28 Feb 2021

Pemdes Tegal Karang "gelar Musdesus"

Indomedianewsc -Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, pada Pasal 39 ayat (1) disebutkan bahwa Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT Dana Desa

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintahan Desa Tegal Karang  mengadakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) dengan agenda Validasi, Finalisasi, dan Penetapan Data Rumah Tangga Calon Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun 2021, Sabtu malam (27-02-2021).

Musdesus yang diselenggarakan di Balai Desa Tegal Karang ini dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Ketua PKK, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Lokal Desa, serta unsur lain yang terkait di desa.

Musdesus ini mengacu pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 222/PMK.07/2020 tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021

 Surat Edaran Menteri Desa PDTT Nomor 17 Tahun 2020 tentang Percepatan Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, dan Pedoman Penyaluran Dana Desa Tahun 2021  tentang Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2021.

Juhari BPD Mengatakan ," Alhamdulillah ,Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap agenda di atas, seluruh peserta musdesus menyetujui serta memutuskan data rumah tangga penerima BLT-DD tahun 2021 sebanyak 120 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Adapun besaran BLT-DD yaitu Rp. 300.000,- per KPM yang akan disalurkan selama 12 bulan terhitung dari bulan Januari hingga Desember 2021.Tahap satu langsung diberikan Sekaligus Lima bulan ,Tahap Ke 2 , (5 bulan ),tahap ke 3 sekaligus 2 bulan,"papar Juhari

Yoris menambahkan,"Oleh karena itu, beberapa kegiatan yang pendanaannya bersumber dari Dana Desa, seperti kegiatan fisik hingga pemberdayaan dikurangi guna menyediakan anggaran BLT-DD ini,"katanya

 Bhabinkamtibmas Desa Tegalkarang Bripka Suharto Anggota Polsek Gempol mengatakan Kepada awak Media,"Alhamdulillah Dalam  Musdesus Desa Tegal Karang Ini berjalan Kondusif Hingga Akhir Rapat ,"Pungkas nya (Pg 1c) 

Kontak Tembak TNI Dengan KSB Di Hitadipa, 1 KSB Tewas.

Indomedianewac -Kontak tembak prajurit TNI dengan KSB (Kelompok Sipil Bersenjata) kembali terjadi pada Minggu dinihari sekitar pukul 00.15 WIT, di distrik Hitadipa kabupaten Intan Jaya - Papua (28/2/2021) 

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan kejadian ini menunjukan bahwa KSB terus aktif mengganggu pos dan aktivitas TNI termasuk ditengah malam.

Menurut Kapen kejadian ini terjadi saat perpindahan pasukan dimana 2  orang KSB menembak dari arah belakang sehingga terjadi kontak tembak. "1 orang berhasil dilumpuhkan sedangkan 1 orang lagi lari meninggalkan temannya sambil membawa senjata dan dari pihak TNI tidak ada korban" ujar Kapen Kogabwilhan III.

Lebih lanjut Kapen mengatakan bahwa aksi mereka selalu seperti itu, "yang selamat selalu membawa kabur senjata temannya dan di posting di media sosial, bahwa korban adalah warga sipil dan motifnya selalu begitu"ungkap Kapen.

Pagi ini korban sudah diserahkan kepada tokoh masyarakat kp Titigi, saat ditanya korban dari kelompok siapa, Kapen Kogabwilhan III mengatakan bahwa hal ini sedang didalami karena tidak ada identitas dan tidak dikenal oleh masyarakat kp Titigi.

"Ini menambahkan keyakinan bahwa yang bersangkutan adalah dari KSB, selain tak dikenal warga dilokasi kejadian, tidak mungkin warga yang baik menembaki pergerakan aparat TNI di tengah malam" pungkas Kolonel Czi IGN Suriastawa.(***)

Indomedianewsc -Kontak tembak prajurit TNI dengan KSB (Kelompok Sipil Bersenjata) kembali terjadi pada Minggu dinihari sekitar pukul 00.15 WIT, di distrik Hitadipa kabupaten Intan Jaya - Papua (28/2/2021) 

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan kejadian ini menunjukan bahwa KSB terus aktif mengganggu pos dan aktivitas TNI termasuk ditengah malam.

Menurut Kapen kejadian ini terjadi saat perpindahan pasukan dimana 2  orang KSB menembak dari arah belakang sehingga terjadi kontak tembak. "1 orang berhasil dilumpuhkan sedangkan 1 orang lagi lari meninggalkan temannya sambil membawa senjata dan dari pihak TNI tidak ada korban" ujar Kapen Kogabwilhan III.

Lebih lanjut Kapen mengatakan bahwa aksi mereka selalu seperti itu, "yang selamat selalu membawa kabur senjata temannya dan di posting di media sosial, bahwa korban adalah warga sipil dan motifnya selalu begitu"ungkap Kapen.

Pagi ini korban sudah diserahkan kepada tokoh masyarakat kp Titigi, saat ditanya korban dari kelompok siapa, Kapen Kogabwilhan III mengatakan bahwa hal ini sedang didalami karena tidak ada identitas dan tidak dikenal oleh masyarakat kp Titigi.

"Ini menambahkan keyakinan bahwa yang bersangkutan adalah dari KSB, selain tak dikenal warga dilokasi kejadian, tidak mungkin warga yang baik menembaki pergerakan aparat TNI di tengah malam" pungkas Kolonel Czi IGN Suriastawa.(1b) 

27 Feb 2021

Pembangunan Pos Kamling capai 35%, Danramil pimpin langsung anggotanya

Indomedianewsc - Pelaksanaan pengerjaan Pra TMMD yang di laksanakan oleh Kodim 0604/KRW masih berlangsung. Diantara sasaran fisik yang terus dikerjakan sampai dengan hari ini adalah pelaksanaan pembangunan pos kamling, Jumat (26/2/2021)


Keamanan lingkungan merupakan tugas seluruh warga masyarakat, dengan hidup aman dan damai kerukunan antar warga akan semakin meningkat dan akan terus terjaga. 

Wilayah yang akan menjadi lokasi TMMD ke 110 TA. 2021 akan berlangsung di Desa Sedari Kec. Cibuayah Kab. Karawang yang merupakan wilayah yang langsung berbatasan dengan pantai utara dimana banyak kapal kapal yang melintas. 

Sebagaimana didaerah lain yang berada di garis pantai tindak kejahatan pasti sering terjadi, sehingga Kodim 0604/KRW dan Pemda Kab. Karawang sebagai pelaksana kegiatan TMMD ke 110 membangun Pos Keamanan lingkungan yang sedang didirikan di dusun Tirtasari Rt/Rw 04/01 Kecamatan Cibuaya kab. Karawang. 

Kapenrem 063/SGJ L, Mayor Inf U.S.Karlan lewat keterangan melalui sambungan telepon menyampaikan bahwa Danramil 0405/Pedes Kapten Inf Ade Sudarya memimpin langsung anggotanya yang sedang melaksanakan kegiatan pembangunan Poskamling di dusun Tirtasari Rt/Rw 04/01 Kecamatan Cibuaya kab. Karawang. 

Lebih lanjut Kapenrem menambahkan bahwa pembangunan pos kamling tersebut sedang Pengerjaan Pengecoran sloop bawah,dan samping 4 Tihang , pengecoran atas, pemasangan Kayu atas yang keseluruhan sudah mencapai 35 % (penrem063/1b)

26 Feb 2021

Pangdam III/Siliwangi Hadiri Pelantikan Lima Kepala Daerah di Bandung

Indomedianewsc - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, hadiri pelantikan lima Bupati dan Wali Kota di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Jumat (26/2/2021).

Untuk nama-nama kepala daerah yang dilantik diantaranya Bupati Kawarang Ceillica Nurrachadiana, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, Bupati Indramayu Nina Agustina, dan Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim.

Kemudian, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan, Wali Kota Depok Mohammad Idris, dan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono.

Ke lima kepala daerah tersebut, di lantik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada prosesi pelantikan Gubernur membacakan surat keputusan Mentri Dalam Negri.

Seusai melantik, Gubernur juga memberikan pesan kepada para kepala daerah yang baru dilantik diantaranya terkait dengan integritas. Menurut dia, setelah dilantik bakal banyak godaan silih berganti.

Untuk memperkuat integritas, diperlukan penguatan niat bahwa menjadi pemimpin merupakan amanah untuk memberi manfaat kepada masyarakat.

Ridwan Kamil pun berharap, untuk integritas tak hanya muncul dalam diri para pimpinan tapi juga diwujudkan melalui birokrasi ketika bertugas. (Pendam III/Siliwangi/1b)

Akibat Jebolnya Tanggul Sungai Cimanis“ Kuwu Japura Lor langsung Cek Lokasi “

Indomedianewsc - Melintasi jalan yang penuh lumpur dan dan rimbunnya Ilalang yang tinggi menjulang, ditambah lagi gigitan nyamuk laut yang menyengat, Kuwu Desa Japura Lor, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, beserta Bhabinsa dan Babinkamtibmas termasuk Perangkat Desa setempat, pada Jum’at 26/02/2021 melakukan tinjauan langsung keberadaan tanggul yang jebol akibat terjangan air sungai cimanis yang sangat deras.
Saat melaksanakan pemantauan dilokasi jebolnya tanggul yang terletak di Blok Kliwon Desa Japura Lor, Kuwu Mulyadi yang akrab disapa MJ menuturkan
“ jebolnya tanggul tersebut salah satu penyebabnya adalah akibat derasnya hujan yang turun pada Kamis malam sampai  menjelang pagi, hingga akhirnya debit air yang melintasi sungai cimanis sangat deras dan berakibat pada jebolnya tanggul karena tidak kuat menahan derasnya  aliran air “ ujarnya.
Ditengah kondisi kesehatannya yang sedang dalam tahap pengobatan,( Kuwu Mulyadi-Red ) beserta jajaran Perangkat Desa yang dibantu oleh Anggota TNI/Polri , berusaha untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara mengecek langsung dilapangan dan mencari solusi terbaik.
“ Secara Administrasi, Tanggul ini masuk kewilayah Desa Japura Lor, namun jika dilihat dari keberadaannya  bilamana terjadi luapan air yang lebih tinggi, maka dampak yang lebih besar akan dirasakan oleh Masyarakat atau Warga Desa Astana mukti, karena memang posisinya lebih dekat dengan Desa Astanamukti, sementara  Desa kami sangat jauh posisinya, bahkan mungkin tidak akan merasakan dampaknya, namun demikian, karena Tanggul tersebut masuk dalam wilayah Kami, walau bagaimanapun, saya sebagai Kuwu harus mementingkan semua pihak, termasuk para petani yang mau tidak mau akibat adanya tanggul yang jebol tersebut, mengakibatkan puluhan hektar lahan pertanian terendam banjir, dan ini adalah musibah yang diluar keinginan kita, jadi langkah bijak yang harus kita lakukan diantaranya tidak saling mencari kesalahan namun bagaimana caranya agar Tanggul tersebut segera bisa diperbaiki , dan saya akan berusaha semaksimal mungkin yang tentunmya berkomunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar luapan air tidak mengakibatkan banjir yang tentunya akan merugikan semua pihak “ pungkas Mulyadi.  (1c)

(IKBPS) “Mendukung Otsus Papua Tetap Dilanjutkan "

Indomedianewsc -Pada hari Kamis (25/02/2021) pukul 15.55 WIB telah berlangsung kegiatan pernyataan sikap yang dilakukan oleh Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) dengan tajuk “Mendukung Otsus Papua Tetap Dilanjutkan Guna Percepatan Pembangunan & Kesejahteraan Masyarakat Papua” bertempat di Restoran Ayam Bakar Primarasa, Jl. Ahmad Yani Kec. Gayungan Surabaya.

Pernyataan sikap disampaikan oleh Ketua IKBPS Sdr. Drs. Peter Frans Rumaseb, AP. Dalam rangka mendukung Program Pemerintah tentang Keberlanjutan Otonomi Khusus Papua.

“Kami dairi keluarga besar Papua Surabaya mendukung penuh program pemerintah terkait keberlanjutan otsus papua” tegasnya.

Dalam pernyataan sikap tersebut, peter didampingi beberapa pengurus lainnya. Berikut Pernyataan Sikap Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) dalam rangka mendukung keberlanjutan Otsus Papua.

1. Mendukung Keberlanjutan Pelaksanaan Otonomi Khusus Papua Dalam Rangka Percepatan Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat di Papua.

2. Keberlanjutan Pelaksanaan Otonomi Khusus Papua Merupakan Program Pemerintah yang Harus Didukung Demi Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian dan Perkembangan Infrastruktur Agar Papua Menjadi Provinsi Yang Maju Dan Setara Dengan Daerah-Daerah Lain di Indonesia.

3. Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Papua Agar Akuntabel dan Transparan Dalam Mengelola Penggunaan Dana Otonomi Khusus Papua Berkelanjutan Khususnya Pendidikan dan Kesehatan Untuk Anak-anak Papua Serta Anak-anak Papua yang Ada Diperantauan.

4. Mendorong Pemerintah Untuk Segera Mengaudit Program Otonomi Khusus yang Sudah Berjalan Agar Masyarakat Papua Dapat Mengetahui Penggunaan Dananya Apakah Tepat Sasaran atau Tidak Karena Program Otonomi Khusus yang Sudah Berjalan Hanya Dirasakan Oleh Orang-orang Tertentu Saja.

5. Mendesak Pemerintah Agar Membentuk Lembaga Independen Untuk Pendampingan dan Pengawasan Program Otonomi Khusus Berkelanjutan Agar Penyalurannya Benar-Benar Tepat Sasaran. (1b) 

Sehat Bugar, Jaga Imunitas Prajurit Wijayakusuma

Indomedianewsc- Prajurit Wijayakusuma Korem 071/Wijayakusuma selain dituntut keprofesionalannya dalam menjalankan tugas pokoknya sebagai prajurit TNI, juga dituntut sehat dan bugar sebagai pendukung pelaksanaan tugas.

"Pembinaan fisik prajurit Wijayakusuma Korem 071/Wijayakusuma ini, dilaksanakan dalam setiap harinya minimal 1 jam dengan melaksanakan pembinaan fisik berupa aerobik, joging, tenis lapangan maupun fitnes", terang Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., Kamis (25/2/2021) di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

Dijelaskan orang nomor satu di Korem 071/Wijayakusuma, sesuai dengan yang disampaikan Kasad dalam salah satu kebijakannya pada Rapim TNI AD yang lalu, setiap satuan agar selalu membudayakan olahraga sebagai kebutuhan prajurit dan PNS guna untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan prajurit dan PNS.

Kolonel Dwi Lagan juga mengutarakan bahwa kegiatan fisik di Korem 071/Wijayakusuma beserta jajarannya, telah dilaksanakan sesuai program di satuan masing-masing. "Dalam kegiatan pembinaan fisik prajurit dan PNS, kami selalu menekankan kepada segenap prajurit dan PNS untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatannya dengan berolahraga, minimal 1 jam setiap hari. Dengan tujuan agar kondisi fisik dan kesehatannya selalu fit dan bugar, karena dengan seperti itu akan mendukung tugas sebagai prajurit dan PNS", ujarnya. 

"Pembinaan fisik di Makorem 071/Wijayakusuma sendiri, kami pergunakan aplikasi Strava sebagai wahana untuk mengukur kemampuan masing-masing. Sehat tidaknya kita, kita sendiri yang tahu. Karenanya, minimal 1 jam lakukan olahraga", paparnya.

Danrem juga mengungkapkan bahwa selain olahraga dilaksanakan dalam setiap harinya, juga dalam waktu dua minggu sekali, prajurit dan PNS Korem 071/Wijayakusuma melakukan bersepeda/gowes bersama, yang bertujuan melatih kemampuan dan kebugarannya serta sebagai wahana kita memantau wilayah. "Gowes tidak hanya kita lakukan dalam satuan ataupun dalam satu wilayah saja, namun kita lakukan keluar wilayah sebagai wahana menjaga fisik, mengolahragakan prajurit dan PNS di masa pandemi ini sebagai bekal menjaga imunitas tubuh kita, dan juga sebagai wahana kita untuk memantau wilayah khususnya dalam rangka PPKM Mikro di masa pandemi Covid-19 ini", pungkasnya.(1b) 

25 Feb 2021

Kabupaten Mamberamo Raya Terima 672 Vaksin Covid-19, Penyimpanan Dijaga Ketat TNI-Polri



Indomedianewsc  – Rabu (24/2), Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Raya yang di wakili oleh Kepala Seksi SDK Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Raya  menerima  672 Dosis Vaksin Sinovac dari pemerintah pusat yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, TNI dan Polri Juga warga masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Raya, diwakili oleh Kepala Seksi SDK Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Raya Ibu Ratnawati, SKM., mengatakan saat ini vaksin dari pemerintah pusat telah tiba di Kabupaten Mamberamo dengan menggunakan kapal KM. Cantika Lestari 77 sebanyak 672 dosis.

Untuk penyimpanan vaksin yang telah diterima, pihaknya telah menyediakan gudang P2P Dinkes Mamberamo Raya untuk menyimpan vaksin sementara dan akan dijaga ketat oleh pihak TNI-Polri, sebelum digunakan dan diedarkan ke Puskesmas-Puskesmas.

“Sedangkan untuk pelaksanaan vaksin, kita telah menyiapkan petugas vaksinator dan fasilitator yang sudah dilatih untuk memberikan vaksin kepada tenaga kesehatan, TNI-Polri dan juga warga masyarakat di Kabupaten Mamberamo Raya”, ujarnya.

Kapolres Mamberamo Raya AKBP Hotman Hutabarat mengatakan pihaknya menyiapkan petugas keamanan dari  Polres Mamberamo Raya dan juga dibackup oleh TNI yang masing-masing tiga personel dengan sistem kerja dua ship dalam satu hari untuk pengamanan vaksin.

Sementara itu, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1712/Sarmi, Kapten Inf Ahmad mengatakan, bahwa pihaknya juga siap untuk membantu pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya, dan Polri untuk menjaga keamanan di gedung P2P tempat penyimpanan vaksin untuk tenaga kesehatan di Mamberamo Raya.

“Kami siap membantu Polri dalam menjaga keamanan saat vaksin sudah berada di Gudang P2P di Kabupaten Mamberamo Raya. Dan kita siap mengerahkan personel untuk menjaga tempat penyimpanan vaksin di Dinas Kesehatan ini dengan berkoordinasi bersama Polri,” ujarnya(1c)

Peduli dengan kondisi kesehatan masyarakat, satgas pamrahwan Yonif 756/WMS kembali menggelar kegiatan pengobatan keliling

Indomedianewsc  Peduli dengan kondisi kesehatan masyarakat, satgas pamrahwan Yonif 756/WMS yang berada dibawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW kembali menggelar kegiatan bakti sosial berupa pengobatan keliling pada masyarakat kampung Beanekogom Tsinga Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika, Rabu 24/02/2021

Hal tersebut seperti diungkapkan Dansatgas pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea bahwa kegiatan pengobatan masyarakat sudah merupakan suatu kegiatan rutin, yang dilakukan secara terus menerus dengan tujuan untuk dapat memastikan kondisi kesehatan masyarakat dan juga membantu kesulitan yang mereka hadapi. Disamping itu kegiatan tersebut juga merupakan salah satu bentuk upaya nyata TNI dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Program bakti sosial kesehatan ini, sudah merupakan komitmen dari kami satgas pamrahwan Yonif 756/WMS dalam memberikan perhatian bagi pelayanan dibidang kesehatan masyarakat, terlebih khusus bagi mereka yang berada di daerah-daerah pedalaman. Pada tiap kesempatan, kami selalu tekankan pada semua jajaran pos agar selalu menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Lakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, dan bersentuhan langsung dengan kebutuhan orang banyak sehingga keberadaan kita di pos-pos penugasan memiliki nilai dan arti yang bermanfaat bagi mereka. Dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat sosial dengan membantu sesama, jangan dilakukan dengan keterpaksaan namun hatus dilandasi dengan niat yang tulus dibarengi dengan kerelaan dan keikhlasan hati. Hal tersebut harus dijadikan landasan awal dalam membantu sesama karena pada dasarnya kita semua sama dan kita semua bersaudara. Jika sebelumnya kegiatan pengobatan seperti ini sudah kami gelar dibeberapa pos jajaran, maka untuk saat ini kegiatan kami gelar dikampung Beanekogom Tsinga,"kata Dansatgas

Lebih lanjut dikatakannya bahwa dirinya berharap,  dengan adanya kegiatan-kegiatan positif seperti ini akan semakin mempererat hubungan yang baik dan harmonis antara pos satgas dengan masyarakat sekitar yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Terus jaga dan pelihara hubungan tersebut, jangan pernah berbuat sesuatu hal yang dapat menyakiti hati masyarakat, karena keberhasilan maupun kesuksesan dalam pelaksanaan tugas, faktor partisipasi dan dukungan masyarakat sekitar akan sangat berpengaruh di dalamnya,"tegas Mayor Marolop

Sementara itu Danpos Tsinga Letda Inf Riyanto yang memimpin kegiatan pengobatan tersebut mengatakan bahwa pengobatan keliling pada masyarakat Beanekogom bertujuan untuk membantu masyarakat dalam hal kesehatan, yang meliputi pengobatan penyakit ringan, konsultasi seputar kesehatan serta cara hidup dengan lingkungan yang sehat. Kegiatan tersebut disambut baik masyarakat kampung Beanekogom karena dirasakan sangat membantu kehidupan mereka dari segi pelayanan kesehatan,"kata Riyanto

Bapak Abdon Nenotek salah seorang masyarakat yang sakit dan diobati oleh personel pos Tsinga mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi terhadap kegiatan bakti sosial pengobatan keliling yang digelar pos Tsinga satgas Yonif 756/WMS karena kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan layanan kesehatan

"Kami masyarakat kampung Beanekogom Tsinga sangat berterima kasih pada bapak-bapak TNI pos Tsinga satgas Yonif 756/WMS yang sudah mendatangi kami dari rumah ke rumah dan memberikan pelayanan pengobatan bagi kami masyarakat yang sakit dan juga mengajarkan kami bagaimana cara berlaku hidup yang sehat dengan jalan menjaga kebersihan lingkungan. Kami berharap kegiatan seperti ini tidak berhenti sampai disini saja namun dapat terus dilakukan secara rutin sehingga kesulitan yang dihadapi masyarakat dapat terbantu dengan kegiatan seperti ini,"harap Bapak Abdon(1b)

Program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara

Indomedianewsc-Program TMMD itu secara umum dalam UU TNI diartikan sebagai membantu tugas pemerintahan di daerah, yakni bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya (dalam hal ini TNI bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama seluruh jajarannya) secara sinergi dan berkesinambungan. 

Seperti halnya di laksanakan oleh satuan Korem 063/SGJ untuk TMMD ke 110 TA. 2021 Kodim 0604/Karawang yang melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 TA 2021, Program ini berupa akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana bertempat di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang Demikian yang di Sampaikan Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P Melalui Kapenrem 063/SGJ  Mayor Inf U.S Karlan S. H di sela Kesibukannya di Kantor Penrem 063/SGJ Jalan Brigjend Darsono By Pas Kota Cirebon, Kamis ( 25-2-2021). 

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P Melalui Kapenrem 063/SGJ  Mayor Inf U.S Karlan S. H menambahkan Program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan. TNI Angkatan Darat bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia bersama seluruh jajarannya. Selain itu, kerjasama dilakukan dengan Bappeda Provinsi, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi (BPMPDP) serta Pemerintah Daerah atau Kabupaten/Kota. 

Mayor Inf U.S Karlan S. H juga menyampaikan TMMD sebagai bentuk pengabdian demi terwujudnya pertahanan negara di daerah tangguh, juga merupakan upaya TNI untuk berkontribusi melestarikan sejarah terutama nilai kemanunggalan TNI-Rakyat. Secara Substansial, TMMD dapat dipandang sebagai tesis keterlibatan TNI dalam pembangunan pedesaan, sedangkan dari sisi formula, TMMD menjadi lompatan metodologi pembangunan yang mengacu pada kesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektor fungsi dari beberapa instansi/lembaga.(penrem063/1c)

wisata Cikuya "salah satu keAgungan Sang Maha Pencipta"

Indomedianewsc -Destinasi wisata di kabupaten Cirebon yang terdampak Corona salah satunya adalah wisata konservasi Cikuya yang berada di Desa Belawa,  Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. 

Wisata Cikuya merupakan aset wisata yang tidak saja menghadirkan keberadaan kura kura langka, namun penuh dengan hostori sejarah yang memperlihatkan kekuasaan Tuhan. 

Dalam sejarah singkatnya, belawa berasal dari babad perjalanan seorang Anak Manusia yang senantiasa mendapat cemoohan dari orang lain karena keadaan wajahnya yang berwarna putih dan belahan lainnya berwarna gelap. Pemuda tersebut bernama Jaka Saliwah. 
Karena keadaannya yang selalu menjadi bahan cemoohan, akhirnya Orangtua jaka saliwah mencari orang sakti, dan singkat ceritra bertemulah dengan seorang yang dianggap sakti, bernama Syekh Datuk putih. 

Hingga pada suatu saat Jaka Sawilah diberi wejangan oleh syekh datuk putih untuk menerima kenyataan dengan ikhlas,sering berdoa, rajin membaca Ayat suci Al-qur'an, sering melaksanakan solat qiyamul lail, rajin berpuasa dan berzikirlah diatas pelataran batu dekat sumur kecil dipinggir kolam yang insuaAllah akan memberikannya kesembuhan. 

Namun karena setelah berhari hari bahkan berminggu minggu belum juga sembuh, Jaka Saliwah merasa putus asa dan kecewa, hingga membuat dirinya khilaf dan menyobek lembaran lembaran kitab suci Al-qur'an lalu dilemparkannya kedalam kolam yang airnya sangat jernih. 

Setelahnya Jaka Sawilah berniat untuk meninggalkan tempat tersebut dan kembali ke kampung halamannya. 
Namun baru sejenak menegakan dirinya, Jaka Sawilah merasa heran, bahwa tidak ada satupun lembaran lembaran sobekan Al-qur'an yang dibuangnya kedalam kolam. Justru didalam kolam tersebut banyak terlihat hewan kecil berenang riang gembira hingga membuat jaka sawilah merasa heran dan takjub. 

Ia mengira bahwa hewan hewan kecil tersebut berasal dari sobekan kitab suci Al-qur'an yang dibuangnya kedalam kolam. Hingga jaka sawilah memberi nama hewan hewan tersebut kura Kura. 

Setelah menatap hewan hewan kecil tersebut, lalu Jaka Sawilah berdiri dan memandang wajahnya di Air kolam  saat itu tersenntaklah Jaka Sawilah karena wajahnya sudah tidak dua warna lagi Kini wajahnya sudah sembuh dan normal seperti orang lain. 
Tempat tersebut kemudian diberinya nama Cikuya  ,hingga saat ini Daerah tersebut diberinama Cikuya, Desa Belawa. 

Sebelum adanya corona, tempat tersebut selalu dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai Daerah, namun saat ini hanya beberapa pengunjung saja yang datang ke wisata cikuya. (1c) 


24 Feb 2021

Kapenrem : Pos Kamling akan jadi pusat kegiatan warga dan Babinsa

Indomedianewsc - Keamanan dan ketertiban di wilayab Kec Cibuaya merupakan tanggung jawab bersama. Hal ini di tunjukan dari warga masyarakat untuk membuat Poskamling pada kegiatan Pra TMMD ke 110, Rabu (24/2/2021) 

Serda Aco Karso angggot Koramil 0405/Pedes melaksanakan giat membantu  pekerjaan Pra TMMD ke 110 di desa sedari kec. Cibuaya kab. Karawang. Sasaran fisik yang dilaksanakan yaitu pembangunan Pos Kamling di dusun Tirtasari Rt/Rw 04/01 Kecamatan Cibuaya kab. Karawang


Kapenrem 063/SGJ, Mayor Inf U.S.Karlan,S.H dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat wilayah Cibuaya merupakan tugas bersama dengan adanya Pos Kamling akan meningkatkan rasa aman dan kenyamanan bagi warga. 

Lebih lanjut Kapen menyampaikan bahwa hari ini pekerjaan yaitu Pengecoran sloop bawah,dan samping 4 Tihang , pengecoran atas. Diharapkan nanti dengan selesainya Pos Kamling akan menjadi pusat terpadu antar warga dan para Babinsa(penrem063/1c)

Bahu membahu anggota Koramil laksanakan pembangunan dan peningkatan jalan di Cibuaya

Indomedianewsc - Dengan terus melaksanakan pengerjaan untuk kesiapan dalam TMMD ke 110, Anggota Koramil 0408/Telagasari melaksanakan pengerjaan sasaran fisik pada  Pra TMMD ke 110 , Rabu (24/2/2021) 

Pelda Hendra  bersama masyarakat Desa Sedari melaksanakan giat  Pra TMMD ke 110 di desa sedari kec. Cibuaya kab. Karawang. Dengan semangat gotong royong dan keakraban, saling bahu membahu untuk mengerjakan sasaran fisik pada giat TMMD ke 110. 

Kapenrem 063/SGJ, Mayor Inf U.S.Karlan,S.H membenarkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota Koramil 0408/Telagasari melaksanakan Pembangunan peningkatan dan pelebaran badan jalan sepanjang P. 364 m X  L. 1,5 m di dusun Tirtasari Rt/Rw 01/01 Kecamatan Cibuaya kab. Karawang dan Pengerjaan Pengerukan dan penimbunan tanah badan jalan yang dalam pengerjaanya baru mencapai 15 %.  (penrem063/1b)

Diduga Serangan Jantung, Warga Kaligawe Wetan Meninggal Tergeletak di Pinggir Jalan

indomedianewsc Warga Desa Kaligawe Wetan Kecamatan Susukanlebak mendadak di gegerkan dengan ditemukannya sesosok mayat yang tergeletak di pinggir jalan desa setempat menuju jembatan talang gantung Desa Blender Kecamatan Karangwareng. Sosok mayat tersebut pasalnya telah diketahui identitasnya yang tidak lain merupakan warga Desa Kaligawe Wetan Kecamatan Susukanlebak yang tengah rutin melakukan aktivitas olahraga bersepeda. Sosok mayat sendiri pertama kali ditemukan warga yang tengah melintas dijalan Kaligawe Wetan sekitar Pukul 11.15 Wib dan langsung melaporkannya ke pihak pemerintah desa yang tidak jauh dari lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP), Rabu (24/2).

Dilokasi TKP, Kuwu Desa Kaligawe Wetan, Asikin membenarkan jika sosok mayat yang dimaksud merupakan warga masyarakatnya yang terkena serangan jantung ketika tengah melakukan aktifivitas rutin bersepeda, adapun warga atasnama As (65) tersebut konon memiliki pula riwayat sakit Darah Tinggi. Atas adanya laporan dari warga terkait ditemukannya sosok mayat, pemerintah desa pun langsung melaporkan ke Polsek setempat. Selanjutnya pihak kepolisian tiba dan melakukan pengamanan TKP, sedangkan dari pihak Puskesmas Susukanlebak langsung melakukan pengecekan terhadap kondisi korban. 

”Alhamdulillah semua telah tanggap cepat dan kini sudah dibawa oleh pihak keluarga bersama jajaran Polsek Susukanlebak menuju RS Gunungjati Kota Cirebon,” terangnya. (1c) 

TNI Angkatan Darat Gelar Rapat Pimpinan TA.2021

Indomedianewsc – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menggelar Rapim TNI AD TA. 2021 untuk menyampaikan berbagai kebijakan strategis TNI AD di tahun 2021 dalam upaya membangun TNI AD yang adaptif. Acara diselenggarakan di lantai dasar Gedung E, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Selasa (23/2/2021). 

Dalam Rapim yang mengusung tema “Membangun TNI Angkatan Darat yang Adaptif”, seluruh kebijakan strategis TNI AD dalam pelaksanaannya diselaraskan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, sehingga penyampaian evaluasi program kerja dan anggaran TA.2020 maupun program kerja dan anggaran TA.2021 yang telah dilakukan refocusing dan realokasi belanja disusun dengan menyesuaikan kondisi tersebut. 

Rapim TNI AD TA.2021 dihadiri sejumlah 264 pejabat di lingkungan TNI AD baik secara langsung di Mabesad maupun melalui Virtual dari wilayahnya masing-masing. Adapun materi pembahasan pertama tentang evaluasi program kerja TNI AD TA. 2020 yang dibawakan oleh Irjenad, Letjen TNI Benny Susianto, S.I.P., dilanjutkan dengan paparan sesuai bidang masing-masing dari Irjenad dan para Asisten Kasad. 

Sementara itu dalam sambutan sebelum menutup acara, Kasad menekankan kepada para pimpinan TNI AD yang hadir untuk menindaklanjuti semua kebijakan dan penekanan yang telah disampaikan. Menurutnya, itulah esensi dari tema Rapim TNI AD TA. 2021. “Itulah yang kami maksud dengan adaptif. Apa yang kurang, ya terus diperbaiki. Apa yang sudah bagus, pasti masih ada celah untuk ditingkatkan lagi,” terang Andika. 

Selain itu, Kasad juga menyampaikan keprihatinannya atas meningkatnya jumlah kematian prajurit dan PNS TNI AD akibat sakit. Untuk itu, dirinya berharap para komandan satuan dapat terketuk hatinya dan berupaya mencari solusi mengatasi hal ini. Salah satunya dengan meningkatkan kepedulian atas kondisi fisik dan kesehatan anggotanya, serta menggalakkan olahraga di satuannya masing-masing. 

“Tahun 2019 kemarin, kita kehilangan prajurit dan PNS TNI AD sebanyak 385 orang yang disebabkan oleh sakit. Tahun 2020 yang meninggal karena sakit meningkat menjadi 714 orang, hampir dua kali lipat. Oleh karena itu, yang sudah kita lakukan dua tahun terakhir, budaya olahraga setiap hari, lakukan!,” tandasnya. 

Hadir dalam kegiatan di Mabesad diantaranya Koorsahli Kasad, Dankodiklat, Danpuspomad, Danpusterad, Ka RSPAD GS  serta Kaskostrad .(Dispenad 1b) 

Ustaz Adi Hidayat, Akan Umrohkan 30 Prajurit Jajaran Kodam III/Siliwangi

Indomedianewsc- Ustaz Adi Hidayat, Lc., M.A, menyambangi Kodam III/Siliwangi. Kedatangannya di sambut langsung oleh Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A, yang didampingi Kasdam III/Slw, Irdam, para Asisten Kasdam III/Slw dan para Kabalak Kodam III/Slw. Kedatangan Ustaz Adi Hidayat bersama rombongan dalam rangka melakukan silaturahmi, kemaren Selasa (23/2/2021).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Slw menyampaikan bangga dan terimakasihnya atas kehadirannya dalam rangka bersilaturahmi. Menurut Pangdam, bahwa Ustaz Adi Hidayat, Lc., M.A, adalah seorang ulama asal Indonesia yang dapat menguasai isi Kitab Suci Alquran beserta letak barisnya. Selain itu, ia juga menguasai ilmu hadist dan berbagai kitab agama beserta makna dan posisinya.

Pangdam juga berharap, dengan kedatangan untuk bersilaturahmi ke Kodam III/Slw menjadi berkah bagi Kodam dan bagi keluarga besar Kodam III/Slw pada khususnya.

Sedangkan Ustaz Adi Hidayat, saat bersilaturahmi diantaranya menyampaikan tentang dukungan dan memberikan support atas kinerja yang dilakukan oleh Kodam dalam berbagai hal, termasuk dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 yang ada di wilayah Kodam III/Slw.

Menyikapi hal tersebut, menurutnya prajurit saat ini ada digaris depan dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid- 19, sehingga prajurit harus sehat. 

Untuk itu, kata Ustaz Adi Hidayat, pada silaturahmi saat ini selain Doa, Kami menyerahkan sebanyak 2500 box obat herbal yang diberi nama `Rempah PH-7`, isi 10 kapsul dalam satu box termasuk ada penjelasannya cara menggunakannya, hal ini upaya untuk penyembuhan covid-19.

Selain menyerahkan obat herbal secara gratis. Ustaz Adi Hidayat juga dipenghujung silaturahminya berjanji akan memberangkat ibadah Umroh bagi 30 prajurit jajaran Kodam III/Siliwangi.

“Esa Hilang Dua Terbilang, tetap semangat jangan putus asa dan tidak ada yang mustahil, kerjakan sampai tuntas sampai dengan selesai. Cintai Negara Kita, Cintai Bangsa Kita, ini bukan sebuah pengabdian tapi ini sebuah amanah yang mesti kita jaga dengan baik,” pesan Ustaz Adi Hidayat. (Pendam III/Siliwangi 1b) 

23 Feb 2021

Kepengurusan FKKC Baru Dinilai Kurang Efektif

Indomedianewsc.- Melihat komposisi kepengurusan Forum Kuwu Kabupaten Cirebon (FKKC) dibawah kepemimpinan Kuwu Keraton Muali paska dilakukan pengukuhan dinilai kurang efektif dan mempetsempit ruang pengurus FKKC Kecamatan, hal itu disampaikan ketua FKKC Kecamatan Losari Kabupatem Cirebon, Khumaedi, Selasa (23/2).

Menurut Khumaedi, susunan kepengurusan FKKC masa khidmat 2021-2023 dengan jumlah kepengurusan mencapai 70 orang terkesan seperti organisasi atau lembaga independen, padahal yang menjadi catatan adalah sebagai forum kuwu, menurutnya bahwa kuwu adalah seorang pemimpin di desa sehingga jangan dibawa ke ranah sebuah organisasi, selain itu juga dengan adanya kepengurusan gemuk tersebut membuat peran FKKC akan semakin tidak jelas dan peran ketua FKKC kecamatan terkesan tidak ada fungsinya karena semua urusan kegiatan kuwu di Kabupaten Cirebon sudah menjadi kewenangan kepengurusan FKKC yang memiliki seksi berbagai bidang.

"Kesannya kita yang sudah menjadi pemimpin di tingkat desa justru dibawa ke arus sebuah lembaga, apa bedanya dengan kuwu ikut anggota LSM," terangnya.

Khumaedi juga menyikapi adanya posisi wakil ketua FKKC membuat kesan sia-sia adanya pemilihan ketua FKKC dalam musyawarah besar (mubes) FKKC, menurutnya kalau memang akan ada wakil ketua seharusnya dalam pelaksanaan mubes memilih ketua harus calon pasangan seperti Bupati dan wakil Bupati, begitu juga terkait penasehat FKKC yang dijabat oleh lima orang kuwu aktif, hal itu membuat peran ketua forum ada dibawah pemilihnya sendiri, jika demikian berarti kebijakan FKKC bukan orang yang diamanati dalam mubes untuk membawa FKKC kedepan, pihaknya menyarankan karena ini adalah sebagai forum maka kepengurusan dibuat sesimple mungkin agar langkah FKKC semakin terarah, kalaupun membutuhkan kepanjangan tangan FKKC kepada semua kuwu, sudah ada FKKC Kecamatan, atau bila perlu ada ketua FKKC zona untuk lebih membantu kepanjangan FKKC kepada para kuwu.


" kalau kepengurusan terlalu gemuk kawatirnya justru menggangu kinerja FKKC, karena ini Forum, bukan organisasi atau lembaga independen," terangnya.

Lebih lanjut Khumaedi juga menyarankan, kalau FKKC sebagai wadah forum para kuwu, untuk susunan kepengurusannya yang dibutuhkan adalah pelindung dengan melibatkan lembaga hukum yang mumpuni serta pembina dari DPMD tujuannya untuk melakukan pembinaan para kuwu dari sisi kinerja pemerintahan desa dan dari Inspektorat tujuannya untuk mengarankan para kuwu agar tidak terjebak dalam penggunaan anggaran desa, dengan poaisi kepengurusan seperti itu akan membuat kepengurusan lebih simple namun bisa lebih terarah dalam melakukan perlindungan dan kinerja dari para kuwu.

"Kita lihat saja nanti akan seperti apa FKKC kedepan, meski kita menyikapi namun berharap FKKC kedepan akan bisa lebih baik dalam upaya membatu para kuwu, "harapnya. (1c) 

Minta Kepastian Laporan H Tarsan, Yabpeknas Somasi Kapolres Brebes dan Bakal Gugat Kapolda Jateng

Indomedianewsc  - Direktorat Hukum dan Perlindungan Konsumen pada Yayasan Badan Perlindungan Konsumen Nasional  (YABPEKNAS) BPD Jawa Tengah, Moh. Yaser Arafat SH dan Nurjamal SH,  bertindak untuk dan atas nama kepentingan hukum H. Tarsan warga Desa Kluwut RT.004  RW.008 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes melayangkan somasi kepada Kepala Kepolisian RI Resort (Kapolres) Brebes Polda Jawa Tengah.
Nurjamal SH mengatakan, somasi yang dilayangkan pihaknya kepada Kapolres Brebes tersebut karena belum adanya kepastian hukum atas kliennya H. Tarsan yang membuat laporan ke Satuan Reskrim Polres Brebes pada 24 Agustus 2020. 
Laporan yang dilakukan H. Tarsan sejak tahun 2020 kemarin itu terkait adanya dugaan tindak pidana pemalsuan dokumen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 266 KUHPidana,  hingga kini berlarut dan belum ada peningkatan status ke penyidikan. 
"Pada tanggal 24 Agustus 2020, Klien kami H. Tarsan berdasarkan keterangannya telah membuat Laporan Polisi di kepolisian Polres Brebes sesuai Surat Tanda Terima Laporan Polisi Nomor : STTLP/61/VIII/2020/SPKT terkait adanya dugaan tindak pidana Pemalsuan Dokumen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 266 KUHPidana. Kami mohon kepada Kapolres Brebes agar segara melakukan penegakan hukum secara cepat, tepat, dan benar atas laporan tersebut. Sesuai dengan moto Polisi yang Promoter; Profesional, Modern dan Terpercaya," ungkap Nurjamal dalam siaran pers, Selasa (23/02/2021).
Dipaparkannya, H. Tarsan  telah menunjukan barang bukti berupa sertifikat asli Nomor: 00908 dan pembandingnya berupa fotokopian sertifikat Hak Milik Nomor : 481 yang diduga peralihan haknya menggunakan keterangan palsu, dan ditambah lagi keterangan saksi korban. Serta fakta hukum yang terungkap dari berita acara pemeriksaan yang dilakukan Penyidik Satreskrim Polres Brebes selama ini dinilai sudah cukup bukti.
"Kami sebagai yang sama-sama penegak hukum, laporan klien kami aquo telah memenuhi kualifikasi pengecualian sebagaimana dimaksud dalam pasal 11 huruf a Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Manajemen Penyidikan Pidana yang menegaskan bahwa Penyelidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 Ayat (1) huruf a dilakukan apabila ,(a) belum ditemukan Tersangka dan/atau barang bukti. Maka dan oleh karenannya seharusnya laporan klien kami langsung dilakukan penyidikan bukan penyelidikan sesuai bukti surat Perintah Penyelidikan No.Pol: Sp.Lidik / 74 / VII / 2020 / Reskrim Tanggal 26 Agustus 2020," tandasnya.
Bahwa berdasarkan pada pertimbangan-pertimbangan hukum diatas, kuasa hukum memohon  kepada Kapolres Brebes untuk memerintahkan jajarannya agar segara melakukan penegakan hukum secara cepat, tepat, dan benar atas Laporan Polisi Nomor : STTLP /61 /VIII/2020/SPKT, dengan meningkatkan proses penyelidikan kepada tingkat Penyidikan dan segera mungkin untuk ditemukan tersangka.
 "Bilamana dalam waktu hingga 24 Februari 2021 sejak kami kirimkan somasi pada 10 Februari 2021, Klien Kami juga tidak mendapatkan kepastian hukum atas Laporannya, maka secara hukum klien kami akan mengajukan Gugatan Perbuatan Melawan Hukum. sebagaimana di Maksud dalam Pasal 1365 Jo Pasal 1367 KUHPerdata terhadap para Pihak-pihak terkait dan termasuk Mengajukan Gugatan Perbuatan Melawan Hukum Terhadap Institusi Kepolisian RI cq Kapolda Jawa Tengah, Melalui Pengadilan Negeri Brebes," tandas Nurjamal SH didampingi Yaser Arafat SH. (lispr 1c) 

Atasi Permasalahan Sampah, Beberapa Kepala Desa Konsultasi Dan Koordinasi Dengan DLH Kabupaten Cirebon

Indomedianewsc   - Dalam upaya mengurangi permasalahan sampah di wilayah Kecamatan babakan ,   Kepala Desa Babakan ,Sumber Lor,Dan Kudu Keras  bertandang ke kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Untuk Melakukan Konsultasi Dan Koordinasi pada Senin 22-02-2021

Dalam kunjungan pihaknya disambut langsung oleh Kasi Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Dadi Achmadi bersama jajarannya.

Menurut Dadi Achmadi Kasi Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon menjelaskan bahwa pihaknya harus duduk bersama dengan stakeholder di tingkat kelurahan/desa untuk mencari solusi atas permasalahan sampah.

"Kami terus menjalin komunikasi dengan para Lurah dan Kepala Desa untuk mencari solusi dalam mengatasi masalah sampah, karena hal ini merupakan kewajiban bagi setiap orang", ujar Dadi

Sementara itu, menurut Roni Kepala Desa Sumber Lor mengatakan bahwa mereka sudah melaksanakan program pengambilan sampah dari rumah tangga setiap dua hari sekali . "Kami berharap DLH  dapat memberikan solusi agar tidak terjadi tumpukan sampah di pinggir jalan", tandasnya. 

Terkait kendala tersebut  Dadi menyatakan bahwa DLH  siap membantu dan berkolaborasi dalam kegiatan pengelolaan sampah yang telah dilaksanakan .


"Untuk mengatasi kendala yang dihadapi pihak Desa, kami akan menyediakan armada yang akan mengambil sampah yang telah dikumpulkan oleh Ketua RT. Dalam hal ini petugas kebersihan akan melansir dari TPST  ke truk operasional sampah DLH, dengan menyesuaikan jadwal pembuangan dari pihak Desa", jelasnya

Kepala Desa Kudu Keras Mengatakan "Alhamdulillah Kami Disambut Baik ,Banyak Masukan Masukan dan Solusi  Yang DidapatHarapan kami, kegiatan Konsultasi dan Koordinasi ini dapat menjadi solusi penganganan sampah di desa Kami,''Katanya (Pg 1c) 

Bupati dan Baznas Kabupaten Cirebon Salurkan Bantuan Rutilahu ke Warga

Indomedinewsc .- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan rutilahu untuk masyarakat di Pendopo di Jalan Kartini, Senin (22/2/2021). 

Selain rutilahu, Baznas juga membagikan bantuan rehab untuk musholla, masjid serta memberikan kursi roda dan beras kepada warga yang membutuhkan.

"Hari ini Pemkab Cirebon bersama Baznas memberikan bantuan rutilahu, dan bantuan lainnya kepada masyarakat yang membutuhkan," kata bupati Imron. 

Imron menjelaskan, masih ada belasan ribu rutilahu yang ada di Kabupaten Cirebon yang masih belum mendapatkan bantuan. 

Menurutnya, dengan angka tersebut Pemkab Cirebon belum bisa membantu keseluruhannya. Sehingga dirinya menggandeng Baznas dalam penanganannya. 

"Kalau dari Pemkab Cirebon sangat terbatas dan prosesnya panjang. Tetapi dengan kerja sama dengan Baznas proses tidak terlalu ribet dan tidak menyalahi aturan," kata Imron. 

Namun demikian, kata Imron, selain bantuan dari Baznas, pihaknya meminta kepada mayarakat untuk ikut mambantu pemerintah daerah. 

"Kami juga mengajak masyarakat ikut andil untuk membantu warga yang membutuhkan. Karena kalau dari Pemkab Cirebon maupun Provinsi Jabar prosesnya lumayan panjang," katanya. 

Ia pun menuturkan, selama ini Pemkab Cirebon sangat terbantu dengan kehadiran baznas. Pasalnya kehadiran baznas bisa ikut andil dalam mengatasi masalahan ekonomi di masyarakat. 

"Baznas selain memberikan bantuan rutilahu mereka juga membantu orang yang tidak mempuyai biaya untuk biaya rumah sakit dan beberapa kali semuanya dibiayai baznas," katanya. 

Lebih lanjut Imron mengatakan, baznas setiap bulan memberikan bantuan kepada warga yang kesusahan maupun terkena bencana. 

"Hari ini juga ada perwakilan 65 orang korban banjir yang mendapatkan bantuan beras dari baznas," katanya. 

Sementara itu, Komisioner Bidang Pengumpulan dan Pelaporan Baznas Kabupaten Cirebon, KH Ahmad Zaeni Dahlan mengatakan, Baznas Kabupaten Cirebon pada tahun 2021 ini telah menganggarkan Rp 3 miliar untuk bantuan rutilahu. 

"Pada tahun 2020 kemarin kita sudah menyelesaikan rutilahu sebanyak 220 unit. Ini melebihi target dari awal 190 unit," katanya.

Ahmad menjelaskan, pada awal 2021 ini, pihaknya telah  memberikan bantuan rutilahu untuk wilayah Kecamatan Plered. 

"Ada tiga desa di Kecamatan Plered yang mendapatkan rutilahu dan total anggaran 570 jutaan untuk 14 rumah," katanya.

Ia menuturkan, saat ini Baznas Kabupaten Cirebon sedang menggalakan program bary yakni bedah rumah yang benar tidak layak untuk dihuni. 

"Hari ini kita hasil bedah rumah yang sudah jadi di Desa Lungbenda dan satunya sedang  proses pembuatan rumah. Sedangkan untuk anggaran bedah rumah, baznas hanya membuat rumah untuk tipe 21 dan 36," ujar Ahmad.
KABUPATEN CIREBON.- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan rutilahu untuk masyarakat di Pendopo di Jalan Kartini, Senin (22/2/2021). 

Selain rutilahu, Baznas juga membagikan bantuan rehab untuk musholla, masjid serta memberikan kursi roda dan beras kepada warga yang membutuhkan.

"Hari ini Pemkab Cirebon bersama Baznas memberikan bantuan rutilahu, dan bantuan lainnya kepada masyarakat yang membutuhkan," kata bupati Imron. 

Imron menjelaskan, masih ada belasan ribu rutilahu yang ada di Kabupaten Cirebon yang masih belum mendapatkan bantuan. 

Menurutnya, dengan angka tersebut Pemkab Cirebon belum bisa membantu keseluruhannya. Sehingga dirinya menggandeng Baznas dalam penanganannya. 

"Kalau dari Pemkab Cirebon sangat terbatas dan prosesnya panjang. Tetapi dengan kerja sama dengan Baznas proses tidak terlalu ribet dan tidak menyalahi aturan," kata Imron. 

Namun demikian, kata Imron, selain bantuan dari Baznas, pihaknya meminta kepada mayarakat untuk ikut mambantu pemerintah daerah. 

"Kami juga mengajak masyarakat ikut andil untuk membantu warga yang membutuhkan. Karena kalau dari Pemkab Cirebon maupun Provinsi Jabar prosesnya lumayan panjang," katanya. 

Ia pun menuturkan, selama ini Pemkab Cirebon sangat terbantu dengan kehadiran baznas. Pasalnya kehadiran baznas bisa ikut andil dalam mengatasi masalahan ekonomi di masyarakat. 

"Baznas selain memberikan bantuan rutilahu mereka juga membantu orang yang tidak mempuyai biaya untuk biaya rumah sakit dan beberapa kali semuanya dibiayai baznas," katanya. 

Lebih lanjut Imron mengatakan, baznas setiap bulan memberikan bantuan kepada warga yang kesusahan maupun terkena bencana. 

"Hari ini juga ada perwakilan 65 orang korban banjir yang mendapatkan bantuan beras dari baznas," katanya. 

Sementara itu, Komisioner Bidang Pengumpulan dan Pelaporan Baznas Kabupaten Cirebon, KH Ahmad Zaeni Dahlan mengatakan, Baznas Kabupaten Cirebon pada tahun 2021 ini telah menganggarkan Rp 3 miliar untuk bantuan rutilahu. 

"Pada tahun 2020 kemarin kita sudah menyelesaikan rutilahu sebanyak 220 unit. Ini melebihi target dari awal 190 unit," katanya.

Ahmad menjelaskan, pada awal 2021 ini, pihaknya telah  memberikan bantuan rutilahu untuk wilayah Kecamatan Plered. 

"Ada tiga desa di Kecamatan Plered yang mendapatkan rutilahu dan total anggaran 570 jutaan untuk 14 rumah," katanya.

Ia menuturkan, saat ini Baznas Kabupaten Cirebon sedang menggalakan program bary yakni bedah rumah yang benar tidak layak untuk dihuni. 

"Hari ini kita hasil bedah rumah yang sudah jadi di Desa Lungbenda dan satunya sedang  proses pembuatan rumah. Sedangkan untuk anggaran bedah rumah, baznas hanya membuat rumah untuk tipe 21 dan 36," ujar Ahmad.

22 Feb 2021

Taman obat dan hidroponik "digalakan pemdes Curugwetan "

Indomedianewsc -Salah satu edukasi yang dilakukan pemdes Curug wetan,kecamatan susukan lebak, Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan perekonomian warga sekaligus sebagai salah satu upaya menumbuh kembangkan kepedulian dalam hal kesehatan adalah dengan memanfaatkan lahan yang ada Dan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan pertanian mini dengan cara hidroponik. 

Hal ini dituturkan Kuwu Curugwetan, Jaenudin, Senin, 22/02/2021.

"Kami saat ini bersama sama dengan KWT PKK Curugwetan tengah menggalakan penanaman tanaman obat dan pengembangan tanaman hidroponik dengan memanfaatkan lahan yang ada termasuk pemanfaatan barang barang bekas untuk dijadikan sarana tanaman hidroponik, seperti menggunakan bekas nasi Box dan bekas botol Air mineral, dengan konsep yang saat ini kami lakukan berharap bisa dijadikan motifasi oleh warga untuk mencoba menerapkan apa yang tengah kami lakukan sebagai upaya penambahan perekonomian dengan modal yang minimal namun berhasilguna maksimal"ujarnya.

Jaenudinpun menuturkan, ditengah pandemi ini diharapkan kita tetus dapat berkarya dan mendapat penghasilan tambahan dengan memanfaatkan keterbatasan lahan maupun biaya. 

"dampak Dari pandemi ini sangat luar biasa, selain banyaknya pengangguran karena terjadinya pemutusan tenaga kerja, juga hal lainnya yang berakibat pada keresahan dan ketidakpastian yang dirasakan oleh banyak pihak, oleh karenanya dengan kita mencoba bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan yang terbatas dan barang yang sudah tidak terpakai,  diharapkan minimalnya bisa untuk kebutuhan pribadi dan tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan salah satu peraup rupiah ataupun hal positif lainnya, minimalnya kita tidak tidak mudah putus asa apalagi hanya berdiam diri"punkasnya.
Dari pantauan IM, tanaman yang tengah dikerjakan adalah tanaman kelor dan tanaman obat lainnya, termasuk tengah melakukan penanaman kangkung dan pokcay secara hidroponik (1c)

Kasrem 071/Wijayakusuma Hadiri Upacara Hari Jadi Kabupaten Banyumas Ke-450

Indomedinewsc - Kepala Staf Korem 071/Wijayakusuma, Letkol Kav Kristiyanto, S.Sos., mewakili Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., menghadiri Upacara Hari Jadi Kabupaten Banyumas Ke-450, Senin (22/2/2021) di Pendopo Sipanji Pemkab Banyumas, Purwokerto. 

Upacara Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang Ke-450 dipimpin Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein, dihadiri selain Kasrem 071/Wijayakusuma, dari unsur Forkopimda Banyumas, Wakil Bupati Banyumas, Ketua dan Wakil Ketua beserta Anggota DPRD Banyumas, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala SKPD Banyumas, dan perwakilan Ormas, tokoh agama dan tokoh masyarakat Banyumas. 

Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein dalam sambutannya menyampaikan peringatan hari jadi ini berbeda dengan sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia yang telah mengubah berbagai tatanan kehidupan. "Dengan adanya pandemi Covid-19, peringatan Hari Jadi Ke-450 Kabupaten Banyumas diselenggarakan sederhana, minimalis, serta dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Begitupun dengan kegiatan yang biasa diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan hari jadi ini ditiadakan", papar Bupati. 

Bupati berharap, agar kondisi tersebut tidak mengurangi makna, semangat dan kekhidmatan dalam memperingati hari jadi ini. 

Diterangkannya, telah banyak kebijakan, langkah dan program yang telah diambil pemerintah daerah, namun hingga kini pandemi belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Dan, bahkan pada beberapa waktu terakhir ini, terjadi peningkatan jumlah orang terpapar maupun meninggal dunia.
Begitu pula di sektor perekonomian sangat terasa, dimana banyak sektor usaha yang omzetnya merosot tajam bahkan ada yang berhenti kegiatan bisnisnya.

Bupati menyemangati warganya agar dengan hal tersebut, jangan membuat menyerah dan harus yakin untuk bisa mengatasi ujian ini dengan sebaik-baiknya dan bangkit demi menyongsong masa depan yang lebih cerah. 

Menelitik hal tersebut, Husein meminta masyarakatnya agar tidak melupakan sejarah Banyumas, yang telah diberikan contoh dan teladan oleh Raden Joko Kahiman. "Dalam situasi seberat apapun pasti ada jalan keluarnya, bila kita mau berfikir jernih dan berusaha sekuat tenaga", ungkapnya. 

"Sifat dan watak berani mengambil resiko rela berkorban, pejuang tangguh, tanggap dan tanggon serta selalu mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi", pintanya. 

Dikatakan pula, momentum hari jadi ini untuk mengenang, meneladani serta menghidupkan kembali sifat, tekad dan semangat Raden Joko Kahiman, terutama dalam menghadapi situasi pandemi. 

Husein juga mengajak segenap masyarakat untuk bersatupadu dan bergerak bersama melawan virus corona. "Kita harus pahami, bahwa pandemi ini adalah masalah kita bersama yang harus diselesaikan bersama pula. Mayuh Holobis Kuntul Baris, gotong royong kabehan bae mengkuyung kebijakan nggo mberantas virus corona sekang bumi Banyumas tercinta", pintanya. 

"Mari kita bersama melawan Covid-19, menuju Banyumas sehat dan sejahtera", pungkasnya. 

Sementara itu, Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., melalui Kepala Staf Korem 071/Wijayakusuma Letkol Kav Kristyanto, S.Sos., menyampaikan apresiasi atas Hari Jadi Ke-450 Kabupaten Banyumas, semoga Banyumas yang sehat, Banyumas yang sejahtera, Banyumas yang kondusif dan Banyumas yang selalu didambakan oleh warga masyarakatnya, adil, makmur, rukun dan guyub sak kabehane.(1b) 

Patroli Bersama Sekaligus Bagi Masker Gratis

Indomedianewsc  - Aparat TNI Polri dari Kodim 0724/Boyolali dan Polres Boyolali terus melaksanakan operasi yustisi untuk mengawasi penggunaan masker di masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM). , khususnya di jalan maupun tempat yang rawan ada kerumunan warga dan pertokoan  Salah satunya, dengan melakukan penertiban penggunaan masker di kalangan warga yang berprofesi sebagai petani,pedagang ataupun yang lainnya.
Anggota Koramil 12 Simo Kodim 0724/Boyolali Pelda Triatmoko dan  Serda Heri M bersama Anggota Polsek Simo melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan 5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan dan Membatasi Mobilitas) di  Desa Simo Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali.Senin (22/02).

Babinsa Simo menjelaskan bahwa kegiatan operasi yustisi ini dilakukan tidak hanya di Jalan saja melainkan beberapa tempat yang memungkinkan adanya kerumunan. Termasuk di wilayah desa yang terdapat pasar tradisional yang menjadi wilayah tanggung jawabnya,.

“Petugas gabungan yang tergabung dalam tim satgas Covid 19 Kabupaten Boyolali akan berpatroli secara mobile,maupun menggelar operasi tertib masker termasuk diwilayah jalan desa maupun angkringan yang sering ditemui banyak warga berkumpul ” Ujar Serda Heri

Masih ditemukan sejumlah warga yang tidak menggunakan masker maupun menggunakan masker dengan tidak benar saat beraktifitas. Banyak diantara pemuda yang lewat hanya mengantongi maskernya saat berkendara.
"Ada warga yang bawa tetapi tidak digunakan malah hanya dikantongi saja."jelas Pelda Triatmoko.
Saat patroli bersama ini juga dibagikan masker gratis kepada masyarakat yang ditemui petugas gabungan.

(AK 1b) 

kuwu Sedonglor "prioritaskan pelayanan Warga"

Indomedianewsc -Memaksimalkan kinerja dan memberikan pelayanan terhadap warga Masyarakat menjadi sekala prioritas demi terwujudnya segala aspek dan program yang telah tersusun.

Hal ini disampaikan Kuwu Desa Sedong Lor, kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon,Supyan Suri  ,Senin, 22/02/2021.

"kami dari pihak Pemdes akan terus meningkatkan pelayanan terhadap warga Masyarakat  ,termasuk meningkatkan kinerja seluruh jajaran perangkat maupun lembaga desa,demi tercapainya apa yang menjadi harapan bersama"ujarnya.

Lebih lanjut Supyan  menuturkan, bahwa pihaknya kedepan akan mengagendakan untuk membuat penataan kantor khususnya bagi jajaran perangkat desa agar lebih nyaman dalam bekerja

"InsyaAllah, kedepannya kami Akan mencoba untuk membuat penataan ruang kerja maupun pelayanan, dengan harapan seiring tersedianya ruang kerja yang memadai ditambah sumber daya manisia yang mumpuni, akan senakin meningkatkan kinerja seluruh perangkat desa, Dan Masyarakatpun akan semakin nyaman jika menguruskan sesuatu  ,kami yakin, dengan adanya sarana yang memadai ditambah SDM yang mumpuni dan terjalinnya sinergitas dengan semua pihak, Desa Sedong lor akan lebih baik lagi, baik dalam segi perekonomian, kesejahtraan maupun hal positif lainnya "pungkas Supyan. (1c) 

Diduga lakukan Penistaaan Agama, Polres Sergai Tahan Pemilik Akun Facebook Sun Go Kong

Indomedianewsc --Polres Sergai menetapkan tersangka penista agama Indra Darma alias Acong (23) warga Desa Sialangbuah, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai. 

" Tersangka di tetapkan dengan Pasal 28 ayat (2) UU RI no 17 tahun 2016 dan pasal 45 ayat (2) UU RI no 11 tahun 2016 tentang ITE subsider pasal 156 huruf a KUHPidana tentang penistaan agama. Dengan ancaman penjara 5-6 tahun," tegas Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang SH MHum, Minggu (21/2/2021) di halaman Mapolres. 

Konferensi pers juga didampingi Kasat Reskrim AKP Pandu Winata SH SIK MH, Kasubbag Humas AKP Sopian, PJU,Ketua MUI Sergai, H. Hasful Huznain, FKUB, Ketua MPC PP Sergai, Zulpansah,  tokoh Tionghoa, Budi Sumalim, Unsur Forpimcam Teluk Mengkudu, tokoh masyarakat, Syafaruddin alais Udin Sirip, dan tokoh pemuda. 

Tersangka diduga melakukan penistaan aman dengan akun Facebook Sun Go Kong. 

" Motifnya masalah asmara. Tersangka cinta nya ditolak oleh perempuan yang berbeda agama. Tetapi justru memilih teman dekatnya yang seagama," terang kapolres. 

Akibatnya, tersangka membuat postingan yang menista agama lain. Saat ini tersangka telah ditahan dan kita imbau masyarakat untuk menyerahkan proses secara hukum. 

" Terkait hal ini masyarakat jangan terprovokasi. Dan untuk menahan diri dari tindakan yang merugikan semua pihak," pungkasnya (1c) 

Satgas TNI Yonif 413 Kostrad Tampilkan Kolaborasi Musik Hadrah Bersama Masyarakat Perbatasan RI-PNG

Indomedianewsc  -Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kout KM 31 menampilkan performa Hadrah Bremoro yang berkolaborasi dengan Tim Hadrah Al Bara dalam acara pernikahan di Kampung Sanggaria Distrik Arso Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H.,M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Minggu (21/02).

Disebutkan Dansatgas bahwa penampilan Hadrah Bremoro di bumi Cendrawasih ini bukan kali yang pertama dilakukan. "Alhamdulillah untuk yang kesekian kalinya tim Hadrah Bremoro tampil dihadapkan masyarakat Perbatasan RI-PNG. Kali ini mereka menunjukan kepiawaiannya di acara pernikahan putra dari Bapak H. Didin di Kampung Sanggaria Distrik Arso Kabupaten Keerom yang berkolaborasi dengan Tim Hadrah Al Bara dari masyarakat setempat." Ungkap Dansatgas.

Sementara itu Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat selaku Komandan Pos Kout KM 31 yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan terimakasih kepada masyarakat atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada Pos nya. "Kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada tim Hadrah kami untuk tampil dalam acara tersebut. Ditambah lagi berkolaborasi dengan Tim Hadrah Al Bara, ini jelas akan menambah silaturahmi dan ilmu bagi tim Hadrah Bremoro." Ucap Hervin.

"Dalam kesehariannya juga kami sering mengajarkan para pemuda remaja Masjid setempat untuk berlatih Hadrah Bersama baik di Masjid Fissabilillah maupun di Pos kami. Hal tersebut menunjukan kedekatan dan kepercayaan yang masyarakat berikan kepada kami Satgas Yonif MR 413 Kostrad." Tambah nya.

Di akhir acara pernikahan, Bapak H. Didin selaku Wali dari mempelai mengucapkan terima kasih kepada Pos Kout KM 31 Satgas Yonif MR 413 Kostrad. "Saya mewakili keluarga mengucapkan terimakasih atas kesediaan teman-teman dari Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang telah memeriahkan acara pernikahan putri kami, semoga Satgas Yonif MR 413 Kostrad selalu sukses dan dimudahkan dalam setiap urusannya." Ucap H. Didin.


Pensatgas 413 (1b) 

Para Kepala Suku di Penggunungan Tengah dukung Otsus Diperpanjang

Indomedianewsc -Kepala-kepala suku yang tergabung dalam RKPT  (Rukun Keluarga Pegunungan Tengah) kabupaten Keerom, Papua menyatakan dukungan untuk keberlangsungan Otsus bagi tanah Papua terkait undang-undang nomor 21 tahun 2001 tentang Otsus Papua.

Para kepala suku yang hadir menyatakan dukungannya agar program Otsus di Papua harus tetap dilanjutkan, karena sangat berdampak positif bagi masyarakat Papua baik dibidang pendidikan, kesehatan, pembangunan dan kesejahteraan.

Hal ini ditegaskan Simon Kossay salah seorang kepala suku yang menjadi ketua RKPT. "Pada hari ini tanggal 20 Februari 2021, kami 13 orang kepala suku di Pegunungan tengah duduk bersama ingin menyampaikan dukungan kepada pemerintah tentang kelanjutan Otsus jilid II" tegasnya.

"Hanya saja ada beberapa poin kami minta untuk dirubah agar kedepannya kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah lebih tepat sasaran untuk orang asli Papua" ujarnya.

Menurut Simon percepatan pembangunan yang dilakukan pemeruntah sudah bagus tetapi belum merata hingga wilayah pedalaman.

"Kami mengapresiasi sikap dari presiden Joko Widodo yang sering hadir di Papua, dan kami berharap agar warga kami yang berada di pedalaman dan daerah terpencil tak luput dari perhatian" harapnya.

Vincentius Himan selaku sekretaris RKPT juga mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat yang telah melayani orang Papua lebih dari 21 tahun.

Ia berharap kedepan kalau bisa seluruh jabatan dipemerintahan Papua hingga kelurahan diisi oleh orang asli Papua.

Keterlibatan tokoh masyarakat adat dan agama juga penting dilibatkan dalam penerapan Otus kedepannya agar pelaksanaan lebih transpararan sambungnya.

Kami mendorong pemerintah untuk mengaudit program Otsus agar masayarkat lega dan tidak hanya dirasakan oleh orang-orang tertentu" harap Vincentius.

Para kepala suku yang tergabung dalam FKPT Keerom hadir dalam kesempatan itu antara lain, Simon Kossay ketua RKPT, Vincentius Himan sekretaris RKPT, Kepala suku Mee Piet Giay, Kepala suku Membramo tengah dan Keerom Pius Wanimbo, Kepala suku Yahukimo Markus Asso, Kepala suku Tolikora Paleli Enembe, Sekretaris II RKPT Wim Mabel dan Wakil RKPT Y. Riantus.W.(pal 1b) 

Berbalut Boysely Annyversary Dandim Boyolali Gowes Bersama

Indomedianewsc -Komandan kodim 0724/Boyolali Letkol Inf Aris Prasetyo, S.I.P., M.I.P. bersama komunitas Boysely (Boyolali Sepeda Lipat) melaksanakan Gowes bersama bertepatan dengan ulang tahun Boysely yang pertama. Minggu (21/02).

Kegiatan ini berlangsung di Pendopo Alit Kabupaten Boyolali Jalan Merbabu No 45 Boyolali yang diikuti kurang lebih 30 orang peserta.
Kegiatan ini Start pada pukul 06.00 WIB dari Pendopo atlit melalui Ponco Budoyo, pasar sungginga, Singkil, Kragilan, Brajan, Alun alun Lor "Simpang siaga" kemudian finish macchiato coffee. 
Menurut Ketua Komunitas Sepeda PIXZI ( Boysely) Tri Joko mengungkapkan Sepeda santai Boysely ini bertujuan memupuk rasa kesetiakawanan komunitas sepeda pixzi /lipat di Kabupaten Boyolali dan menjaga kesehatan dengan bersepeda.
"Kegiatan ini sekaligus acara anniversary Boysely yang perdana kami mengajak masyarakat untuk bergaya hidup sehat dengan berolahraga sepeda". Ungkapnya.

Saat Ditemui Komandan Kodim 0724/Boyolali  Letkol Inf Aris Prasetyo, S.I.P., M.I.P.  pihaknya menyampaikan selamat dan sukses kepada komunitas Boysely semoga kegiatan ini dapat menginsirasi warga untuk bergaya hidup sehat terlebih disaat pandemi seperti saat ini 
"Selamat Ulang Tahun yang pertama kepada Boysely semoga semakin sukses dan semakin jaya. Bersama Boysely kita hidup sehat. "Ungkapnya.

(AK 1b) 

PT. Pos Indonesia dan Pemdes Cikulak" Menyalurkan BST kepada 1037 KPM

Indomedianewsc  — PT. Pos Pos Indonesia bersama Pemerintah Desa Cikulak, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon. Menyalurkan bantuan Sosial BST Kemensos RI di gedung Serba guna Desa Cikulak. Minggu (21/02/2021). 

"Sebanyak 1027 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), menerima manfaat dari bantuan dari Kemensos RI. Dalam pelaksanaan penyaluran Bantuan Sosial tersebut, berjalan tertib dan kondusif dengan menerapkan protokoler kesehatan Covid-19." ujar Kuwu Yusnaedi, ST. 

Dijelaskan Kuwu Yusnaedi di dampingi perangkat desa Kadus 1 Dede Nurhidayah, bagi yang mendapatkan bansos ini, datang sesuai dengan antrian pada saat pendataan dan pendaftaran dengan kelengkapan persyaratan yang dimiliki untuk pencairan BST Kemensos RI yang telah di bagi 2 ruangan yaitu di desa dan gedung serbaguna sebagai realisasi penerapan protokoler kesehatan Covid-19. Dan, semua warga menunggu panggilan dari penyelenggara PT Pos Indonesia di bantu puskesos, perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Lebih di itu, Kuwu Yusnaedi dalam penyaluran BST Kemensos RI, pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi aturan dengan menerapkan  5M memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas, untuk mencegah penyebaran virus Corona dan masyarakat tetap sehat.

Diapun menambahkan, bantuan Sosial ini merupakan program Kemensos RI untuk membantu masyarakat  yang terdampak Covid-19. Oleh sebab itu bantuan ini sangat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat untuk mengurangi beban dari dampak pandemi Covid -19. 

" Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bansos ini. Bagi yang menerima BST Kemensos RI, dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan keluarga." Harap Kuwu Yusnaedi. (1c) 

21 Feb 2021

Jika Eksternal yang maju “ Ketua Puspilu PAN Kab Cirebon “ sepakat mundur



Indomedianewsc -Ketua Puspilu  PAN  Kabupaten Cirebon sepakat satu Suara untuk mengusung  Formatur Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon harus berasal dari  internal Partai dan bukan dari Eksternal.
Hal ini dikemukakan seluruh Ketua Puspilu PAN Kabupaten Cirebon dari Dapil 1 sampai Dapil 7 usai pertemuan pada Jum’at 19/02/2021 di Sekretariat DPD PAN Kabupaten Cirebon.
Keinginan tersebut disampaikan salah satunya oleh Ketua PusPilu Dapil 7, Dedy Mahdi, kepada IM
“ kami telah bulat satu suara untuk mengusung Formatur Ketua DPD PAN harus berasal dari Pihak Internal, dan bukan dari Eksternal Partai, hal ini dikarenakan yang lebih memahami Partai adalah pihak dalam, bukannya pihak dari luar, bahkan lebih dari itu, kami semua sepakat agar yang menjadi Ketua DPD PAN adalah Bapak Ian Subhan, alasan kami agar beliau yang jadi Ketua DPD PAN dikarenakan selama kepemimpinannya, PAN di Kabupaten Cirebon sangat solid dan berkembang dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan Suara saat Pileg  kemarin, untuk tingkat Kabupaten saja berhasil meraih suara sebanyak 36.000 lebih, sedangkan untuk Provinsi berhasil meraih suara sebanyak 50.000 lebih dan untuk Pusat berhasil meraih Suara 96.000 lebih, ini jelas bahwa dibawah Kepemimpinannya PAN di Kabupaten Cirebon sangat baik “ ujar Dedy.
Lebih lanjut dirinya menuturkan, bahwa PAN adalah Keluarga besar yang sangat solid 
“ PAN ini akan menjadi lebih baik jika dipimpin oleh mereka yang benar-benar Kader PAN,  dan ini ada sudah menjadi keniscayaan, jika mereka yang Memimpin bukan dari pihak internal dan mengutamakan Pihak Eksternal, kami seluruh Ketua PusPilu PAN Kabupaten Cirebon dari seluruh Dapil, sepakat untuk mengundurkan diri, jadi harapan kami pertimbangkan dengan baik, dan hargai jerih payah kami yang sudah puluhan Tahun menjadi Kader PAN, bukan hanya sebatas ucapan tapi telah kami buktikan dengan penuh dedikasi “ papar Dedy.
Hal senada disampaikan oleh Ketua PusPilu PAN Kabupaten Cirebon, Dapil 5, Rojudin, dirinya menegaskan akan mundur jika ada pengurus yang bukan dari kader atau pihak Eksternal
“ PAN ini memiliki Kader yang militant dan sudah terbukti kinerjanya, jadi singkatnya mengapa harus mencari Pemimpin yang bukan berasal dari Internal.mengapa harus mencari dari pihak Eksternal, jika memang hal ini dipaksakan, maka keputusan kami telah bulat, bahwa seluruh Ketua Puspilu PAN akan mengundurkan diri, ini merupakan ketegasan kami sebagai Kader, dan menurut kami apa yang kami sampaikan ini sesuatu yang lumrah, karena kami Telah Puluhan Tahun ada di PAN “ tegas Rojudin.(1c) 

20 Feb 2021

Meningkatkan semangat nasionalisme satgas pamrahwan Yonif 756/WMS memberikan pelajaran di SD YPPK



Indomedianewsc   - Untuk mengingatkan kembali tentang nilai-nilai luhur Pancasila, jiwa Nasionalisme dan semangat juang serta membentuk sikap disiplin serta karakter pada generasi penerus bangsa, bertempat di Sekolah Dasar  YPPK Pusinara Amungun, satgas pamrahwan Yonif 756/WMS pos Aramsulki yang berada dibawah Komando Pelaksana Operasi Korem 174/ATW memberikan materi pelajaran tentang Wawasan Kebangsaan dan Peraturan Baris-berbaris pada siswa-siswi SD YPPK Pusinara Amungun di Kampung Aramsulki Distrik Agimuga Kabupaten Mimika, Sabtu, 20/02/2021

Saat diminta konfirmasinya, Dansatgas pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea mengatakan, Pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan peraturan baris-berbaris, sangat penting diajarkan pada anak usia dini, dengan tujuan, agar mereka memiliki sikap karakter dan disiplin yang tinggi, serta memahami pengetahuan tentang cinta tanah air dan kewajiban bela negara. 

"Pemberian materi pelajaran tersebut bertujuan agar para pelajar selalu disiplin, tidak lupa pada sejarah, budaya dan Ideologi Pancasila serta lebih mencintai tanah air dan bangsa. Materi pelajaran tersebut sangat penting diberikan dengan harapan, agar kelak dikemudian hari pengetahuan tersebut akan menjadi bekal untuk mereka jika nanti sudah dewasa,"Kata Mayor Marolop

Lebih lanjut dikatakanya bahwa," Nilai-nilai luhur Pancasila, semangat Patriotisme dari para Pahlawan Nasional, harus dijadikan sebagai contoh keteladanan bagi para generasi penerus bangsa, sehingga nantinya mereka akan menjadi pemimpin dengan memiliki sikap mental yang baik dan pemahaman kebangsaan yang kuat. Teruslah belajar dan berlatih, agar kelak dapat menjadi pemimpin bangsa dimasa depan," Harap Dansatgas

Sersan dua Zeva Luturyali anggota pos Aramsulki satgas pamrahwan Yonif 756/WMS yang memberikan materi pelajaran tersebut mengatakan, karena saat ini kita masih dalam masa pandemi virus covid-19, sehingga sebelum memulai pemberian materi pelajaran, kegiatan diawali dengan mengingatkan kembali untuk para siswa-siswi,  pemahaman tentang pentingnya selalu menerapkan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan,  agar selalu terhindar dari bahaya penularan virus covid-19. Tak lupa pula dilakukan pembagian masker bagi para siswa-siswi SD YPPK Pusinara Amungun Aramsulki.

Ditambahkan oleh Serda Zeva bahwa diharapkan dengan selesainya para siswa-siswi menerima pelajaran tentang wawasan kebangsaan dan peraturan baris- berbaris, mereka akan menjadi semakin lebih disiplin, baik saat di rumah maupun di sekolah, serta memiliki jiwa nasionalisme dan semangat kebangsaan yang kuat. Selama proses belajar-mengajar, para siswa terlihat sangat senang dan serius serta antusias dalam menerima pelajaran tersebut.

Salah seorang guru Bapak Agus Lapenangga mewakili para guru SD YPPK Pusinara Amungun, mengucapkan terima kasih pada anggota pos satgas Aramsulki Yonif 756/WMS yang sudah mau datang dan memberikan pelajaran di sekolah mereka.

"Kami dari pihak sekolah sangat berterima kasih pada bapak-bapak TNI,  khususnya pos Aramsulki satgas Yonif 756/WMS. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat pada anak didik kami, agar para siswa-siswi kami lebih memahami lagi secara mendalam tentang wawasan kebangsaan dan selalu berdisiplin dalam keseharian mereka. Dan semoga apa yang mereka cita-citakan dapat berhasil dikemudian hari," Harap pak guru Agus(1b)

Sungai Citarum meluap " warga teluk jambe terendam banjir"

Indomedianewsc -Akibat luapan sungai citarum, puluhan rumah terendam banjir. Diantaranya adalah perumahan Galuh Mas Cluster Gardenia, kecamatan Sukaharja, Teluk jambe Timur.

Menurut informasi yang disampaikan salah seorang warga setempat, Rangga,menuturkan bahwa banjir yang meremdam perumnas teluk jambe, khususnya yang berada di  blok T dan blok x akibat akibat tanggul yang ada tidak mampu menahan luapan air.

"beberapa rumah warga yang ada di dua Titik khususnya blok T dan blok X terendam Air dengan ketinggian hinggga mencapai 1,2 meter, akibat hujan yang begitu lebat sejak pukul 3 pagi, dan hingga saat ini belum seluruhnya Air surut "tuturnya Sabtu, 20/02/2021

warga sekitar berharap agar pihak terkait dapat memberikan bantuan untuk meringankan beban akibat banjir.

"saat ini kami mengharrap adanya bantuan dan perhatian dari pemerintah atau instansi terkait, bersyukurnya saat kejadian babinsa dan babinkamtibmas turun langsung kelapangan hingga sedikitnya dapat membuat hati kami tenang"lanjut Ragga

Sementara dari informasi yang diperoleh, sebenarnya dua pompa Air sudah difungsikan sejak pukul 3 pagi  namun dikarenakan begitu derasnya arus Air Sungai Citarum hingga Air meluap dan nenimbulkan banjir yang merendam beberapa rumah warga. (1b) 

penyaluran BPNT Desa weru Lor "berjalan kondusif "

Indomedianewsc  -Pembagian Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT) di desa weru lor dan karangsari Kecamatan weru kabupaten cirebon , Jawa Barat berjalan lancar. Semua keluarga penerima manfaat mengambil di agen yang sudah ditunjuk oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon

“Alhamdulillah masyarakat sangat terbantu dengan adanya Program BPNT. ini merupakan terobosan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,Didesa weru lor terdapat 440 KPM” Kata siti marfuah

Menurut Adi , E warung desa Karangsari  , BPNT merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial. Bantuan, dalam bentuk bahan pangan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Terdiri dari beras , telur,buah ,sayur  dan daging 

“Komoditas yang dibelanjakan sebelumnya beras dan telur, namun saat ini pada Program Sembako ditambahkan dengan komoditas bahan pangan lain yang mengandung karbohidrat, seperti. Jagung, singkong, ubi, sagu serta umbi-umbian lainnya. Protein hewani (daging ayam, daging, ikan), protein nabati (tahu, tempe dan kacang-kacangan) dan vitamin (sayuran dan buah-buahan),” ujarnya.

Dia menjelaskan, sistem pembagian BPNT diatur menggunakan durasi menit dan pembatasan jumlah penerima bantuan. Misalnya, dalam durasi 30 menit hanya untuk 10 penerima bantuan. Lalu 30 menit selanjutnya juga untuk 10 penerima bantuan.

“Kami minta warga penerima bantuan harus tepat waktu, begitu selesai mengambil langsung pulang, agar tidak terjadi kerumunan Warga ,Desa Karangsari mendapat 941 KPM” ujarnya (1c)