21 Apr 2021

Budi daya talas yang menjanjikan

Indomedianewsc--Talas yang memiliki nama latin Colocasia esculenta L adalah  tanaman asli Indonesia. Talas banyak tubuh di Asia Tenggara dan Asia Tengah bagian selatan. 

 Di beberapa daerah di Indonesia, talas bahkan jadi makanan pokok. Talas bisa disebut sebagai tanaman yang mampu tumbuh di berbagai daerah dan bisa bertahan dalam berbagai kondisi alam.

Hasan adalah salah satu Pemuda dari Desa Waru Royom  kabupaten Cirebon Jawa Barat yang melirik membudidayakan Varietas Talas Pratama .Talas Pratama ini ditemukan dan dikembangkan oleh tiga ilmuwan talas IPB. Riset untuk menemukan varietas talas ini dilakukan oleh Made Sri Prana, Tatang Kuswara dan Maria Imelda. Tiga ilmuwan penemu varietas talas baru ini kemudian memberi nama Pratama untuk talas unggulan temuan mereka.

Pratama  adalah singkatan dari nama 3 ilmuwan ini. Varietas talas  ini sekarang jadi salah satu talas unggulan.

Talas Pratama  ini terbilang talas unggulan. Talas ini bisa tumbuh maksimal dan lebih tahan terhadap penyakit. Di usia 4-5 bulan talas Pratama bisa menghasilkan umbi mencapai bobot 4 kilogram.

Dan ada talas yang mencapai bobot 7,6 kilogram dalam umur 7 bulan. Sementara talas jenis lan di umur yang sama hanya mencapai bobot 3 kilogram. Karena bobotnya yang besar

Di Indonesia, talas banyak diolah jadi keripik, campuran kue bolu, atau hanya diolah dengan cara direbus. Selain enak dan murah, talas punya segudang nutrisi yang dikandung.

Dalam 150 gram talas matang mengandung 150-200 kalori, 5-7 gram serat, 4 gram protein dan nutrisi lain seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Talas juga mengandung vitamin c, vitamin B dan antioksidan.

Talas memiliki segudang manfaat kesehatan seperti menjaga kadar gula darah, mencegah penyakit jantung, menjaga kekuatan tulang dan gigi dan membantu menjaga berat badan.

Hasan Mengatakan,"Talas Pratama tidak perlu perawatan yang spesial,karena hinga umur 4 bulan tidak ada hama yang menyerang.untuk penjualan pun sudah ada yang menampung Koperasi Talas Pratama,minimal yang diterima dengan bobot 2Kg ,perkilonya rp.10000.itulah yang menarik minat saya membudidayakannya,"Pungkanya(PG/1c)

0 $type={blogger}: