31 Mei 2021

Aksesibilitas salahsatu penghambat disabilitas dalam melaksanakan ibadah

Indomedianewsc -Penyandang disabilitas memerlukan akses yang baik untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, penyedian aksesibilitas bagi penyandang disabilitas dan lansia juga sudah menjadi Komitmen Nasional, yang tercantum pada Undang-Undang Dasar 1945, UU RI No. 4 tahun 1997 tentang Penyandang Cacat dan UU RI No. 39 Tahun 1999 tentang HAM; juga Surat Edaran Menteri Sosial RI Nomor: A/A-50/VI-04/MS; Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI No. SE/09/M.PAN/3/2004;Surat Edaran Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional RI No. 3064/M.PPN/05/2006 tentang Perencanaan Pembangunan yang Memberi Aksesibilitas bagi Penyandang Cacat. Namun pada kenyataannya, di Indonesia aksesibilitas gedung, jalan, dan transportasi masih belum merata.

Seperti yang terjadi pada Pak Dading seorang disabilitas asal Sindang laut yang akan melakukan shalat jumat di salah satu masjid Kabupaten Cirebon. Dirinya mengalami kesulitan untuk menuju tempat wudhu bahkan saat masuk ke masjid dengan kondisinya menggunakan kursi roda karena bangunan yang belum aksesibel. 

Bukan hanya kali ini saja, seringkali dirinya mengalami hal sama di beberapa fasilitas umum di kabupaten Cirebon yang masih belum aksesibel terhadap disabilitas. 

"Selain disini juga, ada beberapa tempat lain yang saya datangi belum menyediakan  akses untuk saya dan teman teman lain" ujar Pak Dading.

Dirinya  berharap agar fasilitas untuk para difabel benar-benar diperhatikan karena sama -sama memiliki Hak untuk beraktifitas seperti masyarakat umum lainnya.
Menyikapi hal tetsebut.Ketua Forum Komunikasi difabel Cirebon. Abdul mujib.menuturkan

" Kami sangat berharap peran Pemerintah dalam memberikan Hak yang sama bagi kaum difabel atau saudara kita yang memiliki kekurangan secara lahiriyah agar mudah dalam melaksanakan aktifitas, khususnya lagi dalam melaksanakan ibadah Sholat, karena selama ini fasilitas untuk para difabel dalam mekaksanakan sholat di masjid seringkali terkendala karena tidak ada atau minimnya fasilitas hingga membuat mereka sering kesulitan , harapan kami tentunya fasilitas umum bagi para difabel ini bisa lebih diperhatikan " harap Muzib.(1b)




29 Mei 2021

Pemdes Losarikidul dan PT. Dwikarya Primajaya Berikan Santunan Anak Yatim

Indomedianewsc- Pemerintah Desa Losarikidul Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon bersama PT. Dwikarya Primajaya, menberikan santuanan pada ratusan anak yatim.

Kegiatan tersebut disampaikan Kuwu Desa Losarikidul, Ghafar Ismail , santunan ini sebagai bentuk kepedulian pihak desa dan perusahaan yang membangun pasar desa. 

"Sekitar 101 anak yatim yang disantuni," katanya disela acara, Kamis (27/5/2021).


Gofar  menjelaskan, revitalisasi pasar desa sangat dinantikan masyarakat dan pedagang, sehingga perlu untuk segera direalisasikan. 

"Sebagai pelaksana revitalisasi pasar desa, pihak perusahaan telah banyak berkontribusi pada desa dan masyarakat juga pedagang. Salah satunya kegiatan santunan bagi anak yatim. Berbagai kebutuhan pokok akan mudah didapat, ketika adanya pasar desa modern nanti," jelasnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih, pada pihak perusahaan yang telah berkenan untuk melaksanakan  revitalisasi pasar desa ini. 

"Tidak lain tujuan kami lakukan revitalisasi pasar desa, untuk kemajuan ekonomi dan memudahkan masyarakat dapatkan kebutuhan pokok di wilayah perbatasan," ujarnya.

Sementara itu, Camat Losari, H Moechlas, mengajak seluruh pihak untuk menjaga kondusivitas, guna realisasi revitalisasi pasar modern. "Semoga dengan adanya pasar modern nanti dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, bahkan wilayah Jawa Tengah," tuturnya (1b)

28 Mei 2021

WUJUD KEPEDULIAN 'TNI DONORKAN DARAH KEPADA ANAK KORBAN KECELAKAAN "

Indomedianewsc- Wujud keperdulian  Prajurit Satgas Yonif 131/Brs yang mendonorkan darahnya untuk membantu salah satu warga Kp. Nafri Distrik Abepura An. Rey Wameyau (4 th), yang menderita patah kaki akibat kecelakaan terjatuh dari sepeda motor.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr (Han), dalam keterangan tertulisnya di Abepura Jayapura. (28/05/2021).

Sebelumnya, Danpos Nafri  Letda Inf Maslan  mendapatkan informasi bahwa ada warga yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan golongan darah "O" secepatnya.
"Mendapat informasi tersebut, pos kami langsung merespon dengan mengirimkan Personil pos yang memiliki golongan darah "O" tersebut ke RST Abepura untuk didonorkan darahnya", ujar Danpos.

Danpos menjelaskan bahwa korban Rey Wameyau adalah anak dari Israil, salah seorang pemain sepak bola yang sekarang sedang mengikuti pertandingan piala AFC mewakili club sepakbola dari  Persipura Jayapura di Jakarta. "Semoga apa yang kami lakukan dapat membantu dan adik Rey 
Wameyau bisa segera bisa pulih kembali", tandas Danpos.

Ibu korban Suryani wema (26), mengucapkan terima kasihnya kepada Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs yang telah mendonorkan darahnya guna membantu proses operasi anaknya.

“Saya tidak tahu harus berkata apalagi selain mengucap rasa syukur kepada Tuhan dan terima kasih kepada para prajurit TNI dari Pos Nafri Satgas Yonif 131/Brs. Semoga Tuhan memberikan balasan yang setimpal atas kebaikan bapak-bapak TNI,” ucap Suryani Wema penuh haru (1b)

25 Mei 2021

Halalbihalal Padepokan Puser Bumi Nusantara dan pengembangan Situs Sumur Keramat Mbah Muqoyyim

Indomedianewsc- Padepokan Puser Bumi Nusantara melaksanakan acara Halalbihalal dan peletakan batu pertama situs sumur keramat mbah Muqoyyim sekaligus pembekalan wawasan kebangsaan yang bertempat di Pondok Pesantren Al-Ishlah 2 Buntet, Kecamatan Astanajapura,Kabupaten Cirebon, Selasa 25/05/2021.

Acara yang dihadiri oleh berbagai Lembaga Kemasyarakatan, Paguyuban  maupun padepokan senusantara , dihadiri pula Mayjen TNI Purnawirawan  Tatang Zaenudin yang dudaulat sebagai Ketua Dewan Pembina PPBN ( Padepokan puser bumi Nusantara ).

Selain acara halalbuhalal sekaligus peletakan batu pertama situs keramat sumur mbah Muqoyyim, acara pun diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pengobatan supranatural secara gratis, persembahan seni silat dari berbagai peguron, juga dulanjutkan dengan acara wawasan kebangsaan yang dipimpin langsung Mayjen Purnawirawan Tatang Zaenudin.

Dalam pemaparan wawasan kebangsaan tersebut, selain mengajak semua unsur untuk cinta tanah air, juga mengajak semua pihak untuk mengisi Negeri ini dengan hal-hal yang positif, dari hal perekonomian maupun sosial budaya yang berlandaskan norma Agama

" saya sangat bangga dapat hadir dalam acara ini, apalagi melihat sambutan yang sangat luar biasa dari mulai masuk kawasan Buntet hingga tempat pelaksanaan, yang unik adalah saat saya masuk kawasan Buntet Pesantren, saya diharuskan untuk melakukan goes, atau bersepeda, dan itu tentunya menjadi kesan tersendiri bagi saya " ujar Jendral yang berjiwa santri ini menuturkan.

Bahkan saat dirinya melakukan peletakan batu pertama pembangunan situs Sumur Keramat Mbah Muqoyyim , menuturkan

" Semoga dengan dipugar atau dibangunnya situs Sumur Keramat Mbah Muqoyyim ini bisa menjadi salah satu tempat atau situs wisata ziarah yang tentunya akan menambah pemasukan dan peningkatan perekonomian warga sekitar, ini dikarenakan situs Sumur Kramat Mbah Muqoyyim ini sudah kerap dikunjungi oleh para pejabat dari berbagai Daerah, dan saya sangat yakin, Keberadaan situs yang penuh keramat ini akan semakin banyak dikunjungi oleh berbagai masyarakat dari berbagai kalangan" jelasnya.

Dirinya berpesan kepada seluruh Keluarga besar Padepokan Puser Bumi Nusantara untuk terus menjalin persatuan dan persaudaraan, khususnya tetap menjalin silaturahmi dan tetap berpegang teguh pada norma Agama.

Sementara saat disinggung adanya keinginan dari berbagai pihak agar dirinya bersedia maju menjadi Orang Nomor satu di Republik ini, dengan diplomatis menjawab 

" saya ini tentara.jika ditanya siapkah untuk maju menjadi Orang Nomor satu di Republik ini, saya pastikan Siap, jangankan diminta maju untuk menjadi Calon Orang Nomor satu, diminta maju kemedan perang saja saya siap kok " tuturnya sembari tersenyum


Sementara itu, Sesepuh Padepokan Puser Bumi Nusantara sekaligus pemimpin Pondok Pesantren Al-Ishlah 2 Buntet, KH. Soleh Zuhdi , usai pelaksanaan Halalbihalal dan peletakan batu pertama pembangunan situs Sumur Keramat Mbah Muqoyyim, menuturkan

" saya ini awalnya merasa bingung, karena entah itu mimpi atau wangsit atau apa itu namanya, seakan saya ini diperintahkan untuk bebersih, sementara saya tidak mengerti apa makna bebersih tersebut, hingga singkat cerita, saya melakukan puasa, Sholat malam bahkan mencoba membaca kalam illahi, namun makna bebersih itu belum juga dapat dimengerti, hingga akhirnya Alkhamdulillah saya seakan diberi pemberitahuan secara batiniah, bahwa bebersih yang dimaksud adalah saya harus melakukan bebersih terhadap keberadaan Sumur Keramat Mbah Muqoyyim. Padahal sebelumnya sudah banyak para pejabat tinggi yang ingin membangun situs ini, namun karena mungkin belum jodohnya, Maka semuanya tidak tercapai.dan Alkhamdulillah, Keinginan dan harapan tersebut bisa terkobul saat ini, InsyaAllah dengan diadakannya acara Halalbihalal dan terus mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpegang pada ikatan silaturahmi, apa yang kita harapkan dapat dikobul oleh Allah, karena silaturahmi itu maknanya sangat luar biasa, dan yang perlu dicatat, bagaikan kita melihat terangnya sinar lampu, jika dari kedekatan maka kita akan merasa silau dan tidak dapat melihat jelas apa yang ada didepan kita, sama halnya dengan keberadaan situs keramat Sumur Mbah Muqoyyim, bagi masyarakat sekitar atau warga Cirebon mungkin kurang begitu maklum akan keberadaan sumur keramat ini, namun ternyata bagi warga luar wilayah ternyata banyak yang mengunjungi sumur ini karena dipercaya memiliki karomah atau secara umum bisa memenuhi hajat kita, namun tentunya semuanya kita kembalikan kepada Allah SWT" ujar pria keturunan Mbah Muqoyyim ini menuturkan.

Lebih lanjut Pria yang akrab disapa kang Zuhdi ini menuturkan

" Pertama kali adanya pesantren Buntet ini disini, dan pendirinya tiada lain adalah Mbah Muqoyyim, dan sudah selayaknya kita sebagai penerusnya untuk melestarikan dan melaksanakan segala ajarannya, Semoga dengan kita membangun kebersamaan melalui padepokan Puser Bumi Nusantara ini sebagai awal dari kembalinya satu rasa satu keinginan demi kemaslahatan ummat, oleh karenanya  padepokan puser Bumi Nusantara ini tidak melihat dan memandang kedudukan seseorang , karena itu bukan hak kita, yang utama adalah mari kita bersama memperkuat ukuah Islamiah dan saling peduli dengan sesama" pungkas KH. Soleh Zuhdi (1c)

24 Mei 2021

Corona yang berkepanjangan berdampak pada pedagang kecil

Indomedianewsc- Dampak corona yang berkepanjangan sangat berpengaruh kepada para pedagang kecil atau mikro.

Salah satunya dirasakan oleh Ibnu (40 Tahun ) pedagang kios peralatan sekolah dan aksesoris yang berjualan di ex pasar Desa mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Dirinya menjelaskan, sejak adanya wabah virus Corona, omset penjualannya sangat menurun

" sudah satu tahun lebih kang, penjualan sangat turun dratis, apalagi untuk peralatan atau kelengkapan sekolah, seperti buku ataupun alat tulis lainnya, ditambah lagi adanya pola pendidikan yang menggunakan sistem daring, semakin membuat kami para pedagang kecil sangat merasakan dampaknya" ujar Ibnu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, selain turunnya omset penjualan, pengiriman atau pesanan barang pun kerap terkendala.

" kami sering menghadapi kendala keterlambatan pengiriman barang, mungkin ini juga karena adanya pengaruh pandemi, dengan adanya beberapa hal tersebut, tentunya barang yang biasanya selalu ada sering kosong hingga tidak sedikit pembeli yang pulang lagi karena barang yang dicarinya tidak terseda, sebagai pedagang kecil tentunya kami sangat berharap adanya peran maksimal dari Pemerintah, baik itu kemudahan bagi pedagang kecil untuk memperoleh bantuan maupun hal lainnya, khususnya agar penanganan pandemi ini benar -benar maksimal agar kehidupan ini kembali normal seperti sedia kala" ujarnya penuh harap.

Dari pantauan IM.Saat ini Pemerintah memang telah menggelontorkan bantuan kepada pedagang kecil  dalam bentuk bantuan Usaha Kecil Menengah (UKM) sayangnya program yang digelontorkan kerap tidak tepat sasaran, ini dikarenakan tidak adanya team pemantau hingga akhirnya warga saling berlomba untuk mengadu nasib dengan berduyun-duyun mengajukan program UKM kepada pihak Pemerintahan Desa.(1c)

22 Mei 2021

Alumnus SMP PGRI Lemahabang " adakan Halal bihalal dengan kesederhanaan"

Indomedianewsc- Alumnus SMP  PGRI angkatan Tahun 1988 menggelar acara halal bihalal yang bertempat di Rumah Makan Bu Sri, Sabtu 22/05/2021.
Dalam acara yang dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan tersebut berjalan penuh hikmat dan erat persaudaraan.

Dalam penuturan yang disampaikan salah seorang Alumnus, Aris, mengharapkan agar jalinan silaturahmi tetap erat dijabat tanpa ada adanya perbedaan

" kita berharap agar persahabatan tetap terjalin walau terpisah dengan status atau kesibukan masing masing, dan harapannya dalam ajang silaturahmi dan halal bihalal ini semakin mempererat paersaudaraan antara kita, dan selain dari itu kita sama berdoa agar semua Alumnus senantiasa dalam lindungan Allah dan dimudahlan segala apa yang diharapkkan " ujarnya.

Senada hal tersebut disampaikan Alumnus lainnya, Elin.

" kita sudah terpisah sekian lama, dan Alkhamdulillah, masih dalam suasana sawalan kita dapat berkumpul  dan saling bertukar kisah, tentunya dengan adanya silaturahmi yang tetap terjalin, persaudaraan tidak akan pernah terputus walau dipisah oleh ruang dan waktu" harap Elin.

Acara yang diselenggarakan dengan penuh kesederhanaan tersebut diakhiri dengan acara makan bersana dan sua foto sekaligus kumandang doa untuk saudara saudara yang tidak bisa hadir karena kesibukan ataupun hal lainnya. (1c)

Penyaluran BLT DD tahap I "Pemdes Waruduwur tegas terapkan Prokes"

Indomedianewsc- Bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa Tahap satu Tahun Anggaran 2021 akhirnya dapat direalisasikan.
Hal ini disampaikan Kuwu Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Yadi, saat memantau pelaksanaan pembagian BLT DD di Aula Kantor Desa setempat,Jum'at 21/05/2021.

"Alkhamdulillah, pencairan BLT DD tahap satu akhirnya bisa tersalurkan bagi warga kami sebanyak 88 KPM" ujarnya.

Yadi berharap uang yang telah diterima sebesar Rp.300.000 per KPM ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin

" nilainya memang tidak seberapa, namun demikian tentunya kami sangat berharap uang tersebut bisa dipergunakan dengan sebaik mungkin, dan kami pun senantiasa berharap agar Masyarakat senantiasa mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah, ini semua demi kesehatan kita bersama , khususnya sebagai salah satu ikhtiar dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19" lanjut Yadi.

Bahkan saat pelaksanaan pembagian BLT DD tersebut dirinya tidak segan untuk menegur dan mengingatkan warga yang tidak mengenakan masker.

" kelihatannya memang sepele masalah penggunaan masker ini, namun harus diakui saat ini Masyarakat kerap kali tidak memakai masker saat beraktifitas atau berada diluar rumah, ini mungkin mereka sudah merasa kejenuhan yang amat sangat, oleh karenanya salah satu tugas kita untuk selalu saling mengingatkan agar prokes senantiasa dipatuhi, semoga dengan cara ini kita akan segera terbebas dari belenggu Corona dan kehidupan kembali normal seperti sedia kala " pungkasnya. (1b)

21 Mei 2021

Jompo dan janda " terima santunan beras dari Pemdes Karangasem"

Indomedianewsc- selama kurun waktu 2 Tahun berturut-turut, Pemerintah Desa Karangasem,Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon , memberikan santunan yang dikhususkan bagi jompo dan janda non PNS berupa beras sebanyak 325 penerima.

Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Karangasem, Heriyanto, diruang kerjanya, Jum'at 21/05/2021.

"Alkhamdulillah, selama dua tahun berturut-turut kami melaksanakan program santunan berupa beras kepada jompo maupun janda yang Non PNS, dimana setiap Orangnya menerima santunan sebanyak 5 Kg  beras dengan jumlah total keseluruhan sebanyak 325 penerima " ujarnya.

Lebih lanjut Heriyanto, menuturkan, dengan adanya santunan tersebut diharapkan mampu sedikitnya meringankan beban warga yang walaupun nilainya tidak seberapa

" kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi seluruh warga karangasem, khususnya para jompo maupun janda yang benar - benar berhak untuk memperoleh bantuan, oleh karenanya panerima bantuan ini tidak termasuk PNS atau ASN, InsyaAllah program ini menjadi agenda rutin pemdes karangasem, apalagi saat ini kita masih dalam situasi pandemi covid-19, tentunya kami sangat berharap kepedulian ini akan diikuti oleh warga yang memiliki kelebihan rizki untuk secara bersama-sama saling peduli dan membantu antar sesama, harapan kami tentunya dengan adanya rasa saling peduli ini akan mempercepat terselesaikannya atau berakhirnya pandemi covid-19. Dan saya selaku kuwu senantiasa menghimbau kepada seluruh warga Masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan, khususnya membiasakan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dan membatasi mobilitas" pungkas Heriyanto (1c)

KOMSOS KREATIF KOREM 172/PWY DUKUNG SUKSESKAN PON KE-XX PAPUA

Indomedianewsc – Korem172/Praja Wira Yakti (PWY) menggelar komunikasi sosial (Komsos) kreatif dengan menghadirkan para atlet Pekan Olah Raga Nasional  (PON) ke-XX 2021 dari beberapa cabang olah raga di antaranya binaraga, karate dan kempo serta pencak silat. 

Kegiatan Komsos kreatif ini mengusung tema “Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang kreatif, inovatif dan Adaptif ”, yang digelar di Aula Korem 172/PWY, Padang Bulan, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Kamis (20/05) 

Dalam sambutan Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 172/PWY Kolonel Inf Wempi Ramandei menyampaikan bahwa komsos kreatif yang diselenggarakan merupakan wahana membangun interaksi yang baik antara aparat TNI dengan masyarakat . 

“Komsos ini dilaksanakan  bertujuan untuk menumbuhkan jalinan silaturahmi yang baik antara aparat TNI dengan para altet sekalian yang akan berlaga pada PON ke-XX di Papua. Serta dapat memberikan motivasi dan spirit atau semangat juang yang tinggi dalam bertanding sehingga nantinya akan meraih kesuksesan,” ujar Danrem sebagaimana yg di bacakan Kasrem 172/PWY.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Koordinator Bidang Permainan KONI Papua Alfius Demena SE, MM, para official dan pelatih serta para altlet dari cabang olah raga binaraga, kempo, karate dan pencak silat. 

Pada momentum ini, Alfius Demena mengapresiasi komsos kreatif yang digelar oleh Korem 172/PWY guna menyambut pelaksanaan PON XX di Papua. 

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas acara komsos kreatif yang diselenggarakan oleh Korem 172/ PWY dengan mengundang kami,” katanya. 

Dalam kesempatan yang sama  Kasrem 172/PWY menegaskan  dengan komsos kreatif siap dukung dan mensukseskan gelaran PON ke-XX yang diselenggarakan di Papua. (1b)

20 Mei 2021

Pemdes Kamarang maksimalkan pustaka dan ATM beras

Indomedianewsc- Terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap warga Masyarakat , Pemdes Kamarang, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, berupaya memaksimalkan program yang tersusun demi kemaslahatan dan pemberdayaan yang berazaskan kebersamaan.

Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Kamarang , Endang Kusnandar, saat melakukan perbincangan bersama IM diruang kerjanya, Kamis, 20/05/2021.

"Saat ini kami tengah berusaha semaksimal mungkin untuk berupaya memanfaatkan fasilitas yang tersedia demi kemajuan warga kami, khususnya dalam bidang pembelajaran  melalui fasilitas perpustakaan desa yang telah tersedia, diharapkan dengan  adanya sarana perpustakaan akan meningkatkan minat baca masyarakat sebagai salah satu penunjang pengetahuan baik yang bersifat pengembangan maupun agama dan pemberdayaan lainnya " ujarnya.

Lebih lanjut Kuwu Endang, menjelaskan,  bahwa tugas sebagai Kuwu tidak sebatas hanya melaksanakan tugas sesuai dengan anggaran atau program.pemerintah yang telah tersusun, namun dibutuhkan motifasi dan kreasi demi pengembangan lebih maksimal

" jika niat menjadi kuwu hanya menbangun sesuai anggaran dan aturan pemerintah, ya cukup duduk dan menunggu, namun tujuan jadi kuwu tidak sebatas itu, Kuwu perlu memiliki motifasi, edukasi dan kreasi, agar jalannya roda pemerintahan ini tisak hanya sebatas peningkatan infrastruktur maupun perekonomian semata, tetapi peningkatan SDM, pemberdayaan dan saling memiliki demi perkembangan dan kemajuan desa bisa lebih optimal, baik perekonomian ataupun hal positif lainyya" lanjut Endang.

Salah satu program yang digalakan sesuai amanat dan wejangan kanjeng sinuhun Cirebon, yaitu titip tajug lan fakir miskin direalisasikan Pemdes Kamarang dengan menyediakan ATM beras , dimana seluruh Warga Desa Kamarang boleh mengambil beras yang telah disediakan secara geratis

" ATM beras ini disediakan untuk warga kami yang memang sangat membutuhkan, silahkan datang ke Desa dan ambil secukupnya, gratis. Karena kami tidak ingin ada warga kami yang kelaparan, itu sesuai wejangan kanjeng sinuhun Cirebon Sunan Gunungjati " pungkas Endang. (1c)



18 Mei 2021

Kapus Susukan lebak " walau sudah divaksin prokes tetap harus dilaksanakan"

Indomedianewsc-  mengawali perbincangan bersama Kepala Puskesmas Susukan Lebak, Kecamatan Susukan lebak, Kabupaten Cirebon, Aria Abditianto Arrochimi, diruang kerjanya' Selasa 18/05/2021. Menuturkan bahwa jika berpacu pada aturan terdahulu  Susukan lebak masuk dalam zona merah, namun karena aturanya sudah berubah, maka saat ini kecamatan Susukan lebak masuk dalam zona hijau.

" Aturan saat ini telah berubah oleh karenanya Kecamatan Susukan Lebak saat ini berada dalam zona hijau, namun demikian kami tetap menganjurkan kepada Masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti halnya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas, hal ini perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19 " ujarnya.

Saat disinggung terkait penggunaan vaksin, dirinya menjelaskan

" Vaksin itu tidak menjamin seseorang tidak bisa terkena corona, sifatnya hanya mengantisipasi dan meminimalisir adanya gejala yang berat, yang terpenting adalah kita tetap mematuhi protokol kesehatan, itu yang paling utama dan sebagai ikhtiar kita agar terhindar dari corona" lanjut Aria.

Sementara terkait banyaknya Masyarakat yang terkesan acuh dan enggan menerapkan prokes, dirinya menegaskan

" diakui memang ada kesan Masyarakat tidak peduli dengan prokes, ini salah satu penyebabnya mungkin karena Masyarakat sudah merasa cape dan jenuh akan adanya corona yang sudah berjalan satu tahun lebih, inilah yang menjadi Masyarakat terkesan acuh, selain itu memang ada kesan Pemerintah kurang begitu maksimal dalam menerapkan aturan atau sangsi tegas bagi pelanggar prokes, yang terpenting saat ini adalah kita secara bersama sama menanggulangi penyebaran corona dengan cara melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan benar, InsyaAllah jika hal ini dilaksanakan kita akan segera terbebas dari pandemi covid-19" pungkas Aria Abditianto Arrochim (1b)

SMAN Losari Angkatan 1990/1991 gelar Reuni dan Donasi Anak yatim

Indomedianewsc- sebagai salah satu wujud mempererat tali silaturahmi dan saling peduli dengan sesama. Alumnus SMAN Losari angkatan  1990 menggelar Reuni dan Donasi Anak yatim yang dilaksanakan pada Minggu 16/05/2021 bertempat di Aula RM Mak iyah dengan dihadiri oleh hampir keseluruhan dari para Alumnus yang telah 30 tahun terpisah oleh situasi dan keadaan yang berbeda.

Dari keterangan yang disampaikan salah seorang Alumnus, Ibu Aya atau yang akrab disapa Mamih Yayang, menuturkan,

" Dilaksanakannya acara reuni ini sebagai salah satu bentuk kita dalam terus mempererat silaturahmi dengan seluruh Alumnus SMAN Losari yang telah terpisah selama 30 Tahun dan disibukan oleh berbagai aktifitas yang beraneka rupa, Bahkan diantara kami sudah tidak sedikit yang berdomisili diluar Cirebon, Alkhamdulillah, dalam acara yang dilaksanakan dengan penuh hikmat ini sahabat yang hadir mencapai setengah dari jumlah keseluruhan, ini pun sudah termasuk luar biasa, dan ketidak hadiran para sahabat ini dikarenakan tinggalnya sudah diluar Daerah apalagi saat ini kita berada ditengah pandemi yang melarang kita untuk melaksanakan mudik" ujarnya.

Lebih lanjut Mamih Yayang , menjelaskan

"Dalam pelaksanaan acara reuni ini, kami tidak saja hanya berkumpul dan saling bersilaturahmi sekaligus melepas kangen , namun atas dasar keinginan dan niat yang sama, kami pun melaksanakan kegiatan Donasi bagi Anak yatim, khususnya bagi Anak anak sahabat kita yang ditinggalkan oleh Orang tuanya, dan Alkhamdulillah walaupun mungkin kalau dinilai dari segi materi tidak terlalu besar, namun bukan itu intinya, yang pasti kita berharap apa yang kita lakukan dan berikan dapat bermanfaat dan semakin mempererat silaturahmi antar alumnus khususnya dan Masyarakat luas pada umumnya" pungkasnya.

Dalam Acara tersebut pihak panitia dan undangan yang hadir tetap melaksanakan prokes sesuai aturan dari Pemerintah sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19.(1c)

17 Mei 2021

Bantuan PLTU Membebani nelayan " 9 Tihang lampu penerangan sungai dibongkar "

Indomedianewsc- merasa bantuan yang diberikan pihak PLTU ( Cirebon Power) kurang bermanfaat, warga Masyarakat Nelayan Dusun 1 Desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, membongkar Tihang lampu penerangan jalan tepi sungai.

Pembongkaran tersebut dilakukan karena apa yang diberikan pihak PLTU merugikan para Nelayan, hal tersebut disampaikan Ketua Forum Nelayan Desa Waruduwur, Warsita, saat melakukan pembongkaran tihang lampu, Senin, 17/05/2021.

"Kami para Nelayan terpaksa melakukan pembongkaran tihang penerangan lampu tepi sungai hasil pemberian pihak PLTU, ini dikarenakan membebani kami, karena pihak PLTU hanya memberikan tihang lampu, sementara untuk listriknya harus kami yang membayarnya, sedangkan untuk Biaya listriknya perminggu  saja minimal kami harus merogoh kocek sebesar Rp.200.000 ini jelas membebani kami, akhirnya daripada menjadi beban, lebih baik Tihang listrik berikut kabelnya kami bongkar dan serahkan kembali kepada pihak PLTU" ujarnya.

Senada hal tersebut disampaikan pengurus Pokmaswas Bintang  Samudra, Adi.S. dirinya meminta kepada PLTU jika mau memberi sumbangan jangan sampai membebani para Nelayan

" selama ini kami  sudah kerapkali berkomunikasi dengan pihak PLTU, bahkan kami diminta mengajukan proposal, namun sayangnya sampai saat ini belum ada realisasinya, sementara untuk persoalan lampu penerangan tepi sungai, jika benar pihak PLTU ingin memberikan bantuan penerangan jalan, kami sangat berterimakasih asalkan dari mulai tihang sampai listrik atau setrumnya ditanggung PLTU, jadi Nelayan tidak merasa dibebani, makanya kami sepakat, daripada menjadi beban lebih baik tihang listrik berikut lampu dan kabelnya kami bongkar dan kami serahkan kembali kepada pihak PLTU, selama ini Masyarakat Nelayan tidak pernah menuntut macam-macam, tapi tolong diamnya kami dihargai dan diperhatikan.PLTU ini kan perusahaan mega power, Masa listrik saja dibebankan pada Nelayan, padahal.hanya sebanyak 10 titik, dan saat ini sudah sembilan tihang yang kami bongkar dan diserahkan kembali kepada pihak PLTU" terang Adi.

Sementara itu, menyikapi aksi yang dilakukan para Nelayan, Kuwu Desa Waruduwur, Yadi, menjelaskan

" penerangan lampu pinggir sungai tersebut merupakan proyek Tahun 2018 sebelum saya menjadi Kuwu, dan terkait adanya tindakan pembongkaran yang dilakukan para Nelayan, saya akan mencoba berkomunikasi dan memfasilitasi antara Warga dan pihak PLTU, InsyaAllah secepatnya akan kami undang perwakilan Nenalan dan perwakilan PLTU , jangan sampai persoalan ini akan melebar dan menjadi sesuatu yang tidak diharapkan bersama " jelas Yadi.(1c)

Pasukan Elit TNI Bantu Nemangkawi Polri, 2 Teroris OPM Tewas*

Indomedianewsc- Satgas Operasi Nemangkawi TNI-Polri terlibat baku tembak dengan Kelompok Teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) di jembatan Mayuberi, Ilaga Puncak Papua pada Minggu (16/5).

Menurut pernyataan resmi Humas Nemangkawi, pada pukul 04.12 WIT, TNI-Polri berhasil menembak tiga teroris anggota kelompok teroris Lekagak Talenggen. Dalam aksi tersebut, dua orang meninggal dan satu orang melarikan diri dengan kondisi tertembak.

Setelah berhasil menguasai markas teroris OPM, tim gabungan TNI-Polri terus mengejar kelompok teroris yang selama ini meresahkan warga masyarakat di distrik Ilaga dan sekitarnya.

Tim Cakra dari komando operasi Pinang Sirih TNI yang tergabung dalam operasi penindakan Nemangkawi di distrik Ilaga melaksanakan penyergapan terhadap pos tinjau kelompok teroris OPM di kampung Mayuberi distrik Ilaga.

Dalam penyergapan tersebut 2 orang dari kelompok teroris OPM tewas (belum diketahui identitasnya) dan 1 orang melarikan diri dalam kondisi terluka.

Adapun barang bukti yang disita adalah 1 pucuk senjata Mouser kaliber 7.62, 25 butir munisi kaliber 5.56 mm, 16 butir munisi kaliber 7.62 mm, 5 butir munisi AK47, 17 butir selongsong 5.56 mm, 4 butir munisi hampa kal 5.56 mm, 4 butir selongsong 7.62 mm, 2 magazen Mouser, 2 handy talky, 1 teropong, 3 Hand phone merek Nokia, 1 Hand phone merek Samsung, 1 Headset Samsung, 1 sangkur, 1 pisau dapur, dompet, uang tunai 14.460.000, 1 buku tabungan Bank Papua atas nama Hosea Laene, Kartu Papua sehat, 3 KTP atas nama Hosea Laene, Martinus Murib, Nolli Hangeal, 1 kartu Gereja dan 1 bendera OPM.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal mengatakan saat ini TNI Polri masih melakukan penyisiran di sekitar TKP kontak tembak.

"Hari ini Satgas Gakkum Nemangkawi akan melakukan olah TKP di Mayuberi," katanya.

"Camp Mayuberi dikuasai TNI-Polri, kami akan terus mengejar dan melakukan penegakan hukum kelompok teroris yang saat ini berada pada zona Mini (Mimika, Intanjaya, Nduga dan Ilaga/Puncak)," imbuh Humas Satgas Nemangkawi dalam pernyataan resminya.

Senada, Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suristiawa mengatakan bahwa pihak TNI akan selalu membantu dan bekerjasama dengan pihak Kepolisian dalam melakukan tindakan tegas terhadap kelompok teroris OPM yang selama ini selalu membuat teror di Papua. 

“TNI-Polri akan bertindak tegas kepada mereka (kelompok teroris OPM) untuk menegakkan hukum dan melindungi masyarakat dari aksi-aksi teror yang selama ini mereka lakukan,” tegas Suriastawa.

Situasi di kota Ilaga saat ini sangat kondusif. Aktivitas warga seperti biasa, baik kegiatan ibadah gereja maupun kios-kios di pasar ramai penjual dan pembeli.(1b)

15 Mei 2021

Pesona Curug Cigetruk yang Belum Banyak Orang Tahu dengan Ketingian 27 Meter

Indomedianewsc- Kecamatan Dukupuntang dikenal sebagai salah satu wilayah kecamatan penyangga pariwisata berbasis alam (Agrowisata) di Kabupaten Cirebon.

Terdapat berbagai sumber daya alam dan berpotensi dikembangkan menjadi destinasi baru wisata di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan dan Majalengka ini.

Salah satunya adalah keberadaan Curug Cigetruk yang menyimpan keindahan alam yang eksotis. Lokasinya berada di sebelah selatan Desa Mandala, yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan.

Curug dengan ketinggian sekitar 27 meter ini ternyata belum banyak diketahui oleh wisatawan atau traveler lho.

Untuk menuju ke lokasi ini akses jalannya cukup mudah, bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jika dari pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon, jaraknya kurang lebih 20 km.

Untuk lokasi parkir kendaran seperti motor tersedia di dalam dan bisa menampung sekitar 50-60 motor, sedangkan untuk mobil bisa parkir di lapangan yang tidak jauh dari lokasi.

Pengunjung bisa menikmati suasana air terjun dengan menuruni anak tangga. Sejumlah sarana dan prasarana sudah tersedia seperti MCK, kolam dan warung kopiter, dan beberapa fasilatas lainnya saat ini masih dalam proses pengerjaan di beberapa bagian.

Di sekliling curug ini terdapat hamparan-hamparan sawah yang luas menghijau dengan landscape terasering yang indah.

Curug Cigetruk menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa anda coba bersama orang terdekat. Curug ini menjadi curug satu satunya tertinggi di Kabupaten Cirebon

Untuk tiket masuk pun terjangkau saat ini perorang dikenakan biaya 5.000 dan parkir sekitar 2.000 untuk motor 5.000 untuk mobol.

Namun para pengunjung diwajibkan menggunkan masker dan menjaga jarak,  selamat betwisaya.(rilis/humas curug cigetruk/enon)

Pemerintah Desa Munjul " salurkan paket sembako bagi Yatim dan jompo "

Indomedianewsc- Berkah Ramadhan dirasakan hampir semua umat dimuka bumi ini, tidak terkecuali Warga Masyarakat Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Betapa tidak, Menjelang Kumandang Takbir Idul Fitri, Pemdes Munjul menerima Sumbangan berupa paket sembako sebanyak 575 dari CV Inti Mandiri Sadaya.

Dalam keterangan yang disampaikan Kuwu Desa Munjul, Chaerudin, mengungkapkan bahwa paket sembako tersebut akan disalurkan kepada Lembaga Desa dan Yatim termasuk jompo

" paket sembako yang kami terima akan disalurkan kepada seluruh Lembaga Desa munjul termasuk RT/Rw dan paket tersebut kami salurkan juga untuk jompo dan Anak Yatim, InsyaAllah walaupun mungkin nilainya tidak seberapa tapi bisa sangat bermanfaat terlebih ditengah pandemi seperti sekarang ini " ujarnya.

Lebih lanjut Chaerudin , menghaturkan terimakasihnya kepada CV Inti Mandiri Sadaya yang telah peduli kepada warga dan Pemerintah Desa Munjul

" kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Cv Inti Mandiri Sadaya atas sumbangsihnya yang telah diberikan kepada kami, dan mudah mudahan apa yang telah diberikan akan mendapat pahala dan berkah dari Allah SWT, dan yang utama lagi bisa menjalin kemitraan lebih baik dimasa yang akan datang, sebagai Kuwu, kami beserta jajaran perangkat Desa maupun Lembaga Desa menghaturkan selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin" pungkas Chaerudin(1c)

Ponpes Al-Ishlah II Buntet Pesantren adakan Halal Bihalalal & Tahlil Akbar Bani Mansyur

Indomedianewsc- Pondok pesantren Al Ishlah II Buntet Pesantren Cirebon, pimpinan KH. Soleh Zuhdi yang akrab disapa Gus Sozu, yang beralamatkan di Jln. kH. Jawahir blok Sida Bagus Dusun 2 Desa Buntet Kecamatan Astanajapura Kab. Cirebon adakan acara Halal Bihalal dan Takbir Akbar Bani Masnyur, Jum'at (14/05).

Acara tersebut dihadiri oleh anak cucu buyut dari berbagai daerah seperti Benda Kerep, Gedongan, Buntet Pesantren, Kuningan, Brebes, Nanggela, Indramayu, dan lainnya.

Menurut Gus Sozu, acara tersebut digelar rutin setiap tahunnya pada tanggal 2 Syawal dengan diisi Tahlil Akbar di Makam Mbah Masnyur di  Komplek Pemakaman Gajah Ngambung Buntet Pesantren Cirebon.

Namun kali ini tidak seperti biasanya, dikarenakan faktor pandemi Covid-19. Jadi acara pada tahun ini yang hadir dibatasi dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Mbah Mansyur putra Mbah Soleh Zamzani, pendiri Pondok Pesantren Benda Kerep putra Mbah Mutaad Buntet Pesantren, keturunan beliau tersebar diseluruh Nusantara, dan rata-rata menjadi Kyai yang mempunya Peantren," Ujar Gus Sozu. Lebih lanjut dirinya menuturkan

"Acara Halal Bihalal dan Tahlil Akbar yang digelar setiap tahunnya di tanggal 2 Syawal sebagai sarana mempererat tali Silaturahmi antar keturunan dan juga sebagai  rasa Ta'zim terhadap kakek buyutnya yaitu Mbah Mansyur," Lanjut Gus Sozu

"Hal ini juga sebagai pengingat kita sebagai keturunan beliau bahwa kakek buyut kita adalah seorang ulama yang hebat dan Tawaddu, maka kita wajib menjaga dan meneruskan perjuangan beliau dalam berda'wah amal ma'ruf nahi mungkar," Paparnya

Gus Sozu juga menyampaikan, hal tersebut sebagai Rem, agar para keturunan menjaga untuk tidak betbuat sesuatu yang tidak baik, dan sebagai cucu harus mencontoh kebaikan-kebaikan Mbahnya.
Dan sebagai bentuk wujud syukur setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan diharapkan kedepannya prilaku dan rasa saling peduli antar sesama semakin tinggi terlebih antara ummat Muslim tanpa memandang kedudukan atau martabat seseorang. (1b)


14 Mei 2021

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Amankan Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 H.

Indomedianewsc- Satgas pantas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad amankan pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid Al-Hidayah Ds. Eban Kecamatan Miomaffo Barat Kabupaten TTU, Nusa Tenggara Timur. Kamis (13/05/2021).

Bertempat di Masjid Al-Hidayah yang merupakan tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H ditengah pandemi Covid-19 umat muslim khususnya masyarakat Eban tetap semangat dalam merayakan hari raya dan melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 H dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Seperti yang dilaksanakan anggota satgas Yonarmed 6/3 Kostrad pada saat pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H, Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad telah menurunkan personelnya yang beragama non muslim untuk memberikan pengamanan sampai dengan pelaksanaan shalat Idul Fitri selesai.

Selain bertujuan agar pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri 1442 H berjalan kondusif,  personel Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad juga menghimbau kepada warga agar dalam pelaksanaan perayaan Idul Fitri kali ini senantiasa mematuhi himbauan pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid -19 dengan tidak berada pada kerumunan, selalu menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Pengamanan ini juga sebagai wujud toleransi antar umat beragama.

"Kita menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan guna memutus rantai Covid-19 sehingga pelaksanaan Shalat Idul Fitri dapat berjalan dengan kondusif, selain itu saya tugaskan kepada anggota Satgas Yonarmed 6 yang beragama non muslim untuk mengamankan jalannya shalat Idul Fitri 1442 H sampai dengan selesai sebagai wujud toleransi umat beragama", tutur Letkol Arm Andang Radianto, S.A.P. Selaku Dansatgas Yonarmed 6/3 Kostrad.

11 Mei 2021

Tinjau Dapur Lapangan, Dandim Sukoharjo Bantu mengolah masakan

Indomedianewsc-Bertempat di Halaman Kantor Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata Dan Kebudayaan JI. Veteran No.9 Kutorejo Kel. Jetis Kec. Sukoharjo Kab. Sukoharjo telah dilaksanakan kegiatan kunjungan Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, S.I.P., M.I.Pol (Dandim 0726/Sukoharjo) ke Dapur Lapangan Sinergitas TNI Polri, Selasa (11/05/21).

Dapur umum ini merupakan bentuk kepedulian TNI-Polri di Wilayah Kabupaten Sukoharjo untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu. Selain dilaksanakan secara door too door bagi warga masyarakat yang terdampak covid-19 di wilayah jajaran Kodim 0726/Sukoharjo, pembagian menu berbuka puasa ini juga dibagikan kepada warga kaum duafa, petugas kebersihan, jura parkir, penarik beca serta pedagang kecil di tempat-tempat strategis di Sukoharjo.

Hari itu Dandim 0726/Sukoharjo berkenan turut membantu dalam proses pengolahan masakan bersama para petugas dapur lapangan yang terdiri dari para anggota Kodim 0726/Sukoharjo, anggota Polres, Tagana, SAR dan adik-adik Pramuka.

Selain Dandim turut mendampingi Kapten Czi Hartono (Plh Pasiter Kodim 0726/Sukoharjo), Kapten Inf Ismail (Plh Pasiops Kodim 0726/Sukoharjo), Kapten Arh Budi Sarwoko (Plh Pasilog Kodim 0726/Sukoharjo).

" Dapur lapangan ini merupakan bentuk sinergitas antar instansi yang nyata dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di bulan suci ramadhan ini, selain itu kegiatan ini juga kita ambil manfaatnya bahwa spirit sinergitas itu nyata terasa, membangun kerjasama dan maksimal hasilnya, mudah-mudahan menu buka puasa yang kita olah bersama-sama ini bermanfaat bagi warga masyarakat yang mebutuhkan, " Kata Dandim dalam keterangannya.

(Agus Kemplu/1b

10 Mei 2021

Pangdam III/Slw Tinjau Penyekatan Peniadaan Mudik Idul Fitri di Padalarang

Indomedianewsc- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, tinjau Penyekatan Peniadaan Mudik 2021 di Pospsol Pelayanan Ops Ketupat Lodaya 2021 Polres Cimahi GT. Tol Padalarang Desa Kerta Jaya Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (10/5/2021).

Kegiatan peninjauan penyekatan peniadaan mudik pada Idul fitri 1442 H tahun ini, pada pelaksanaannya Pangdam III/Slw bersama Gubernurdan Kapolda Jabar serta Forkopimda Jabar lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga, selain mengecek personel yang melaksanakan tugas. Pangdam sempat memberikan secara simbolis kepada personel yang melaksanakan tugas di Padalarang.

Seusai meninjau di Pospsol Padalarang, Pangdam bersama rombongan bergegas menunju Pos Pengamanan Penyekatan Keluar Tol Cileunyi, Desa Cileunyi Wetan, Kecatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Hasil dari peninjauan penyekatan peniadaan mudik pada Idul fitri 1442 H tahun 2021 ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

Hal itu disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, pihaknya berterima kasih kepada masyarakat yang tidak memaksakan mudik pada Idul fitri 1442 H ini. Memilih tidak mudik, kata dia, menjadi pencegahan penyebaran covid-19 di Indonesia.

"Kalau ada bocor-bocor, feeling saya ada di bawah 60.000 yang lolos. Kalaupun iya bisa sampai ke kampung halaman, dari 6 juta pemudik, itu hanya 1% kurang. Jadi 99%nya tidak mudik, atau taat aturan pemerintah," tandasnya. (Pendam III/Siliwangi/1b)

Dapur Lapangan Sinergitas TNI-Polri kembali distribusikan Paket Menu Buka Puasa

Indomedianewsc-Ada berbagai cara berbagi kegembiraan yang berkah di bulan suci Ramadhan ini. Salah satunya adalah dengan berbagi dengan sesamanya, melalui pembagian takjil atau menu berbuka puasa.

Selain bagi para kaum duafa, tentu saja bagi siapa saja yang masih beraktifitas di luar rumah saat menjelang tiba waktu berbuka puasa. Tentu saja kegiatan ini akan disambut dengan gembira. Banyak diantaranya warga yang masih berkegiatan di luar rumah saat menjelang maghrib, entah karena pekerjaan, atau sedang dalam perjalanan.

Pada Minggu Sore (09/05/21), Kodim 0726/Sukoharjo kembali berbagi kegembiraan. Meskipun hanya berbagi kegembiraan kecil, berupa pembagian takjil menu berbuka puasa, diharapkan menu takjil berbuka puasa ini dapat dirasakan manfaat dan berkahnya bagi yang menerima.

Untuk diketahui bahwa dapur lapangan Kodim 0726/Sukoharjo yang dikelola secara bersinergi dengan Polres Sukoharjo dan Tagana Sukoharjo ini, masih terus menyediakan menu berbuka puasa setiap tanggal ganjil hingga akhir puasa Ramadhan. Dimana setiah harinya dapur lapangan tersebut mampu menyediakn sebanyal 800 paket nasi kotak yang kemudian didistribusikan di 12 kecamatan yang ada di wilayah Sukoharjo.

Pendistribusian diprioritaskan kepada para kum duafa di wilayah masing-masing, dan sebagian lagi dibagikan di tempat-tempat fasilitas umum strategis di wilayah masing-masing dengan sasaran para pengemudi beca, petugas kebersihan, juru parkir dll. Kegiatan yang di inisiasi oleh Kodam IV/Diponegoro ini, semoga menjadikan berkah dan manfaat bagi kita semua.

(Agus Kemplu/1b)

8 Mei 2021

Jelang Hari Jadi Divisi 3 Kostrad yang ke-3 Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad Gelar Pembagian Sembako

Indomedianewsc- Untuk merayakan hari jadi Divisi 3 Kostrad Darpha Chakti Yuda yang ke-3 Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad serentak melaksanakan pembagian sembako dan karya bakti di 21 Pos perbatasan RI-RDTL, Jumat (07/05).

Dalam kegiatan kali ini Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor barat membagikan Paket sembako berupa beras, mie, gula, minyak goreng dan berbagai sembako lainnya yang diserahkan kepada masyarakat didaerah perbatasan RI-RDTL Sektor barat, selain membagikan sembako kegiatan yang dilakukan Satgas Yonarmed 6 dalam peringatan HUT Divisi 3 Kostrad yang ke-3 yaitu melakukan berbagai karya bakti di 21 Pos yang tersebar di Sektor Pamtas RI-RDTL Sektor Barat seperti Pembersihan Jalan, Membantu pembangunan rumah warga dan merehab lopo gereja.

Selain untuk menyambut hari jadi Divisi 3 kostrad yang ketiga kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi sekaligus perhatian dari satgas Yonarmed 6 kepada masyarakat diperbatasan.

"Rangkaian kegiatan untuk menyambut hari jadi Divisi 3 Kostrad Darpha Chakti Yuda yang ke-3 ini merupakan bentuk kepedulian kita selaku Satuan Tugas RI-RDTL Sektor Barat kepada masyarakat di perbatasan RI-RDTL serta merupakan kewajiban kita bersama untuk saling berbagi dan membantu sesama" ungkap Letkol Arm Andang Radianto, S.A.P., selaku Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad. (1b)

7 Mei 2021

tingkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dengan membantu pembuatan Rumah Warga

Indomedianewsc- Prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad melakukan karya bakti dalam rangka membantu pembangunan rumah salah seorang warga Dusun Fatuleki, Desa Alas, Kabupaten Malaka pada Jum'at, (7/05/2021).

Disamping melaksanakan tugas menjaga pengamanan di sepanjang perbatasan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad juga melaksanakan kegiatan teritorial untuk membantu kesulitan masyarakat dan untuk menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat di wilayah perbatasan.

Seperti yang dilaksanakan anggota Pos Fatuha yang dipimpin Komandan Pos Sertu Rustan beserta 6 orang anggota melaksanakan karya bakti untuk membantu warga membangun rumah.

Dalam hal ini, anggota Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad mebangun rumah Bapak Yoseph Klau (56) yang selama ini belum memiliki rumah, padahal Tanah Bapak Yoseph Klau (56) sudah ada tetapi Selama ini Bapak Yoseph Klau (56) Tinggal di rumah saudaranya, Karena belum memiliki rumah sendiri, Sementara itu, Bapak Yoseph Klau (56) mengucapkan banyak terimakasih kepada para bapak TNI dari Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad yang telah membantu membangun rumah.

“Puji syukur dan terimakasih kepada bapak Prajurit TNI yang telah membantu pembangunan rumah saya,” ungkap  Yoseph Klau.

Disisi lain, Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto S.A.P menyampaikan bahwa kehadiran Prajurit Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad di wilayah perbatasan harus membawa dampak yang positif dengan membantu mengatasi kesulitan masyarakat dan selalu dekat dengan masyarakat.(Penyonarmed 6/1b)

6 Mei 2021

FKDC Kabupaten Cirebon " Berikan santunan Anak yatim dan berbagi takjil"

Indomedianewsc- Yayasan Kumala dan FKDC ( forum komunikasi difabel Cirebon)  dalam melaksanakan Program Atensi 5R++  ingin berbagi kebahagiaan (Re-Share) bersama masyarakat sekitar khususnya lagi anak yatim. 

Program Atensi 5R++ yang didukung oleh Ditjen Rehabilitasi Sosial- Kementerian Sosial RI dan Pertamina Hulu Energi ONWJ memberikan layanan langsung kepada masyarakat rentan yang meliputi dukungan kebutuhan dasar, perawatan sosial, dukungan keluarga, terapi, pelatihan dan pendampingan kewirausahaan, bantuan sosial dan dukungan aksesibilitas.

Dalam merealisasikan kegiatan tersebut, ketua FKDC Kabupaten Cirebon, A. Mujib, menjelaskan kepada awak media saat melaksanakan kegiatan santunan Anak Yatim dan pembagian takjil' di Desa Durajaya, Kabupaten Cirebon, 06/05/2021.

"Kami dari keluarga besar FKDC pada hari ini melaksanakan dua kegiatan secara bersamaan, Yaitu pembagian santunan atau sembako kepada 25 Anak Yatim piyatu dan sekaligus pembagian takjil juga masker secara gratis kepada para pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat " ujarnya.

Lebih lanjut Mujib, menuturkan.

" Tujuan yang kami laksanakan hari ini selain sebagai tanda adanya saling peduli antar sesama, juga menunjukan kepada pihak luar, bahwa kami dari kaum difabel atau disabilitas yang secara lahir memiliki kekurangan, namun tidak menjadikan penghalang atau alasan untuk tidak berbagi dengan sesama, dan harapannya adalah apa yang kami lakukan bisa menjadi motifasi kepada semua pihak, bahwa kita hanya dibedakan oleh kondisi atau keadaan, namun memiliki Hak yang sama dalam berbagai hal, termasuk dalam berkarya maupun meraih asa lainnya" pungkasnya. (1b)

Wujudkan ketahanan pangan di perbatasan

Indomedianewsc- Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor barat Yonarmed 6/3 Kostrad bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten TTU lepas 5200 bibit ikan Nila untuk mengisi 10 kolam ikan milik Mako Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad. Eban, Rabu (05/05).

Guna mewujudkan ketahanan pangan didareah perbatasan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Letkol Arm Andang Radianto, S.A.P., berinisiatif untuk memanfaatkan lahan mako satgas RI-RDTL Sektor barat untuk dijadikan kolam ikan yang nantinya dapat dijadikan sebagai sarana ketahanan pangan untuk daerah disekitar Mako Satgas.

Didasari hal tersebut Dansatgas Yonarmed 6/3 Kostrad melakukan kerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten TTU untuk mendukung kelancaran program ketahanan pangan tersebut.

Mendapati ajakan kerjasama dari Dansatgas Yonarmed 6/3 Kostrad Dinas Perikanan Kabupaten TTU menyambut baik hal tersebut dengan mengadakan 5200 bibit ikan nila untuk dipelihara di kolam ikan Mako Satgas.

Dengan dilepasnya 5200 ekor bibit ikan nila diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan di daerah Mako Satgas RI-RDTL dan sekitarnya sehingga program ketahanan pangan dapat terwujud dan berjalan dengan sukses.

"Semoga bibit ikan ini dapat tumbuh dengan baik sehingga nantinya kita dan masyarakat dapat merasakan hasilnya bersama-sama karena ini merupakan bibit dari negara khususnya Dinas Perikan Kabupaten TTU sehingga kita harus merawatnya dengan baik dan hasilnya dapat berguna untuk masyarakat sekitar" tutur Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Letkol Arm Andang Radianto, S.A.P. (1b)

4 Mei 2021

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Membantu Guru menjadi pengawas Ujian

Indomedianewsc- Satgas Pamtas RI-RDTL Pos Yonarmed 6/3 Kostrad membantu menjadi pengawas Ujian Akhir Semester (UAS) di SD KATHOLIK Manusasi, Desa Manusasi, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten TTU.

Tenaga pendidik dari TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Pos Manusasi yaitu serda Arnandi bersama 3 orang Anggota menjadi pengawas, Selasa(4/05/2021).

Serda Arnandi mengatakan, dalam bantuan pengawasan ujian ini dirinya berharap kepada siswa sebagai generasi penerus bangsa menjadi pribadi yang berkarakter jujur dan bertanggung jawab.

Dia mengimbau, siswa tidak berbuat kecurangan seperti mencontek dan melihat hasil pekerjaan teman saat ujian. Siswa-siswi pun mentaatinya sehingga di dalam ruangan terlihat tertib dan tenang saat mengisi soal ujian tersebut.

“Kehadiran kami di sini untuk membantu para guru mengawasi proses ujian sekolah. Kami sangat berharap siswa mengerjakan setiap soal dengan rasa kejujuran yang tinggi. Tujuan kami dalam kegiatan ini untuk membantu terbentuknya karakter siswa yang jujur dan bertanggung jawab,''kata Dansatgas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto S.A.P ,Ujarnya.

Marta, selaku Kepala Sekolah SD KATHOLIK MANUSASI mengatakan, bahwa pihak sekolah sangat berterima-kasih, Lantaran Sekolah kami saat ini kekurangan Tenaga pendidikan, Kami selaku kepala sekolah sangat berterima kasih atas partisipasi personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Pos Manusasi dalam membantu mengawasi proses ujian tersebut, sehingga proses ujian berjalan dengan sangat tertib dan lancar ( Penyonarmed 6/1b)

Korem 071/Wijayakusuma Bersama Kodim 0701/Banyumas Berbagi Berkah Ramadhan Untuk Masyarakat

Indomedianewsc– Dalam mengisi kegiatan pada bulan suci Ramadhan, Korem 071/Wijayakusuma bersama Kodim 0701/Banyumas, yang dikoordinir langsung Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., dan didampingi oleh Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra, S.E., M.I.Pol., melaksanakan kegiatan berbagi berkah Ramadhan dengan membagikan nasi kotak dan masker gratis kepada masyarakat menjelang buka puasa, Senin (3/5/2021).

Adapun sasaran kegiatan bagi-bagi nasi kotak dan masker gratis adalah kaum duafa, fakir miskin dan warga masyarakat yang berada di seputaran Pasar Wage, halaman Stasiun Purwokerto dan Pasar Manis .

"Bagi nasi kotak dan masker gratis ini diharapkan dapat membantu warga yang sedang membutuhkan di masa pandemi ini. Termasuk, warga yang hendak berbuka puasa tetapi belum sampai di rumah, sehingga apa yang diberikan bisa membantu masyarakat", ungkap Danrem disela pembagian nasi kotak dan masker kepada masyarakat.

Korem dalam hal ini turut andil dan mengkoordinir seluruh jajaran Kodim dalam kegiatan Diponegoro Berbagi yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kodam IV/Diponegoro. 

Dikatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial Korem 071/Wijayakusuma bersama Kodim 0701/Banyumas kepada warga yang sedang melaksanakan ibadah puasa. 

Nasi kotak dan masker gratis digelar mulai jam 16.30 WIB hingga menjelang buka puasa dan mendapat respon positif dari warga masyarakat yang sangat antusias dengan pembagian tersebut.

“Aksi pemberian nasi kotak dan masker gratis ini sebagai bagian sinergitas TNI dengan masyarakat serta bagian upaya menjalin komunikasi dan silaturahmi terhadap warga. Ini juga dalam rangka memberikan manfaat ke warga masyarakat saat bulan puasa”, terang Kolonel Dwi Lagan. 

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra, S.E., MIPol., mengatakan  kegiatan berbagi berkah ini semoga dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

"Kodim 0701/Banyumas telah menyiapkan 500 boks nasi kotak dan 2500 masker yang dibagikan kepada masyarakat. Dengan harapan, masyarakat yang kebetulan menerima dapat merasakan kebersamaan berbagi dengan TNI,” ujar Letkol Inf Chandra.

Kami mengimbau masyarakat untuk mengisi ramadhan ini dengan kegiatan positif, jangan sampai merusak kekhusyuan bulan suci ini. Selama ramadhan ini kita mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Mari kita disiplinkan diri kita masing-masing, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M nya, demi untuk mencegah terpaparnya Covid-19 disetiap beraktivitas kita baik di lingkungan keluarga, lingkungan kerja maupun dilingkungan masyarakat", tambahnya.

Selain ikut membagikan nasi kotak dan masker gratis, Danrem juga mensosialisasikan kepada masyarakat agar pada saat Hari Raya Idul Fitri 1424 H ini tidak mudik dulu. Hal ini, sesuai anjuran pemerintah dan komando atas tentang larangan mudik di masa pandemi Covid-19 bagi segenap masyarakat.

"Pemerintah resmi telah melarang pelaksanaan mudik lebaran tahun 2021, hal ini sebagai upaya pencegahan meluasnya rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya. /1b

3 Mei 2021

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Membantu Pemda Mengatasi Kesulitan Warga.

Indomedianewsc - Satgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad membantu warga binaannya dengan membantu Pemda dalam kesulitan Rakyat,tepatnya di Kecamatan Kefamenanu,Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (3/5).


Di lain tempat, Dansatgas Yonarmed 6/3 Kostrad RI-RDTL Sektor Barat Letkol Arm Andang Radianto S.A.P menegaskan, 
"Ibadah puasa jangan dijadikan alasan untuk malas melakukan kegiatan,karena disitulah letak cobaanya, karena membantu warga merupakan salah satu bentuk kegiatan positif yang harus di pertahankan, kita harus tetap peka dan peduli dengan lingkungan di sekitar, dimana ada kesulitan rakyat maka disitu TNI  selalu hadir untuk membantu, sehingga  kemanunggalan TNI dan rakyat bukan hanya selogan belaka,tetapi nyata adanya di lapangan", tegas nya.

Ketua IKKB(Ikatan Keluarga Besar)  BINMAFO TTU - BALI & FLOBAMORA Bapak Ronal (31) yang mewakili warga Desa mengucapkan banyak terimakasih kepada Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad RI-RDTL Sektor Barat.

"Tanpa kami minta mereka  selalu berperan aktif  membantu kegiatan masyarakat di  Desa kami", terangnya.

Lanjutnya, "Dengan adanya bapak TNI dari Yonarmed 6/3 Kostrad warga sangat senang dan merasa banyak terbantu, semoga dimanapun TNI bertugas dengan selalu membantu masyarakat,TNI semakin dicintai dan menjadi kebanggaan masyarakat", tutupnya. 

PensatgasArm6 /1b

Pemerintah prioritaskan pelaku UMKM

Indomedianewsc- Pada tahun 2021 Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar 15,36 Triliyun untuk program BPUM dengan sasaran 12,8 juta pelaku UMKM.

Sehubungan dengan pengajuan usulan dan penyaluran BPUM Tahun 2021 Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Cirebon menyampaikan informasi kepada setiap calon penerima BPUM se-Kabupaten Cirebon, bahwa pengajuan BPUM pada tahun 2021 hanya diusulkan dan dikelola oleh Dinas yang membidangi UMKM di Kabupaten/Kota dan Propinsi seluruh Indonesia sesuai dengan domisili masyarakat setempat.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon Mohamad Fery Afrudin memapar kan ,”Untuk memudahkan masyarakat dalam pengajuan usulan, Dinkop UKM Kabupaten Cirebon bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Cirebon agar memfasilitasi pengajuan usulan dari masyarakat, hal tersebut juga dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan dalam skala besar guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Tujuan lainnya adalah agar tidak terjadi duplikasi data dan usulan tersebut juga dapat tercatat sebagai data base pelaku usaha mikro di desanya masing-masing yang nantinya akan diintegrasikan dengan sistem data lainnya dan diharapkan dapat bermanfaat dalam perumusan dan pengambilan kebijakan

Terhadap para pelaku UMKM tidak hanya untuk kepentingan program BPUM saja tetapi juga untuk pemberdayaan dan pengembangan UMKM sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dan peraturan pelaksanaannya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlidungan, Dan Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Oleh karena itu data yang diusulkan wajib usaha mikro dan dapat dipertanggungjawabkan.


Berkaitan dengan hal tersebut dihimbau kepada calon penerima BPUM agar dapat melengkapi sendiri kelengkapan administrasi yang sudah didistribusikan melalui pemerintah desa setempat (tidak menggunakan jasa perantara lainnya).


Disampaikan lebih lanjut dalam proses pengajuan dan penyaluran BPUM ini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis dan dapat langsung melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila terjadi pungli (pungutan liar)

Dalam kesempatan ini, Ferry menuturkan hingga saat ini data pengajuan calon penerima BPUM yang telah masuk ke Dinkop UKM Kabupaten Cirebon per tanggal 30 April 2021 dan telah diusulkan ke Kemenkop dan UKM RI sebanyak 64.143 orang pelaku UMKM.(1c)

1 Mei 2021

Tidak ada dialog dengan kelompok separatis teroris di Papua

Dinamika keamanan dan politik yang terjadi di tanah Papua membuat banyak elit, aktivis, dan kalangan di Bumi Cenderawsih angkat bicara dengan beberapa kejadian yang terjadi. Dalam beberapa bulan terakhir ini saja memasuki tahun 2021, kelompok separatis teroris (KST) yang dulunya di bilang KKB semakin beringas dalam melakukan aksinya.

Sebenarnya jika kita melihat makna dari kata “Terorisme” itu sendiri maka dapat dijabarkan sebagai aksi-aksi yang terkoordinasi, yang selalu bertujuan untuk menciptakan perasaan teror kepada masyarakat, kelompok masyarakat, wilayah maupun individu, dan terorisme biasanya tidak tunduk dengan tata cara dan sistem berperang yang dianut oleh setiap angkatan bersenjata yang sah dan legal.

Oleh sebab itu aksi-aksi terorisme sering tidak pandang bulu, siapapun bisa menjadi target mereka, baik itu warga sipil, aparat keamanan dan lain-lain.


Ada beberapa contoh aksi-aksi tidak terpuji, yang sudah dilakukan oleh kelompok separatis teroris (KST) di papua yaitu :

a. Pada 22 Januari 2021, KST menembak mati dua anggota TNI, keduanya di tembak pada saat usai melaksanakan sholat subuh.

b. Di bulan Januari tahun 2021, KST membakar satu unit pesawat MAF di Kabupaten Intan Jaya.

c. KST juga tercatat membakar dua unit menara BTS di Kabupaten Puncak, sehingga masyarakat di daerah itu sangat kesulitan untuk mendapatkan layanan informasi dan telekomunikasi.

d. Pada 12 Februari 2021, KST menembak personil Satgas Apter persiapan Kodim Intan Jaya atas nama Praka Hendra Sipayung saat korban hendak berbelanja di sebuah kios.

e. Dalam bulan April 2021, KST menembak dan membunuh dua orang guru yaitu Oktovianus Rayo yang di tembak pada Kamis, 8 /4/2021 , kemudian jelang sehari yaitu pada Jumat, 9/4/2021 lagi-lagi KST menembak mati guru Yonathan Renden di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

f. KST juga membakar sekolah dan rumah seorang kepala suku, menembak tukang ojek di Ilaga dan pelajar bernama Ali Mom, juga di Ilaga, Kabupaten Puncak.

g. Masih di April 2021 KST juga menculik dan memperkosa gadis-gadis di Beoga.

h. Pada hari Minggu, 11 April 2021 KST membakar sebuah Helikopter  yang sedang di parkir karena mengalami kerusakan di Apron Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak.

i. Setelah itu, pada 25 April 2021 di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, KST menembak mati Kabinda Papua Mayjen (Anumerta) I Gusti Putu Danny Nugraha Karya.


Jika hal-hal ini terus di biarkan maka tanah Papua tidak akan pernah bisa aman, maju, dan sejahtera, karena salah satu penunjang tumbuhnya roda ekonomi, investasi dan daya beli adalah faktor keamanan. Jika kemanan suatu daerah bagus, dan aman maka semua sektor akan maju secara pesat. 

Harga diri negara juga akan hilang, jika negara melakukan dialog dengan KST Papua, karena di negara manapun aksi-aksi teroris sangat dibenci dan diharamkan karena tidak berprikemanusiaan dan melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).


Negara-negara separti Cina, Rusia, Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jerman, Arab Saudi dan beberapa negara di dunia tidak pernah berkompromi dengan kelompok teroris, sehingga negara-negara ini juga disegani. Hal ini dikarenakan mereka menerapkan sistem perang kepada kelompok teroris dengan ketat dan terukur.

Untuk itu, Indonesia bisa menaikkan atau menetapkan status KKB/KST sebagai kelompok dan organisasi teroris berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia nomor 5 tahun 2018 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 15 tahun 2003 tentang penetapan Undang-undang nomor 1 tahun 2002 tentang tindak pidana terorisme menjadi Undang-undang.

Setelah melihat undang-undang terorisme, kita bisa mempersingkat pasal 1 dalam undang-undang tersebut tentang suatu definisi terorisme, maka definisi terorisme dapat di sebut sebagai : "TERORISME ADALAH PERBUATAN YANG MENGGUNAKAN KEKERASAN YANG DAPAT MENIMBULKAN SUASANA TEROR ATAU RASA TAKUT YANG MELUAS, MENIMBULKAN KORBAN YANG BERSIFAT MASSAL MAUPUN INDIVIDU DAN MENIMBULKAN KEHANCURAN DAN KERUSAKAN TERHADAP OBJEK VITAL, LINGKUNGAN HIDUP, DAN FASILITAS-FASILITAS PUBLIK“. 


Dengan melihat definisi singkat diatas maka kita dapat membandingkan definisi tersebut dengan ulah dan aksi-aksi KST di Papua, apa yang mereka lakukan menimbulkan perasaan takut dan teror kepada masyarakat di Beoga dan Ilaga, Kabupaten Puncak.

Mereka juga menembak dan membunuh warga sipil dan aparat keamanan termasuk seorang perwira tinggi di dalam tubuh TNI, KST juga membakar sekolah sebagai fasilitas umum, membakar objek vital termasuk menara–menara telekomunikasi BTS, dan membakar sarana transportasi yaitu pesawat dan helicopter.

Dengan melihat aksi mereka, tentu siapapun tidak akan menyetujui jika negara membuka ruang dialog. Dialog dengan KST di Papua berarti pemerintah akan dianggap lemah oleh rakyat Indonesia, harga diri kita akan hilang sebab KST ini sudah membunuh simbol negara kita dengan menembak mati Mayjen (Anumerta) I Gusti Putu Danny Nugraha Karya.

Dimana, almarhum merupakan simbol negara sebagai Kepala Badan Intelijen Negara ( BIN ) di Papua dan merupakan seorang perwira terbaik di korps baret merah Kopassus.


Sebagai suatu masukan dan refleksi untuk pemerintah bahwa kedaulatan kita sebagai bangsa Indonesia adalah di atas segala-galanya, masalah menjaga kedaulatan adalah harga diri suatu bangsa yang besar. Kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang besar berarti memiliki kekuatan yang besar juga untuk melawan segala bentuk kejahatan, teror dan  gangguan keamanan dari dalam dan luar negeri. 

Kita memiliki TNI dan POLRI yang kuat, jangan pernah kita takut melawan kelompok separatis teroris di Papua. “NEGARA TAK BOLEH BERDIALOG DENGAN KST DI PAPUA”.


Papua, 28 April 2021


Oleh: Ali Kabiay Ketua DPD PMT Provinsi Papua