15 Mei 2021

Ponpes Al-Ishlah II Buntet Pesantren adakan Halal Bihalalal & Tahlil Akbar Bani Mansyur

Indomedianewsc- Pondok pesantren Al Ishlah II Buntet Pesantren Cirebon, pimpinan KH. Soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu, yang beralamatkan di Jln. kH. Jawahir blok Sida Bagus Dusun 2 Desa Buntet Kecamatan Astanajapura Kab. Cirebon adakan acara Halal Bihalal dan Takbir Akbar Bani Masnyur, Jum'at (14/05).

Acara tersebut dihadiri oleh anak cucu buyut dari berbagai daerah seperti Benda Kerep, Gedongan, Buntet Pesantren, Kuningan, Brebes, Nanggela, Indramayu, dan lainnya.

Menurut Gus Sozu, acara tersebut digelar rutin setiap tahunnya pada tanggal 2 Syawal dengan diisi Tahlil Akbar di Makam Mbah Masnyur di  Komplek Pemakaman Gajah Ngambung Buntet Pesantren Cirebon.

Namun kali ini tidak seperti biasanya, dikarenakan faktor pandemi Covid-19. Jadi acara pada tahun ini yang hadir dibatasi dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Mbah Mansyur putra Mbah Soleh Zamzani, pendiri Pondok Pesantren Benda Kerep putra Mbah Mutaad Buntet Pesantren, keturunan beliau tersebar diseluruh Nusantara, dan rata-rata menjadi Kyai yang mempunya Peantren," Ujar Gus Sozu. Lebih lanjut dirinya menuturkan

"Acara Halal Bihalal dan Tahlil Akbar yang digelar setiap tahunnya di tanggal 2 Syawal sebagai sarana mempererat tali Silaturahmi antar keturunan dan juga sebagai  rasa Ta'zim terhadap kakek buyutnya yaitu Mbah Mansyur," Lanjut Gus Sozu

"Hal ini juga sebagai pengingat kita sebagai keturunan beliau bahwa kakek buyut kita adalah seorang ulama yang hebat dan Tawaddu, maka kita wajib menjaga dan meneruskan perjuangan beliau dalam berda'wah amal ma'ruf nahi mungkar," Paparnya

Gus Sozu juga menyampaikan, hal tersebut sebagai Rem, agar para keturunan menjaga untuk tidak betbuat sesuatu yang tidak baik, dan sebagai cucu harus mencontoh kebaikan-kebaikan Mbahnya.
Dan sebagai bentuk wujud syukur setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan diharapkan kedepannya prilaku dan rasa saling peduli antar sesama semakin tinggi terlebih antara ummat Muslim tanpa memandang kedudukan atau martabat seseorang. (1b)


0 $type={blogger}: