19 Agu 2021

Komisi I DPRD Sosialisasi Pilwu Serentak " Kecamatan Lemahabang"

INDOMEDIANEWSC- Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, monitoring persiapan pelaksanaan Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak di Kecamatan Lemahabang.Rabu/18/08/2021

Menurut keterangan yang disampaikan  Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Abdul Rohman, monitoring ini untuk mendengarkan penjelasan secara langsung dari pihak desa yang akan menyelenggarakan Pilwu.

 "Secara umum, tiap desa yang akan menyelenggarakan Pilwu telah siap, khususnya protokol kesehatan (prokes)," tuturnya

Senada hal tersebut  dikatakan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Diah Irwany Indiyati. Panitia Pilwu (Panpilwu) yang berhadapan langsung dengan masyarakat perlu dilakukan swab antigen dan vaksinasi dosis dua, guna minimalisasi terpapar Covid 19. 

"Secara langsung didengarkan bersama, Panpilwu bisa saling mengisi tugas. Misalnya, ketika hasil swab antigen positip, dapat digantikan dengan yang lain," paparnya.

Politisi Partai Golongan Karya ini menjelaskan, pelaksanaan Pilwu perlu persiapan yang matang  oleh seluruh pihak. Khususnya, bidang kesehatan dan keamanan, maka diperlukan sinergitas yang baik dalam berbagai tahapan Pilwu. 

"Untuk kampanye, dipastikan hampir 100 persen dilakukan secara virtual, guna mencegah kerumunan. Maka, diperlukan kesiapan desa di bidang teknologi informasi (TI)," ucapnya.

Senentara itu, Camat Lemahabang, Edi Prayitno menuturkan, ada lima desa yang akan melaksanakan Pilwu serentak yakni, Desa Sindanglaut, Asem, Lemahabangkulon, Belawa dan Desa Cipeujeuhwetan.

 "Persiapan yang kami lakukan antara lain, pembekalan untuk panitia Pilwu dan gecar vaksinasi Covid 19," tuturnya.

Kepala Puskesmas Sindanglaut, Sutara mengungkapkan, prokes harus diterapkan saat pelaksanaan Pilwu. "Jangan sampai pascaPilwu bertambah kasus Covid 19, maka diperlukan kesiapan yang matang dari seluruh pihak," ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Lemahabang, Kompol Sunarko menambahkan, persiapan jelang Pilwu serentak di bidang keamanan, akan melibatkan Linmas desa.

 "Kami juga akan meminta bantuan personil Polres dan Brimob, guna tercipta kondusivitas wilayah," imbuhnya.

 kegiatan yang diisi dialog interaktif tersebut dihadiri para kuwu dan BPD yang akan menyelenggarakan Pilwu serentak tahun ini. (1c)

0 $type={blogger}: