30 Jun 2021

Tim VBSS Lanal Cirebon Lakukan Simulasi

Indomedianewsc- Tim Visit Board Search And Sei Zure (VBSS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon, berhasil 'mengamankan' perompak yang membajak kapal tangker. Itulah gambaran simulasi pengamanan obyek vital nasional (obvitnas) di Cirebon Power.

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera mengatakan, latihan ini bertujuan untuk memberikan kesiapsiagaan prajurit dalam kemampuan pengamanan obvitnas.

 "TNI Angkatan Laut, baik dari Lanal maupun Komando Pasukan Katak Angkatan Laut (Kopaskal) yang menjaga keamanan obvitnas di Cirebon power unit II ini, agar selalu memiliki kesiapan dan kemampuan prajurit. "Latihan rutin yang dilakukan Tim VBSS karena, memiliki tugas untuk melakukan pengamanan obvitnas yang ada," katanya, Selasa (29/6/2021).

Afif menceritakan, simulasi kali ini berupa kapal tanker yang akan bersandar di dermaga Cirebon power unit II, namun terjadi pembajakan.

 "Setelah adanya laporan dari masyarakat dan manajemen Cirebon Power II, petugas mengirimkan Tim VBSS untuk mengamankan kapal tanker tersebut. Kemudian, tim dengan Sigap melakukan penangkapan terhadap tiga perompak yang melakukan pembajakan di kapal tanker tersebut, lalu para perompak diamankan menggunakan kapal patroli Lanal Cirebon," tuturnya

Masih dikatakan Afif, meskipun saat ini Cirebon, keamanan laut masuk dalam kategori aman, akan tetapi harus terus mempersiapkan diri untuk melakukan pengamanan. "Untuk pengamanan obvitnas kami tidak hanya melakukan pengamanan secara mandiri, tetapi gabungan dengan melibatkan TNI AD, TNI AU, Polri dan masyarakat untuk melakukan operasi," pungkasnya. (1c)

Pemdes Karangasem " vaksinasi tetap harus patuhi prokes"

Indomedianewsc- Upaya terus dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19. Selain tetap menerapkan prokes Vaksinasi bagi warga Masyarakatpun sangat diperlukan.
Hal ini terlihat jelas saat Pemdes Karangasem, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, melaksanakan kegiatan vaksin masal bagi Masyarakat umum.
Hal ini disampaikan Kuwu Desa Karangasem, Heriyanto, Rabu 30/06/2021.

" Kami dari pihak Pemdes melaksanakan berbagai program Pemerintah dalam hal penanggulangan Pandemi Covid-19, salah satunya melalui program vaksinisasi bagi Masyarakat umum, Alkhamdulillah saat ini kami tengah melaksanakan  vaksinasasi dengan target 150,  mudah mudahan dengan pelakaanaan vaksin ini  mampu memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19" ujarnya

Lebih lanjut Heriyanto menjelaskan, dengan pelaksanaan vaksinasi prokes tetap harus dipatuhi

" kami berharap bagi warga Masyarakat yang telah divaksin tetap harus mematuhi protokol kesehatan, dengan harapan pandemi ini segera bisa berakhir dan kembali kita bisa menjalani kehidupan normal seperti sediakala " pungkasnya (1c)


29 Jun 2021

Danrem 063/SGJ gelar perlengkapan, antisipasi hadapi musim penghujan

Indomedianewsc- Menghadapi musim penghujan yang akan segera tiba, Korem 063/SGJ melaksanakan gelar personel dan perlengkapan Satuan Dinas Jawatan area service Korem 063/SGJ, Selasa (29/6/2021) 

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga.K.,S.A.P memimpin pelaksanaan gelar personel dan perlengakapan Satuan Dinas Jawatan area service Korem 063/SGJ dalam rangka penanggulangan bencana alam di wilayah Korem 063/SGJ. 

Seluruh perlengkapan yang digelar merupakan simulasi pelaksanaan bencana alam yang sebenarnya. Mulai tenda posko, tenda dapur lapangan, posko kesehatan, ketersediaan listrik, dan tak kalah pentingnya pengamanan rolakir. 

"Kita cek kesiapan personel dan perlengkapan bagi satuan Dinas Jawatan dalam rangka menghadapi bencana di wilayah Korem 063/SGJ, karena kita ketahui bersama musim akan memasuki musim penghujan" ucap Danrem. 

Dalam kesempatan terpisah, Kapenrem 063/SGJ Mayor Inf U.S Karlan,S.H menambahkan bahwa kegiatan tersebut guna menyiapkan sejak dini kesiapan baik personel dan materiil yang akan disiapkan dalam menghadapi bencana pada musim penghujan. 

Kegiatan gelar diawali dengan apel pengecekan, dilanjutkan simulasi pendirian tenda serta diakhiri evaluasi oleh Danrem 063/SGJ dan KasiterRem 063/SGJ.(penrem063/1b)

Pemdes Curug wetan adakan penyemptotan Disinfektan

Indomedianewsc- Pemerintah Desa (Pemdes) Curugwetan Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon, melakukan penyemprotan disinfektan di rumah penduduk dan fasilitas umum

Kuwu Desa Curugwetan, Jaenudin mengatakan, penyemprotan disinfektan sangat diperlukan guna pencegahan Covid 19 di masyarakat. 

"Rumah penduduk dan fasilitas umum merupakan program prioritas untuk dilakukan penyemprotan disinfektan," katanya, Sabtu (25/6/2021).

Pria yang biasa dipanggil jezen ini menjelaskan, kasus Covid 19 yang semakin mengkhawatirkan maka pihak desa berupaya melakukan pencegahan. Salah satunya, penyemprotan disinfektan. 

"Menjadi tanggung jawab seluruh pihak untuk untuk pencegahan dan penanganan Covid 19, tak terkecuali masyarakat itu sendiri. Maka perlu adanya kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam keseharian," jelasnya.

Sementara itu, Puskesmas Susukanlebak mengadakan vaksinasi massal dalam rangka HUT ke 75 Polri.

Kapolsek Susukanlebak, Ajun Komisaris Awan Suryawan mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi Covid 19 secara massal tentunya menggunakan sistem Prokes phisical distancing atau jaga jarak serta memakai masker dan selama giat berlangsung, situasi dalam keadaan aman kondusif. 

"Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti Vaksinasi, diharapkan tindakan ini mampu meminimalisir terjadinya penyebaran pandemi covid'19" ujarnya (1c)

28 Jun 2021

Kuasa Illahi " tertabrak Kereta api " tidak alami luka sedikitpun

Indomedianewsc- Kecelakaan yang menghebohkan. Sebuah mobil dengan nopol E 1252 MN yang dikemudikan Carita (56 tahun) Desa Kalimeang, Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon, tertabrak kereta api diperlintasan tanpa palang pintu.

Dari nformasi  yang diperoleh  peristiwa yang terjadi Senin (28/6/2021) sekitar pukul 08.30 WIB tersebut, bermula dari sebuah mobil yang melintas dari arah Desa Kalimeang Kecamatan Karangsembung, menuju Desa Getrakmoyan, Kecamatan Karangwareng. 

Saat  itu , mobil  melintasi  rel tanpa palang pintu dan tak lama, kereta api dari arah Jakarta datang kemudian menghantam bagian depan mobil. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, meski pengemudi masih dalam mobil.

Kapolsek Karangsembung, Ajun Komisaris Edi Baryana melalui Kanit Reskrim Aipda Kusno Sutrisno, SH membenarkan kejadian tersebut. 

"Memang benar telah terjadi peristiwa kecelakaan  sebuah mobil tertabrak Kereta Api diperlintasan  tanpa palang pintu , namun demikian Korban selamat dan apa penyebabnya kasusnya masih dalam penyidikan, hanya saja sementara saat Korban ditanya, yang bersangkutan hanya mengatakan tidak memdengar adanya suara kereta yang mau melintas"  ujar Aipda Kusno. (1c)

Pemdes Karangmekar Bagikan Vitamin Dan penyemprotan disinfektan

Indomedianewsc- Pemerintahan Desa Karangmekar Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon, tingkatkan kewaspadaan Covid 19 pada masyarakat. Melaui pembagian vitamin dan penyemprotan disinfektan.

Kuwu Desa Karangmekar, Rusmanto mengatakan, penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan rumah penduduk, juga membersihkan lingkungan sekitar merupakan upaya desa dalam mencegah dan penanganan Covid 19. 

"Tentunya berbagai upaya kami lakukan, guna minimalisasi penyebaran Covid 19,, termasuk didalamnya adalah  kegiatan penyemprotan dan pembagian Vitamin " "katanya, Senin (28/6/2021).

Rusmanto menjelaskan, penanganan Covid 19 menjadi tanggung jawab seluruh pihak, tak terkecuali masyarakat itu sendiri untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam keseharian. 

"Kami juga menyediakan ruang isolasi mandiri bagi warga yang terpapar Covid 19. Selain itu, kami lakukan penyemprotan disinfektan dan pemberian vitamin bagi warga yang Orang Tanpa Gejala (OTG), dimana saat ini selama Bulan Juni warga kami yang terkonfirmasi positif corona sebanyak 6 Orang."ujarnya.

Dirinya menghimbau pada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam keseharian, yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi atau biasa disebut 5M. 

"Jangan lupa untuk berdoa, selain menerapkan prokes dalam kesehariaan, karena selain ikhtiar dengan melaksanakan 5 M, memdekatkan diri kepada sang pencipta hal paling utama " " "pungkas Rusmanto (1c)

26 Jun 2021

Kepedulian Polri ditengah pandemi " HUT Bayangkara diisi kegiatan Vaksin Masal"

Indomedianewsc- Kegiatan  Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Polri  dilaksanakan di Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, diisi dengan kegiatan vaksinasi massal Covid 19 bagi masyarakat umum.

Kapolsek Lemahabang, Kompol Sunarko mengungkapkan, vaksinasi massal ini sebagai upaya Polri mencegah Covid 19 di masyarakat. 

"Secara serentak dilaksanakan di tiap Polsek. Sesuai perintah Kapolri.
Dalam kegiatan ini Polsek Lemahabang  ditargetkan sekitar 230 orang dan Alhamdulliah tercapai, bahkan melebihi kuota yang tersedia, hingga 289 yang mengikuti vaksin "ungkapnya. 

Lebih lanjut Kompol Sunarko, menjelaskan

" secara keseluruhan pelaksanaan vaksinasi ini berjalan lancar , tentunya hal tersebut atas kerjasama berbagai pihak, Baik dari Nakes, Anggota Pol PP Kec Lemahabang termasuk peran serta para Bhabinkamtibmas" pungkasnya.

Untuk kegiatan Vaksinasi sendiri bagi seluruh Masyarakat yang telah divaksin langsung mendapatkan sertifikat, dan untuk Vaksin tahap kedua akan dilaksanakan pada 24 Juli 2021.


Sementara itu, bersamaam dengan pelaksanaan Vaksinasi masal, Seorang warga berinisial TS (35 tahun) warga Desa Sigong Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, meninggal dunia karena diduga positip Covid 19.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Tramtib) Kecamatan Lemahabang, H Rian mengatakan, yang bersangkutan meninggal dunia diduga Covid 19 setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit. 

"Tadi malam dapat informasi ada yang meninggal diduga Covid 19, kemudian sekitar pukul 11.00 WIB di makamkan secara protokol kesehatan," katanya, Sabtu (25/6/2021).

Rian menjelaskan, sejak awal bulan sampai sekarang yang positif Covid 19 sekitar 36 Orang dan tujuh diantaranya meninggal dunia.

 "Jika dihitung sejak Januari hingga 22 Juni 2021, kisaran 314 yang dinyatakan positif Covid 19," jelasnya.

Dirinya menghimbau pada seluruh masyarakat untuk menerapkan prokes dan saling peduli dengan sesama.

 "Mari kita tingkatkan kesadaran untuk menerapkan prokes, guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19," ajaknya. (1c)

HUT Bayangkara ke 75 " polsek Susukanlebak gelar vaksinisasi covid-19"

Indomedianewsc- Wujud kepedulian Polri kepada Masyarakat  direalisasikan melalui program Pemberian Satu Juta Vaksin Covid19 Kepada Masyarakat Dalam Rangka Memperingati Hari Bhayangkara Ke 75 Tahun 2021  dilakukan jajaran kepolisian Tingkat Polsek Susukanlebak Polresta Cirebon , Sabtu 26/06/2021.


Acara  dimulai sekitar pukul 08.00 Wib, bertempat di Halaman UPT Puskesmas Susukanlebak Jalan Letkol H.M. Hasan Yoesoef No. 04 Desa Susukanagung Kec. Susukanlebak Kab. Cirebon.


Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Susukanlebak Drs. JURI ASHARI. MM, Kapolsek Susukanlebak AKP AWAN SURYAWAN SH, Danramil Sindanglaut diwakili Bhabinsa SERTU KARYA, Kepala Puskesmas Susukanlebak dr. ARIA ABDITIANTO, Perwira Asistensi Polresta Cirebon IPTU SUGIARTO, IPDA YASIN, Anggota Polsek Susukablebak, Anggota Koramil Sindanglaut, Pol PP Kec. Susukanlebak dan para Petugas giat Vaksinasi serta para Peserta Vaksinasi Covid19.

Selama pelaksanaan kegiatan tetap menggunakan sistem Prokes phisical distancing atau jaga jarak serta memakai masker, dan selama giat berlangsung, situasi dalam keadaan aman kondusif.

Dalam keterangannya, Kapolsek  Susukanlebak, AKP Awan, menjelaskan, dengan dilaksanakannya Vaksinisasi ini diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19

" satu harapan kita semua adalah corona ini bisa secepatnya berakhir, salah satunya melalui vaksinasi dan tetap melaksanakan protokol kesehatan, diharapkan dengan kita mematuhi apa yang dianjurkan Pemerintah, kehidupan normal akan secepatnya kita nikmati kembali" tutur AKP. Awan. (1c)

25 Jun 2021

Pengusaha Membandel, tak patuhi prokes "Izin Dicabut"

Indomedianewsc- Berbagai upaya dilakukan untuk menekan penyebaran Covid 19, salah satunya yang dilakukan Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, memberikan himbauan pada masyarakat dan tempat usaha.

Menurut Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Tramtib) Kecamatan Lemahabang, H Rian mengatakan, himbauan pada masyarakat dan pelaku usaha sangat diperlukan, mengingat wilayah ini zona merah.

 "Selebaran ditempel di tempat strategis, antara lain pasar tradisional, perbankan dan pertokoan. Bila membandel, akan dilaporkan ke kabupaten untuk diberi sanksi," katanya, Jumat (24/6/2021).

Rian menjelaskan, himbauan bagi masyarakat dan tempat usaha yang ditempel di tempat strategis tersebut merupakan tindak lanjut Surat Edaran (SE) bupati mengenai Covid 19, maka harus menjadi perhatian seluruh pihak. 

"Berbagai upaya dilakukan untuk pencegahan dan penganan Covid 19, Bahkan saat zona merah seperti ini, akan lebih diperketat mengenai prokes. Kami hanya memberikan himbauan dan melaporkan ke kabupaten," jelasnya.

Masih dikatakan Rian, sejak awal bulan Juni sampai 22 Juni, yang positif Covid 19 sekitar 36 Orang dan lima diantaranya meninggal dunia. 

"Jika dihitung sejak Januari hingga 22 Juni 2021, kisaran 314 yang dinyatakan positif Covid 19," ujarnya.

Dirinya menghimbau pada seluruh masyarakat untuk menerapkan prokes dan saling peduli dengan sesama. 

"Mari kita tingkatkan kesadaran untuk menerapkan prokes, guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19," pungkas Rian.

Yon Arhanud 14/PWY jadi tempat serbuan vaksinasi

Indomedianewsc - Pelaksanaan Vaksinasi massal wilayah Kota Cirebon bertempat di Yon Arhanud 14 di hadiri oleh Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K,.S.A.P , Jumat (25/6/2021) 

Kegiatan Vaksinasi Massal Covid - 19, bagi Pelayan Publik Perusahaan dan Masyarakat di wilayah Kota Cirebon sudah mulai berlangsung.Begitu antusias warga Kota Cirebon untuk mendapatkan vaksinasi dari Pemerintah Kota Cirebon. 

Vaksinasi massal merupakan bentuk sinergi antar instansi, kegiatan vaksina yang di laksanakan secara terus menerus merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam memutus matai rantai penyebaran Covid 19 khususnya di wilayah Kota Cirebon yang semakin hari semakin meningkat. 

" Vaksinasi harus tertib, semua pasti akan di vaksin, namun pelaksanaanya harus tetap melaksanakan protokol kesehatan terutama jangan berkerumun" ucap Danrem.
Danrem 063/SGJ bersama unsur Forkopimda Kota Cirebon langsung meninjau pelaksanaan vaksin sehingga dapat berjalan lancar dan tertib. 

" Vaksinasi ini merupakan tahap pertama bagi pelayan publik dan masyarakat dan akan terus berlangsung sehingga seluruh warga negara mendapatkan vaksin khususnya untu warga Kota Cirebon" pungkas Danrem. 

Kegiatan yang bertema *"Cirebon Sehat, Ekonomi bangkit"* di awali oleh sambutan Wakil Walikota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati dan dilanjutkan peninjauan bersama pelaksanaan vaksin. (Penrem063/1b)

Pemdes Panongan lor " Sinegritas kunci utama membangun Desa"

Indomedianewsc-  Desa Panonganlor Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon terus lakukan pembenahan. Salah satunya, pengaspalan jalan dari anggaran kabupaten.

Kuwu Desa Panonganlor, Agus Syamsah mengatakan, program pembangunan dari berbagai pihak sangat dinantikan desa, memgingat anggaran desa banyak terserap untuk pencegahan dan penanganan Covid 19. 

"Alhamdulillah, jalan poros desa  sudah diaspal dari kabupaten, sehingga masyarakat dapat  melaksanakan aktivitas dengan nyaman," ujarnya Jumat (24/6/2021).

Kuwu dua periode ini menjelaskan, tidak sedikit program desa yang belum terealisasi karena sebagian besar angggaran untuk Covid 19, maka pihak desa berupaya maksimal agar ada pembangunan. Salah satunya, akses jalan yang memadai. 

"Dengan kondisi jalan yang baik, dapat mempercepat transportasi dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Maka, perlu adanya program pembangunan dari berbagai pihak untuk mewujudkan desa unggul dalam berbagai sektor," jelasnya.

Masih dikatakan Agus, potensi desa yang ada, sangat baik bila dikembangkan. Salah satunya, lapangan sepak bola. 

Saat ini  kami tengah fokus perihal pembangunan  Stadion sepak bola  guna memberikan wadah bagi pemuda desa. Selama ini kondisi lapangan sepak bola sangat memprihatinkan, maka pihak desa mengajukan ke Kementrian untuk membangun stadion sepak bola," ujarnya.

Agus memaparkan, para pemuda mesti diberikan tempat untuk menyalurkan hobi yang dimiliki, salah satunya sepak bola, agar dapat berkompetisi di tingkat daerah, provinsi hingga nasional. 

"Pihak desa hanya melakukan pembenahan skala kecil, sedangkan konsep stadion sepak bola dari Kementrian nanti, akan ada tribun dan tentunya, menambah semangat untuk berlatih," paparnya.

Agus menambahkan, dalam membangun desa tak lepas peran serta masyarakat dan dinas terkait, maka perlu adanya sinergitas yang baik dalam melaksanakan program desa.  

"Kami mengajak masyarakat untuk menjaga sarana dan prasarana yang dibagun, guna memudahkan aktivitas. Mari kita bersama membangun desa dalam berbagai bidang, baik infrastruktur maupun olahraga, agar dapat bersaing di tingkat daerah provinsi hingga nasional," pungkas Agus.( 1c)

Masyarakat Kancikulon Khawatir Banjir Bandang "minta perhatian Dinas terkait"

Indomedianewsc- Pemerintah Desa Kancikulon, Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, mendesak pihak terkait  segera membuat sodetan Bendung pembuang  Siliwangi yang ada di desa tetangga.

Menurut Kuwu Desa Kancikulon, Subandi mengatakan, keberadaan Bendung Siliwangi yang ada di desa tetangga, namun berdampak pada masyarakat desa ini. 

"Sejak jadi kuwu sekitar 2019 lalu, kami sudah ajukan saat Musrenbang kecamatan maupun kabupaten, akan tetapi belum realisasi," katanya usai menerima kunjungan kerja Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon di balai desa setempat, Kamis (23/6/2021).

Pria yang biasa dipanggil Bandi ini menjelaskan, penghujan yang mulai turun membuat masyarakat khawatir terjadi banjir, sehingga perlu adanya penanganan segera dari pihak terkait. 

"Diharapkan ada solusi terbaik untuk mencegah banjir di Dusun II, III dan Dusun IV, karena limpahan dari Bendung Siliwangi tersebut," harapnya didampingi Sekretaris Desa (Sekdes) setempat, Arief.

Sementara itu, kunjungan kerja (kunker) Komisi III di desa tersebut untuk mengetahui secara langsung kondisi tanggul Cikanci.

"Sepertinya kunker rombongan Komisi III salah lokasi, karena yang kami ajukan adanya solusi dari banjir yang terjadi ketika penghujan," ujar Bandi.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Anton Maulana mengungkapkan akan berkoordinasi dengan dinas terkait.

 "Dalam waktu dekat segera mengadakan rapat kerja (raker), guna mencegah banjir," ungkapnya. (1c)

Lihat Perhatian Besar Pemerintah Membangun Papua, Eks Teroris OPM Sukarela Serahkan 2 Senpi

Indomedianewsc- Dua pucuk senpi laras pendek jenis Revolver dan Macarov beserta lima amunisi kaliber 9 mm diserahkan secara sukarela oleh eks teroris OPM kepada Satgas Mandala 1 TNI yang bertugas di Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Tolikara, Papua. 

Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif B Situmeang mengatakan pihaknya telah menerima dua senpi tersebut dari Satgas Mandala 1 TNI dan saat ini telah diamankan di Makodim. “Satu pucuk Macarov 9 mili meter dari Distrik Wollo (Jayawijaya) dan satu pucuk Revolver itu dari Kabupaten Tolikara," kata Dandim di Makodim 1702/Jayawijaya pada Rabu (23/6/2021). 

Dijelaskan Dandim bahwa satu dari dua senjata itu merupakan milik anggota polisi yang dirampas kelompok teroris OPM saat melakukan penyerangan  terhadap Polsek Pirime, Kabupaten Lanny Jaya pada pada 26 November 2012 lalu. 

"Kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat atas informasi, kerjasama dan juga atas keterbukaan hati mereka untuk mengembalikan kepada negara barang yang bukan miliknya. Ini akan sangat berbahaya apabila berada di tengah yang tidak tepat," katanya. 

Dandim pun mengimbau masyarakat apabila ada yang masih memegang senpi hasil penyerangan Polsek Pirime untuk mengembalikan dan menyerahkannya kepada aparat keamanan terdekat. 

Sementara itu, Dansattis Satgas Mandala 1 TNI Kapten Inf Andy Satria mengungkapkan penyerahan dua senpi setelah dua eks teroris OPM menyadari dan melihat bahwa selama ini pemerintah telah berbuat dan memberikan perhatian besar dalam membangun serta mensejahterakan Papua yang merupakan bagian dari Indonesia. 

"Mereka menyerahkan dengan kesadaran serta keiklasan karena merasa pemerintah sudah memberikan perhatian yang besar dalam membangun Papua. Selain itu, mereka merasa aman dan nyaman akan keberadaan aparat keamanan (TNI-Polri),” ucapnya. 

Sampai berita ini dimuat, pihak TNI masih merahasiakan identitas dua eks teroris OPM yang menyerahkan senpi tersebut demi keamanan yang bersangkutan dan keluarga.(1b)

24 Jun 2021

Merajut Persatuan dan Kesatuan, Korem 071/Wijayakusuma Pererat Jalin Komunikasi Komponen Masyarakat

Indomedianewsc - Guna mempererat dan meningkatkan hubungan yang harmonis sebagai bentuk memberikan pemahaman, menggugah dan mengajak komponen masyarakat dalam rangka pertahanan negara agar terwujud Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdaulat dan sejahtera, Korem 071/Wijayakusuma gelar Komunikasi Sosial dengan Komponen Masyarakat, Rabu (23/6/2021), di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. 

Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., mengatakan, komunikasi sosial sebagai salah satu metode Pembinaan Teritorial yang dilaksanakan terarah merupakan upaya membantu pemerintah dalam rangka menyiapkan kekuatan pertahanan dan kekuatan pendukungnya serta untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

"Dalam komunikasi sosial dengan masyarakat, segenap prajurit bersama komponen masyarakat, harus mampu menyiapkan potensi wilayah sebagai kekuatan pertahanan yang disiapkan secara dini yakni meliputi wilayah pertahanan beserta pendukungnya", terangnya.

Dikatakan, kegiatan ini diarahkan untuk membangun pemahaman positif baik permasalahan geografi, demografi dan kondisi sosial rencana tata ruang wilayah pertahanan darat serta hal lain yang berkaitan dengan permasalahan yang menonjol di wilayah. "Kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan kesamaan visi, misi, persepsi dan interpretasi yang sama terkait pertahanan negara dan dalam rangka mengantisipasi dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini", jelasnya.

Gelar komunikasi sosial dengan komponen masyarakat, diikuti para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, LSM, Ormas, Akademisi, Wiraswastawan dan Wirausahawan perwakilan sejajaran Korem 071/Wijayakusuma. Dengan tema, "Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa".

Untuk memberikan pemahanan kepada para peserta, kegiatan ini juga disosialisasikan materi tentang pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD bidang Teritorial, Wawasan Kebangsaan, Kebhinekaan dan kegotongroyongan. (1b)

23 Jun 2021

Pemdes Buntet maksimalkan penanganan pandemi Covid-19 " gelar bersih lingkungan berkesinambungan"

Indomedianewsc- Perlu penanganan serius guna memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19.
Ini pula yang dilakukan Pemerintah Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Kuwu Desa Buntet, Edi Suhaedi, menuturkan

" saat ini kami terus berupaya semaksimal mungkin untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19. Selain menghimbau warga untuk menerapkan prokes kami pun bersama jajaran pemerintahan Desa melaksanakan bersih lingkungan secara berkesinambungan, juga melakukan penyemprotan disinfektan dibeberapa tempat fasilitas umum" ujarnya.

Ditengah jajarannya berusaha untuk memberikan pelayanan terhadap warga Masyarakat setempat, Edi, menyayangkan lambatnya pencairan Dana Bantuan langsung tunai (BLT)

" kami meminta kepada Pemerintah atau instansi terkait untuk segera mencairkan anggaran BLT, karena saat ini yang baru cair Bulan Januari dan Februari, sedangkan ini sudah Bulan Juni, hal ini tentunya banyak dipertanyakan oleh banyak warga, oleh karenanya kami sangat berharap untuk pencairan BLT harus sesuai dengan waktu, karena imbasnya tetap bermuara pada pemerintah Desa " harap Edi.

Bahkan dirinya sangat mengharapkan adanya peran serta dari semua pihak untuk secara bersama sama melawan pandemi Covid-19

" penanganan pandemi ini tidak akan berhasil tanpa adanya peran serta dari semua pihak, dan yang perlu dicatat, jangan membuat ketakutan terhadap warga tentang pandemi, karena jika ketakutan yang diumbar, maka Masyarakat akan semakin resah dan akibatnya akan sangat tidak baik.yang perlu kita lakukan saat ini adalah pendekatan dan imbauan yang humanis dengan tetap menanamkam rasa kepedulian antar sesama " pungkas Edi. (1c)

Semangat bangkit dari Pandemi Covid 19 dengan tetap memelihara wawasan kebangsaan bagi warga negara

Indomedianewsc-  Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, Korem 063/SGJ dengan Ster Mabes TNI menggelar penyuluhan dalam rangka Serbuan Teritorial TA 2021 di Desa Cidahu Kec Cidahu Kab Kuningan,Rabu (23/6/2021) 

Serbuan teritorial yang sudah digelar sejak sebulan yang lalu, yang di buka langsung oleh Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Madsuni melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik. 

Salah satu kegiatan non fisik yang di laksanakan  yaitu penyuluhan dalam rangka serbuan teritorial yang diisi oleh narasumber dari pihak TNI maupun dari Pemerintah daerah. 

Dalam sambutannya Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga ,K.S.A.P mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para narasumber yang telah hadir pada acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Serbuan Teritorial TNI TA. 2021. 

Materi-materi yang disampaikan antara lain wawasan kebangsaan, cegah tangkal radikalisme, kesadaran bela negara dan sosialisasi peningkatan hasil panen. 

" saya berharap kepada semua peserta yang terlibat yang terdiri dari unsur TNI, Pemerintah setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat, penggerak organisasi HIPAKAD, Mahasiswa dan juga masyarakat Desa Cidahu untuk dapat menambah wawasan dan pengetahuan dari apa yang disampaikan oleh para narasumber" pungkas Danrem. 

Salah satu nara sumber  dari TNI AU yaitu Kapten Pom Jenri. P. Siregar yang berdinas di Lanud S. Sukani memberikan materi Wawasan kebangsaan dengan semangat bangkit dari Pandemi Covid 19 dengan tetap memelihara wawasan kebangsaan bagi warga negara. 

Hadir dalam sosialisasi wawasan kebangsaan dalam rangka serbuan teritorial diantaranya Dandim 0615/Kng beserta seluruh Perwira Kodim, Camat Cidahu, seluruh Kepala Desa se Kecamatam Cidahu, Ketua organisasi HIPAKAD Kab. Kuningan(penrem063/1b)

Akan dibangun Pabrik baru di Kecamatan Pangenan " pribumi harus diprioritaskan"

Indomedianewsc- Masyarakat Desa Astanamukti dan Desa Pengarengan Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, mengikuti sosialisasi Amdal PT. Avia Avian.

Menurut Kuwu Desa Pengarengan, Suwanda mengatakan, keberadaan pabrik harus berdampak positip pada masyarakat, salah satunya tenaga kerja warga setempat menjadi prioritas. 

"Jangan sampai adanya pabrik menimbulkan permasalahan sosial di masyarakat, maka alangkah baiknya pihak perusahaan melibatkan masyarakat dan desa dalam berbagai kegiatan," tuturnya, Rabu (23/6/2021).

Dirinya mengajak masyarakat untuk menjaga kondusivitas, agar pabrik yang akan dibangun cepat terwujud. 

"Utamakan musyawarah untuk mufakat, bila ada persoalan di lapangan jangan sampai ada gejolak yang merugikan berbagai pihak," pinta pria yang biasa dipanggil Wanda , menegaskan.

Sementara itu, Direktur PT Bira, H Taufik Deva Irwantoro, sosialisasi ini sebagai upaya untuk menampung aspirasi masyarakat di sekitar pabrik. 

"Alhamdulillah, acara berjalan lancar dan sebagian besar keinginan masyarakat, keberadaan pabrik berdampak positip," ungkapnya.

Taufik menjelaskan, sosialisasi dan konsultasi publik ini untuk salah satu syarat pembuatan Amdal. 

"Tentunya kami akan berkomitmen melalui MoU yang dibuat, agar dapat saling mengingatkan dan mengawasi program perusahaan, sebelum dan sesudah pabrik beroperasi," jelasnya. (1c)

masih mantapkah jalan kita

Daddy Rohanady / Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jabar_


"Jalan mantap ekonomi lancar" pernah menjadi moto Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jabar. Kala itu nama organisasi perangkat daerahnya masih Dinas Bina Marga. Secara filosofis, menurut hemat saya, moto tersebut sangat baik. 

Sangat mudah dipahami memang. Andaikan semua jalan yang ada tergolong mantap, bisa dipastikan pergerakan orang dan barang akan berjalan lancar. Dengan adanya pergerakan orang dan barang yang berjalan lancar tersebut tentu akan berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi yang baik pula. Pada akhirnya, kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat. 

Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum (1992) mengklasifikasikan kondisi jalan sebagai berikut. Pertama, jalan dengan kondisi baik adalah jalan dengan permukaan perkerasan yang benar-benar rata, tidak ada gelombang dan tidak ada kerusakan permukaan. Kedua, jalan dengan kondisi sedang adalah jalan dengan kerataan permukaan perkerasan sedang, mulai ada gelombang tetapi tidak ada kerusakan permukaan. Ketiga, jalan dengan koondisi rusak ringan adalah jalan dengan permukaan perkerasan sudah mulai bergelombang, mulai ada kerusakan permukaan dan penambalan kurang dari 20 dari luas jalan yang ditinjau. Keempat, jalan dengan kondisi rusak berat adalah jalan dengan permukaan perkerasan sudah banyak kerusakan seperti bergelombang, retak-retak buaya, dan terkelupas yang cukup besar 20-60 dari ruas jalan yang ditinjau disertai dengan kerusakan lapis pondasi seperti amblas, sungkur, dan sebagainya. 

Jalan mantap diartikan jalan yang kondisinya baik dan rusak ringan. Adapun jalan yang rusak sedang dan rusak berat digolongkan sebagai jalan yang tidak mantap. Ada setidaknya 21 kriteria soal kemantapan jalan, yang pedoman penghitungannya tertuang dalam SE Menteri PUPR nomor 19/SE/M/2016 tanggal 11 Oktober 2016 Tentang Penentuan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP). 

Kemantapan jalan merupakan salah satu indikator kinerja utama (IKU) dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Target setiap tahunnya sudah tertera di sana secara eksplisit. Dari target tersebut kemudian diturunkan menjadi indikator kinerja dinas (IKD) yang setiap tahunnya kemudian dituangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD). 

Semua target tersebut tentu berkaitan dengan dukungan anggaran. Hal itu merupakan konsekuensi logis yang tak bisa dihindari. ini juga berkaitan dengan umur rencana jalan. Dari seluruh ruas jalan Provinsi Jabar, umur rencananya mayoritas sudah habis. Butuh biaya yang sangat besar untuk pemeliharaannya. Apalagi kalau ingin melakukan peningkatan kualitasnya. Artinya, tanpa dukungan anggaran yang memadai, target-target dalam RPJMD tinggallah target semata. Demikian pula halnya dengan target kemantapan jalan. 

Melihat target kemantapan jalan yang terus meningkat, dari tahun ke tahun mestinya ada kenaikan anggaran yang diperuntukkan untuk itu. Namun, semua pihak juga pasti mafhum, dalam kondisi pandemi seperti ini tidak mungkin melakukan dukungan anggaran untuk sektor ini secara maksimal. Ada sektor kesehatan yang perlu mendapat perhatian lebih. Namun, sesungguhnya perhatian ke sektor jalan merupakan salah satu hal yang bisa jadi akan memberi _multiflier efect_, salah satunya tentu saja _recovery_ ekonomi. 

Di sisi lain, masyarakat selalu menginginkan jalan mantap. Bahkan, bila perlu 100 persen jalan. Mereka tidak mau tahu apakah itu jalan nasional, jalan provinsi, atau jalan kabupaten/kota. Bahkan, jalan desa sekalipun. Mereka mau jalan yang dilalui adalah jalan yang tidak berlubang, tidak tergenang air, tidak bergelombang. Intinya jalan yang diinginkan adalah jalan yang mulus. Padahal secara keseluruhan di Jawa Barat ada 1.789  km jalan nasional, 2.360 km jalan provinsi, dan sekitar 32.000 km jalan kabupaten/kota. Belum lagi kalau kita hitung panjang jalan desa. 

Intinya, masyarakat menginginkan perjalanan mereka lancar. Sebenarnya, tuntutan tersebut sangatlah manusiawi. Hak masyarakat pula untuk mendapat pelayanan prima dari negara --yang salah satunya berupa tersedianya jalan mantap. 

Masalahnya adalah _fiscal gap_ menganga begitu besar. Perbedaan antara dana yang dimiliki dengan kebutuhan pembiayaan pembangunan sangatlah besar. Pemerintah tidak cukup uang untuk membuat semua jalan yang ada menjadi mantap. Bahkan, ketika Pemprov Jabar sudah berutang Rp 4 triliun pun kondisinya belum "menolong" kondisi kemantapan jalan yang ada secara signifikan. 

Khusus soal target angka kemantapan jalan, hal itu sudah direvisi _inheren_ dalam RPJMD Jabar terbaru. Akan tetapi, saya khawatir angka tersebut tetap tidak akan tercapai mengingat akan ada _refocusing_ lagi pada tahun 2021 sebagai akibat belum sirnanya pandemi covid-19. 

Semoga saja pandemi covid-19 yang konon pertama kalinya berasal dari Wuhan-China tersebut segera berlalu. Dengan demikian, kehidupan kita bisa normal dan perekonomian pun lancar kembali. Semoga.

22 Jun 2021

4 Perangkatnya positif Corona " Kuwu Sindangjawa ajak semua terapkan prokes"

Indomedianewsc - Warga Masyarakat yang terpapar pandemi covid-19 kian hari kian bertambah.

Hal ini membuat banyak pihak harus bersama sama menerapkan prokes sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19.

Harapan tersebut disampaikan Kuwu Desa Sindang jawa, Kecamatan Dukuh puntang, Kabupaten Cirebon, H. Engkos Kasturi. Selasa 22/06/2021

" pandemi ini tidak mengenal siapa kita, saat ini saja warga kami yang terkonfirmasi positif Corona sebanyak 21 Orang, dan semuanya melakukan isolasi mandiri sementara 3 diantaranya di rawat di RS Ceremai, bahkan 4 perangkat Desa kami terkonfirmasi positif corona dan semuanya melakukan isolasi mandiri" ujarnya.

Lebih lanjut Engkos menjelaskan

" 4 perangkat Desa kami yang positif corona adalah Sekertaris Desa, Ekbang dan 2 lainnya adalah pelayanan umum. Dengan adanya hal tersebut, kami sangat berharap adanya peran serta dari semua pihak untuk bersama sama memerangi pandemi dengan salah satu caranya melalui penerapan protokol kesehatan, seperti membiasakan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, selain iti kita sebagai manusia jangan hentinya memohon kepada Allah, Tuhan semesta agar kita kembali bisa merasakan kehidupan normal seperti sedia kala " pungkasnya (3b)

36 positif Corona " 5 meninggal Dunia" kec Lemahabang zona merah

Indomedianewsc- Satu lagi warga Desa Tuk Karangsuwung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon meninggal Dunia akibat Corona.

Hal tersebut seperti disampaikan Kasatgas Pandemi Covid-19 Desa Tuk Karangsuwung, Goni, saat melaksanakan penguburan Sugiarto (39 tahun ) warga Dusun 1 RT 4 RW 02 Desa Tuk karangsuwung, Selasa 22/06/2021 

" Secara Administrasi kependudukan, Almarhum (Sugiarto-red) merupakan warga Surabaya, namun setelah bercerai kurang lebih satu tahun Almarhum kembali ke cirebon dan tinggal bersama keluarganya di Dusun 1, yang bersangkutan sakit dan dirawat di RS Waled dengan status positif Corona, Hingga akhirnya meninggal Dunia  pada Selasa pagi sekitar pukul 07.00 wib dan dikuburkan di Pemakaman umum Mbah Muqoyim " tutur Goni.

Adanya warga Desa tuk karangsuwung yang meninggal Dunia dan positif Corona dibenarkan Kasi Trantib Kecamatan Lemahabang, H.Rian Aryanto.SH

" memang benar, yang bersangkutan meninggal Dunia akibat positif Corona, dan saat ini telah dikebumikan di pemakaman umum Mbah Muqoyim. Secara administrasi kependudukan memang bukan warga cirebon, namun karena keluarganya ada di Desa Tuk karangsuwung dan Almarhum pun telah tinggal kembali di Cirebon sudah sekitar satu tahun karena cerai dari istrinya yang ada disurabaya, Akhirnya setelah sebelumnya di rawat di RSUD Waled  selama satu Hari, saudara Sugiarto meninggal Dunia dan dinyatakan positif Corona" ujarnya.

Lebih lanjut Rian menjelaskan

" kami sangat berharap agar seluruh Warga Masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan saling peduli dengan sesama, hal ini dikarenakan dari data yang kami terima, sejak 1 Juni sampai 22 juni  warga Kecamatan Lemahabang yang positif Corona sebanyak 36 Orang dan 5 diantaranya meninggal Dunia, bahkan jika dihitung sejak Bulan Januari 2021 hingga 22 Juni 2021 sudah sebanyak 314 yang dinyatakan positif corona, oleh karenanya mari kita tingkatkan kesadaran untuk bersama sama menerapkan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19" pungkas Rian (1c)

Lemahabang zona merah " Camat minta semua pihak patuhi prokes"

Indomedianewsc- Sebagai Daerah yang rawan bencana, Desa/Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon dijadikan desa tersebut Desa Tangguh Bencana (Destana).

Kuwu Desa Lemahabang, Rini mengatakan, bencana banjir yang kerap terjadi saat penghujan, maka desa ini ditunjuk sebagai Destana. 

"Tim yang menangani bencana, akan diberi pembekalan ketika terjadi bencana. Salah satunya, evakuasi warga," katanya usai acara di balai desa setempat, Senin (21/6/2021).

Dirinya menghimbau pada seluruh masyarakat untuk waspada, terutama saat penghujan. 

"Sebagai Desa yang diapit dua sungai, sangat rawan terjadi banjir, maka perlu adanya kasadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan. Salah satunya, tidak membuang sampah di saluran," pintanya.

Sementara itu, Camat Lemahabang, Edy Ptayitno mengungkapkan, Destana di desa ini sangat tepat, mengingat desa tersebut menjadi salah satu Daerah yang rawan bencana, khususnya banjir. 

"Dengan dibentuknya Destana ini diharapkan mampu minimalisasi korban jiwa dan sigap dalam penanganan bencana," ungkapnya.

Pria yang biasa dipanggil Epray ini menjelaskan, bencana yang terjadi tak hanya banjir, namun longsor, yang salah satunya, Desa Belawa. 

"Meski belum terbentuk Destana, peran serta masyarakat dan pihak desa sangat diperlukan guna pencegahan bencana, seperti menjaga tanaman keras, guna minimalisasi longsoran dan tidak membuang sampah sembarangan, yang dapat mengakibatkan banjir," jelasnya. 

Sementara saat disinggung terkait penanganan corona dimana kecamatan Lemahabang masuk dalam zona merah, Edi menuturkan

" kami selalu memberikan imbauan kepada seluruh pihak untuk terus menerapkan prokes sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19"ujarnya

Saat ditanya perihal salah satu toko sembako yang padat pengunjung dan terkesan abai terhadap prokes, Edi menegaskan

"Imbauan tetap kami lakukan kepada beberapa pemilik toko ataupun mini  market agar melaksanakan prokes, namun kewenangan kami hanya sebatas imbauan, oleh karenanya diperlukan kesadaran dari semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan" pungkas Edi. (1c)


Putus mata rantai Pandemi-19 " Danramil Sindanglaut berlakukan jam malam"

Indomedianewsc- Ruang Isolasi dimaksimalkan dalam penanganan pandemi Covid-19.hal ini seperti yang dilakukan Pemdes Ciawiasih, kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon.

Sekretaris Desa (Sekdes) Hendri Setiawan mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk menekan penyebaran Covid 19, salah satunya membangun ruang isolasi mandiri.

 "Ruangan tersebut pernah ditempati warga yang negatip Covid 19, karena diantara keluarganya ada yang terkonfirmasi positif corona. sedangkan yang positip tinggal di rumah," katanya, Senin (21/6/2021).

Pria yang biasa dipanggil Hendri ini menceritakan, sekitar bulan lalu ada salah seorang warga yang diduga positip Covid 19, karena yang bersangkutan kondisi badan lemah, maka pihak desa bermusyawarah dengan keluarga dan menghasilkan kesepakatan yang sakit tinggal di rumah dengan pangawasan ketat dan makanan yang tercukupi, sedangkan yang sembuh, menempati ruang isolasi. 

"Yang sehat bisa beraktivitas seperti biasa, sebab berada di ruang isolasi desa dan secara berkala, dilakukan pemantauan bagi yang berada di rumah. Setelah 14 hari, dilakukan sterilisasi rumah tersebut dengan penyemprotan disinfektan," tuturnya

Masih dikatakan Hendri, ruang isolasi yang dilengkapi berbagai fasilitas dan pihak desa memberikan konsumsi bagi yang diduga positip Covid 19, tak lepas dari pengertian masyarakat itu sendiri untuk mencegah Covid 19.

 "Bila ada yang diduga positip, kami langsung menawarkan, apakah isolasi mandiri  di rumah atau di ruang isolasi desa maupun ruang isolasi yang disediakan pemerintah. Apabila di desa, kami akan memberikan sembako yang dibutuhkan selama isolasi mandiri," ujarnya.

Sementara itu, Danramil Sindanglaut, Kapten Inf Jamaah Sodiq mengatakan, kasus Covid 19 yang semakin meningkat, maka dilakukan berbagai upaya pencegahan. Salah satunya, jam malam bagi masyarakat.

 "Apabila ada warga yang berkerumun pada malam hari, anggota kami datangi lokasi tersebut. Kemudian dibubarkan, bila hanya nongkrong saja," tuturnya.

Dirinya mengharapkan, dengan adanya jam malam tersebut diharapkan kasus Covid 19 menurun dan masyarakat dapat hidup normal, seperti sebelum pandemi. 

"Kami menghimbau pada seluruh pelayan publik dan tokoh masyarakat untuk memberikan contoh yang baik, minimal memakai masker. Karena dengan memberikan contoh, akan ditiru masyarakat," imbau pria yang memimpin Kecamatan Lemahabang, Susukanlebak dan Kecamatan Sedong. (1c)

21 Jun 2021

Kecamatan Mundu Di Lockdown "5 Orang Terpapar Covid-19" wajib prokes

Indomedianewsc-  terus Melonjaknya angka positif Covid-19, di Kabupaten Cirebon, kini menimpa 5 orang warga desa Suci dan salah satunya merupakan pegawai Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Adanya hal tersebut,  untuk hari ini sampai ada pemberitahuan lebih lanjut Kecamatan Mundu di Lock down. Minggu (20/6/2021).

Sebagai langkah antisipasi, Camat H. Anwar Sadat langsung ambil tindakan dan sikap untuk sementara kantor Kecamatan di tutup dan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) untuk mencegah meluasnya wabah dilingkungan Muspika dan desa setempat sebagai pelayanan masyarakat dari 12 desa yang ada.

"Untuk pelayanan publik, akan diupayakan yang urgen saja melalui WA, untuk kantor kecamatan Mundu sendiri ditutup. Tegas Camat Mundu.

Seperti diketahui, dalam hal ini, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan, dikejutkan dengan adanya salah satu pegawai muspika terkonfirmasi positif virus corona bersama keluarganya di desa Suci. 

"Ada 5 warga desa Suci terdeteksi positif Covid-19 dan 2 orang lainnya merupakan warga Sumber yang ngontrak di perumahan Regency Mundu." Katanya.

H. Anwar Sadat pun menjelaskan, dari 5 orang tersebut ada satu keluarga yang tinggal serumah. Sedangkan untuk warga sekitar tempat tinggal yang terpapar positif belum terdeteksi apakah tertular atau tidak.

" Kami berharap semoga masyarakat sekitar tidak terkena penyebaran virus Corona dan terapkan Prokes Covid-19." Ungkapnya.

Masih dikatakan Camat H. Anwar, kini 5 pasien itu, diisolasi mandiri di rumah. Dan Senin (21/6/2021) akan diadakan tes Swab bagi staf Kecamatan di puskesmas Mundu, untuk kenyamanan keamanan dan kesehatan jajaran Muspika di Kecamatan Mundu, sebagai tindakan pencegahan covid-19, agar rasa aman dan nyaman saat melayani masyarakat luas.oleh karenanya prokes harus tetap dipatuhi " pungkasnya (1c)

Kuwu Desa Panongan Lor berterimakasih kepada pihak PUPR

Indomedianewsc- Pemerintah Desa panongan lor, kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon, berterimakasih kepada pihak PUPR yang telah merealisasikan proyek perbaikan jalan yang menghubungkan antara Desa Panongan lor dan Desa Ciawi japura.
Hal ini disampaikan Kuwu Desa Panongan Lor, Agus Syamsah saat meninjau pelaksanaan proyek perbaikan jalan, Minggu, 20/06/2021.

"Saya atas nama Pemerintah Desa Panongan Lor mengucapkan terimakasih kepada pihak PUPR yang telah merealisasikan perbaikan jalan poros Desa, yang tentunya sangat bermanfaat bagi warga Masyarakat yang setiap hari melintasi jalan tersebut "tuturnya.

Lebih lanjut Agus, menuturkan, dengan adanya fasilitas jalan yang memadai tentunya dapat meningkatkan laju perekonomian warga

" dengan kondisi jalan yang baik tentunya sangat didambakan oleh Masyatakat, selain lebih meningkatkan terhadap aspek keselamatan dalam berkendara, juga menimbulkan rasa nyaman dan secara tidak langsung mampu meningkatkan perekonomian khususnya bagi para petani maupun warga yang kerap melintasi jalan tersebut, dan saya selaku Kuwu tentunya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah dalam hal ini adalah PUPR" pungkas Agus(1c

Santri 15 Tahun Berhasil Launching Buku Perdana.

Indomedianewsc- Salah seorang generasi muda Muhammad Khairul Marzuki atau biasa yang dipanggil  Mas Uki  santri An-Nashuha Kalimukti  berhasil menerbitkan satu karya buku perdananya 

Diusinanya yang masih sangat belia, ia berhasil mengekspresikan pengalamanya di pesantren ke dalam sebuah karya buku yang bertema: Sejak,  Sajak, Menjejak.

"Saat kelas 8 SMP saya sempat drop merasa insecure terhadap kawan sejawat yang mampu menangkap pelajaran dikelas lebih unggul dibanding saya yang lebih suka soft skill". Ungkap M. Khairul Marzuki

Pada suatu kesempatan guru Bahasa Indonesia Ibnu Ubaidillah memberikan tugas materi sastra, puisi, cerpen  dan mengajak para siswanya untuk membuat karya tentang pengalaman di pesantren.

"Jadi saya mengimput  mata pelajaran bahasa Indonesia dan mengajak para siswa untuk membuat sebuah karya yang akan dibukukan tentang pengalaman dan perasaan di dalam pesantren" ungkap Kang Ibnu sapaan akrabnya

Akhirnya mas uki tidak mau melewati kesempatan ini untuk mengekpresikan diri atas kegelisahan-kegelisahanya di pesantren.

"Di dalam buku saya menggambarkan pesantren sebagai penjara asrama, yang mana santri harus menggugurkan hawa nafsu dunia untuk mengejar cita-cita, tidak hanya itu saya buat puisi khusus untuk Bapa kiai Usamah Mansyur yang saya gambarkan sebagai Komandan Pesantren". Jelas Mas Uki

Marzuki pun mengajak "bahwa kita jangan insecure terhadap kekurangan tapi kita harus mampu mengubah kekurangan untuk menjadi kekuatan yang sesungguhnya".

letak keberhasilan bukan hanya secara Intelektual tetapi kita mampu mengelola Emosional (peka terhadap sekitar) dan Spritual (hubungan kita dengan sang pencipta) yang selama ini diajarkan di pesantren.

"Saya mulai bangkit bahwa pesantren adalah satu-satunya sistem pendidikan yang mengajarkan tentang kehidupan yang sesungguhnya dan mendekatkan kita dengan sang pencipta" Tutup Mas Uki (1c)

20 Jun 2021

Kecamatan Astanajapura Gelar pentas seni dengan tetap laksanakan Prokes

Indomedianewsc- Gelar seni budaya peringatan Hari Jadi Kab Cirebon.
Bentuk penghargaan kepada pelaku seni agar tidak terhenti walau di tengah pandemi. 

Disbudparpora Kabupaten cirebon menyelenggarakan pentas seni yang dilaksanakan pada Jum'at malam 18/06/2021 bertempat di  halaman Kantor Kecamatan  Astanajapaura Kabupaten Cirebon dengan tetap menerapkan prokes.

Dalam sambutannya, Camat Astanajapura, H.M. Iing Tadjudin, menuturkan, bahwa pelaksanaan pestas seni merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada para pelaku seni yang selama ini terdampak oleh keberadaan pandemi covid-19.

"Pandemi ini telah membuat berbagai aspek kehidupan terpuruk, salah satunya adalah para pelaku seni, oleh karenanya kami mencoba untuk sedikit meringankan beban mereka sekaligus membangkitkan semangat bagi kita semua, bahwa pandemi bukan menjadi penghalang untuk tetap berkreasi, dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan sebagai salah satu bentuk memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19" ujarnya.

Lebih lanjut Iing , menuturkan

"Acara pentas seni ini adalah  program dari pihak Disbudparpora, kami hanya diminta untuk menyediakan tempat dengan tetap melaksanakan prokes, oleh karenanya undangan pun sangat terbatas dan acara yang dilaksanakan di ruang terbuka ini hanya berlangsung dari pukul 19.30 sampai 23.00 wib" tuturnya.

Acara pentas seni yang menampilkan berbagai kreasi seperti pertunjukan tari topeng, jaipong, Angklung  dan ditutup dengan pagelaran wayang kulit tersebut dihadiri tidak lebih dari 50 tamu undangan dan mewajibkan para undangan untuk memakai masker termasuk menjaga jarak 

"Kami tegaskan corona ini masih ada bahkan Astanajapura masuk dalam zona merah, oleh karenanya kami menghimbau kepada semua pihak untuk tetap mentaati prokol kesehatan, diantaranya adalah membiasakan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumanan dan mengurangi mobilitas, namun sekali lagi kami berharap, Corona ini jangan dijadikan alasan untuk tidak berkreasi dan berkarya" pungkas Iing. (1c)





19 Jun 2021

MI Alhikmah Mertapadawetan " gelar Imtihan dengan kesederhanaan "

Indomedianewsc- Pemerintah Desa Mertapadawetan Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, terus sosialisasi protokol kesehatan (prokes). Salah satunya, saat acara imtihan MI Al Hikmah desa setempat.

Kuwu Desa Mertapadawetan, Nono Sumarno mengatakan, prokes sangat diperlukan dalam keseharian, guna mencegah terpapar Covid 19. 

"Kami terus lakukan sosialisasi pada masyarakat, termasuk anak sekolah agar menerapkan 5M yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi kegiatan di luar rumah," katanya saat sambutan acara, Sabtu (19/6/2021).

Sementara itu, Kepala MI Al Hikmah, Shofari MS mengungkapkan, imtihan hari ini diikuti seluruh anak didik dan orang tua dengan menerapkan prokes. 

"Murid dan orang tua juga panitia, kami tegaskan untuk tetap menerapkan prokes, ini semua dilakukan agar kita bisa meminimalisir terjadinya penyebaran Pandemi Covid- 19 yang saat ini sudah sangat menghawatirkan, namun demikian, selain kita tetap melaksanakan prokes tentunya hal yang paling utama adalah memohon dan berdo'a kepada Allah agar pandemi ini segera berakhir dan kita tetap diberikan kesehatan pun keselamatan Dunia akhirat " ujar Ustazd Shofari.

Senada hal tersebut dituturkan ketua Panitia Imtihan, Nurlani. S.Ag.

" Imtihan ditengah pandemi memang sangat berbeda dengan imtihan sebelum adanya pandemi, namun demikian kita tetap melaksanakannya walaupun dengan kesederhanaan dan tetap melaksanakan prokes, tentunya kita berharap agar semuanya bisa kembali seperti sedia kala " ujarnya.

Lebih lanjut, Nurlani menerangkan

" MI Alhikmah ini merupakan salah satu MI tertua yang tetap mempertahankan tradisi kelulusan atau kenaikan kelas para Siswa-siswi melalui acara Syukuran yang lebih dikenal dengan nama Imtihan. Tahun ini merupakan kelulusan yang ke 61 dengan jumlah Siswa keseluruhan sebanyak 146 Siswa yang terbagi dalam 6 Rombel dengan jumlah guru pengajar sebanyak 11 Orang yang keseluruhannya masih bersifat honorer ( tidak ada yang berstatus ASN - red )" pungkasnya.

Acara Imtihan sendiri diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Lomba Cerdas Cermat, Lomba Azhan, Hafalan Ayat -ayat pendek dan ragan lomba lainnya yang diakhiri dengan parade marcing band dan ditutup dengan acara khas Al Hikmah yaitu pertunjukan drama para siswa dan Alumnus MI Al Hikmah. (1c)

10 Nakes Positif Pandemi covid -19 " Warga diminta jangan tabu terhadap Corona"

Indomedianewsc- Terus bertambahnya masyarakat yang terkonfirmasi positif pandemi covid-19 membuat semua orang dituntut untuk bersama-sama menanggulanginya dengan salah satu caranya melalui penerapan prokes.

Dampak dari corona tidak saja terjadi pada Masyarakat umum, namun tenaga kesehatan pun tidak luput dari hal tersebut.

Salah satunya adalah Tenaga Kesehatan Puskesmas Sidamulya, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.
Dari informasi yang disampaikan salah seorang Nakes setempat, Bidan Rani, Jum'at 18/06/2021, menuturkan

" ada 10 Nakes Puskesmas Sidamulya yang terkonfirmasi positif pandemi Covid-19 dan dari kesepuluh nakes tersebut sudah dilakukan isolasi mandiri sejak Tanggal 14 Juni 2021, namun demikian pelayanan tetap berjalan  dibarengi dengan pembatasan dan tetap melaksanakan prokes" terang Rani.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa untuk Desa Binaan Puskesmas Sidamulya terdapat beberapa warga yang positif Corona

" Puskesmas Sidamulya membina empat Desa, yaitu Desa Buntet, Munjul, Mertapada kulon dan Desa Sidamulya, dari ke empat Desa tersebut jumlah warga yang terkonfirmasi positif Pandemi Covid-19 sebanyak 30 Orang selama Bulan Juni 2021. Dan dari 30 Orang tersebut salah satunya dilakukan perawatan di Rumah Sakit sementara sisanya melakukan Isolasi mandiri" lanjut Rani.

Rani meminta kepada semua pihak untuk tidak tabu terhadap Corona

" Corona ini jangan dibuat tabu, jika memang merasa ada keluhan atau sakit segeralah memeriksakan diri , ini perlu dilakukan agar mudah terpantau dan segera ditangani oleh kami, kita semua harus saling perduli dan tetbuka, agar pandemi ini segera berakhir, oleh karenanya kami mengimbau kepada semua pihak untuk mentaati prokes yaitu melaksanakan 5M, minimalnya biasakan memakai masker dan menjaga jarak " pungkasnya (1c)




18 Jun 2021

3 Nakes terpapar pandemi Covid-19 " Puskesmas Susukan lebak ditutup"

Indomedianewsc- Puskesmas Susukanlebak Kabupaten Cirebon, tutup sementara, karena diduga tenaga kesehatan (nakes) positip Covid 19.

Kepala Puskesmas Susukanlebak, Aria Abditianto Arrochimi mengatakan, penghentian pelayanan di Puskesmas tersebut untuk minimalisasi penyebaran Covid 19.

 "Hari ini ada sterilisasi Puskesmas dan akan dilakukan penyemprotan disinfektan, maka untuk hari ini tutup sementara dan direncanakan, besok (18/6/2021) kembali buka," katanya, (17/6/2021).

Pria yang biasa dipanggil Aria ini menjelaskan, beberapa waktu lalu dilakukan tes swab pada pegawai Puskesmas dan hasilnya, ada tiga nakrs yang diduga positip, sehingga dilakukan penutupan sementara. 

"Masyarakat yang ingin berobat maupun yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan, bisa di Puskesmas terdekat seperti Puskesmas Sedong dan Puskesmas Kamarang," jelasnya.

Sementara itu, Camat Susukanlebak, Juri Ashari mengungkapkan, berbagai upaya dilakukan keluar dari zona merah, dengan melakukan PPKM mikro. 

"Sebenarnya tidak hanya saat zona merah dilaksanakan PPKM mikro, namun sepertinya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan menurun, dengan persoalan yang sangat beragam,  sehingga diintensifkan lagi PPKM mikro," ungkapnya.

Masih dikatakan Juri, dalam penanganan Covid 19 memerlukan peran seluruh pihak dan yang utama, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. 

"Kami menghimbau pada seluruh masyarakat untuk minimalisasi kegiatan di luar rumah, jika terpaksa, harus tetap memakai masker," pintanya.

Juri menambahkan, penutupan Puskesmas pada hari ini, karena ada dugaan nakes  posotip Covid 19. 

"Kami menghimbau pada seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, guna minimalisasi penyebaran Covid 19 dan akan terus berupaya maksimal untuk terlepas dari zona merah," imbaunya.

Dirinya mengajak seluruh pihak untuk minimalisasi penyebaran Covid 19. Karena, tak hanya masyarakat biasa yang terpapar, nakes dan yang lainnya bisa terkontaminasi Covid 19.

 "Covid 19 dapat menyerang siapa saja. Untuk pencegahan, terapkan protokol kesehatan dalam kehidupan setiap hari," pungas Juri. (1c)

16 Jun 2021

TMMD KE 111 sasar dusun-dusun terpencil

Indomedianewsc- Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P, menghadir Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ke 111 TA. 2021 Kodim 0615 / Kuningan dengan Tema  " TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri"di hadiri 100 Orang di Desa Jamberama Kec Selajambe Kab Kuningan, Selasa (15/06/2021). 

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bertujuan membantu Pemda Kab/Kota dalam percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang yang tangguh. 

Adapun sasaran TMMD diantaranya Kegiatan Fisik.Kegiatan yang dilaksanakan berupa kegiatan untuk membantu membangun dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana umum masyarakat di daerah Kab/Kota, Kecamatan khususnya di pedesaan dengan anggaran dari TNI dan Pemda Kab/Kota Kegiatan Non Fisik.Kegiatan yang dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam bidang pembangunan dan Bela Negara berupa penyuluhan dan ceramah, Penyuluhan Wasbang / Bela Negara. 

Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P  menyampaikan Pemberdayaan wilayah pertahanan dilaksanakan oleh TNI melalui kegiatan Binter yang sasarannya adalah untuk mewujudkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang serta Kemanunggalan TNI-Rakyat guna mendukung kepentingan Pertahanan. 

Kegiatan Pembukaan TMMD ke 111 di buka oleh Bupati Kab Kuningan, pada kesempatan tersebut Bupati mengapresiasi kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Kab Kuningan dan Kegiatan tmmd merupakan wujud nyata kebersamaan TNI dengan masyarakat karena melalui kegiatan ini, gotong royong partisipasi dan swadaya dari masyarakat dapat semakin ditingkatkan.(penrem063/3a)

Pangdam III/Slw Wujudkan Cianjur Manjur Melalui TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri

Indomedianewsc-  Bukti nyata membantu Pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan fisik dan nonfisik di wilayah, TNI AD menggelar pembukaan TMMD secara serentak di wilayah Indonesia, termasuk wilayah Kodam III/Siliwangi.

Kendati itu, selain membantu Pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, kegiatan TMMD juga terbukti  meningkatkan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat.

Dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, untuk Kodam III/Slw saat ini melaksanakan pembukaan TMMD ke-111 Tahun 2021 secara bersamaan di empat kabupaten, diantaranya di wilayah Kodim 0608/Cianjur, Kodim 0613/Ciamis, Kodim 0615/Kuningan dan wilayah Kodim 0602/Serang Banten.

“Terkait dengan itu, untuk semua elemen masyarakat yang ada di wilayah tersebut, mari bersinergi dengan TNI bersama-sama mensukseskan pelaksanaan TMMD,” ajak Pangdam III/Slw, saat memberikan sambutan pada pembukaan TMMD ke-111 di Kampung Nyalindung Desa Ciandam Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, selasa (15/6/2021).

Pelaksanaan kegiatan TMMD ke-111 tahun 2021 dimulai dari 15 Juni hingga 14 Juli 2021 mendatang. Diharapkan kegiatan TMMD dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan, baik pengerjaan berbagai sasaran maupun sasaran nonfisik.

Untuk mencapai keberhasilan itu, adanya sikap kebersamaan dan gotong royong seluruh komponen masyarakat dan stakeholder yang ada di wilayah ini  dalam mewujudkan pembangunan fisik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Hal ini, sesuai dengan tema TMMD yaitu, “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, sekaligus sesuai juga dengan slogan Kabupaten Cianjur, yaitu “Cianjur Manjur” yang mengandung makna  adanya harapan akan terciptanya masyarakat yang “Mandiri, maju, religius dan berahklak mulia” secara positif dalam pembangunan kultural masyarakat Kabupaten Cianjur di masa yang akan datang,” paparnya.

Diakhir sambutannya, Pangdam/Siliwangi mengingatkan, agar tidak lupa untuk melakukan 5 M, karena Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, maka laksanakan Protokol Kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Pendam III/Siliwangi/1b)

Ketua LBH Wening Prihatin, Kisruh Sewa Kantor DPC Peradi Surakarta Berujung Laporan Polisi

Indomedianewsc  - Advokat senior Sumarsoni, Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Wening prihatin sekaligus menyayangkan kasus antara Awod, anggota DPC Peradi Surakarta dengan induk organisasinya sendiri, yang berujung laporan ke polisi.

Awod selaku kuasa hukum pemenang lelang eksekusi rumah di Jl Markisa II, Karangasem, Laweyan, Solo yang dipakai DPC Peradi Surakarta sebagai kantor sekretariat, dilaporkan dengan dugaan melanggar pasal 170 Jo 406 KUH Pidana tentang pengrusakan. 

Awod dinilai sepihak melakukan penggembokan dan melepas papan nama di rumah itu pada Sabtu (12/6/2021) lalu, setelah sebelumnya mengirim surat somasi kepada DPC Peradi Surakarta terkait permintaan pengosongan rumah lantaran akan digunakan oleh pemenang lelang sebagai asrama putri ponpes Al Muayyad, Mangkuyudan Laweyan, Solo.

"Sebagai sesama advokat, saya ikut prihatin dengan maraknya pemberitaan kasus ini. Mereka ini, baik pelapor dan terlapor merupakan sejawat saya satu profesi," kata pria yang juga Ketua Persatuan Advokat Indonesia (Peradin) Wilayah Jawa Tengah saat ditemui di kantornya, Selasa (15/6/2021).

Soni mengaku, oleh salah satu sesepuh tokoh masyarakat Kota Solo diminta untuk ikut bergabung bersama LBH Mega Bintang mendampingi Awod sebagai terlapor dalam menghadapi laporan pengurus DPC Peradi Surakarta.

"Pada prinsipnya, saya siap. Sebagai teman sejawat, saya berpendapat kasus itu semestinya tidak perlu terjadi saling adu dalil-dalil yang hakekatnya bisa meruntuhkan citra wibawa dunia advokat itu sendiri. Kesannya saling mempertahankan ego," katanya.

Disisi lain, Soni juga siap menjadi mediator kedua belah pihak dengan harapan terjadi perdamaian untuk menghentikan persoalan agar tidak berkembang kemana mana.

"Damai itu indah. Mari kembali ke jiwa legowo sesama rekan sejawat," pungkas pria yang berkantor di Jl Wening Puri Permata II, Dusun III, Parangjoro, Grogol, Sukoharjo  (1b)

Kec Susukanlebak Zona merah " 26 positif corona " 2 diantaranya meninggal Dunia

Indomedianewsc- Masuk dalam zona merah, Muspika kecamatan Susukanlebak gelar giat PPKM mikro.

Pelaksanaan PPKM mikro sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19.
Hal ini disampaikan Camat Susukanlebak, Juri Ashari, saat melaksanakan monep PPKM mikro di Desa Curugwetan, Selasa, 15/06/2021

" kami mengharapkan kepada semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan dengan serius, ini perlu dilakukan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai pandemi covid-19, dan kami tegaskan kepada pihak Pemdes untuk melibatkan semua satgas Desa termasuk RT/RW, dan yang terpenting lagi pihak pemdes harus memberi contoh kepada Warga untuk patuhi prokes, salah satunya adalah membiasakan memakai masker, jangan sampai warga menilai bahwa pihak pemdes memberi contoh yang kurang baik dengan tidak memakai masker" ujarnya.

Senada hal tersebut disampaikan Kapolsek Susukanlebak, AKP.Awan.
Dirinya menegaskan untuk semua pihak agar melaksanakan PPKM mikro dengan baik

"Saat ini Kecamatan Susukanlebak masuk dalam zona merah, oleh karenanya kita harus benar benar menerapkan prokes, jangan sampai keteledoran membuat kita semakin menambah terjadinya kasus vositif corona. Dan saya tegaskan pihak Desa harus melaksanakan prokes dengan benar, seperti melaksanakan 5M dan menyediakan fasilitas yang maksimal , kita berharap agar warga di Kecamatan Susukanlebak bisa secara bersama sama melakukan pencegahan terjadinya penambahan kasus pandemi covid'19. Dan pihak Desa, khususnya Kuwu harus terus memberikan himbauan kepada warga agar tetap melaksanakan prokes, termasuk perangkat maupun Lembaga Desa harus menerapkannya agar warga pun bisa mentaatinya karena pemimpinnyapun menerapkan prokes dengan baik " jelas AKP . Awan.

Sementara itu, Kepala Puskesnas Susukanlebak, Dr.Arya, menuturkan data terkait warganya yang positif corona

" sejak tanggal 7 juni sampai 13 juni 2021 warga di kecamatan Susukanlebak yang positif corona sebanyak 26 dan 2 diantaranya meninggal dunia, dua orang tersebut adalah warga Desa Sampih dan warga Desa Karangmangu. Dengan masuknya Susukanlebak dalam zona merah, kita tentunya harus secara bersama sama saling peduli dengan kesehatan dan keselamatan , untuk mewujudkan hal ini salah satu upayanya melalui pelaksanaan 5M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, ini perlu dilakukan agar kita segera terlepas dari zona merah dan kembali bisa menikmati hidup normal" tuturnya.

Saat disinggung terkait kondisi dan fasilitas ruang isolasi yang disediakan pihak pemdes Curugwetan, dirinya tidak memberikan komentar.

Pelaksanaan PPKM mikro ini terhitung tanggal 15 juni sampai 28 juni 2021.

Dari pantauan IM. Fasilitas ruang isolasi yang disediakan pihak pemdes Curugwetan hanya berupa ruangan dan 1 set kasur tanpa adanya sarana lainnya. Inilah mungkin yang membuat kapus Susukanlebak tidak bisa berkomentar. (1c)

15 Jun 2021

Kyai Kendiel Purworejo Hadiri Haul KH Thoha Sulaimy Singosari, Kabupaten Kebumen

Indomedianewsc- Peringatan haul atau peringatan hari wafatnya KH Thoha Sulaimy diadakan secara sederhana dengan tetap menerapakan protokol kesehatan secara ketat yang dilaksanakan di halaman masjid Darussalam, Desa Singosari, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (13/06/2021) kemarin.

Dalam acara tersebut dihadiri Kyai muda asal Kabupaten Purworejo yakni Kyai Asrori Aris atau yang akrab di sapa Kyai Kendiel, dengan bahasanya yang santai dan penuh keakraban beliau menerangkan pentingnya diadakan haul untuk mengenang orang tua, guru dan para pahlawan kita.

Kyai Asrori Aris atau Kyai Kendiel dari Loano, Kabupaten Purworejo dalam ceramahnya menyampaikan, bahwa pendidikan, ilmu dan sebagainya pertama kali dari orang tua, maka sudah selayaknya seorang anak untuk berbakti kepada orang tua.

"Orang tua yang sudah mati itu tidak membutuhkan kopi, makanan dan lain-lain akan tetapi mereka itu membutuhkan doa makanya perlu dan sangat penting diadakanya haul seperti ini," ucapnya.

Kyai Kendiel juga menjelaskan, pentingnya dilaksanakan haul setiap tahun tersebut untuk mengenang perjuangan-perjuangan orang tua, para pahlawan untuk kita doakan.

"Karena tanpa mereka-mereka yang sudah meninggal mungkin kita tidak akan mengenal siapa Tuhan kita makanya sangat penting untuk kita selalu mengingat perjuangan-perjuangan orang tua, guru dan para pahlawan dengan mengadakan haul seperti ini,' jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Haul KH Thoha Sulaimy Singosari, Tufail Muhammad atau yang akrab disapa Gus Tufail mengatakan, haul tersebut merupakan haul yang ke-5 atas meninggalnya KH Thoha Sulaimy.

"Jadi tema haul kali ini adalah meneladani guru melalui perilaku merajut keihlasan meneruskan perjuangan," katanya.

Gus Tufail juga menerangkan, bahwa KH Thoha tersebut merupakan salah satu pejuang jamaah manakib jawahirul mangani di Kabupaten Kebumen.

"Jadi KH Thoha Sulaimy ini adalah khalifah manakib pertama di Kabupaten Kebumen setau saya, kegiatan haul ini juga rutin kita laksanakan sertiap satu tahun sekali," pungkasnya. (Agus.S/1b)

14 Jun 2021

Babinsa Desa Kemlaka Koramil 2002/Cirebon Barat Kawal Vaksinasi

Indomedianewsc -Pemerintah Desa Kemlaka gede Kecamatan Kedawung bersama Puskesmas Tengahtani Genjot Pelaksanaan Vaksinasi  yang bertempat di Aula Desa setempat .Senin 14/06/2021

Acara dihadiri Kepala Puskesmas Tengah tani drg.Evi Nilawati bersama tim kesehatan dan Pemdes kemlaka gede.

Drg.Evi Nilawati menyampaikan melalui Asep Koordinasi  mengatakan,

"Target Vaksinasi hari ini 75 sampai 100,mudah mudahan dapat Terealisasi ,Katanya

Kuwu Kemlakagede Rusli pun menyampaikan,

"Vaksinasi hari ini untuk lansia dan figur publik (guru,rt,rw dll) ,Kami Pemdes Desa Kemlakagede Siap Sukseskan Program Vaksinasi

Sementara itu, Serma Sumadi Babinsa Desa Kemlakagede mengatakan

"Alhamdulillah Vaksinasi hari ini berjalan lancar,kami ( Babinsa dan Bhabinkamtibmas) Akan selalu berkolaborasi dengan perangkat desa untuk mensosialisasikan apa manfaat dan pentingnya Vaksinaso Covid 19 ini,"katanya
Lebih lanjut dirinya menjelaskan

" yang terpenting adalah seluruh elemen Masyarakat walaupun telah divaksin harus tetap menerapkan prokes, sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19" pungkas Serma Sumadi. (3a)