13 Agu 2021

Zona Hijau Tetap utanakan prokes

INDOMEDIANEWSC- Meski masuk zona hijau, Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, terus lakukan himbauan pada masyarakat. 

Kapolsek Lemahabang, Kompol Sunarko mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk menekan kasus Covid 19. Antara lain, sukseskan vaksinasi dan himbauan pada warga untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

"Sudah satu pekan, kecamatan ini zona hijau. Meski zona hijau, kami terus edukasi masyarakat agar melaksanakan prokes," katanya, usai acara vaksinasi di Pabrik Gula (PG) Sindanglaut, Kamis (12/8/2021)

Sunarko menjelaskan, kewaspadaan Covid 19 terus dilakukan, salah satunya, dengan menggerakkan pihak desa untuk terus mendata warga yang pulang kampung dan melaporkan setiap ada yang terindikasi terpapar virus covid 19. 

"Meski kecamatan ini masuk zona hijau, kami bersama pemerintahan desa dan kecamatan terus menghalau, guna minimalisasi penyebaran Covid 19 di wilayah ini," jelasnya.

Masih dikatakan Sunarko, perkembangan virus covid 19 yang begitu masif, harus dibarengi dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit tersebut. Antara lain dengan hidup bersih dan edukasi masyarakat akan bahaya Covid 19.

 "Berbagai upaya dilakukan Muspika dan pihak desa dalam pencegahan Covid 19. Namun yang terpenting, kesadaran masyarakat itu sendiri, supaya, Covid 19 tak menyebar. Selain itu, kami lakukan tracking pada warga sekitar sebanyak 15 orang, bila ada yang diduga positip Covid 19, guna memutus rantai penyebaran Covid 19," ujarnya.

Ketika ditanya, apakah ada sanksi bagi yang melanggar PPKM Darurat, Sunarko menjawab, kewenangan Satpol PP. "Untuk sanksi, kewenangan Satpol PP. Bila diperlukan, kami siap," tegasnya.

Sementara itu, vaksinasi massal Covid 19 kali ini, dengan sasaran karyawan PG Sindanglaut, sebanyak 120 orang. "Vaksinasi dosis pertama ini disambut antusias, terlihat banyaknya karyawan yang divaksin," tutur Sunarko.

Dirinya menghimbau pada seluruh masyarakat untuk melaksanakan 5M yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi kegiatan di luar rumah. "Meski sudah divaksin, tetap menerapkan prokes," pintanya. (1C)

0 $type={blogger}: