30 Mar 2021

Desa Munjul Siap menjadi Desa Digital

Pelatihan Pengelolaan Website dan Medsos Desa 

Indomedianewsc - Pelatihan Pengelolaan Website desa berbasis SID dan pengoptimalan sosial media yang diadakan oleh Pemerintah Desa Munjul berjalan dengan lancar (29/03/2021). Peserta terdiri dari Tim IT desa munjul dan segenap perangkat desa. Muhammad Arifin, S.Kom selaku pemateri menegaskan potensi Desa Munjul menjadi desa digital sangat besar, selain SDM yang mumpuni beberapa fasilitas juga sudah tersedia, "saya yakin Desa Munjul bisa menjadi desa digital yang maju" begitu ujarnya di sela penyampaian materi.

Selaras dengan program pemerintah  Provinsi Jawa Barat terkait program desa digital, Pemerintah Desa Munjul menyambut baik dan dibuktikan dengan kegiatan ini. Desa digital merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, percepatan akses desa, dan pelayanan informasi. Kang Emil Gubernur Jawa Barat merencanakan nantinya seluruh pelayanan publik di desa akan didigitalisasi sehingga mampu memberdayakan potensi desa melalui banyak cara.

Selain menambah wawasan pelatihan ini diharapkan dapat memupuk semangat dan kekompakan seluruh tim. Pembangunan Desa Munjul menjadi desa digital pun semakin di depan mata.  "Insya Allah Munjul akan menjadi desa yang maju dengan program desa digital ini" ucap Bapak CHAERUDIN selaku kuwu Desa Munjul.

(Sofy Hayyin)(1d).

Satgas Yonif Para Raider 432 Kostrad Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Indomedianewsc -Ekonomi rakyat merupakan hal yang mendasar dalam perekonomian suatu negara, oleh karena itu Satgas Yonif Para Raider 432/3/3 Kostrad berusaha untuk membangkitkan perekonomian rakyat di wilayah Distrik Bolakme, Kab. Jayawijaya, Prov. Papua. (29/03/2021) 

Letda Inf Nirwan selaku Danpos Bolakme menuturkan, untuk memenuhi keperluan dapur pos kami selalu belanja di pasar tradisional yang berada tidak jauh dari pos. Hal ini kami lakukan karena untuk membangkitkan daya beli masyarakat di wilayah Distrik Bolakme dan untuk membangkitkan semangat masyarakat setempat untuk mengolah kekayaan alam Papua dengan bercocok tanam. Selain itu sayur dan buah-buahan yang dijual di pasar tradisional ini murah dan sangat sehat, karena dalam proses penanaman masyarakat tidak menggunakan pupuk anorganik dan pestisida. 

"Anggota Pos Bolakme sangat rajin belanja sayur dan buah di tempat saya bahkan bisa di bilang sudah jadi langganan, dan baru kali ini ada pos satgas yang sering belanja di pasar." ujar Mama Meitina Tabuni (49/1b)

Kuwu Desa Mertapadawetan“ Bantah memalsukan Tanda tangan "

Indomedianewsc -Diduga adanya pemalsuan Tanda tangan Ketua atau Anggota BPD Mertapadawetan terkait pembangunan Ruko diatas lahan ex Puskesmas Astanajapura, dibantah tegas oleh Kuwu Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Sumarno.
Dirinya menuturkan kepada IM  saat dikonfirmasi terkait informasi tersebut , diruang kerjanya, Senin, 29/03/2021.

“ tidak benar jika saya melakukan pemalsuan tanda tangan Ketua BPD terkait pembangunan di bekas lahan Puskesmas Astanajapura, karena pada saat itu, saya beserta Ketua BPD secara bersama-sama melakukan MOU kepada H.Aan ( pemilik bangunan-Red ) saat sebelum pelaksanaan pembangunan Ruko atau kios diatas lahan ex Puskesmas  dilaksanakan, dan itu menurut saya sudah sesuai dengan mekanisme “ ujarnya.

Sementara saat disinggung mengenai mobil siaga Desa (kijang Tahun 1994) yang dijual dan penggunaan anggaran Dana Desa untuk penanganan sampah pada tahun Anggaran 2020 sebesar Rp. 200.000.000, Sumarno, pun menjelaskan 

“ mengenai Mobil Siaga Desa memang benar saya menjualnya sebesar Rp.18.000 dan itu ada kuitansinya, mengapa saya menjualnya, karena mobil Siaga tersebut sudah terlalu tua dan sering rusak, akhirnya kami melakukan Musyawarah bersama  BPD dan Perangkat Desa lainnya untuk menjualnya dengan harapan setelah Dana Desa turun kami akan membelinya dengan mobil yang baru,  dan Uang hasil penjualan mobil tersebut masih ada ditangan saya “ jelasnya.
Lebih lanjut Sumarno menuturkan terkait Anggaran  Dana Desa Tahun 2020 yang semula untuk membuat sarana penanganan sampah secara maksimal, tidak dapat terealisasi karena adanya Pandemi Covid-19

“ kami sudah menganggarkan Dana sebesar Rp.200.000.000 untuk penanggulangan sampah, namun bertepatan dengan Pandemi, akhirnya Dana tersebut dialokasikan untuk penanganan Corona dan hanya tersisa Dana sebesar kurang lebih Rp.13.000.000 dan uang sisa tersebut sudah kami pergunakan untuk pengerasan  sarana pembuangan sampah sementara, itu semua kami lakukan berdasarkan Musyawarah, jadi saya kira apa yang kami lakukan selama ini sudah memenuhi mekanisme dan aturan yang ada “ jelas Sumarno.  (1c)

29 Mar 2021

Gelar Acara Akekah dan Deklarasi Kuwu Jaenudin utamakan Silaturahmi

Indomedianewsc-Sebagai wujud keseriusannya dalam terus berupaya untuk meningkatkan perkembangan Desa  ditengah keberadaan pandemic yang hingga saat ini belum bisa teratasi secara maksimal, Kuwu Desa Curugwetan, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, Jaenudin, menggelar Syukuran akekah dan do’a bersama sekaligus  deklarasi pembentukan team  pemenangan Pilwu yang akan diselenggarakan pada Tahun 2021.
Dalam pemaparannya, Kuwu Jaenudin, menuturkan, diselenggarakannya acara tersebut merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga silaturahmi antar warga.

“ tujuan utamanya selain membentuk dan mendeklarasi team pemenangan untuk pilwu yang akan datang, hal yang terpenting adalah menjaga silaturahmi dan menyatukan visi misi demi Curugwetan yang lebih baik lagi, karena pada dasarnya saya sebagai Manusia  tentunya acapkali melakukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak, oleh karenanya  saya mengajak kepada semua pihak untuk lebih mengutamakan kebersamaan ditengah perbedaan yang ada “ ujarnya, Minggu28/03/2021
Lebih lanjut Jaenudin , menjelaskan, bahwa dalam pilwu nanti pasti terjadi ragam perbedaan dalam berbagai sudut pandang, namun tetap kebersamaan harus diutamakan

“ saya yakin, dalam hal pemilihan pemimpin dari kelas atas sampai bawah, tidak menutup kemungkinan terjadi perbedaan, namun dengan adanya perbedaan ini  kita jadikan sebagai sesuatu yang baik agar tidak salah dalam memilih seorang Pemimpin, dan yang terpenting adalah tujuannya sama yaitu menyuguhkan yang terbaik demi kepentingan dan kemaslahatan secara menyeluruh, dan saya yakin Masyarakat Desa Curug wetan akan mampu memilih Pemimpin yang terbaik ditengah perbedaan yang ada “ jelas Jaenudin.
Dirinya yang saat ini memimpin Desa Curugwetan mengajak kepada semua Masyarakat  untuk tetap menjalin silaturahmi  dan menjaga kondusifitas lingkungan

“ Beda pendapat, beda pilihan itu adalah Hak semua Orang, yang utama adalah kita tetap bersatu dan berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa dalam lindungannya dan apa yang kita harapkan diijabah oleh sang maha pencipta pemilik kekuasaan diatas kekuasaan “ pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh Masyarakat yang hadir dalam acara Deklarasi, Sumarno, menuturkan

“ kami berharap apa yang diharapkan dan dicita-citakan Kuwu Jaenudin diberikan kemudahan oleh Allah SWT, ditengah kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya kita serahkan sepenuhnya kepada  zhat penguasa  alam pemilik dari segala apa yang menjadi rahasianya, InsyaAllah “ tuturnya singkat. ( 1c ) 

27 Mar 2021

Penggunaan DD khusus Pandemi " bikin pusing Kuwu "

Indomedianewsc-Diperbolehkannya penggunaan Anggaran Dana Desa sebesar minimal 8 persen khusus penanganan pandemi covid-19 ternyata banyak dikeluhkan oleh para kuwu.

Seperti salah satunya disampaikan Kuwu Desa Munjul,  kecamatan Astanajapura, sekaligus Humas FKKC Kabupaten Cirebon, Chaerudin, Sabtu, 27/03/2021.

" penggunaan Dana Desa sebesar 8 persen untuk penanganan khusus pandemi yang niatnya memang sangat Baik namun membuat kami kebingungan ,karena harus mengeluarkan Anggaran yang tidak bisa masuk dalam Laporan Pertanggungjawaban (LPJ-red)  salah satu contohnya adalah untuk biaya operasional semisal makan minum Satgas atau anggota yang turun kelapangan, baik itu semisal saat melakukan penyemprotan atau kegiatan lainnya yang ada sangkut pautnya dengan persoalan pandemi, tidak mungkin kami membiarkan mereka yang bekerja tanpa memperhatikan makan minum atau hal lainnya,  ini jelas membuat kami kebingungan karena harus mengeluarkan Anggaran secara pribadi " ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, penggunaan Anggaran tersebut hanya diperbolehkan untuk pembelian atau perlengkapan sarana prasarana penangan pandemi, seperti belanja kelengkapan alkes, menyediakaan ruang isolasi bersama peralatan penunjang lainnya, baik itu masker, disinfektan hingga tempat tidur dan lainnya

" Diluar dari apa yang sudah dipaparkan diatas, kami tidak diperbolehkan untuk memanfaatkan Anggaran tersebut, otomatis kegiatan lainnya kami harus merogoh kocek pribadi, iya kalau sedang ada Dana kalau sedang kosong bagaimana,  sementara program harus dijalankan, yang akibatnya banyak para kuwu yang mencari Dana talangan.  Dan inilah mungkin salah satunya yang membuka peluang untuk terjadinya tindakan korup, karena Anggaran yang ada pos nya sudah jelas, sementara untuk operasional tidak ada anggarannya" ujarnya lirih.

Bahkan Chaerudin menuturkan adanya wacana Anggaran operasional yang harus tertunda atau mungkin tidak ada karena sudah beda pemimpin

" kalau tidak salah. Disaat Bupatinya Sunjaya,  pernah ada wacana bahwa pemdes akan dipernolehkan mengalokasikan anggaran  untuk operasional sebesar Rp. 50.000.000 pertahun, namun belum juga terealisasi keburu yang bersangkutan (Sunjaya-red)  terjerat persoalan Hukum,  jika saja ada Anggaran khusus operasional yang dilindungi oleh sebuah aturan, mungkin bisa meringankan beban para kuwu,  karena apa,  untuk menggunakan mobil siaga saja harus mengeluarkan bensin, apalagi kalau akan mengurus proposal atau hal lainnya,  kami harus mempunyai anggaran pribadi karena tidak mungkin untuk makan atau sekedar minum masuk dalam laporan pertanggungjawaban" pungkasnya (1c) 

26 Mar 2021

Persit Koorcab Rem 071 Peduli Sesama Donorkan Darah di Masa Pandemi Covid-19

Indomedianewsc - Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2021, menggelar bakti sosial peduli terhadap sesama melalui aksi donor darah dan pemberian tali asih. Jumat (26/3/2021) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. 

Aksi kepedulian Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 ini, sebagai wujud empati terhadap masyarakat sebagai wahana membantu stok ketersediaan darah PMI di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut seiring yang disampaikan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, Ny. Dewi Lagan Safrudin yang mengatakan bakti sosial yang dilaksanakan ini merupakan salah satu wujud kepedulian Persit untuk meningkatkan perannya sebagai istri prajurit dan anggota organisasi serta sebagai warga masyarakat yang memiliki tanggung jawab sosial terhadap kondisi kehidupan masyarakat sekitarnya. 

"Kegiatan ini wujud kita membantu mengatasi kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah. Apalagi saat ini, kita berada di masa pandemi Covid-19, sehingga kita turut berempati membantu mengatasi ketersediaan stok darah yang ada di PMI khususnya di wilayah Banyumas dan sekitarnya", terangnya. 

Kita ketahui bahwa, ketersediaan stok darah ataupun plasma darah, sangat dibutuhkan oleh segenap masyarakat dimasa pandemi ini, karenanya dengan kita menyumbangkan setitik darah ini kita dapat membantu menyelamatkan saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah.

"Dengan mendonorkan setitik darah sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan, karenanya mari kita berempati untuk membantu sesama guna membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah dimasa pandemi ini maupun lainnya", himbaunya.

Terkait dengan tali asih, Ny. Dewi Lagan Safrudin mengatakan, bahwa pemberian tali asih ini sebagai wahana untuk mempererat jalinan kasih dengan warakawuri maupun masyarakat, serta untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga para warakawuri dan masyarakat sekitar.(1b) 

Kebersihan sebagian dari iman " pemdes Sidamulya rutin laksanakan jum'at bersih"

Indomedianewsc -Membudayakan hidup sehat dan bersih terus digalakan pemerintahan Desa Sidamulya, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, dengan cara melaksanakan kegiatan rutin jum'at bersih. 

Hal ini disampaikan Kuwu Desa Sidamulya, Dudi M Zakaria usai melaksanakan giat jum'at bersih bersama seluruh jajaran perangkat Desa setempat, Jum'at 26/03/2021.

" kebersihan sebagian dari pada iman, hal inilah yang mendasari kami untuk berupaya semaksimal mungkin untuk menjadikan kita agar terbiasa dalam menjadikan lingkungan yang tetap bersih, diharapkan dengan  diawali lingkungan yang bersih dapat berpengaruh pada budaya hidup sehat dan terus untuk berupaya berfikir maunpun bertindak yang positif" ujarnya.

Lebih lanjut Dudi menuturkan, bahwa diawali dengan hal yang dianggap kecil, bisa menghasilkan sesuatu yang besar

" bersih bersih mungkin dianggap hal yang kecil dan biasa, namun dibalik semua itu, selain membiasakan kita untuk tetap peduli akan kesehatan yang bermula dari kebersihan lingkungan, juga ada faedah lainnya yang tidak kalah pentingnya, yaitu gotong royong dan silaturahmi tetap bisa terjalin dengan baik,  dan hal inilah yang saya tanamkan kepada seluruh jajaran perangkat Desa Sidamulya untuk terus berupaya melaksanakan giat jum'at bersih dengan harapan akan menularkan kegiatan ini kepada warga Desa secara keseluruhan,  karna apa yang kita lakukan minimalnya bisa ditiru oleh Masyarakat dan yang terpenting lagi bisa menjadikan kita saling peduli dalam hal yang positif, tentunya" pungkas Kuwu Dudi. (1c)

24 Mar 2021

Wakil ketua FKKC Kabupaten Cirebon " imbau semua perangkat Desa lakukan Vaksinasi"

Indomedianewsc -Terealisasinya vaksinasi diharapkan mampu mengakhiri adanya masyarakat yang terkonfirmasi corona. 
Hal ini seperti yang disampaikan wakil Ketua FKKC Kabupaten Cirebon, H. Lili S.Saat mengikuti pelaksanaan Vaksinasi di kantor Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Rabu, 24/03/2021.

Dirinya menghimbau dan berharap kepada seluruh jajaran perangkat Desa untuk mengikuti vaksinasi sesuai anjuran Pemerintah.

" Saya selaku wakil ketua FKKC Kabupaten Cirebon, sekaligus Kuwu Desa Cipeujeuh kulon sangat mengharapkan kepada seluruh kuwu maupun perangkat Desa untuk melaksanakan vaksinasi,  karena hal ini merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19" ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa dengan adanya vaksinasi ini berharap bahwa tahun 2021 merupakan tahun terakhir adanya pandemi covid-19

" vaksinasi ini merupakan upaya kita untuk mengakhiri adanya corona, dan langkah pemerintah sudah sangat tepat dengan merealisasikan vaksinasi secara bergilir, namun demikian tentunya kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan, semoga dengan langkah ini kehidupan kita kembali normal dan tetap lah kita memohon kepada Allah SWT" pungkas Kuwu Lili. 

Sementara itu, Kuwu Desa Picungpugur, Saki,  sangat berharap corona ini segera berakhir. 

" corona ini sangat berdampak pada sendi kehidupan kita,  khususnya perekonomian maupun kehidupan sosial lainnya,  oleh karenanya sudah menjadi kewajiban kita semua untuk secara bersama sama melawan corona dengan tetap melaksanakan prokes sesuai aturan Pemerintah, termasuk mendukung pelaksanaan vaksinasi"ujarnya.(1c) 

Pangdam III Siliwangi sosialisasi komponen cadangan

Indomedianewsc-Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mendampingi Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Mayjen TNI Dadang Hendrayudha memberikan sosialisai Komponen Cadangan  yang bertempat di Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Selasa (23/3/2021).

Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan RI memberikan sosialisasi program Komponen Cadangan untuk memperkuat TNI dalam menjaga pertahanan negara. Program ini terbuka untuk umum bagi warga negara Indonesia yang berusia 18 sampai 35 tahun yang ingin secara sukarela menjadi komponen cadangan.

Diawal kegiatan, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto pada sambutannya menyampaikan, " Pemerintah bersama DPR RI sudah melahirkan UU No. 23 TA. 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional dan Peraturan Pemerintah No. 3 TA. 2021 tentang kebijakan umum pertahanan negara TA. 2020-2024 salah satunya terkait dengan pelaksanaan komponen cadangan ".

Pangdam juga katakan, sesuai dengan UU No. 23 TA. 2019 khusus Bab 1 Ayat 1 dijelaskan bahwa, Komponen Cadangan adalah Sumber Daya Nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan  Potensi Komponen Utama ".

"Dalam pelaksanaannya, setidaknya ada 4 tahapan dalam proses pembentukan Komponen Cadangan ini, yaitu pendaftaran,  seleksi, pelatihan dasar ke militeran dan penetapan," jelasnya.

Dirjen Potensi pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha  mengatakan bahwa, program Komponen Cadangan merupakan upaya dalam memperkuat kekuatan TNI dalam menjaga pertahanan NKRI.

"Dengan adanya pembentukan Komponen Cadangan, bisa menjaga NKRI yang besar, sehingga tidak diobok-obok oleh negara lain," ungkapnya pada Sosialisasi Program Komponen Cadangan.

Lebih jauh, keberadaan Komponen Cadangan tertuang dalam UU No. 23 TA. 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 3 TA. 2021 sebagai peraturan pelaksanaannya.

"Komponen cadangan bukan wajib Militer, tapi bersifat sukarela. Membangun Komponen Cadangan untuk memperkuat TNI dan Polri dalam mempertahankan Negara," terangnya. 

Dikatakannya Indonesia memiliki jumlah penduduk hampir 300 juta dan jumlah Tentara aktif sekitar 438 ribu. Namun tidak memiliki Komponen Cadangan, sementara negara lainnya memiliki komponen tersebut. 

Dalam program Komponen Cadangan (Komcad) ini, masyarakat diperbolehkan untuk mendaftar melalui Koramil setempat. Komponen Cadangan akan dikelompokkan menjadi Komcad Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara.

Pada kesempatan yang sama, Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menerangkan bahwa komponen cadangan merupakan tindakan nyata dalam menjaga dan mempertahankan NKRI. "Kami mengimbau masyarakat, untuk berpartisipasi dalam Komponen Cadangan," tambahnya. (Pendam III/Siliwangi/1b)

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K.S.A.silaturahmi kepada Bupati Kuningan

Indomedianewsc-Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K.S.A.P kembali mengunjungi Kabupaten Kuningan dalam rangka silaturahmi kepada Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH di Pendopo Kuningan, Jl. Raya Siliwangi Kuningan, Selasa (23/3/2021).

Dalam kunjungannya yang bertepatan dengan vaksinasi tahap II tersebut, Danrem 063/SGJ yang didampingi Dandim 0615/Kuningan Letkol Czi David Nainggolan mengatakan, vaksinasi Sinovac ini sangat penting untuk meningkatkan imun ditengah pandemi Covid-19.

"Saya sudah beberapa kali diundang sama pak bupati untuk silaturahmi. Dan saya baru ada waktunya sekarang. Kebetulan waktu yang sekarang ini berbarengan dengan vaksinasi tahap II di Pendopo Kuningan. Dengan kegiatan vaksinasi kedua ini, itu kan akan meningkatkan imun sehingga kehidupan ekonomi yang ada di Kuningan akan meningkat," ujar Danrem Elkines 

Danrem menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Kuningan, agar jangan takut untuk di vaksin. "Saya sudah vaksin kedua sampai sekarang alhamdulillah tidak ada efek samping apa-apa. Vaksin ini kan sudah uji klinis, halal dsb. Bahkan uji klinisnya pun dalam proses yang lama. Sehingga aman untuk kita. Jadi, tidak usah ada keraguan, dan tidak usah takut," tandasnya.

Elkines juga mengungkapkan rasa senangnya datang ke Kuningan. Ia mengatakan, Kuningan ini kota yang ngangenin. Sehingga dirinya merasa senang sekali jika datang ke Kuningan.

"Saya sering ke Kuningan. Kuningan ini kota yang mengangeni kalau orang bilang. Kangennya kenapa? Karena yang pertama udaranya enak, sejuk, kedua pertaniannya, terus pariwisatanya luar biasa. Apalagi dibawah pimpinan Pak Acep ini banyak sekali perubahan-perubahan. Makanya saya sering intip-intip Kuningan," puji Elkines.

Usai menemui Bupati Kuningan, Danrem Elkines pun melanjutkan kunjungannya ke Kejaksaan Negeri Kuningan. Ia menemui Kajari Kuningan L. Tedjo Sunarno, SH., MH dengan berjalan kaki dari Pendopo Kuningan.

"Ini hanya silaturahmi biasa saja. Hanya ingin ngobrol-ngobrol saja sama Pak Kajari," ujarnya singkat.

Kedatangan Danrem 063/SGJ ke Kejaksaan Negeri Kuningan bertepatan dengan Aksi Unjuk Rasa dari Forum Masyarakat Peduli Keadilan Kuningan yang menuntut keadilan atas kasus yang menimpa Habib Riziq Sihab, di Halaman Kejaksaan setempat (1b) 

23 Mar 2021

Vaksinasi di Kec Lemahabang " berjalan baik"

Indomedianewsc -Pegawai kecamatan dan perangkat Pemerintahan Desa se Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon antusias mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Lemahabang, Selasa, 23/03/2021.

Dalam keterang yang disampaikan kepala Puskesmas Sindanglaut,  Dr. Sutara, bahwa pelaksanaan Vaksinasi gelombang pertama diikuti oleh sebanyak 140 peserta dari unsur Pemerintahan Kecamatan maupun Pemerintahan Desa.

"secara keseluruhan Vaksinasi ini berjalan dengan baik, bahkan terlihat semua yang mengikuti vaksinasi ini sangat antusias, jika dipersentaikan yang mengikuti paksinasi gelombang pertama ini mencapai angka 100 persen, hal ini dikarenakan sosialisasi yang kami lakukan secara terus menerus" ujar Dr Sutara.

Senentara itu, Kasi trantrib kecamatan Lemahabang, Rian Aryanto,  menuturkan harapannya

" Kami sangat berharap kepada semua pihak,  walaupun sudah melakukan vaksinasi, namun prokes tetap dilaksanakan, ini sebagai salah satu bentuk ikhtiar kita dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi covid -19. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga pola hidup sehat dan jangan takut untuk dipaksin, kita sebagai manusia wajib untuk berikhtiar,  dan vaksinasi maupun prokes merupakan salah satu bentuk ikhtiar kita" jelas Rian. (1c) 

Sumur Wasiat Desa Panambangan " Dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit"

Indomedianewsc-Salah satu situs peninggalan sejarah yang berada di Desa Panambangan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon adalah Sumur wasiat.

Konon menurut keterangan yang disampaikan salah seorang Perangkat Desa Panambangan. Adi Setiadi, Bahwa Sumur tersebut pernah dikunjungi oleh Presiden pertama Republik Indonesia ( Soekarno-red)

"dari beberapa informasi yang disampaikan para tetua,  katanya presiden Soekarno pernah mendatangi Sumur Wasiat ini, karena konon dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan memenuhi hazat seseorang " ujar Adi. Senin, 22/03/2021.

Bahkan Adi menjelaskan, bahwa setiap malam jum'at kliwon tidak sedikit Masyarakat yang mendatangi Sumur Wasiat tersebut.

" kalau malam jum'at keliwon banyak warga yang datang kesumur ini sambil mengambil air yang ada di sumur wasiat, mereka datang dengan berbagai maksud, dan mereka meyakini bahwa air sumur wasiat memiliki khasiat khususnya untuk menyembuhkan penyakit. Memang secara zhohir yang mengabulkan segala permintaan adalah Allah,  namun air sumur ini hanya salah satu pelantaranya,  yang penting niat kita baik,  makanya bagi warga yang datang dan ingin mengambil air di sumur ini dianjurkan terlebih dahulu membaca fatekahah,  ayat kursi dan surat Al-ikhlas, insyaAllah hazat kita akan dikobul" tuturnya.

Sumur wasiat menjadi salah satu peninggalan yang harus terpelihara dan dilestararikan sebagai bekal untuk generasi muda.  Sayangnya akses jalan menuju sumur yang letaknya hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari kantor Desa panambangan tersebut kurang memadai. (1c) 

22 Mar 2021

TNI Kipur 1 Pos Koki Yuruf, Kecil Bukan tak Mungkin Menjadi Besar tetapi Menjadi Besar harus di mulai dari hal yang Kecil.

Indomedianewsc- Dalam rangka memperingati hari Paskah, personel Satgas Pamtas Pos Koki Yuruf Yonif 403/Wirasada Pratista turut membantu Kerja Bakti Jemaat Gereja Paroki Santa Maria Bunda Allah di kampung Yuruf. Senin (22/03/2021)

Lettu Inf Sugiman selaku Dankipur Pos Yuruf mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista tentang bentuk nyata dari definisi toleransi antar umat beragama dan mengajarkan arti penting dari gotong royong kepada masyarakat dikampung Yuruf yang merupakan wilayah binaan Kipur 1 Pos Koki Yuruf Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista.

Pada kesempatan yang sama, Pastor Hery (38) sangat berterima kasih dengan ikut sertanya personel Satgas dalam menyiapkan perayaan Paskah bersama warga di kampung Yuruf Kabupaten Keerom Provinsi Papua.

“Kami sangat senang dan bahagia sekali karena bapak-bapak TNI dari Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista ikut serta membantu kami dalam menyiapkan perayaan Hari Paskah, sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Satgas Yonif 403/Wirasada Pratista,” ucap Pastor Hery.

Hal ini sejalan dengan harapan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Mayor Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si. bahwa TNI lahir dari masyarakat, kuat karena masyarakat dan besar bersama masyarakat.


(Pen Satgas Yonif 403/WP/1b)

Sasar Keramaian Aparat Gabungan Operasi Yustisi Cegah Timbulnya Cluster Baru Penyebaran Covid-19

Indomedianewsc - Kebiasaan berkumpul dalam masyarakat Sukoharjo merupakan hal biasa ditengah-tengah msyarakat dalam melaksanakan kehidupan sosial. Namun di pada masa pandemi covid 19 ini hendaknya warga menyadari bahwa kerumunan merupakan salah satu sebab beresikonya penyebaran covid 19.

Menyikapi hal demikian aparat gabungan wilayah Kecamatan Weru pada operasi yustisi penegakan protokol kesehatan kali ini fokus memberikan himbauan dan membubarkan kerumunan warga yaang tidak perlu.

Kegiatan dimulai sejak pukul 09.30 wib, para anggota Satgas penanggulangan covid 19 wilayah weru yang tergabung di Posko PPKM mirkro melaksanakan apel bersama dilanjutkan dengan operasi yustisi penegakan prokes menuju desa Tawang Kecamatan Weru untuk menghentikan penyebaran Virus Covid-19 di wilayah Kecamatan Weru.

Dengan masa berlakunya PPKM Mikro, justru tidak mengendorkan para aparat yang tergabung dalam Satga penanggulangan covid 19 untu melaksanakan himbauan dan edukasi, demi berhasilnya program PPKM berbasis Mikro ini. Sejumlah upaya dilakukan agar tidak terjadi zona merah di masing-masing desa salah satunya adalah mengetatkan himbauan protokol kesehatan kepada warga masyarakat terutama ditengah kerumunan warga.

"Kami akan terus berusaha meminimalisir setiap resiko terjadinya penyebaran covid 19 dan mencegah timbulnya cluster baru ditengah masyarakat, salah satunya adalah mencegah timbulnya segala bentuk kerumunan tanpa mengindahkan protokol kesehatan," tukas Babinsa Koramil 05 Weru Serka Surata.

(Ak 1b) 

DPC PEJUANG SILIWANGI CIREBON SELENGGARAN RAKERCAB

Indomedianewsc -Dewan Pimpinan Cabang Pejuang Siliwangi Kabupaten Cirebon 
selenggaran Rapat Kerja Cabang (21/3) yang dihadiri oleh para Pengurus PAC se-
Kabupaten Cirebon, Ikatan Wanita Pejuang Siliwangi Indonesia, Sekretaris DPD Pejuang 
Siliwangi Provinsi Jawa Barat Rahmat Mulyadi, MPD, dan pengurus DPC Pejuang 
Siliwangi Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Indramayu, juga Pangeran Hekaputra 
Kesultanan Keprabonan turut hadir.

Dalam sambutanya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Rahmat Mulyadi mendukung 
penuh terselerenggaranya Rakercab PS Kabupaten Cirebon dan dirinya juga 
mengafresiasi kepada Ketua DPC Pejuang Siliwangi Kabupaten Cirebon bapak 
MUSTAMID. A.M, S.Pd., S.H., M.H. selangkah lebih cepat dibanding dengan DPC lainya, 
tuturnya.

Masih dikatakan Rahmat Mulyadi, pesanya dihadapan peserta Rakercab jaga nama baik 
organisasi dan apabila ada pihak lain yang datang mengatas namakan Pejuang Siliwangi 
agar ditanyakan surat tugasnya dari mana yang bersangkutan berasal.

Lanjut dikatakan Rahmat Mulyadi, pihaknya menjelaskan Anggota PS di Jawa Barat 
yang terbanyak berasal dari Cirebon, muda-mudahan 

"dibawah kepemimpinan Mustamid 
,kami yakin akan lebih maju karena yang bersangkutan ini tipe orang yang pandai bergaul 
dengan berbagai pihak dari mulai tingkatkatan pejabat hingga rakyat biasa beliau supel 
dan humanis "ujar Rahmat. 

Sementara Ketua DPC Pejuang Siliwangi yang juga menjabat sebagai Direktur LBH & 
HAM Sunan Gunung Jati Indonesia, MUSTAMID. A.M, S.Pd., S.H., M.H. sebagai 
pimpinan Rapat kerja Cabang Pejuang siliwangi, menjelaskan. Ada beberapa program 
kerja yang harus dilaksanakan oleh DPC maupun para Ketua DPAC diantaranya 
melakukan konsolidasi organisasi, membentuk DPAC dan IWAPSI, Audiensi dengan 
FORKOPINDA, Pembekalan / Diklatsar dan Susbalan, Pembentukan Koperasi, 
Pengadaan kantor Sekretariat DPC, Penertiban organisasi dan administrasi serta 
pemberian sanki, penertiban Kartu Tanda Anggota dan terakhir gelar pasukan se-wilayah 
tiga.
Masih dalam rakercab, diruang terpisah. Ketua IWAPSI Kabupaten Cirebon MARWAH, 
S.ST. mengajak semua anggota IWAPSI agar selalu solid dan senantiasa mengacu pada 
Anggaran Dasar /Anggaran Rumah Tangga Pejuang Siliwangi jangan bertindak sendiri-
sendiri dan perlu diketahui bahwa IWAPSI ini merupakan sayap atau salah satu bidang 
dari organisasi Pejuang Siliwangi tidak berdiri sendiri dan tidak mempunyai anggaran 
dasar atau akte pendirian melainkan menginduk pada Pejuang Siliwangi. Artinya segala 
tindakannya harus menunggu perintah dari Ketua DPC, tandasnya.

Lebih Lanjut dikatakan Marwah, kita harus menyadari sebagai seorang wanita tentu tidak 
meninggalkan kodratnya sebagai perempuan. Begitu juga IWAPSI sebuah wadah 
tempat berhimpunya kaum wanita untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat 
sosial akan tetapi tetap menjalankan tugas kewanitaan, tuturnya. (1c) 

21 Mar 2021

Memotivasi semangat belajar siswa, satgas TNI Yonif 756/WMS kembali melakukan renovasi bangunan sekolah

Indomedianewsc - Dalam upaya menyiapkan generasi muda yang berkualitas, pendidikan merupakan salah satu faktor penentu yang paling utama. Penyiapannya dimulai dari jenjang yang paling rendah yaitu taman kanak-kanak sampai dengan tingkat perguruan tinggi.

Menyikapi hal tersebut, Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Yonif 756/WMS pos Fayit yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW, kembali menunjukan kepeduliannya dengan melakukan perbaikan pada beberapa fasilitas yang rusak dan pengecetan pada seluruh bangunan sekolah termasuk tempat bermain pada sekolah taman kanak-kanak persiapan negeri Fayit di kampung Basim Distrik Fayit Kabupaten Asmat.

Hal tersebut seperti disampaikan Dansatgas pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea melalui rilis tertulisnya di Timika, Papua. Sabtu 20/03/2021.

" Untuk memotivasi minat dan daya tarik anak-anak agar datang ke sekolah dan belajar, perlu dilakukan upaya-upaya tertentu diantaranya dengan memperindah bangunan sekolah melalui perbaikan dan pengecatan. Anak-anak dengan usia 5 sampai dengan 6 Tahun, mereka masih cenderung dan identik dengan kegiatan bermain. Untuk itu, pewarnaan bangunan sekolah serta didukung fasilitas yang baik akan dengan sendirinya memacu dan memotivasi diri mereka datang ke sekolah untuk belajar. Bangunan sekolah yang indah dan bersih akan mempengaruhi semangat belajar para siswa. Sebab, menuntut ilmu di lingkungan yang indah dan bersih akan membuat para siswa merasa nyaman belajarnya, " Kata Dansatgas.

Lebih lanjut dikatakannya, " Melakukan perbaikan dan pengecatan ini, adalah merupakan salah satu bentuk dan upaya kami dari pihak TNI secara umum, dan satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pada khususnya dalam mendukung program pemerintah di bidang pendidikan untuk mencerdaskan dan menyiapkan generasi muda penerus bangsa,  agar nantinya diharapkan mampu bersaing dan menjadi pemimpin yang handal di masa yang akan datang, " Ungkap Mayor Marolop.

" Tentu kedepan kami mengharapkan agar apa yang sudah dibuat oleh kami satgas pamrahwan Yonif 756/WMS dengan melakukan perbaikan dan pengecetan sekolah ini, dapat dijaga dan dipelihara dengan baik, sehingga bangunan sekolah tetap terawat dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang, " Harap Mayor Hutapea.

Danpos Fayit satgas pamrahwan Yonif 756/WMS Sertu Saenal yang sekaligus memimpin kegitan tersebut mengatakan, " Proses perbaikan dan pengecatan itu dilakukan selama empat hari yang dimulai dari tanggal 16 Maret sampai dengan 20 Maret 2021. Untuk tiap harinya personel yang terlibat berjumlah 9 orang. Sementara untuk kegiatan itu sendiri meliputi perbaikan beberapa fasilitas yang rusak dan pengecetan seluruh bangunan sekolah termasuk tempat bermain anak-anak, " Kata Sertu Saenal.

Ditambahkannya, " Karena masih dalam masa pandemi virus covid-19, diakhir kegiatan pada hari Sabtu 20/03/2021, kami juga membagikan masker dan memberikan edukasi bagi mereka tentang bagaimana cara hidup yang sehat agar terhindar dari bahaya penyebaran dan penularan virus covid-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas melalui cuci tangan dengan menggunakan sabun di air yang mengalir, selalu menggunakan masker dan hindari kerumunan. Seluruh rangkaian kegiatan selesai dan ditutup dengan melakukan sesi foto bersama antara personel pos Fayit, para guru serta siswa-siswi taman kanak-kanak persiapan negeri Fayit, " Ungkap Danpos.

Salah seorang guru taman kanak-kanak pesiapan negeri Fayit Ibu guru Yanti mewakili seluruh guru TK persiapan negeri Fayit, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan oleh satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pos Fayit pada sekolah mereka, dan berharap semoga kegiatan-kegiatan positif seperti ini dapat terus dilakukan dimanapun bertugas.

" Kami mewakili seluruh tenaga pendidik TK persiapan negeri Fayit, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepedulian dan kerja nyata dari satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pos Fayit pada sekolah kami yang ada di daerah pedalaman ini. Semoga dengan bangunan sekolah yang lebih bersih dan indah ini, akan semakin memotivasi semangat belajar dan keinginan siswa-siswi kami untuk datang ke sekolah. Dan semoga bapak-bapak TNI satgas Yonif 756/WMS dimanapun bertugas akan selalu dijaga dan dilindungi oleh Tuhan yang Maha Esa, serta selalu menjadi berkat bagi sesama, " Harap Ibu guru Yanti.

Pensatgas756 (1b) 

20 Mar 2021

SATGAS TMMD KODIM BOVEN DIGOEL PEDULI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Indomedianewsc - Kepedulian kembali ditunjukkan oleh personil Satgas TMMD ke 110 Kodim Boven Digoel Sertu Bosco kepada generasi muda disekitar lokasi TMMD lebih tepatnya di Distrik Kawagit, Kabupaten Boven Digoel, Jumat(19/3).

Kali ini, kepedulian tersebut diimplementasikan dalam bentuk pemberian materi pelajaran kepada anak-anak yang telah lama tidak mendapatkan perhatian khususnya dalam hal pendidikan. Hal ini dirasa perlu dilakukannya karena masih banyak generasi muda diwilayah tersebut masih belum lancar membaca.

Saat ditemui diakhir kegiatan, Sertu Bosco mengatakan, "Pagi ini, kami melaksanakan kegiatan belajar mengajar adik-adik Sekolah Dasar Kawagit mulai dari kelas 4 sampai 6 dalam satu ruangan", terangnya. 

"Pada umumnya anak-anak sudah mengenal huruf, namun sambung-menyambung kata demi kata, kalimat ke kalimat masih sedikit agak terlambat, untuk itu hari ini saya ajarkan mereka belajar membaca dengan memberikan tugas atau pekerjaan rumah sehingga kedepannya mereka lebih lancar membaca". Jelas Sertu Bosco.

Sertu Bosco juga berpesan kepada para orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya, pada saat berada di rumah kalau bisa orang tua perhatikan juga, sehingga belajar dirumah lebih diaktifkan lagi karena anak-anak tersebut pada umumnya sudah mengenal huruf. 

Sementara itu salah satu murid adik Owis Yaluwo merasa senang diajar oleh personil Satgas TMMD dan dirinya berharap proses belajar mengajar ini dapat dilakukan setiap harinya.

Pendim1711 (1b) 

19 Mar 2021

Pemdes Gumulung Tonggoh " maksimalkan peran Satgas Desa"

Indomedianewsc-Berupaya secara maksimal dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19 dilakukan jajaran pemerintahan Desa Gumulung tonggoh, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon dengan cara memaksimalkan penerapan PPKM sekala mikro melalui penyemprotan disinfektan dan membiasakan 5M.

Hal ini disampaikan Kuwu Desa Gumulung tonggoh, Agus Saefudin, diruang kerjanya, Jum'at 19/03/2021.

" Corona ini merupakan virus yang perlu adanya penanganan dan perhatian dari semua pihak,  terlepas dari apa dan bagaimana caranya yang terpenting adalah kita melaksanakan apa yang diperintahkan oleh  pemerintah melalui penerapan PPKM sekala mikro dengan cara penyemprotan disinfektan dan penerapan protokol kesehatan termasuk didalamnya membiasakan 5M" ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dalam pelaksanaan PKKM mikro tersebut, selain melibatkan unsur TNI/Polri pihaknyapun memaksimalkan peran satgas Desa. 

"PPKM mikro ini diharapkan mampu meminimalisir terjadinya penyebaran pandemi covid-19. Oleh karenanya perlu adanya peran aktif dari semua pihak, dan salah satunya adalah memaksimalkan peran Satgas Desa dari mulai tingkat RT hinggga perangkat Desa,  tentunya dengan adanya peran serta dari semua pihak, diharapkan pandemi ini segera berakhir,  oleh karena itu, kami mengajak dan menghimbau kepada semua pihak untuk membiasakan mencuci tangan dengan sabun,  memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas,  semoga segala langkah yang kita lakukan ini mendapat ridlo dari Allah SWT " pungkas Agus (1c) 

Pilih Calon Prajurit Profesional, Pangdam XII/Tpr Pimpin Sidang Parade Tingkat Panda Cata PK TNI AD Gel. I TA. 2021

Indomedianewsc-- Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memimpin langsung Sidang Parade Tingkat Panitia Daerah (Panda) XII/Tpr Pontianak Penerimaan Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA. 2021 bertempat di Sport Center Supriyadi, Makodam XII/Tpr. Sidang kali ini untuk memilih calon-calon prajurit TNI AD yang profesional.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti sidang kali ini sebanyak 485 orang, dimana mereka telah melewati tahapan seleksi setelah masa pendaftaran dibuka. Mereka yang dinyatakan lulus dalam sidang, nantinya akan mengikuti seleksi tingkat pusat di Rindam XII/Tpr.

Dalam amanatnya, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, tujuan perekrutan Prajurit Calon Tamtama ini adalah untuk meningkatkan kinerja organisasi Kodam XII/Tpr serta untuk mewujudkan pemenuhan personel militer  TNI AD melalui penyediaan prajurit dengan prioritas rekrutmen bersumber dari SDM yang memiliki pengetahuan akademisi dan keahlian yang dibutuhkan.

"Seleksi Penerimaan Cata PK ini diharapkan dapat mewadahi keinginan masyarakat pribumi atau putra daerah yang sukarela ingin mengabdikan dirinya menjadi seorang prajurit guna untuk memenuhi kekuatan personel militer TNI AD," kata Pangdam.

Dengan demikian, lanjut Pangdam mengatakan, diharapkan dapat terpeliharanya integritas wilayah NKRI serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa melalui rekrutmen putra asli daerah guna mewujudkan organisasi TNI AD sebagai organisasi pemersatu bangsa.

Selanjutnya, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad selaku Ketua Panda menegaskan, kepada semua yang terlibat dalam kepanitiaan harus konsisten pada ketentuan dan norma yang berlaku. Tidak ada lagi perilaku tidak terpuji, dan selalu junjung tinggi objektivitas, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang adil, jujur, transparan dan akuntabel. 

Pimpinan tertinggi di Kodam XII/Tpr ini meyakini, dengan dilandasi oleh niat, tekad dan rasa tanggung jawab serta koordinasi yang baik dari seluruh panitia, sidang Parade ini akan berjalan dengan tertib dan lancar.

"Saya tekankan kembali kepada para Panitia, dalam setiap proses seleksi agar ditekankan kepada para calon prajurit untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas, sehingga calon-calon prajurit ini tetap aman dari Covid-19 dan aman pada saat memasuki Lembaga Pendidikan nantinya," tegas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (Pendam XII/Tpr/1b)

DANREM 172/PWY BRIGJEN TNI IZAK PANGEMANAN MENGIKUTI RAPIM TINGKAT KODAM XVII/CENDERAWASIH TAHUN 2021

Indomedianewsc - Komandan Korem 172/Praja Wira Yakhti Brigjen TNI Izak Pangemanan mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) tingkat Kodam XVII/Cenderawasih Kamis, (18/03/2021).

Kegiatan Rapim yang dilaksanakan di Aula Tony A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih dengan tema membangun Kodam XVII/Cenderawasih yang Adaptif turut dihadiri Kasdam XVII/Cenderawasih, Irdam XVII/Cenderawasih, Kapok Sahli Pangdam XVII/Cenderawasih, para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, para Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Dandim 1701/Jayapura dan para Komandan Satuan di jajaran Garnizun Jayapura.

Rapim tingkat Kodam XVII/Cenderawasih ini merupakan kegiatan rutin di awal tahun anggaran dan merupakan kegiatan lanjutan dari Rapim TNI-Polri yang dilaksanakan  pada tanggal 15 Februari 2021 lalu.

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono selaku Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa Rapim kali ini para unsur pimpinan harus lebih berinovasi dalam setiap kegiatan maupun perencanaan kedepan dengan menyesuaikan keadaan saat ini. 

“Maka dari itu, tema Rapim TNI AD yaitu harus yang Adaptif yang artinya menyesuaikan dengan keadaan,” terang Pangdam XVII/Cenderawasih.

Tidak hanya itu, Pangdam XVII/Cenderawasih juga memberikan beberapa penekanan terhadap satuan-satuan di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih untuk selalu meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa dan memegang teguh sapta marga serta sumpah prajurit sebagai landasan moral dalam melakanakan tugas.

“Tingkatkan kewaspadan melalui organisasi operasi intelegen dengan langkah-langkah yang profesional, tingkatkan kesadaran dalam penggunaan media sosial dengan tidak menyebar luaskan dan menanggapi berita hoax”, ujarnya.

Lebih lanjut ditekankan, untuk melaksanakan prosedur dan mekanisme pengalaman dari latihan operasi rutin untuk menghindari kecelakaan, menjaga kesehatan dan lindungi fisik agar tetap prima dan terperlihara supaya siap melaksanakan tugas yang diberikan kepada prajurit Kodam XVII/Cenderawasih.

Pangdam berharap agar seluruh tugas yang diberikan kepada Kodam XVII/Cenderawasih dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Sehingga dapat mencapai hasil yang optimal serta meningkatkan sinergi dengan instansi dan segenap komponen bangsa lainnya guna meningkatkan citra dan memantapkan kehidupan bangsa terutama dalam upaya penanggulangan bencana dan pandemi Covid-19”, harap Pangdam. (1b) 

18 Mar 2021

Peringatan Hari Jadi Desa Curugwetan " jalin silaturahmi dan kebersamaan"

Indomedianewsc -Syukuran peringatan hari jadi Desa Curugwetan, Kecamatan Susukanlebak, kabupaten Cirebom, yang ke 36 dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan.

Pelaksanaan hari jadi ditengah pandemi tetap diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan Pemerintah.

Sebelum acara diselenggarakan, seluruh tamu yang hadir diwajibkan untuk memcuci tangan dan menggunakan masker termasuk pengukuran suhu tubuh, hal ini sebagai salah satu keharusan  demi terlaksananya penerapan prokes.

Dari pantauan IM,  Acara syukuran peringatan Hari Jadi Desa Curugwetan diisi dengan berbagai kegiatan,  diantaranya adalah pertunjukan seni rebana, Tawasul dan zikir bersama, selain itu, sebagai wujud rasa syukur atas Segala nikmat yang diberikan Allah,
Pihak Pemdes setempat memberikan kesempatan untuk seluruh warga Masyarakatnya untuk mengikuti sayembara pembuatan logo Desa dan pemaparan sejarah Desa Curugwetan.  

Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Curugwetan, Jaenudin, Kamis, 18/03/2001.

" peringatan hari jadi tahun ini kami selenggarakan secara sederhana dan tetap mengedepankan protokol kesehatan, ini kami lakukan sebagai ucapan syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah kepada seluruh warga Masyarakat curugwetan khususnya dan Bangsa Indonesia secara umum,  dengan harapan apa yang kami laksanakan hari ini mampu menjadi sesuatu lumbung amal dan terus menjadi penginget nginget bagi seluruh generasi muda" ujarnya.

Lebih lanjut jaenudin menjelaskan, selain melaksanakan kegiatan rutin tahunan, acara syukuran tersebut sebagai ajang pererat silaturahmi antar warga

" Bersilaturahmi adalah sesuatu yang perlu terus digalakan, oleh karenanya kami terus berupaya agar jalinan silaturahmi tetap terjalin dengan baik, bahkan sebagai salah satu bentuk yang kami realisasikan dalam acara ini adalah selain diisi dengan tawasulan, zikir dan siraman rohani kamipun memberikan kesempatan kepada seluruh warga masyarakat curugwetan untuk berkreasi melalui sayembara atau lomba pembuatan logo Desa,  dan mungkin hal ini baru ada di Pemdes Curugwetan" pungkas jaenudin (1c) 

TNI DI PAPUA, Wujud Perhatian dan dukungan Kipur 2 Pos Ubrub Satgas Pamtas Yonif 403/WP kepada Masyarakat di Perbatasan

Indomedianewsc-Tidak ada yang akan berhasil kecuali kita melakukannya*, demikian Penegasan dari Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Mayor Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si. kepada setiap Prajurit Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista.

Hal ini sejalan dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kipur 2 Pos Ubrub Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista disalah satu wilayah kabupaten Keerom Provinsi Papua yaitu dengan mendatangi rumah-rumah warga disekitaran Kampung Ubrub Keerom. Kamis, (18/3/2021).

Pos Ubrub melaksanakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi kepada masyarakat sehingga terjalin ikatan emosional yang baik antara TNI dengan rakyat khususnya antara personel Satgas Pamtas Kipur 2 Pos Ubrub dengan masyarakat Ubrub. 

Warga setempat menyambut dengan riang gembira dan pintu terbuka kepada Prajurit Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista yg datang berkunjung kerumahnya, hal itu dilakukan bukan hanya sekedar berkunjung saja tetapi disertai dengan bantuan pengobatan gratis kepada masyarakat apabila diketahui terdapat warganya yang sedang dilanda sakit.

Lanjutnya, Komandan Kompi Pos Ubrub Lettu Inf Fatkhur Greha W, S.T.Han menyampaikan, "Apabila warga membutuhkan obat kesehatan ataupun tenaga medis, Kipur 2 Pos Ubrub Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista siap sedia melayani masyarakat", tuturnya.

(Pen Satgas Yonif 403/WP/1b)

Capai 50,1 % Progres TMMD Kodim 1711/Boven Digoel Pada H+16

Indomedianewsc - Memasuki H+16, Rabu (17/3/2021), pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 110 Kodim 1711/BVD sudah mencapai 50,1 persen, baik sasaran fisik berupa pembangunan 8 unit rumah maupun sasaran non fisik.

Hal ini dikatakan Komandan SSK Kapten Inf Zabir saat ditemui disela-sela kegiatan TMMD ke 110 Kodim Boven Digoel di Distrik Kawagit, Kabupaten Boven Digoel.

"Patut kita syukuri bersama untuk program TMMD sampai saat ini berjalan lancar sesuai dengan rencana, terkhusus pada sasaran fisik yakni pembangunan 8 unit rumah layak huni target hari ini melanjutkan plester dinding rumah, penyetelan rangka dan pemasangan batako". Ungkap Dan SSK.

Dan SSK juga mengatakan, "Semoga cuaca pada hari ini mendukung, sehingga pekerjaan hari ini berjalan lancar sesuai dengan target yang di rencanakan sebelumnya", tutupnya. 

Pendim1711 (1b) 

Peduli dengan pendidikan, satgas pamrahwan Yonif 756/WMS mengajar di SMP Negeri Agimuga

Indomedianewsc- Untuk menambah wawasan pengetahuan pada generasi muda, bertempat di ruang kelas SMP Negeri Agimuga  satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pos Kiliarma yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW memberikan materi pelajaran tentang Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada siswa-siswi SMP Negeri Agimuga Distrik Agimuga Kabupaten Mimika, Rabu 17/03/2021.

Resusitasi Jantung Paru merupakan langkah pertolongan medis untuk mengembalikan fungsi napas dan atau sirkulasi darah dalam tubuh yang terhenti. Resusitasi Jantung Paru bertujuan menjaga darah dan oksigen tetap beredar ke seluruh tubuh.

Resusitasi Jantung Paru dilakukan pada orang-orang yang mengalami henti jantung serta tidak mampu bernapas secara normal. Tandanya bisa terlihat dengan tiba-tiba pingsan atau tidak merespon ketika dipanggil. Resusitasi Jantung Paru dilakukan pada mereka yang tidak bernapas atau denyut nadinya terhenti setelah mengalami kecelakaan, tenggelam atau serangan jantung.

Saat diminta tanggapannya mengenai kegiatan pemberian materi pelajaran Resusitasi Jantung Paru oleh personel satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pos Kiliarma pada siswa-siswi SMP Negeri Agimuga, Dansatgas pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea mengatakan, sebagai anggota TNI kita wajib untuk membagikan ilmu pengetahuan yang kita miliki pada sesama, dengan tujuan agar ilmu pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan banyak orang disamping sebagai bekal pengetahuan bagi mereka yang menerima pelajaran tersebut.

" Untuk membekali para siswa-siswi pengetahuan tentang kesehatan, pos kami di Kiliarma hadir di SMP Negeri Agimuga dan memberikan pelajaran tentang Resusitasi Jantung Paru. Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan para siswa bekal pengetahuan mengenai bagaimana tindakan atau langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mereka menghadapi suatu persoalan yang membutuhkan pertolongan melalui tindakan Resusitasi Jantung Paru. Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital pada tubuh manusia. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi mereka untuk dapat memahami tindakan yang harus dilakukan sebagai langkah awal di tempat kejadian sebelum korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan secara medis, " Kata Dansatgas.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, " Inisiatif dari personel pos Kiliarna untuk memberikan pelajaran di sekolah disamping merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian TNI dalam bidang pendidikan dan kesehatan, namun hal tersebut juga menjadi bagian dari upaya TNI pada umumnya dan satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pada khususnya dalam mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang sudah diamanatkan dalam UUD 1945, " Kata Mayor Marolop.

Praka Usman Tamtama Kesehatan pos Kiliarma yang memberikan materi pelajaran tersebut mengatakan, ada beberpa alasan penting bagi bagi seseorang untuk harus memahami teknik Resusitasi Jantung Paru diantaranya yaitu, bisa menyelamatkan seseorang dari kerusakan otak, bisa menyelamatkan nyawa orang lain, masih kurang orang yang bisa melakukan Resusitasi Jantung Paru dan banyak kejadian yang membutuhkan pertolongan melalui Resusitasi Jantung Paru di sekitar kita misalnya orang yang kena serangan jantung.

Sementara itu salah seorang guru SMP Negeri Agimuga Bapak Anselimus yang mendampingi personel pos Kiliarma satgas Yonif 756/WMS memberikan materi pelajaran Resusitasi Jantung Paru mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi pada TNI dan pos Kiliarma Yonif 756/WMS karena disamping tugas dan tanggung jawab sebagai aparat negara yang menjaga, menjamin serta memberikan rasa aman pada masyarakat, namun masih sempat meluangkan waktu untuk berbagi ilmu pengetahuan yang sangat penting bagi guru dan siswa-siswi SMP Negeri Agimuga.

" Terima Kasih bapak-bapak TNI pos Kiliarma satgas Yonif 756/WMS atas kehadirannya di sekolah kami dan memberikan pelajaran yang sangat berharga dan bermanfaat bagi kita semua. Semoga dengan bekal pengetahuan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua maupun orang lain. Kami sadar selaku tenaga pendidik di SMP Negeri Agimuga tidak bisa membalas semua kebaikan dari bapak-bapak semua. Namun kami akan selalu Berdoa dan 

Indomedianewsc  - Untuk menambah wawasan pengetahuan pada generasi muda, bertempat di ruang kelas SMP Negeri Agimuga  satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pos Kiliarma yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW memberikan materi pelajaran tentang Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada siswa-siswi SMP Negeri Agimuga Distrik Agimuga Kabupaten Mimika, Rabu 17/03/2021.

Resusitasi Jantung Paru merupakan langkah pertolongan medis untuk mengembalikan fungsi napas dan atau sirkulasi darah dalam tubuh yang terhenti. Resusitasi Jantung Paru bertujuan menjaga darah dan oksigen tetap beredar ke seluruh tubuh.

Resusitasi Jantung Paru dilakukan pada orang-orang yang mengalami henti jantung serta tidak mampu bernapas secara normal. Tandanya bisa terlihat dengan tiba-tiba pingsan atau tidak merespon ketika dipanggil. Resusitasi Jantung Paru dilakukan pada mereka yang tidak bernapas atau denyut nadinya terhenti setelah mengalami kecelakaan, tenggelam atau serangan jantung.

Saat diminta tanggapannya mengenai kegiatan pemberian materi pelajaran Resusitasi Jantung Paru oleh personel satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pos Kiliarma pada siswa-siswi SMP Negeri Agimuga, Dansatgas pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea mengatakan, sebagai anggota TNI kita wajib untuk membagikan ilmu pengetahuan yang kita miliki pada sesama, dengan tujuan agar ilmu pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan banyak orang disamping sebagai bekal pengetahuan bagi mereka yang menerima pelajaran tersebut.

" Untuk membekali para siswa-siswi pengetahuan tentang kesehatan, pos kami di Kiliarma hadir di SMP Negeri Agimuga dan memberikan pelajaran tentang Resusitasi Jantung Paru. Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan para siswa bekal pengetahuan mengenai bagaimana tindakan atau langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mereka menghadapi suatu persoalan yang membutuhkan pertolongan melalui tindakan Resusitasi Jantung Paru. Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital pada tubuh manusia. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi mereka untuk dapat memahami tindakan yang harus dilakukan sebagai langkah awal di tempat kejadian sebelum korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan secara medis, " Kata Dansatgas.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, " Inisiatif dari personel pos Kiliarna untuk memberikan pelajaran di sekolah disamping merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian TNI dalam bidang pendidikan dan kesehatan, namun hal tersebut juga menjadi bagian dari upaya TNI pada umumnya dan satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pada khususnya dalam mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang sudah diamanatkan dalam UUD 1945, " Kata Mayor Marolop.

Praka Usman Tamtama Kesehatan pos Kiliarma yang memberikan materi pelajaran tersebut mengatakan, ada beberpa alasan penting bagi bagi seseorang untuk harus memahami teknik Resusitasi Jantung Paru diantaranya yaitu, bisa menyelamatkan seseorang dari kerusakan otak, bisa menyelamatkan nyawa orang lain, masih kurang orang yang bisa melakukan Resusitasi Jantung Paru dan banyak kejadian yang membutuhkan pertolongan melalui Resusitasi Jantung Paru di sekitar kita misalnya orang yang kena serangan jantung.

Sementara itu salah seorang guru SMP Negeri Agimuga Bapak Anselimus yang mendampingi personel pos Kiliarma satgas Yonif 756/WMS memberikan materi pelajaran Resusitasi Jantung Paru mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi pada TNI dan pos Kiliarma Yonif 756/WMS karena disamping tugas dan tanggung jawab sebagai aparat negara yang menjaga, menjamin serta memberikan rasa aman pada masyarakat, namun masih sempat meluangkan waktu untuk berbagi ilmu pengetahuan yang sangat penting bagi guru dan siswa-siswi SMP Negeri Agimuga.

" Terima Kasih bapak-bapak TNI pos Kiliarma satgas Yonif 756/WMS atas kehadirannya di sekolah kami dan memberikan pelajaran yang sangat berharga dan bermanfaat bagi kita semua. Semoga dengan bekal pengetahuan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua maupun orang lain. Kami sadar selaku tenaga pendidik di SMP Negeri Agimuga tidak bisa membalas semua kebaikan dari bapak-bapak semua. Namun kami akan selalu Berdoa dan berharap semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa melihat budi baik bapak-bapak sekalian dan membalasnya dengan setimpal, " Harap Bapak guru Anselimus.

Pensatgas756 (1b) 

17 Mar 2021

merasa dibohongi dan dipaksa " pedagang pasar mertapadakulon mengeluh"

Indomedianewsc-Merasa dibohongi dan dipaksa, pedagang pasar Desa Mertapadakulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, mengeluh.

Hal ini salah satunya disampaikan  seorang pedagang pasar, kalimah (50 tahun) dirinya sangat keberatan dengan aturan yang ditetapkan oleh pihak pasar

"kami para pedagang merasa keberatan dengan aturan yang diterapkan oleh pihak pasar,  khususnya mengenai pembayaran atau sewa pasar,  kami diwajibkan untuk membayar DP sebesar sepuluh persen dari total harga, dan diwajibkan untuk membayar cicilan sesuai dengan jumlah total harga sewa pasar,  ini yang membuat kami merasa keberatan" ujarnya.

Senada hal tersebut disampaikan pedagang lainnya, Hj. Uun,  dirinya menerima banyak keluhan dari para pedagang 

" banyak diantara pedagang yang mengeluhkan dan bahkan merasa dibohongi,  hal ini dikarenakan mereka harus bayar Dp dan cicilan bulanan sementara pasarnya saja masih belum jadi,  para pedagang menginginkan cicilan itu dilakukan setelah pasar jadi dan jangan ada sangkut pautnya dengan pihak Bank,  karena para pedagang khawatir  ,jika pasar tersebut tidak jadi,  maka mereka tetap harus membayar kepada pihak Bank, dan yang lebih menyedihkan lagi, bagi para pedagang yang tidak bersedia membayar cicilan atau membuat surat pernyataan, maka diharuskan meninggalkan pasar,  walaupun memang DP yang telah dibayarkan dikembalikan secara penuh,  pasar ini kan milik Desa, tetapi kenapa kami harus berurusan dengan pihak Bank" tuturnya.

Dari informasi yang diperoleh, ada beberapa pedagang pasar, yang harus segera angkat kaki karena tidak bersedia menandatangani perjanjian yang melibatkan pihak Bank ditambah lagi ada kesan pemaksaan dari pihak panitia yang mengharuskan para pedagang menandatangani surat perjanjian jika tidak bersedia, maka pedagang dilarang untuk berjualan di pasar sementara yang saat ini disediakan oleh pihak pengembang. Nilai Dp yang dilunasi oleh para pedagang sangat berpariasi, dari mulai 1,8 juta sampai diatas 10 juta. 

Kegelisahan para pedagang pasar tersebut disampaikan pula oleh salah seorang tokoh masyarakat Desa setempat,  Ozi. 
Dirinya menegaskan agar pihak Desa atau panitia bertindak bijak

" Para pedagang ini sudah membayar DP 10 persen,  walaupun pasarnya dalam peroses pembangunan,  jadi mereka sudah beritikad baik, namun jangan juga diharuskan untuk membayar cicilan, kalau pasarnya sudah berdiri, barulah pedagang membayar cicilan,  dan karena Pasar ini merupakan pasar Desa,  ya bayarnya ke Desa dong, jangan ke pihak Bank,  ada apa ini"tegas Ozi.

Sementara itu. Wakil ketua panitia pembangunan pasar,  Didi,  membantah adanya pemaksaan bagi para pedagang,Rabu,17/03/2021.

" Kami tidak memaksakan kepada para pedagang, hanya saja memang ketentuannya demikian. Terkait adanya informasi kami mendatangi rumah para pedagang ini dikarenakan mereka kalau disuruh datang kekantor tidak mau, jadi kami yang mendatangi mereka, mengapa kami melakukannya, ini semua agar ada kepastian, apakah mereka mau berjualan disini atau tidak,  dan memang benar bagi pedagang yang tidak bersedia membayar cicilan dipersilahkan untuk meninggalkan tempatnya berjualan, seharusnya para pedagang pun paham akan aturan yang telah dipaparkan sebelumnya, toh pasar ini untuk kepentingan warga juga, dan yang perlu dicatat, para pedagang ini hanya diwajibkan membayar DP 10 persen dan cicilan tanpa harus ada anggunan atau jaminan" jelas Didi. (1c)

DANREM 172/PWY TINJAU POS TNI DI PEGUBIN



Indomedianewsc– Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke pos jajaran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/WP Kolakops Korem 172/PWY yang berada di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), pada Selasa (16/3).

Danrem selaku Komandan Kolakops menyampaikan bahwa kunjungannya kali ini ke wilayah Pegunungan Bintang untuk meninjau langsung pergantian personel dari Batalyon 312/KH kepada Batalyon 403/WP yang akan bertugas di Pos Oksibil.

Selain itu, kunjungannya tersebut untuk mengkomunikasikan secara langsung kepada Pemerintah Daerah mengenai adanya pergantian personel satgas pamtas di daerah Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Kita komunikasikan kepada Pemda setempat agar Pemda dapat mengerti dan mendukung pergantian personel ini. Dengan demikian tugas-tugas satgas yang ada di sini kedepannya dapat bersinergi dengan semua unsur yang ada di sini”, ujar Danrem.

Pada kesempatannya itu, Danrem turut meninjau langsung Pos Koki (Komando Kompi) didampingi oleh Dansatgas Pamtas Yonif 403/WP Mayor Inf Ade Pribadi Siregar.   

“Saya tadi mengecek pos mereka yang melaksanakan pergantian, pesan saya kepada mereka lanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh satgas sebelumnya”, ujarnya.

Komunikasi dengan masyarakat yang telah dibangun oleh satgas sebelumnya agar terus dilanjutkan sehingga kondisi yang sudah kondusif di daerah Pegunungan Bintang ini akan terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Jika itu dilakukan dengan baik maka sinergitas antara aparat keamanan dengan masyarakat ini akan semakin terbangun. Tak lupa, kalian harus selalu berkoordinasi dan menjaga hubungan baik dengan pihak kepolisian”, tuturnya.

Danrem juga menegaskan bahwa operasi yang harus dilakukan khususnya di daerah pegunungan bintang adalah operasi humanis. “Jadi strategi pokok kita adalah menjaga keamanan Papua khususnya di daerah Pegunungan Bintang dengan pendekatan kesejahteraan”, tegas Danrem.(1b) 

*Danrem 071/Wijayakusuma, Orang Pertama Vaksin Dosis II


Indomedianewsc - Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., orang pertama yang disuntik vaksin dalam serbuan vaksin Covid-19 dosis kedua, di Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto, Selasa (16/3/2021).

Vaksinasi dosis II guna pencegahan Covid-19 ini, juga diberikan kepada para Prajurit Wijayakusuma, Makorem 071/Wijayakusuma.

Usai divaksin, Kolonel Dwi Lagan mengatakan, vaksin dosis kedua ini, tidak beda dengan vaksin dosis pertama. "Tidak ada bedanya, walaupun dalam vaksin pertama dosisnya 0,5 ml, di dosis yang kedua ini 0,5 ml sama seperti vaksin dosis pertama. Tidak terasa suntikannya, begitupula usai divaksin, saya tetap beraktifitas menjalankan tugas", terangnya. 

Dikatakan, vaksinasi ini guna menambah imunitas kekebalan tubuh untuk mencegah terwabahnya Covid-19 khususnya bagi prajurit Wijayakusuma. "Divaksin dosis kedua ini, kami kerahkan seluruh prajurit kami, dengan tujuan agar imun mereka tetap terjaga di masa pandemi Covid-19 ini. Tidak hanya khusus Makorem saja, namun di segenap satuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma", terangnya. 

Disamping itu, kegiatan vaksinasi ini, juga mendukung program komando atas dan pemerintah untuk mendorong percepatan penangulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu juga, sebagai wahana kita mensosialisasikan vaksin kepada masyarakat agar masyarakat tidak takut untuk divaksin, hal ini karena sehat dan tidaknya, mereka yang tahu.

Indomedianewsc- Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., orang pertama yang disuntik vaksin dalam serbuan vaksin Covid-19 dosis kedua, di Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto, Selasa (16/3/2021).

Vaksinasi dosis II guna pencegahan Covid-19 ini, juga diberikan kepada para Prajurit Wijayakusuma, Makorem 071/Wijayakusuma.

Usai divaksin, Kolonel Dwi Lagan mengatakan, vaksin dosis kedua ini, tidak beda dengan vaksin dosis pertama. "Tidak ada bedanya, walaupun dalam vaksin pertama dosisnya 0,5 ml, di dosis yang kedua ini 0,5 ml sama seperti vaksin dosis pertama. Tidak terasa suntikannya, begitupula usai divaksin, saya tetap beraktifitas menjalankan tugas", terangnya. 

Dikatakan, vaksinasi ini guna menambah imunitas kekebalan tubuh untuk mencegah terwabahnya Covid-19 khususnya bagi prajurit Wijayakusuma. "Divaksin dosis kedua ini, kami kerahkan seluruh prajurit kami, dengan tujuan agar imun mereka tetap terjaga di masa pandemi Covid-19 ini. Tidak hanya khusus Makorem saja, namun di segenap satuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma", terangnya. 

Disamping itu, kegiatan vaksinasi ini, juga mendukung program komando atas dan pemerintah untuk mendorong percepatan penangulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu juga, sebagai wahana kita mensosialisasikan vaksin kepada masyarakat agar masyarakat tidak takut untuk divaksin, hal ini karena sehat dan tidaknya, mereka yang tahu.(1b) 

kemanunggalan TNI dengan Rakyat " bersama membangun Negri"

Indomedianewsc– Dalam rangka kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, SE. membuka Komunikasi Sosial (Komsos) TNI dengan komponen masyarakat di Desa Sedonglor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon. Selasa (16/3/2021).

Kegiatan yang bertema “Kita tingkatkan kemanunggalan TNI Rakyat membantu Pemerintah dalam rangka menangani Pandemi Covid 19” acara tersebut dihadiri pula Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkinez Villando Dewangga Kesumawide, S.A.P. , Dandim 0620/Kab Cirebon Letkol Inf Sugir, Wakil Bupati Cirebon, ketua DPRD Kabupaten Cirebon dan unsur muspika, tokoh masyarakat serta undangan lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid- 19.

“Ini sebagai bukti kongkrit dalam rangka memanunggalkan TNI bersama Rakyat dengan melakukan Komsos humanis untuk menjalin kedekatan dengan masyarakat.” ujar Mayjen TNI Madsuni, SE.

Dalam sambutannya Aster Panglima TNI Mayjen Madsuni mengatakan, bahwa kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat merupakan bagian dari metode pembinaan teritorial yang memiliki tujuan terpeliharanya komunikasi dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh adat dan tokoh Pemuda supaya terjalin sinergitas dalam mewujudkan kondisi yang tangguh di era pandemi covid 19.

Diapun menambahkan, melalui program PPKM mikro dan program vaksinasi serta meningkatkan ketahanan pangan (meningkatkan hasil produksi) dimasa pandemi covid 19, melalui Komsos TNI dengan komponen masyarakat pada hari ini.

 ” Mari kita tingkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat membantu pemerintah dalam rangka menangani Pandemi Covid 19.” Ajaknya.

Aster Panglima TNI Mayjen TNI H Madsuni, SE., menegaskan, bahwa komunikasi sosial (Komsos) merupakan sarana efektif untuk menguatkan dan meningkatkan sinergitas hubungan baik antara TNI dengan masyarakat.

 “Upaya memanunggalkan antara TNI dan rakyat harus terus dilakukan untuk menjalin hubungan silaturahmi dengan baik, agar terbentuk kekuatan dan keutuhan kedekatan TNI bersama Rakyatnya,” Tandasnya.

Lebih dari itu, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama sama berperan aktif dalam mendisiplinkan protokol kesehatan dengan 3M dan 3T dan mendukung PPKM skala Mikro di Desa agar mata rantai penyebaran covid 19 cepat terputus.

Setelah meresmikan pembukaan kegiatan tersebut, agenda berikutnya meninjau lokasi kegiatan, yaitu berupa kegiatan fisik berupa pengerasan jalan sepanjang 2 km dengan lebar 3 meter dari Sedonglor hingga ke blok Sibarong Panongan. Dan, kegiatan non fisik seperti komsos, pembagian sembako, serta bela negara diberikan untuk masyarakat sekitar desa Sedong Lor.

"Kami berharap, melalui Komsos ini TNI dapat membangun komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah Desa Sedong Lor Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon lebih maju lagi dan berkembang di segala bidang,” Pungkasnya. ( 1c) 

16 Mar 2021

Revitalisasi pasar harus sesuai aturan


Indomedianewsc-Berdasarkan perda tahun 2015 tentang perijinan, bahwa semua aktipitas pembangunan maupun aktipitas para pedagang. Bahkan para pedagang pasar sudah ada yang membayar dp 30 persen. Salah satu nya pedagang pasar losari kidul yang sudah membayar dp 30 persen adalah sdr diman.

Dijelaskan oleh ketua pembangunan pasar losari kidul kecamatan losari, sesuai dengan perda tahun 2015 tentang perijinan

"bahwa pihak PT dwi karya prima jaya jangan menerima dp dari pedagang sebelum keluarnya IMB ,semua aktipitas yang di lakukan PT dwi karya prima jaya harus tertib administrasi dahulu,  sebelum adanya IMB turun"ujar arif.

Persoalan muncul di tempat  penampungan sementara (Tps)  salah satunya pihak pedagang banyak yang sudah membayar dp10 persen , untuk pedagang pasar yang telah memesan kios sudah membayar 13.700,000( Dp 10 persen)  ,sedangkan untuk los para pedagang  sudah membayar 4.100.000(dp  10 persen). Bahkan para pedagang sudah ada yang membayar 20 persen,  bahkan PT dwi karya prima jaya meminta lagi iyuran lagi ke pedagang pasar. Seharusnya PT dwi karya prima jaya harus menunggu IMB turun.

Ditambahkan pula pihak PT dwi karya prima jaya tidak transparan kepada pemdes losari kidul dan panitia pasar losari kidul tentang jumlah pedagang yang sudah masuk dan sudah membayar dp 10 persen, data pedagang tersebut belum di berikan ke pihak desa dan panitia pasar losari kidul.menurut undang undang keterbukaan informasi seharusnya pihak perusahaan  transparan ke pihak pemdes dan panitia pasar pembanganunan pasar losari kidul.tutur syamsul arif ketua pembangunan pasar losari kidul.

Sedangkangkan menurut diman, salah seorang pedagang, bahwa dirinya sudah membayar dp 20 persen, yang anehnya bagi pedagang pasar kenapa  setelah bayar dp 30 persen , adanya pungutan dari pihak perusahaan ke pedagang ,
Diman mencoba menayakan kepada pihak pemdes losari kidul dan panitia "mereka tidak tidak tahu".intinya kami pedagang pasar merasa keberatan adanya pungutan  perusahaan  sebelum turunnya IMB imbuhnya.

Sementara itu camat losari Drs muchlas s. Sos bahwa pihak kecamatan losari meminta kepada pihak PT dwi karya prima jaya jangan melakukan aktipitas sebelum turunya IMB, karena akan menyalahi aturan perda tahun 2015 tentang perijinan  (Lis Dd) 

Satgas Yonarmed 6/3 Kostrad Hadiri Rapat Koordinasi Pemerintahan Kabupaten Timur Tengah Utara NTT

Indomedianewsc- Komandan satgas Yonarmed 6/3 Kostrad Mayor Arm Andang Radianto, S.A.P. berpartisipasi dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi NTT, Kegiatan tersebut dijelaskan oleh Komandan Satgas Mayor Arm Andang Radianto, S.A.P.  dalam rilis resminya yang dikeluarkan di Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. Senin (15/3/2021).


Mayor Arm Andang Radianto, S.A.P. menjelaskan bahwa dirinya bersama dengan pemerintah kabupaten Timor Tengah Utara dalam hal ini adalah Para Camat  di daerah wilayah perbatasan membahas tentang antisipasi masuknya Covid ke wilayah TTU mengingat Timor Leste sudah masuk kedalam Zona Hitam Covid-19.

“Kami Satgas Pamtas RI-RDTL sektor Barat telah menggelar Pasukan Pos Batas wilayah TTU sebanyak 13 Pos yang sudah  siap untuk melaksanakan tugas pokonya serta membantu Pemerintahan daerah dalam mencegah Covid,” ungkap Mayor Arm Andang


Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dandim 1618 TTU, Kapolres TTU, Asisten Tatapraja Setda Kabupaten TTU, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten TTU, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten TTU, Kepala Kesbangpol Kabupaten TTU, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja serta Camat Perbatasan RI-RDTL

Pensatgas Arm6 (1b) 

Satgas TNI Yang Bertugas di Perbatasan RI-PNG Dilepas

Indomedianewsc– Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi memimpin upacara pelepasan purna tugas tiga batalyon Satuan Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG di wilayah Korem 172/PWY, bertempat di Satuan Patroli (Satrol) X Jayapura, Kota Jayapura, Senin (15/3).

Tiga Batalyon yang melaksanakan purna tugas tersebut yaitu Yonif Raider 100/PS, Yonif Mekanis Raider 413/BRM dan Yonif 312/KH.

Danrem mengatakan ketiga batalyon penugasan yang melaksanakan purna tugas saat ini telah melaksanakan tugas kurang lebih 9 bulan dan sudah waktunya untuk diganti dengan satuan tugas yang baru.

“Untuk penggantinya dari Yonif Mekanis 512/QY, Yonif 131/BRS dan Yonif 403/WP sudah tiba beberapa hari yang lalu dan sudah secara resmi diterima oleh Kolakops Korem 172/PWY”, ujar Danrem.

Kinerja yang ditunjukkan oleh tiga batalyon yang melaksanakan purna tugas, menurut izak secara umum memuaskan.

“Untuk tiga batalyon ini secara umum mereka telah melaksanakan tugas dengan berhasil dengan indikator sampai hari ini tidak ada gejolak sosial di tempat mereka bertugas dan masyarakat merasa terbantu dengan keberadaan mereka,” tuturnya.

Keberhasilan itu juga ditunjukkan dengan tetap terjaganya kondisi keamanan di daerah perbatasan RI-PNG. 

“Pihak-pihak yang tadinya mengganggu keamanan, saat ini sudah sepakat untuk menjaga keamanan bersama-sama, ditandai dengan sampai hari ini tidak ada darah yang menetes di perbatasan, semua permasalahan – permasalahan kita selesaikan dengan baik”, papar Izak.

Adapun prestasi lain yang lebih membanggakan, ujar Izak, yakni keberhasilan merebut hati rakyat sehingga dengan sukarela dan tanpa paksaan menyerahkan senjata, baik senjata rakitan maupun senjata standar.

“Untuk itu saya berharap agar satgas yang baru akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh tiga satgas ini yaitu melanjutkan pendekatan-pendekatan humanis yang telah dilakukan dan kedepan kita akan tingkatkan sehingga lebih berdaya guna dan berhasil guna”, harap Izak. (1b) 

15 Mar 2021

Aster Panglima TNI kunjungi Desa Buntet " dalam rangka pelaksanaan PPKM mikro"

Indomedianewsc -Upaya penanganan dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi covid -19 terus digalakan oleh berbagai pihak, tidak terkecuali Tentara Nasional Indonesia. 
Hal ini terbukti dari adanya kunjungan Aster TNI.Mayjen Madsuni. SE,  bersama rombongan di Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Senin, 15/03/2021.
Selain Aster,  hadir pula dalam acara penerapan PPKM sekala mikro,  Kapuspen TNI,  Mayjen Tugas Ratmono,  Danrem 063/SGJ ,Kolonel infantri Elkines,  Dandim 0620 Kab Cirebon,  Letkol Inf Sugir, Danramil 2011 Astanajapura, Kapten Arh Jumatsyah beserta Rombongan dan unsur muspika Astanajapura.

Dalam kunjungannya,  Aster Panglima TNI, Mayjen Madsuni, memberikan apresiasi kepada pihak Pemdes Buntet dalam melaksanakan PPKM sekala mikro, baik dalam menerapkan prokes maupun ketersediaan sarana atau fasilitas dalam melaksanakan penanggulangan jika terdapat masyarakat yang terkonfirmasi corona, baik dalam ketersediaan ruang isolasi mandiri maupun kelengkapan prokes lainnya termasuk pemaksimalan satgas Desa yang melibatkan seluruh unsur hingga ke tingkat RT/RW.
Dalam penuturannya, Kuwu Desa Buntet, Edi Suhaedi, menjelaskan, bahwa dengan adanya kunjungan yang dilakukan unsur  Mabes TNI dalam hal ini Aster beserta rombongan, diharapkan akan mampu meningkatkan motifasi dalam penanganan pandemi covid -19

" kunjungan Aster Panglima TNI ini tentunya bisa dijadikan sebagai motifasi kami dalam melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi covid -19. Beliau mengamanatkan bagi kami untuk terus berupaya semaksimalmungkin dalam penangan corona yang hingga saat ini belum berakhir,  dan kami dari pihak pemdes telah berusaha dan akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk bagaimana caranya agar warga kami tetap sehat dan tidak ada yang terkena corona, kami tetap berupaya untuk melaksanakan prokes,  seperti melaksanakan 5M dan menyediakan dua ruang isolasi mandiri,  salah satunya di salah satu ruangan yang ada di kantor Desa dan satunya kami menyewa salah satu rumah untuk dijadikan ruang isolasi, harapan kami apa yang telah dilakukan bisa membuahkan sesuatu yang terbaik,  saya selaku kuwu hanya berpesan kepada semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan yang paling utama adalah berdoa dan memohon kepada Allah SWT " tutur Edi. (1c)