25 Jan 2021

Warga Losari terancam jiwa " Disaat Hujan Besar "



Indomedianewsc- Kondisi sungai cisanggarung sepanjang wilayah Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon mengalami kedangkalan, sementara tanggulnya sudah banyak yang kritis dan mengalami kebocoran, hal itulah yang membuat warga disepanjang sungai cisanggarung selalu was-was seolah nyawanya selaku terancam lantaran jika jebol maka mereka tidak memiliki kesempatan menghindar.

Hal ini disampaikan relawan kemanusian ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Losari, Abdul Baiz ,kamis (21/1), menurutnya, beberapa tragedi jebolnya tanggul sungai hingga mengakibatkan banyak korban sudah sering terjadi, hal itu menjadi kekawatiran sendiri bagi maayarakat diwilayah Kecamatan Losari khususnya dan kecamatan tetangga yang dilintasi sungai ciaanggarung pada umumnya, kondisi sungai yang sudah mengalami pendangkalan membuat segiap hunan besar air sungai meluap, ditambah lagi persoalan tanggul yang usianya sudah sangat tua membuat kondisinya rapuh bahkan pada beberapa bagian mengalami kebocoran ketika arus sungai naik. "Sejak tahun 1977 sampai sekarang sungai belum pernah dilakukan nosrmalisasi dan rehab tanggul sehingga kondisinya sangat miris ketika ada hujan lebat. "ungkapnya.

Ditambahlan Ba'iz, dirinya hanya berharap, ada langkah penanganann dari pihak berwenang dalam hal ini BBWSCC untuk segera melakukan penanganan, jangan sampai baru ada penanganan setelah ada jatuhnya korban, nyawa warga yang selalu terancam harus segera bisa ditenangkan dengan upaya melakulan normalisasi sungai serta perbaikan tanggul, pihaknya menyadari banyak lokasi lain yang perlu dibenahi oleh BBWSCC, tetapi lokasi yang mengancam ratusan bahkan ribuan nyawa manusia harus dijadikan skala prioritas penanganan yang dilakukan BBWSCC. 

"Kami sebagai masyarakat Kecamatan Losari hanya berharap segera dakukan penanganan sebelum jatuhya korban. "Harapnya. (1c)

0 $type={blogger}: