23 Mar 2021

Sumur Wasiat Desa Panambangan " Dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit"

Indomedianewsc-Salah satu situs peninggalan sejarah yang berada di Desa Panambangan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon adalah Sumur wasiat.

Konon menurut keterangan yang disampaikan salah seorang Perangkat Desa Panambangan. Adi Setiadi, Bahwa Sumur tersebut pernah dikunjungi oleh Presiden pertama Republik Indonesia ( Soekarno-red)

"dari beberapa informasi yang disampaikan para tetua,  katanya presiden Soekarno pernah mendatangi Sumur Wasiat ini, karena konon dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan memenuhi hazat seseorang " ujar Adi. Senin, 22/03/2021.

Bahkan Adi menjelaskan, bahwa setiap malam jum'at kliwon tidak sedikit Masyarakat yang mendatangi Sumur Wasiat tersebut.

" kalau malam jum'at keliwon banyak warga yang datang kesumur ini sambil mengambil air yang ada di sumur wasiat, mereka datang dengan berbagai maksud, dan mereka meyakini bahwa air sumur wasiat memiliki khasiat khususnya untuk menyembuhkan penyakit. Memang secara zhohir yang mengabulkan segala permintaan adalah Allah,  namun air sumur ini hanya salah satu pelantaranya,  yang penting niat kita baik,  makanya bagi warga yang datang dan ingin mengambil air di sumur ini dianjurkan terlebih dahulu membaca fatekahah,  ayat kursi dan surat Al-ikhlas, insyaAllah hazat kita akan dikobul" tuturnya.

Sumur wasiat menjadi salah satu peninggalan yang harus terpelihara dan dilestararikan sebagai bekal untuk generasi muda.  Sayangnya akses jalan menuju sumur yang letaknya hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari kantor Desa panambangan tersebut kurang memadai. (1c) 

0 $type={blogger}: