15 Jan 2021

Demi peroleh BST " warga abaikan protokol kesehatan "

Indomedianews- Demi memperoleh Bantuan Sosial Tunai ( BST) Masyarakat mengabaikan keselamatan dan kesehatannya, terutama terkait Pandemi Covid-19.

Hal ini terlihat nyata saat pembagian BST yang dilaksanakan di Kantor Pos Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jum'at 15/01/2021.

Dari pantauan IM, ratusan Warga Desa saling berdesakan demi mendapatkan BST dengan mengesampingkan protokol kesehatan 

Dengan adanya kondisi tersebut, sangat disayangkan oleh salah seorang Aktifis peduli lingkungan, Dedi.S 

Dirinya menjelaskan dengan kondisi ini menunjukan bahwa upaya Pemerintah dalam memutus mata rantai Pandemi Covid-19 tidak maksimal.

" Keinginan Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Corona tidak akan maksimal, jika konsep pembagian Bansosnya seperti saat ini, mengapa demikian, karena harus diakui, Masyarakat akan mengabaikan apapun demi untuk memperoleh bantuan, dan inipun bukan kesalahan Masyarakat, kebijakan yang telah diterapkan Pemerintah harus segera dilakukan evaluasi dan dicari solusi terbaik, bagaimana caranya Masyarakat memperoleh Hak nya tetapi protokol kesehatan tetap bisa dilaksanakan secara maksimal " ujar Dedi.


Sementara itu salah seorang penerima BST yang tidak bersedia namanya dicantumkan saat ditanya apakah tidak takut akan Corona, dirinya menjelaskan

" Mau bilang apa lagi kang, dibilang takut ya takut, tapi kan sayang kalau BST tidak diambil, pasrah saja lah pada Allah " tegasnya.

Ini realita yang sangat ironis, disatu sisi Masyarakat sangat membutuhkan bantuan pemerintah dalam situasi terus meningkatnya kasus Corona, di sisi lain bansos terus bergulir dengan resiko terjadinya kerumunan dan bukannya tidak mungkin diantaranya ada yang positif Corona. 

Menyikapi pelaksanaan pembagian BST yang dilaksanakan di Kantor Pos tersebut, Kasi Trantrib Kecamatan Lemahabang, H.Rian Aryanto, sedikit menyayangkan tidak adanya konfirmasi dari pihak yang berkompeten

" Kami tidak Tahu jika pembagian BST dilakukan dikantor Pos, karena memang tidak ada konfirmasi sebelumnya, mungkin alangkah lebih baik jika sebelumnya berkoordinasi dengan pihak Kecamatan,  agar kami bisa memberikan masukan, terlebih saat ini kami sedang melaksanakan giat pantauan Corona melalui program Check point', diharapkan dengan adanya giat check point' tersebut mampu meminimalisir terjadinya penyebaran Pandemi Covid-19. " Ujarnya. (1c)

0 $type={blogger}: