28 Jan 2021

Rumah Warga Setu patok ambruk " diminta adanya perhatian Pemerintah '

Indomedianewsc – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Cirebon dan sekitarnya, pada Senin (25/01/2021) sore, menyebabkan satu rumah warga di Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, ambruk.

Informasi tersebut disampaikan  ,Rud iSekertaris Desa  Setupatok,Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon.
dirinya menuturkan, saat hujan lebat, pada Senin sore kemarin,rumah seorang nenek bernama Junah (65) yang berada di Blok Sibacin RT 07/04, ambruk pada bagian sampingnya. Akibatnya, rumah tersebut tidak memiliki tembok samping.   
 
Beruntung, lanjut Rudi, kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa. Pasalnya, robohnya dinding samping rumah tersebut tidak ke dalam rumah melainkan keluar.

“Diduga bangunan roboh lantaran fisiknya memang  sudah tua dan lapuk, sehingga tidak kuat menahan derasnya air hujan,” kata Rudi , Selasa (26/1/2021).

Rumah itu, menurut Rudi, ditempati Junah bersama ke dua anaknya. Sebelum kejadian, imbuh Rudi, kondisi rumah dalam kondisi baik-baik saja dan tidak ada gejala akan roboh.

“Sebelumnya kondisi rumah Ibu Junah ini baik-baik saja. Namun saat hujan deras mengguyur tiba-tiba ambruk,” tuturnya.

Saat kejadian korban dikagetkan dengan suara gemuruh di samping rumahnya, dan diketahui bahwa dinding samping rumahnya telah ambruk. Keluarga korban pun langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Pemdes setempat.

“Kami bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta perangkat desa meninjau keadaan rumah Ibu Junah dan melakukan tindakan darurat, sebagai pengamanan agar rumah tersebut tidak mengalami hal lebih buruk saat hujan lebat turun kembali,” lanjut Rudi.

Meski tidak sampai mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, namun menurut Rudi, pemilik rumah mengalami kerugian material. Pihaknya belum mengetahui berapa besaran kerugiannya, namun diperkirakan belasan hingga puluhan juta rupiah.

“Di musim penghujan ini kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati mana kala hujan dengan intensitas tinggi,” tuturnya.

Untuk membantu keluarga Junah merenovasi rumah tersebut, pihaknya akan membantu dengan mengupayakan anggarannya melalui sejumlah instansi terkait pada awal tahun ini.
 
“Selain itu kami berharap perhatian serius  dari  pihak terkait untuk membantu meringankan beban warga yang mengalami musibah rumah ambruk akibat hujan lebat,” pungkasnya. (1c)

0 $type={blogger}: