27 Agu 2021

Pabrik Sepatu" PT Longrich "belum tepati janji pada petani

INDOMEDIANEWSC- Pembangunan pabrik sepatu PT Longrich Indonesia yang berada di Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon, terkesan kurang memperhatikan saluran air bagi petani.

Menurut salah seorang petani, Osle, tanah garapannya yang berada di sebelah proyek pembangunan pabrik sepatu PT Longrich Indonesia terdapat saluran irigasi di tengah-tengah, akan tetapi semenjak 2019 lalu, saluran tersebut terputus oleh tembok keliling pabrik, sehingga air saluran irigasi tidak bisa mengalir dan menggenangi areal pertanian.

 "pihak perusahaan berjanji akan dibuatkan saluran baru, agar saluran irigasi tersebut bisa kembali berfungsi, namun hingga sekarang belum realisasi," tuturnya Kamis (26/8/2021).

Osle menuturkan, janji pihak perusahaan tersebut sekitar 2019  disampaikan langsung pada para petani sekitar proyek dan disaksikan juga aparat desa dan muspika. Akan tetapi saluran irigasi yang baru tersebut belum dibenahi, sehingga sawah terendam air dan tak bisa ditanami.

 "Dengan kondisi lahan yang selalu terendam meski musim kemarau, maka hanya dimanfaatkan untuk menanam ubi pada bagian sawah yang tidak terendam. Kalau musim hujan, tentunya tak bisa ditanami, sebab air tidak mengalir," jelasnya.

Masih dikatakan Osle, lahan pertanian yang terendam tidak seluruhnya, akan tetapi berdampak pada pendapatan.

"Beberapa tahun lalu, pernah satu kali, pihak perusahaan memberikan ganti rugi karena tanamannya terendam air. Namun yang diperlukan saat ini adanya saluran irigasi yang baru, agar air dapat mengalir dan lahan pertanian dapat ditanami seluruhnya. Seharusnya pihak perusahaan mendahulukan pembangunan saluran irigasi ini, agar lahan garapan kami bisa kembali normal ditanam," pintanya.

Sementara itu, Perwakilan PT longrich Indonesia, Herlambang mengungkapkan, rencana pembangunan saluran irigasi yang dimaksud, sudah dalam tahap perencanaan dan saat ini sedang dilakukan pengukuran juga perencanaan biaya pembangunan. 

"Bila semua sudah siap, akan dilaksanakan pembangunan saluran irigasi tersebut," ungkapnya.

Herlambang menambahkan, PT Longrich Indonesia secara bertahap, merealisasikan janji yang sempat disampaikan di awal rencana pembangunan.

 "Untuk saluran irigasi yang dimaksud saat ini sudah dalam proses perencanaan, mudah-mudahan secepatnya bisa segera direalisasikan," jelasnya. (1c)

0 $type={blogger}: