itu harus memiliki komitmen untuk memajukan pesantren. Pada zaman globalisasi ini, kemajuan bisa diraih semua orang, tidak terkecuali santri.

"Santri ini adalah orang yang beruntung, karena apa? Mereka secara pergaulan terjaga, secara keilmuan agama juga tidak kalah hebat dibandingkan pendidikan lainnya," katanya.

PC Ikhwan KHAS Cirebon diketahui merupakan organisasi alumni resmi yang disahkan langsung Yayasan dan Pondok Pesantren KHAS Kempek. Tujuan dibentuknya organisasi ini, sebagai agen perubahan.

Organisasi tersebut pun dibentuk sebagai wadah dan sarana pengembangan bagi generasi muda agar dapat tumbuh dan mengembangkan potensinya.

Sebelum dilantik PC Ikhwan KHAS Kempek Cirebon sempat berjalan tidak sesuai dengan harapan. Dilantiknya organisasi ini, diharapkan bisa menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik untuk alumni Ponpes KHAS Kempek.

Organisasi tersebut awalnya dibentuk pada 14 Juni 2021 dan Akromi dipilih sebagai ketua periode 2021 sampai 2023. Namun akibat pandemi covid-19, pelantikan baru bisa dilaksanakan pada 22 Oktober tahun ini. (Lisdis)

Pesan Bupati Cirebon dalam peringati Hari Santri


INDOMEDIANEWSC-  Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 tingkat Kabupaten Cirebon, berlangsung di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon, Jumat (22/10/2021).

Peringatan tersebut dipimpin langsung Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag dan dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Berdasarkan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholis Qoumas yang dibacakan Bupati Cirebon, HSN ditetapkan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun
2015 yang menetapkan setiap 22 Oktober adalah HSN.

Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan lndonesia.

Pada HSN 2021 ini, kata Imron, mengangkat tema "Santri Siaga Jiwa Raga". Maksud dari tema tersebut yakni, sebagai bentuk pernyataan sikap
santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk
membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

"Bila zaman dahulu jiwa santri selalu siap dan berani maju untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan lndonesia, maka santri hari ini
tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang
dapat merusak persatuan dan kesatuan lndonesia," kata Bupati Imron.

Imron mengatakan, tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan pada masa pandemi covid-19. Di mana, santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan
5M+1D atau memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan Doa.

Beberapa pesantren berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi Covid-19. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi di tengah kondisi keterbatasan.

"Modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan dan sikap kehati-hatian
yang selama ini diajarkan oleh para pimpinan pesantren (kiai/nyai) kepada
santri-santrinya. Tidak lupa pula bahwa keteladanan mereka berkontribusi
untuk mendorong para santri bersedia ikut vaksin yang saat ini sedang diprogramkan oleh pemerintah," katanya.

Bentuk perhatian negara kepada santri yakni, pengesahan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Hal tersebut berfungsi sebagai rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Kemudian pada 2021 ini, Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Peraturan Presiden ini secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidikan pesantren.

"Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan. Terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama," katanya.

Selain memperingati HSN 2021, Bupati Cirebon memberikan penghargaan Anugerah Santri yang diwakili tiga orang dengan menganugerahkan hibah tanah masing-masing 300 meter persegi untuk pembangunan kantor urusan agama (KUA). (Lisdis)

22 Okt 2021

Wabup Ayu Berharap Program yang Digulirkan TNI Tumbuhkan Semangat Gotong Royong Masyarakat

INDOMEDIANEWSC-  Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih menghadiri pembukaan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) 2021 di Desa Semplo, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Kamis (21/10/2021).

Wanita yang akrab disapa Bunda Ayu ini menyebutkan, program ini diselenggarakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di bawah Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi untuk masyarakat di Desa Semplo.

Menurutnya, pemerintah daerah sangat gembira adanya program tersebut, lantaran bisa membantu masyarakat di tengah masa sulit akibat pandemi Covid-19.

"Sesuai dengan tema program ini yaitu, wujud sinergi membangun negeri. Ini merupakan metode untuk meningkatkan partisipasi membangun wilayah sebagai salah satu pengentasan kemiskinan dan membangun sinergi antara rakyat dengan TNI," kata Ayu.

Ayu menilai, program yang digulirkan TNI diharapkan menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat, sehingga nantinya bisa menumbuhkan rasa kebersamaan di tengah masa pandemi.

Program yang digulirkan TNI mulai dari pengaspalan jalan, rehabilitasi rumah tidak layak huni, pembangunan musala, pembangunan poskamling, dan pembangunan tembok penahan tanah.

Kemudian, program non fisiknya yaitu, penyuluhan dan pembinaan. "Masyarakat harus sungguh-sungguh, harus dirasakan manfaatnya," katanya. (Lisdis)

Bupati Cirebon Minta Semua Dinas Harus Mampu Berinovasi

INDOMEDIANEWSC-  Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag menyebutkan, Tim Akselerasi Percepatan Pembangunan Daerah (TAPD) Kabupaten Cirebon, saat ini mulai bergerak untuk pembangunan di Kabupaten pada masa mendatang.

Imron menyebutkan, dirinya sudah lebih dari dua tahun menjabat sebagai Bupati Cirebon. Namun menurutnya, pembangunan masih belum maksimal dan pada sisa jabatannya ini sangat perlu dilakukan percepatan.

"Pembangunan kurang jalan, saya lihat ada beberapa dinas yang mempunyai kegamangan. Saya juga minta semua dinas harus mampu berinovasi," kata Imron saat rapat TPAD di Pendopo Bupati, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Kamis (21/10/2021).

Imron mengatakan, pada 2021 ini, penyerapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dari total Rp 3,4 triliun lebih, yang terealisasi hanya sebesar 54 persen saja.

"Meskipun tim ini dibentuknya telat, tetapi masih ada waktu untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik. Nantinya, belanja daerah di Kabupaten Cirebon akan lebih maksimal," katanya.

Ketua TAPD Kabupaten Cirebon Rokhmin Dahuri mengatakan, TAPD bekerja membantu pemerintah menyempurnakan rencana pembangunan yang sudah disusun oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon. 

Selain itu, kata Rokhmin, tim pun bergerak untuk mendatangkan lebih banyak anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten tersebut.

"Tim ini bersifat mendampingi OPD, saya sangat menyayangkan penyerapan APBD yang dilakukan Kabupaten Cirebon hanya 54 persen saja. Padahal, kalau itu bisa maksimal sisanya bisa membantu pembangunan infrastruktur, pendidikan dan bidang lainnya," kata Rokhmin.

Rokhmin mengatakan, TAPD Kabupaten Cirebon juga bergerak menjadikan daerah tersebut sebagai wilayah maju dalam proses investasi. Saat ini, Kabupaten Cirebon lebih cenderung konsumtif dan impor.

"Harus maju secara investasi dan ekspor, bukan konsumsi dan impor yang tinggi. Kabupaten Cirebon harus didorong seperti itu. Salah satu yang bisa didorong, yakni industri manufaktur," kata Rokhmin. (Lisdis)

Astinet Desa Lelet " tidak sesuai Anggaran"

INDOMEDIANEWSC- Banyak Pemdes keluhkan jaringan Astinet Desa kurang maksimal, sehingga berdampak pada pekerjaan desa setempat. Seperti yang dialamai beberapa Desa,  Beringin Kecamatan Pangenan, Desa Leuwidingding Kecamatan Lemahabang dan Desa Susukanagung Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon.

Ketiga desa tersebut, jaringan internet astinet desa lelet, maka untuk membuat laporan seperti, Suskedes mesti menggunakan jaringan internet lain bahkan kuota sendiri, untuk melanjutkan tugas pemerintah desa.

Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Beringin, Supriyadi, jaringan internet astinet desa sangat diperlukan untuk memudahkan pekerjaan di desa. Namun jaringan internet yang kurang maksimal, berdampak pada pekerjaan. Misalnya, pembuatan laporan desa secara online. 

"Sangat terpaksa menggunakan jaringan internet selain astinet desa, bahkan kuota sendiri, dan akibat leletnya jaringan juga banyak dikeluhkan Desa lainnya " katanya, Kamis (21/10/2021).

Supriyadi menceritakan, jaman yang begitu canggih dan menggunakan sistem online, memerlukan jaringan internet yang maksimal. Sehingga, perlu adanya perbaikan jaringan internet astinet desa. 

"Sangat disayangkan, angaran yang begitu besar yakni kisaran Rp 14 juta pertahun, kurang maksimal jaringannya. Tapi apa boleh buat, sudah menjadi ketentuan dari kabupaten, sehingga pihak desa menuruti saja," tuturnya

Dirinya mengharapkan adanya perbaikan sistem jaringan internet astinet desa, agar tidak ada kendala jaringan yang lelet, saat bekerja di balai desa.

 "Semoga pihak kabupaten dapat memperbaiki jaringan internet, supaya pihak desa dapat bekerja maksimal," harapnya.

Senada dikatakan Perangkat Desa Leuwidingding Kecamatan Lemahabang, Heri. Jaringan internet astinet desa yang kurang maksimal berdampak pada pekerjaan. Salah satunya, saat input data vaksinasi Covid 19.

 "Ketika pihak desa mengadakan vaksinasi Covid 19, untuk mencetak sertifikat vaksin memerlukan jaringan internet. Namun internet yang lelet, terpaksa pembagian sertifikat vaksin bagi warga menjadi terkendala," ungkapnya.

Masih dikatakan Heri, jaringan internet astinet desa sangat diperlukan, guna memudahkan pekerjaan saat di balai desa. 

"Perlu adanya perbaikan jaringan astinet desa, supaya kinerja perangkat desa yang berhubungan dengan internet, lebih maksimal," pintanya.

Sementara itu, Penjabat Kuwu Desa Susukanagung, Abdul Rohmat menambahkan, jaringan internet astinet desa sudah ditentukan pihak kabupaten, sehingga pemerintah desa hanya menerima jaringan internet tersebut. 

"Sebagian besar perangkat desa dan Sekdes mengeluhkan leletnya jaringan internet astinet desa, tapi sudah menjadi ketentuan kabupaten, maka kami hanya menggunakannya saja, tanpa bisa menolak, oleh karenanya kami meminta kepada pihak terkait untuk meningkatkan fasilitas dengan lebih baik, ini kan anggarannya tidak sedikit, lebih dari 14 juta per tahun" jelasnya. (1c)


21 Okt 2021

Alumni Akabri 1999 Gelar Vaksinasi Massal dan Pemberian Sembako di Desa Gebang Mekar

INDOMEDIANEWSC- Alumni Akabri 1999 menggelar Vaksinasi Massal dan Pemberian Sembako di Desa Gebang Mekar Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, Rabu (20/10/2021). 

Dalam kegiatan  tersebut tampak hadir, Bupati Cirebon, Drs. H Imron, M.Ag, Ketua DPRD, Moh Lutfi, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Cirebon

Kegiatan Vaksinasi Massal yang digagas Alumni Akabri 1999 itu dalam rangka membantu pemerintah dalam pencanangan vaksinasi di daerah, khususnya di Indonesia. 

Ketua Panitia Alumni Akabri 1999, Kolonel Pnb Trinanda Hasan Febrianto, mengatakan, Alumni Akabri 1999 dibentuk untuk ikut membantu pemerintah dalam bidang sosial masyarakat. Seperti halnya dalam penanganan pandemi Covid-19. 

"Kami selalu mendukung program dan kebijakan pemerintah, khususnya pada penanganan pandemi Covid-19, dengan menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal serentak se-Indonesia dari 29 September sampai 20 Oktober 2021 ini," katanya. 

Ketua Alumni Akabri 1999, Kombes Pol Calvin Simanjuntak mengatakan, kegiatan vaksinasi massal dan pembagian sembako ini merupakan program dari Alumni Akabri 1999 yakni membuat Desa Kekebalan Komunal yang dilakukan serentak di 34 provinsi se-Indonesia. 

"Bahkan, sasaran kami yakni, kaum dhuafa, disabilitas, ODGJ, masyarakat yang terdampak langsung pandemi Covid-19. Kami melaporkan sampai saat ini selama satu bulan terget kami sudah mencapai 527.463 ribu dosis dan sudah tervaksinasi mencapai 481.215 ribu dosis, dan kami tadi mengecek sebentar dari pagi sampai siang sudah 550 dosis  yang sudah disalurkan," katanya. 

Calvin menjelaskan, pihaknya juga sudah menjangkau Desa Kekebalan Komunal di 13 desa yang tersebar di Indonesia. Bahkan, ada ponpes juga menjadi sasaran vaksinasi. 

"Selain desa, kami juga menjangkau lima ponpes yang jumlah santrinya banyak untuk program percepatan vaksinasi Covid-19, " ujarnya. 

Selain itu, kata Calvin, pihaknya dalam kegiatan vaksinasi dibantu dengan para vaksinator dari TNI, Polri, Dinkes dan para relawan. 

"Secara menyeluruh vaksinator selama satu bulan berjumlah 26.489 orang, dari TNI, Polri, Nakes, dan relawan proses vaksinasi ini," katanya.

Lebih lanjut kata Calvin, dalam kegiatan vaksinasi, pihaknya tidak lupa membagikan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak langsung pandemi Covid-19. "Kami juga telah mendistribusikan 124.978 paket sembako yang terdampak Covid-19," ujarnya. 

Ia pun menjelaskan, Alumni Akabri 1999 tidak hanya kegiatan vaksinasi saja, melainkan membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. 

"Ini merupakan wujud pengabdian serta kontribusi Alumni Akabri 1999 kepada bangsa dan negara dengan ikut membantu program percepatan vaksinasi massal dan pemulihan ekonomi nasional. Kami ucapkan banyak terimakasih kepada 
Nakes dan Yayasan Indonesia Pasti Bisa dan Alumni Akabri 1999 yang membantu program ini," tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi kepada Alumni AKBRI 1999 yang sudah membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan mengadakan vaksinasi massal. 

"Apresiasi yang sangat tinggi kepada rekan-rekan yang tergabung Akabri 99 yang terus menunjukkan sinergitas dan solidaritasnya dengan stakeholder dan relawan Dinkes, untuk ikut berkontribusi melaksanakan perintah Bapak Presiden dalam rangka vaksinasi yang menjadi target 2 juta sehari," katanya. 

Sigit mengungkapkan, kegiatan ini   merupakan perwujudan semakin sinergi semakin solidnya TNI-Polri dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.  Kegiatan seperti ini ada mulai dari beberapa angkatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya dan hari ini dilanjutkan Akabri 99, kita lihat beberapa hari ke depan ada beberapa rencana lagi sinergitas dalam bentuk vaksinasi massal yang dilakukan TNI-Polri, " katanya.

Ia berharap, dengan adanya vaksinasi dari TNI-Polri ini bisa membantu pemerintah dalam capaian herd immunity di Indonesia. 

"Bapak Presiden menargetkan 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksin. Sekarang baru 54 persen lebih, mudah-mudahan cepat tercapai," katanya. (Lisdis)

20 Okt 2021

Bupati Cirebon Siap Perbaiki Keuangan Daerah

INDOMEDIANEWSC- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat, mulai melakukan pemeriksaan pendahuluan atas belanja daerah tahun anggaran 2021. Pemeriksaan tersebut dilakukan secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Dalam pelaksanaan virtual tersebut, hadir sejumlah kepala daerah di Provinsi Jawa Barat, salah satunya Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag.

Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat Agus Khotib mengatakan, pemeriksaan tersebut dasar hukumnya adalah nomor 5 tahun 2004 tentang pemeriksaan, pengelolaan, dan tanggung jawab terhadap keuangan negara.

Agus menyebutkan, standar yang digunakan pemeriksaan tersebut yakni peraturan BPK no 1 tahun 2017 tentang standar pemeriksaan keuangan negara.

Tujuan pemeriksaan, untuk mengetahui sistem pengendalian internal dalam proses belanja daerah dan akan melihat kontrol yang dilakukan, sudah memadai atau tidak. 

"Kalau internal dari pemerintah daerah tidak memadai atau risiko tinggi, maka dilakukan pemeriksaan secara rinci. Kami berharap daerah siap," kata Agus.

Agus mengatakan, dalam pemeriksaan pendahuluan ini pihak BPK akan terfokus pada pemeriksaan belanja modal, belanja tidak terduga, dan belanja bantuan sosial.

"Yang kami periksa itu laporan dari awal Januari hingga 30 September 2021," kata Agus.

Sementara, Bupati Cirebon mengatakan, realisasi penggunaan anggaran di Kabupaten Cirebon baru 54,15 persen. Menurutnya, pemeriksaan ini merupakan bahan evaluasi bagi Pemerintah Kabupaten Cirebon.

"Terus berusaha memperbaiki keuangan daerah. Saya berharap dapat mengevaluasi kekurangan dan akan melakukan perbaikan," kata Imron. (Lisdis)

TURBULENSI APBD JABAR 2022

Oleh:
Daddy Rohanady
Anggota DPRD Provinsi Jabar


APBD Provinsi Jawa Barat diperkirakan akan mengalami turbulensi pada tahun anggaran 2022 mendatang. Hal itu merupakan akumulasi dari beberapa hal yang tidak bisa dihindari. 

Melihat beberapa hal yang melingkupinya, tampaknya turbulensi APBD Jabar sudah di depan mata. Sebenarnya sinyal ke arah itu sudah tampak sejak pembahasan Perubahan APBD tahun anggaran 2021. 

Pendapatan Daerah yang tidak tercapai sangatlah besar, yakni Rp 10,358 triliun. Hal itu diakibatkan oleh beberapa faktor. Memang situasi pandemi telah berdampak ke segala lini. Hal itu telah pula berpengaruh pada Pendapatan Transfer (dari Pemerintah Pusat). 

Pendapatan Asli Daerah diperkirakan terkoreksi Rp 4,131 triliun menjadi Rp 20,604 triliun. Demikian pula Pendapatan Transfer diperkirakan terkoreksi cukup besar, yakni Rp 6,226 triliun. 

Transfer Pemerintah Pusat semuanya mengalami penurunan. Dana Transfer berkurang Rp 6,152 triliun. Bahkan, Dana Insentif Daerah juga diperkirakan turun sekitar Rp 68,7 miliar. 

Dana Transfer semuanya turun, kecuali Dana Bagi Hasil (DBH) yang naik Rp 317 miliar. Dana Alokasi Umum (DAU) turin Rp 91 miliar). Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik turun Rp 180 miliar). DAK Non-Fisik turun Rp 6,2 triliun. 

Ini bukti bahwa sesungguhnya volume APBD Provinsi Jabar yang di dalam RKUA PPAS tanggal 16 Agustus 2021 diproyeksikan di atas Rp 41 triliun, sekarang tampak warna aslinya. Volume APBD Provinsi Jabar selama ini tampak besar, antara lain juga, karena sesungguhnya besar pula dana yang sifatnya hanya transitoris. Artinya, di dalam APBD Jabar ada dana dalam jumlah sangat besar yang harus ditransfer ke kabupaten/kota. 

Jadi, volume APBD Jabar menjadi besar akibat besarnya dana transitoris yang masuk ke kas daerah Provinsi. 
Ketika Pemerintah Pusat memutuskan dana-dana transitoris itu langsung ditransfer ke kas kabupaten/kota, maka volume Pendapatan Transfer pun langsung kempes. 

Turunnya secara drastis transfer dari Pemerintah Pusat, salah satunya dan terakhir kali dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170-S/PK/2021. 

Turbulensi volume APBD Provinsi Jabar tersebut pasti pengaruhnya sangat besar terhadap berbagai pos belanja daerah. Konsekuesinya, alokasi anggaran belanja pun terpaksa harus menyesuaikan kembali dengan volume Pendapatan Daerah yang baru. 

Nota Pengantar KUA PPAS Tahun Anggaran 2022 yang disampaikan Gubernur pada tanggal 16  Agustus 2021 masih mencantumkam angka Pendapatan Daerah sebesar Rp 41,141 triliun. Setelah melalui proses pembahasan, terjadi beberapa perubahan. Kini Pendapatan Daerah diprediksi hanya Rp 30,783 triliun. 

Memang pembahasan belumlah tuntas hingga APBD disepakati pada sidang paripurna. Itu pun masih membuka ruang koreksi dari Kementerian Dalam Negeri. Namun, tampaknya tidak ada lagi "kejutan berarti" yang akan mempengaruhi APBD Tahun Anggaran 2022 tersebut. 

Artinya, tidak sampai 2 bulan, telah terjadi perubahan yang sangat drastis. Hal itu telah memberi hantaman yang sangat amat keras dan telak terhadap APBD Provinsi Jabar Tahun 2022. 

Semoga turbulensi tersebut tidak lantas menimbulkan turbulensi dalam pencapaian target indikator-indikator pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD, apalagi menurunkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

19 Okt 2021

Aca "siap wujudkan harapan warga"

IMDOMEDIANEWSC- Keinginan untuk membangun Desa demi terciptanya harapan warga,  Aca Raksa Wirawan, Suami dari Nursiti dan ayah tiga anak ini, ingin mengabdikan dirinya demi kemajuan Desa Susukan tonggoh, Kecamatan Susukan lebak, Kabupaten Cirebon.

Hal ini disampaikan saat usai pelaksanaan pengundian nomor urut Pilwu Desa setempat, Senin 18/10/2021.

" Alkhamdulillah, setelah saya ditetapkan sebagai Calon Kuwu Desa Susukan tonggoh, tentunya itu merupakan suatu berkah yang harus saya syukuri dengan melanjutkan harapan agar keinginan untuk membangun Desa ke arah lebih baik bisa terealisasi" ujarnya.

Pria yang akrab disapa Aca ini mengharapkan adanya dukungan dari seluruh warga Masyarakat untuk secara bersama-sama membangun Desa dengan tidak meninggalkan rasa kebersamaan dan toleran.

" kami ingin meningkatkatkan berbagai program Desa agar lebih baik dari yang saat ini sudah baik, banyak program.Desa yang mampu dimaksimalkan, baik itu segi wisata, Ekonomi kerakyatan, infrastruktur maupun hal lainnya, ini semua bisa dilaksanakan dengan adanya dukungan dan peranserta dari semua pihak, oleh karenanya saya sebagai Manusia yang tentunya masih perlu banyak belajar, mengharapkan agar warga Desa kami memberi dukungan penuh kepada saya untuk memimpin Desa dan mewujudkan apa yang diharapkan warga" tuturnya.

Keinginan dan niat memimpin ini selain adanya dorongan dan dukungan dari keluarga, tidak sedikit pula warga yang menginginkan dirinya memimpin Desa.

"Semoga dengan program pro rakyat yang reliji, keterbukaan, SDM memadai dan niat membangun, harapan ini mendapat ridlo dari Allah SWT" pungkasnya. (1c)





Pemkab Cirebon Targetkan Pendapatan Daerah Rp 3,3 Triliun Lebih

INDOMEDIANEWSC- DPRD Kabupaten menggelar Rapat Paripurna dengan agenda pembacaan Hantaran Bupati Cirebon terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2022 di Gedung DPRD setempat, Senin (18/10/2021).

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si yang membacakan Hantaran Bupati Cirebon terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2022 menyebutkan, Proses Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun 2022 telah diawali dengan Nota Kesepakatan KUA/PPAS antara Pemerintah Daerah dan DPRD. 

Selanjutnya, kepala perangkat daerah kemudian menyusun rencana kerja dan anggaran yang merupakan bahan penyusunan rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun 2022. 

"Substansinya rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun 2022 memuat pendapatan, belanja dan pembiayaan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Ketentuan Pengelolaan Keuangan Daerah, bahwa dalam penyusunan APBD penganggaran pengeluaran daerah harus sesuai dengan kepastian ketersediaan dana atas penerimaan daerah dalam jumlah yang cukup," katanya. 

Wabup Ayu sapaan akrabnya menjelaskan, rancangan APBD tahun anggaran 2022 telah memperhatikan prioritas program, kegiatan dan sub kegiatan perangkat daerah yang telah disesuaikan dengan kodefikasi, klasifikasi, nomenklatur baru yang telah dimutakhirkan. 

Menurutnya, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2022 terdapat sumber sumber pendapatan  diantaranya dari
"Pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp 3,3 triliun lebih. Terdiri dari pendapatan asli daerah ditargetkan sebesar Rp 710 miliar lebih yang bersumber dari pajak daerah Rp 261 miliar lebih, retribusi daerah Rp 17 miliar lebih, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar Rp 9 miliar lebih, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah sebesar 422 miliar lebih," kata Ayu.

"Ada juga dana transfer direncanakan sebesar Rp 2,6 triliun lebih terdiri atas transfer pemerintah pusat sebesar Rp 2,2 triliun lebih yang meliputi dana perimbangan, dana insentif daerah, dana desa, dan pendapatan transfer antar daerah sebesar Rp 362 miliar lebih yang merupakan dana bagi hasil pajak daerah," tambah Ayu. 

Selain itu, kata Ayu, untuk Belanja Daerah, dianggarakan sebesar Rp 3,4 triliun lebih yang diperioritaskan dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintahan daerah. 

"Di situ meliputi pelayanan dasar, urusan wajib tidak berkaitan dengan urusan dasar, unsur pilihan, urusan pendukung, unsur pengawasan, urusan kewilayahan dan pemerintah umum, tetapi tetap menyediaan anggaran penanganan pandemi Covid-19, " katanya.

"Ada beberapa belanja daerah yang meliputi, belanja operasi, belanja pegawai, belanja gaji, tambahan penghasilan ASN, tambahan penghasilan berdasarkan beban kerja dan pertimbangan objektif lainnya," tambah Ayu.

Ayu mengungkapkan, pemerintah daerah juga melakukan belanja modal untuk menganggarkan pengeluaran yang dilakukan dalam rangka pengadaan aset tetap dan lainnya. 

"Untuk belanja modal kami anggarkan sebesar Rp 230 miliar lebih, yang meliputi belanja modal tanah, belanja modal peralatan mesin, belanja modal bangunan dan gedung, belanja modal jalan dan jaringan, dan belanja aset lainnya," ujar Ayu.

Namun demikian, kata Ayu, Pemerintah Kabupaten Cirebon juga tetap menganggarkan untuk dana tidak terduga pada anggaran tahun 2022 mendatang. 

"Dana tidak terduga dapat digunakan  apabila terjadi keadaan darurat,  bencana alam, non alam bencana sosial seperti sekarang yakni pandemi Covid-19, " katanya. (Lisdis)

Wabup Cirebon Berharap Desa Sindangkasih Beber Bisa Raih Juara 1 Lomba PKK Tingkat Jabar

INDOMEDIANEWSC-  Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si mengadiri Rechecking 5 lomba 10 Program Pokok PKK Jabar di Desa Sindangkasih Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon, Senin (18/10/2021). 

Seperti diketahui, Desa Sindangkasih Kecamatan Beber menjadi desa terbaik Se-Kabupaten Cirebon yang mewakili Kabupaten Cirebon untuk mengikuti 5 lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Provinsi Jabar. 

"Semoga Desa Sindangkasih Kecamatan Beber bisa meraih juara pertama 5 lomba 10 Program Pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Barat ," kata Wabup Ayu. 

Ayu menjelaskan, TP PKK tingkat Kabupaten Cirebon, kecamatan dan desa mempunyai peran aktif dalam pembangunan daerah. 

Menurutnya, Tim Pengerak PKK merupakan lembaga kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat. Mitra kerja pemerintah desa yang berfungsi sebagai fasilitator perencana pelaksana dan pengendali dan bergerak untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. 

"Dalam kontek keluarga, sangat berarti dalam proses pembangunan. Karena kondisi objektif keluarga merupakan parameter bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Dengan demikian, untuk dapat membina keluarga secara langsung dibentuklah gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga oleh TP PKK," kata Ayu. 

Ayu mengungkapkan, gerakan PKK di era globalisasi ini dituntut bisa menumbuhkembangkan sikap dan perilaku untuk kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat agar tidak keliru menerima arus globalisasi. 

"TP PKK tantangannya sangatlah banyak, mulai perkembangan sumber daya manusia, pemanfaatan sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu perlu adanya ketahanan keluarga sebagai alternatif untuk mewujudkan keluarga sejahtera," tambahnya. 

Sementara itu, Ketua Rechecking 5 lomba 10 Program Pokok PKK Provinsi Jawa Barat, Setiasih mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada TP PKK Desa Sindangkasih Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon yang sudah bekerja keras untuk mengikuti lomba meski di masa pandemi Covid-19. 

Menurutnya, hal ini memberikan gambaran kalau TP PKK dalam menjalankan tugas dan perannya turut serta memperjuangakan demi terwujudnya kesejahteraan keluarga dengan tetap semangat meski harus menghadapi pandemi Covid-19. 

"Pelaksanaan 5 lomba 10 Program Pokok PKK dan lomba lainnya setiap tahun dilaksanakan. Ini merupakan program TP PKK Provinsi Jabar tahun 2021. Yang merupakan bagian dari pembinaan dengan prinsip terarah, terus menerus dan berkesinambungan dengan meningkatkan kapasitas SDM PKK," kata Setiasih. 

Setiasih mengungkapkan, hal terpenting dalam lomba ini yakni bisa menjadikan ajang wahana silaturahmi untuk mempererat komunikasi antar anggota PKK baik tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa. 

"Di dalam kegiatan ini juga bisa ikut mempromosikan hasil kreatifitas, menggali, mengelola dan memanfaatkan sumber daya lokal yang akan menghasilkan produk dengan nilai ekonomi tinggi yang berdampak kepada ekonomi masyarakat," katanya. (Lisdis)

Wanita Muda “ Ria Gumelar “ siap membangun Desa

INDOMEDIANEWSC- Ria Gumelar. S.Pd, Wanita kelahiran Tahun sembilan puluhan bertekad untuk membuat satu perubahan yang mengutamakan kepentingan Warga.
Usai pengundian Nomor Calon Kuwu Desa Susukan Agung, Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon, Periode Tahun 2021-2027, Wanita belia yang berlatar Belakang Pendidikan mumpuni, menuturkan kepada IM, Senin, 18/10/2021.

“Niat saya maju sebagai Calon Kuwu Desa Susukan Agung ini didasari keinginan untuk mengabdikan kemampuan yang saya miliki untuk membangun dan mengembangkan Desa ke arah yang lebih baik dari yang sudah baik, saya berkeinginan segala program yang bertujuan untuk kemakmuran dan kemaslahatan bisa diwujudkan dengan mengedepankan adanya keterbukaan informasi publik,  Sumberdaya Manusia yang memadai, Reliji dan tetap mengutamakan kebersamaan yang berlandaskan silaturahmi dan gotong royong” ujarnya.

Lebih lanjut, Wanita yang pernah mengecap sebagai salah seorang Angota Paskibraka Kabupaten Cirebon ini, menyampaikan keinginan dan niat tulusnya yang didukung penuh Oleh Keluarga besarnya juga Warga seitar.

“Saya ingin peningkatan perekonomian Warga melalui berbagai Program Desa yang ada, baik itu memaksimalkan peran PKK, Bumdes, Pertanian ataupun seni Budaya yang tentunya dapat dimaksimalkan dengan cara terjalinnya kerjasama dan dukungan dari semua pihak, Saya yakin, Desa ini akan mampu berkembang pesat dengan kerjasama dan satu visi maupun misi yang sama, kami mengajak kepada semua kalangan Warga Masyarakat untuk secara bersama-sama membangun Desa Susukan Agung menjadi sebuah Desa yang bisa dibanggakan dan bahkan bisa dijadikan sebagai satu Desa percontohan, intinya saya siap membangun Desa dengan cara bijaksana “ pungkasnya. 

Sementara itu, D. Tarmidi, Anggota Pejuang Siliwangi Cirebon, mengharapkan pelaksanaan pilwu ini berjalan aman dan kondusif.

" kami mengharapkan pilwu ini bisa dijadikan ajang silaturahmi dan pererat silaturahmi, perbedaan itu hal yang biasa, jangan jadikan pilwu sebagai ajang pemecah persatuan, gunakan hak pilih sesuai nurani, semoga pilwu bisa melahirkan pemimpin yang amanah sesuai keinginan warga" harapnya. (1c)