15 Apr 2021

patilasan Ki Buyut Umbar Jaya Sakti Leuwih " tempat berkumpulnya para jawara Cirebon"

Indomedianewsc -Salah satu catatan peninggalan sejarah yang ada di Desa Gumulungtonggoh,  Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, adalah terdapatnya satu situs patilasan salah seorang tokoh besar yang bernama Ki Buyut Umbar Jaya Sakti leuwih.

Konon Beliau merupakan salah seorang tokoh besar yang sangat disegani oleh berbagai kalangan dari mulai Rakyat jelata hingga pejabat tinggi pada zamannya.

menurut informasi yang disampaikan Kuwu Desa Gumulungtonggoh,  Agus Saefudin,  diruang kerjanya,  Kamis, 15/04/2021, menuturkan, bahwa hingga saat ini tidak sedikit warga yang berdatangan dari berbagai daerah untuk melakukan ziaroh di patilasan Ki Buyut Umbar Jaya Sakti Leuwih.

" Dari ceritera Orang tua dulu, konon katanya patilasan kibuyut ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya para jawara yang ada di Cirebon, karena katanya Kibuyut ini memiliki kesaktian atau Ilmu kiluih hingga dihormati dan disegani banyak pihak,  bahkan sampai saat ini,  patilasan tersebut banyak didatangi atau di ziarahi oleh banyak Masyarakat dari berbagai daerah tentunya dengan berbagai hazat maupun tujuan,  mungkin mereka yang datang  kepatilasan kibuyut meyakini akan dimudahkan segala hazat atau keinginan,  namun demikian hakekatnya tetap segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi ini atas ijin Allah,  termasuk jika kita mendatangi suatu tempat keramat dan diijabah atas segala keinginan,  itupun tentunya atas ijin dan kuasa Allah,  oleh karenanya jangan sampai kita terjebak pada hal hal yang mendekati kemusrikan" tuturnya. 

Patilasan Ki Buyut Umbar Jaya Sakti Leuwih,  yang jaraknya hanya berkisar 1000 meter dari kantor Desa Gumulungtonggoh tersebut akan dipenuhi penziarah pada malam malam tertentu, khususnya malam jum'at Kliwon. 

Segala ceritra atau babad yang ada di Cirebon merupakan peninggalan sejarah yang harus tetap dijaga dan dilestarikan tanpa memandang itu memiliki keramat ataupun tidak.  Wallahualan.. (1c) 

0 $type={blogger}: