16 Apr 2021

Situs makam panjang Belawa " Acapkali ada penampakan harimau "

Indomedianewsc - Keberadaan salah satu tempat yang dikeramatkan tidak terlepas dari keyakinan dan kearifan budaya lokal.

Salah satunya adalah keberadaan makam panjang yang berlokasi di Blok A RT 02 RW 01 Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang,  Kabupaten Cirebon.

Menurut informasi yang disampaikan kasi Kesra Desa Belawa,  Yayat,  menuturkan,  bahwa keberadaan makam panjang merupakan salah satu peninggalan jaman dahulu yang dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu makam keramat

" secara pasti saya tidak mengetahui persis,  namun makam panjang ini dipercaya oleh warga sebagai salah satu makam keramat,  makam ini ditandai dengan tunggul berupa pohon jati yang usianya sudah ratusan tahun,  dan makam ini sendiri panjangnya kurang lebih 4 meter dimana setiap tahunnya diadakan acara pagelaran di sekitar area makam sebagai tanda syukur dan tolak bala " ujarnya.

Bahkan dalam berbagai informasi yang diperoleh,  Masyarakat sekitar setiap tahunnya khususnya pada tanggal 17 Agustus selalu menggelar ritual berupa pertunjukan seni jaipongan yang sebelumnya terlebih dahulu diadakan tawasulan.

Keberadaan babad makam panjang tersebut dibenarkan oleh Kuwu Desa Belawa, Kamon Haryanto.

" Seingat saya sejak masih kecil,  acara tahunan selalu diselenggarakan dengan menampilkan pertunjukan jaipongan,  konon katanya jika acara tersebut tidak dilaksanakan maka akan banyak warga masyarakat yang kesurupan,  bahkan pada jaman dulu tiap kali pertunjukan diadakan,  para pengunjung atau masyarakat selain berjaipongan dengan penari juga dibarengi dengan berminum minuman tuak,  dan itu sudah merupakan tradisi,  namun Alkhamdulillah,  saat ini disaat acara pertunjukan dimulai,  tidak ada lagi warga yang mabuk mabukan atau minum tuak seperti sebelumnya" jelas Kamon. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan

" ini merupakan sebuah kearifan lokal yang harus dilestarikan,  agar tidak hilang dari sejarah yang ada di Desa Belawa, keberadaan makam panjang yang letaknya tidak terlalu jauh dari Kantor Desa Belawa,  diharapkan akan terus terjaga oleh seluruh generasi muda " pungkasnya. 

Keberadaan makam panjang yang kerap memperlihatkan sosok  seekor macan ini acapkali disaksikan oleh warga sekitar, benar atau tidaknya kepercayaan yang telah berlangsung lama kita kembalikan pada Allah SWT.  (1c) 

0 $type={blogger}: