30 Jun 2021

Tim VBSS Lanal Cirebon Lakukan Simulasi

Indomedianewsc- Tim Visit Board Search And Sei Zure (VBSS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon, berhasil 'mengamankan' perompak yang membajak kapal tangker. Itulah gambaran simulasi pengamanan obyek vital nasional (obvitnas) di Cirebon Power.

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera mengatakan, latihan ini bertujuan untuk memberikan kesiapsiagaan prajurit dalam kemampuan pengamanan obvitnas.

 "TNI Angkatan Laut, baik dari Lanal maupun Komando Pasukan Katak Angkatan Laut (Kopaskal) yang menjaga keamanan obvitnas di Cirebon power unit II ini, agar selalu memiliki kesiapan dan kemampuan prajurit. "Latihan rutin yang dilakukan Tim VBSS karena, memiliki tugas untuk melakukan pengamanan obvitnas yang ada," katanya, Selasa (29/6/2021).

Afif menceritakan, simulasi kali ini berupa kapal tanker yang akan bersandar di dermaga Cirebon power unit II, namun terjadi pembajakan.

 "Setelah adanya laporan dari masyarakat dan manajemen Cirebon Power II, petugas mengirimkan Tim VBSS untuk mengamankan kapal tanker tersebut. Kemudian, tim dengan Sigap melakukan penangkapan terhadap tiga perompak yang melakukan pembajakan di kapal tanker tersebut, lalu para perompak diamankan menggunakan kapal patroli Lanal Cirebon," tuturnya

Masih dikatakan Afif, meskipun saat ini Cirebon, keamanan laut masuk dalam kategori aman, akan tetapi harus terus mempersiapkan diri untuk melakukan pengamanan. "Untuk pengamanan obvitnas kami tidak hanya melakukan pengamanan secara mandiri, tetapi gabungan dengan melibatkan TNI AD, TNI AU, Polri dan masyarakat untuk melakukan operasi," pungkasnya. (1c)

0 $type={blogger}: