31 Jan 2021

Revitalisasi Pasar Desa Mertapadakulon Suguhkan ragam Fasilitas dengan Harga murah


 

Indomedianewsc- setelah menunggu IMB  ( izin memdirikan bangunan ) yang memakan waktu cukup lama, akhirnya pada Minggu,  31/01/2021, Pembangunan Pasar Desa Mertapadakulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, bisa dilaksanakan.

Dihadiri unsur  Tripika Kecamatan Astanajapura, Pemdes Mertapadakulon, Lembaga Desa, para Ulama, dan Perwakilan para Pedagang, Pembangunan Pasar Dimulai dengan dilaksanakannya peletakan batu pertama dan pemotongan tumpung oleh Camat Astanajapura beserta unsur  lainnya sebagai tanda Pembangunan segera dilaksanakan dengan harapan memperoleh ridlo dari Allah Tuhan yang Maha Kuasa.

Acara pembukaan sekaligus dimulainya pembangunan pasar tersebut diawali dengan berbagai sambutan, Tahlil dan Do’a  yang dipimpin oleh KH. Isomaddin, KH. Wawan Arwani dan tokoh Ulama lainnya.

Dalam Kesempatan tersebut, Kuwu Desa Mertapadakulon, H. Herman, menyampaikan Harapannya

“ kami dari pihak Pemerintahan Desa tentunya sangat bersyukur atas dimulainya pelaksanaan Pembangunan Pasar Desa ini, tentunya saya sangat berharap, dengan adanya pasar Desa yang baru ini semakin bisa meningkatkan perekonomian bagi Masyarakat secara luas, dan ini semua bisa terlaksana dengan adanya dukungan dan kerjasama dari semua pihak, khususnya kepada pihak pelaksana dalam hal ini Bapak Waspodo Adi Kuswo , tanpa adanya dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami, tentunya belum tentu pembangunan Pasar ini dapat terealisasi “ ujarnya.

Sementara itu, KH. Wawan Arwani, sebagai salah satu tokoh Agama dan yang mewakili Masyarakat, berharap Pasar ini sebagai salah satu sarana yang tidak hanya bersifat Duniawi tetapi  sebagai lahan untuk Ibadah

“ secara umum, mungkin pasar hanyalah sebagai tempat bertemunya antara penjual dengan pembeli, tetapi ada sisi lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah tempat dimana kita bisa saling bersilaturahmi, oleh karenanya, dengan kondisi pasar yang aman, nyaman, asri dan memadai secara menyeluruh, tentunya  bisa dijadikan sebagai tempat untuk mendulang pahala, baik dari para penjualnya maupun para pembelinya “ tuturnya.

Disaat bersamaan, dalam sambutannya, Camat Astanajapura, M.Iing Tadjudin, sedikit menyayangkan lambatnya  penyelesaian terkait keluarnya IMB ( Izin Mendirikan Bangunan )

“ saya sedikit kecewa dengan lambannya pihak Pemda  dalam mengeluarkan IMB, kalau tidak salah sampai memakan waktu empat bulan, ini kan menghambat  pelaksanaan pembangunan pasar, seharusnya Pemerintah bisa membedakan mana yang  sifatnya sekala besar dan mana yang kecil, Pasar ini adalah Pasar Desa, yang memang sangat dibutuhkan oleh Masyarakat kalangan bawah, ya mbokya  kalau sekiranya bisa cepat ya jangan dibuat lambat  “ ujarnya.

Lebih lanjut Iing, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak Pelaksana dalam hal ini Direktur BPR Pemalang.

“ secara pribadi saya sangat mengapresiasi kepada pihak  BPR ( Bangk Perkeriditan Rakyat )  Pemalang, Jawa Tengah ,  sekaligus saya pun merasa malu,  kenapa untuk membangun sebuah Pasar Desa, pihak Bank nya datang dari luar Cirebon, apakah di Cirebon tidak ada  Bank yang mampu untuk membangun sebuah Pasar Desa, dan memang  membangun pasar Desa ini dibutuhkan keberanian, karena mungkin secara segi bisnis sedikit  menjadi bahan pertimbangan,  tetapi lupakan semuanya, yang terpenting adalah saat ini pemngunan Pasar Desa Mertapadakulon dapat dilaksanakan walaupun dengan berbagai liku dan cerita sebelumnya, semoga pasar ini menjadi berkah bagi Masyarakat  Mertapada pada khususnya dan  Masyarakat  Astanajapura secara menyeluruh “ pungkas Iing.

Pasar Desa Mertapada Kulon ini merupakan sebuah pasar percontohan yang tidak menggunakan Anggaran Pemerintah, dikerjakan secara Swakelola  namun bisa berdiri dengan konsep pasar Moderen  dengan Harga murah, mudah dan yang lebih menguntungkan bagi para pedagang adalah, dengan membayar  DP 10 % , angsuran selama 5 Tahun, pedagang bisa menempati tempat jualannya selama 20 Tahun ( 15 Tahun Gratis )  ( 1c )

0 $type={blogger}: