17 Sep 2021

PPS desak Anggaran Pilwu segera dicairkan

INDOMEDIANEWSC- Tahapan pemilihan kuwu (pilwu) serentak 2021 Desa Asem, Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, telah memasuki penepatan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Namun, anggaran untuk pelaksanaan agenda enam tahunan tersebut belum cair, sehingga sangat terpaksa menggunakan dana talangan untuk sosialisasi.

Menurut Ketua PPS Desa Asem, Asyari, anggaran sekitar Rp 120 juta untuk pelaksanaan pilwu serentak hingga kini belum cair, sedangkan tahapan sosialisasi antara lain pemasangan spanduk dan penetapan DPS membutuhkan dana. Maka, dengan sangat terpaksa menggunakan dana talangan.

 "Semestinya sebelum tahapan pilwu dilaksanakan, anggaran sudah cair. Agar, tidak menggunakan dana talangan," tuturnya, usai acara penetapan DPS di balai desa setempat, Kamis (16/9/2021).

Asyari menuturkan, pemasangan spanduk pilwu di tempat strategis sangat diperlukan untuk memberitahukan pada masyarakat yang ingin mencalonkan diri dan waktu pelaksanaan pilwu serentak. Selain itu, spanduk tersebut berisikan tahapan pilwu, agar warga mengetahui tahapan yang belum atau sudah dilakukan panitia.

 "Kalau desa yang memiliki anggaran banyak, bisa meminjam dulu dan setelah dana pilwu cair langsung dibayarkan. Tapi bagi desa yang minim anggaran, akan kesulitan mendapatkan dana talangan. Maka, alangkah baiknya bila secepatnya anggaran pilwu dibagikan," jelasnya.

Masih dikatakan Asyari, setelah tahapan sosialisasi berupa pemasangan spanduk dan penepatapan DPS, besok (17/9/2021) hari pertama pendaftaran bakal calon kuwu, yang tentunya membutuhkan dana.

 "Untuk pendaftaran gelombang pertama, 17-24/9/2021 dan bila belum ada yang mendaftar, dibuka gelombang kedua. DPS saat ini, 2.356 pemilih," ujarnya.

Dirinya mengharapkan, anggaran pilwu serentak dibagikan, agar panitia tidak memikirkan dana untuk kegiatan tahapan pilwu. 

"Kalau sudah ada anggaran, panitia tinggal melaksanakan sesuai yang telah ditetapkan, jangan sampai karena lambatnya pencairan Anggaran berdampak pada pelaksanaan pilwu serentak" pungkasnya. (1c)

0 $type={blogger}: