2 Sep 2021

Bebarik panen padi " Ucap Syukur dan santunan Yatim duafa"

INDOMEDIANEWSC- Pemerintah Desa Cipeujeuhkulon Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, mengadakan syukuran panen padi ( bebarik ) Kamis, 02/09/2021

Kuwu Desa Cipeujeuhkulon, H Lili Mashuri mengatakan, bebarik ini sebagai bentuk syukur pada yang kuasa, yang telah memberikan hasil panen melimpah.

 "Alhamdulillah, tahun ini bisa dua kali masa panen  sedangkan tahun sebelumnya, hanya satu kali panen," katanya, usai acara yang dilaksanakan dihamparan sawah Desa setempat.

Wakil Ketua FKKC Kabupaten Cirebon ini menjelaskan, masalah pertanian harus melibatkan seluruh pihak, tak terkecuali dinas pertanian dan dinas pengairan. Karena sudah menjadi tradisi permasalahan para petani, air yang minim untuk mengairi sawah. 

"Tidak sedikit para petani yang membiarkan lahan pertanian pada musim tanam kedua dan ketiga, karena minim air. Maka pihak desa sudah mengajukan ke dinas pertanian, untuk pembuatan sumur artesis," jelasnya.

Masih dikatakan Lili, acara syukuran ini tak lepas dari peran para petani dan panitia acara juga elemen masyarakat lainnya. 

"Kami ucapkan terima kasih, atas terselenggaranya kegiatan ini dengan sukses. Acara ini selain diisi dengan doa bersana sebagai ungkapan syukur dilanjutkan  dengan santunan anak yatim dan jompo," ujarnya.

Dirinya mengharapkan, dukungan seluruh pihak untuk membangun desa, khususnya meningkatkan hasil pertanian. 

"Semoga, tahun depan realisasi pembuatan sumur artesis, guna minimalisasi kekurangan air, saat kemarau bisa segera.terealisasi, yang pasti kami dari pihak pemdes sangat mendukung peran serta dan usaha para petani, dan Alkhamdulillah, kepedulian para petani terhadap sesama di desa.kami sangat tinggi, terbukti dengan keikhlasan mereka dalam menyisihkan rijkinya untuk para yatim dan jompo" pungkasnya dengan derai air mata. (1c)

0 $type={blogger}: