25 Feb 2021

wisata Cikuya "salah satu keAgungan Sang Maha Pencipta"

Indomedianewsc -Destinasi wisata di kabupaten Cirebon yang terdampak Corona salah satunya adalah wisata konservasi Cikuya yang berada di Desa Belawa,  Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. 

Wisata Cikuya merupakan aset wisata yang tidak saja menghadirkan keberadaan kura kura langka, namun penuh dengan hostori sejarah yang memperlihatkan kekuasaan Tuhan. 

Dalam sejarah singkatnya, belawa berasal dari babad perjalanan seorang Anak Manusia yang senantiasa mendapat cemoohan dari orang lain karena keadaan wajahnya yang berwarna putih dan belahan lainnya berwarna gelap. Pemuda tersebut bernama Jaka Saliwah. 
Karena keadaannya yang selalu menjadi bahan cemoohan, akhirnya Orangtua jaka saliwah mencari orang sakti, dan singkat ceritra bertemulah dengan seorang yang dianggap sakti, bernama Syekh Datuk putih. 

Hingga pada suatu saat Jaka Sawilah diberi wejangan oleh syekh datuk putih untuk menerima kenyataan dengan ikhlas,sering berdoa, rajin membaca Ayat suci Al-qur'an, sering melaksanakan solat qiyamul lail, rajin berpuasa dan berzikirlah diatas pelataran batu dekat sumur kecil dipinggir kolam yang insuaAllah akan memberikannya kesembuhan. 

Namun karena setelah berhari hari bahkan berminggu minggu belum juga sembuh, Jaka Saliwah merasa putus asa dan kecewa, hingga membuat dirinya khilaf dan menyobek lembaran lembaran kitab suci Al-qur'an lalu dilemparkannya kedalam kolam yang airnya sangat jernih. 

Setelahnya Jaka Sawilah berniat untuk meninggalkan tempat tersebut dan kembali ke kampung halamannya. 
Namun baru sejenak menegakan dirinya, Jaka Sawilah merasa heran, bahwa tidak ada satupun lembaran lembaran sobekan Al-qur'an yang dibuangnya kedalam kolam. Justru didalam kolam tersebut banyak terlihat hewan kecil berenang riang gembira hingga membuat jaka sawilah merasa heran dan takjub. 

Ia mengira bahwa hewan hewan kecil tersebut berasal dari sobekan kitab suci Al-qur'an yang dibuangnya kedalam kolam. Hingga jaka sawilah memberi nama hewan hewan tersebut kura Kura. 

Setelah menatap hewan hewan kecil tersebut, lalu Jaka Sawilah berdiri dan memandang wajahnya di Air kolam  saat itu tersenntaklah Jaka Sawilah karena wajahnya sudah tidak dua warna lagi Kini wajahnya sudah sembuh dan normal seperti orang lain. 
Tempat tersebut kemudian diberinya nama Cikuya  ,hingga saat ini Daerah tersebut diberinama Cikuya, Desa Belawa. 

Sebelum adanya corona, tempat tersebut selalu dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai Daerah, namun saat ini hanya beberapa pengunjung saja yang datang ke wisata cikuya. (1c) 


0 $type={blogger}: