27 Apr 2021

Makom Keramat Kiyai Ismail " Ulama besar Desa Asem"

Indomedianewsc- Salah satu situs atau makam keramat yang ada di Desa Asem, Kecamatan Lemahabang.Kabupaten Cirebon adalah makom Kiyai Ismail.

Beliau (Kiyai Ismail-red)  menurut beberapa ceritera merupakan salah seorang Ulama Besar yang sangat disegani karena kearifan maupun keilmuan yang dimilikinya.

Konon, menurut Informasi yang disampaikan salah seorang perangkat Desa Asem, Sanurdin, menjelaskan, bahwa hingga saat ini masih banyak masyarakat yang melakukan ziaroh ke makom Kiyai Ismail

" Masyarakat meyakini bahwa Kiyai Ismail merupakan seorang tokoh yang sangat mumpuni, karena keilmuannya tersebut, hingga saat ini masih banyak warga yang datang berziaroh atau berkirim doa di makom Kiyai Ismail, Bahkan ada acara rutin yang diselenggarakan di area pemakoman tersebut,yaitu acara ba'da Syawal dan ruahan, dan setiap tahun acara ini selalu ada " ujarnya.

Bahkan lebih lanjut Sanurdin, menjelaskan

" banyak Masyarakat yang mempercai bahwa jika berziaroh di makom ini akan terkobul segala niat atau hajatnya, khususnya di bidang karier atau kedudukan, bahkan kalau tidak salah, salah seorang Calon Bupati ditahun 2018 pernah melakukan ziaroh di makom Kiyai Ismail, dan karena ijin Allah Calon Bupati tersebut terpilih menjadi Bupati, ini merupakan salah satu contoh tentang keramat Kiyai Ismail, sebagai manusia tentunya diperbolehkan untuk berikhtiar atau usaha apapun asalkan tidak menyimpang dari hukum atau aturan Agama, Yang terpenting adalah niat kita dan segala sesuatunya kita kembalikan kepada Allah SWT " pungkasnya. 

Makom Kiyai Ismail merupakan salah satu situs yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kantor Desa Asem, Kecamatan Lemahabang. dimana keberadaannya sangat disakralkan oleh berbagai pihak , bahkan tidak sedikit pula warga dari luar daerah yang melakukan ziaroh dengan mengharap berkah agar terkobul segala niat dan hajatnya. Wallahu'alam (1c)

1 $type={blogger}:

Dikhya Aljamil Astarengga mengatakan...

ayah dari kiai Ismail asem ini siapa namanya? saya liat ada yang bilang raden abdul hadi ada yang bilang kiyai zuhaidi