31 Des 2020

Pemdes Picung Pugur " bangun Saung miting" dari sisa Anggaran BLT

Indomedianewsc- dampak Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Pemerintah Desa Picungpugur,Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, untuk terus berinovasi dalam membangun dan mengembangkan Desa.
Salah satunya adalah dengan dibangunnya sarana umum dalam bentuk Saung Miting yang berlokasi di Blok Cadas ngampar.

Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Picungpugur, Dwi Saki, Kamis,31/12/2020.

" Kami saat ini sedang melaksanakan pembangunan Saung Miting, dengan tujuan agar tempat tersebut bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat secara umum maupun para petani jika akan mengadakan pertemuan, selain itu dibangunnya saung miting tersebut bisa dimanfaatkan warga luar desa yang melintasi jalan tersebut hanya sebatas untuk berteduh dikala hujan atau hanya sekedar melepas lelah" ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pembangunan Saung tersebut menggunakan Anggaran yang tersisa

" Anggaran yang kami gunakan untuk membangun gedung Miting tersebut berasal dari sisa Anggaran BLT tahap tiga sebesar kurang lebih Rp.35 juta itu belum dipotong pajak, alasan kami membangun ini bukannya tanpa alasan, salah satunya adalah pemanfaatan sisa anggaran agar bisa dimanfaatkan oleh Masyarakat secara umum dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai mekanisme yang ada " jelas Saki.

Dirinya berharap, agar Masyarakat paham dan secara bersama sama membangun satu misi demi kemajuan Desa Picungpugur.

" Saat ini kita harus berfikir dan bertindak secara bersama, agar  Desa Picungpugur ini semakin maju dan berkembang,baik dari segi Sumber Daya Manusia, perekonomian, kemasyarakatan maupun hal positif lainnya, yang terpenting adalah satukan visi demi perkembangan yang lebih baik "pungkasnya. (1c)

PBB lahir Untuk penguat NKRI


Indomedianewsc- Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Cirebon merupakan ormas yang memiliki visi misi satu rasa satu jiwa NKRI harga mati yang siap berkiprah untuk membendung intoleransi beragama dan siap bersinergi dengan pemerintah serta ormas,LSM lain serta dengan seluruh komponen anak bangsa menuju kesejehateraan dan keadilan serta kemakmuran Republik indonesia.

Demikian di tegaskan Alex Nababan Ketua DPC PBB kabupaten Cirebon di salah satu rumah makan miliknya di bilangan kecamatan ciledug kabupaten cirebon.Lebih jauh pria yang terkenal gigih,ulet dalam usaha ini mengatakan bahwa semangat ormas PBB walau baru resmi berdiri di kabupaten cirebon ingin selalu dekat dengan masyarakat tanpa membedakan suku ras dan Agama karena kita lahir dalam posisi yang sama di mata hukum dan PBB bagian dari ormas juga sebagai kepanjangan pemerintah yang siap mengawal UUD 1945 dan Pancasila untuk penguat NKRI harga mati tegas Alex Nababan dengan gaya bicara yang berapi api.

Salah satu prioritas program kita di tahun 2021 ini adalah membentuk kepengurusan di 5 kecamatan semacam PAC sebagai kepanjangan dalam membumikan visi misi PBB hingga ke tengah2 masyarakat.Kita banyak bersyukur ke pada tuhan yang Maha Ess dalam memperingati natal serta tahun baru 2021 walau di saat pademi cofid,19 situasi bangsa kita masih bisa berjalan kondusif dan terimakasih kepada pemerintah yang bisa melindungi semua komponen anak bangsa.Yang jelas PBB ingin berbuat yang terbaik untuk masyarakat kabupaten cirebon dan pemerintah daerah kabupaten cirebon satu rasa satu jiwa NKRI harga mati. pungkas Alex.(Adn 01)

30 Des 2020

Ini Yang Dilakukan Satgas Yonif MR 413 Kostrad, Berbagi Kebahagiaan Dengan Anak Panti Asuhan



Indomedianewsc- Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kout KM 31 berbagi kebahagiaan bersama anak-anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Kampung Yaturaharja Distrik Arso Barat Kabupaten Keerom dengan membagikan bahan pokok makanan yang disisihkannya setiap Bulan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Rabu (30/12).

Dansatgas menyebutkan kegiatan yang dilakukan oleh Pos Kout KM 31 itu merupakan wujud kepedulian Satgas Yonif MR 413 Kostrad kepada anak-anak di Panti Asuhan Muhammadiyah. "Semoga bahan pokok makanan yang tidak banyak kami berikan ini, dapat bermanfaat untuk mereka. Kegiatan ini sudah kami lakukan dari bulan sebelumnya dan akan kami lanjutkan hingga purna tugas." Ungkap Dansatgas.

Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat selaku Komandan Pos Kout KM 31 memimpin langsung dalam penyaluran bahan pokok makanan yang diberikan kepada Panti Asuhan Muhammadiyah. "Setidaknya ada kurang lebih 50 anak Yatim Piatu yang tinggal di Panti Asuhan ini. Hampir semua dari mereka sudah akrab dengan anggota Pos Kout KM 31 karena kita juga sering mengunjungi Panti Asuhan ini. Semoga apa yang kami berikan ini dapat diterima dengan baik oleh pihak Panti Asuhan." Ucap Hervin.

Ternyata penyaluran Sembako yang diberikan Satgas Yonif MR 413 Kostrad disambut baik oleh pimpinan Panti Asuhan Bapak Supriyanto (52). Iapun tak kuasa menyembunyikan kebahagiaannya atas pemberian bahan pokok makanan dari Pos Kout KM 31. "Alhamdulillah puji syukur kami ucapkan atas pemberian bahan pokok makanan yang kami terima dari Pos Kout KM 31. Semoga dapat bermanfaat untuk anak-anak dan juga menjadikan amal ibadah untuk anggota Pos Kout KM 31. Yakinlah semua kebaikan  akan terbayar oleh Allah SWT." Tutur Bapak Supriyanto.


Pensatgas 413 (1b)

Ketua PMI Kab. Cirebon Kunjungi Daerah Terdampak Banjir



Indomedianewsc - Intensitas hujan di Kabupaten Cirebon yang akhir - akhir ini sangat tinggi mengakibatkan beberapa kecamatan di wilayah Timur Cirebon terdampak banjir, seperti Kecamatan Lemahabang, Astanajapura dan Waled.

Melihat kondisi rersebut Palang Merah Indonesia Kabupaten Cirebon yang diketuai, Hj. Rd. Sri Heviana   langsung bergerak menuju salah satu lokasi yang terdampak banjir yaitu Kecamatan Lemah abang,dan Sebagai organisasi kemanusiaan tentunya kami harus siap membantu masyarakat yang terdampak banjir," ujar Heviyana usai memberikan bantuan sembako di blok Pande Desa Lemahabang, Selasa (29/12).

Sejak awal musim hujan, lanjut Heviyana, sukarelawan PMI telah bersiap siaga jika sewaktu - waktu bencana banjir terjadi di Kabupaten Cirebon,Ada beberapa daerah yang menjadi langganan banjir di Kabupaten Cirebon, sehingga kami selalu siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir," katanya.

Dirinya berharap, bancana banjir tidak terjadi di daerah Kabupaten Cirebon, dan mendorong pemerintah daerah untuk memperbaiki infrastruktur di daerah - daerah yang biasa terdampak banjir,Saya berharap pemerintah daerah Kabupaten Cirebon segera menperbaiki infrastrukur di daerah - daerah yang biasa terdampak banjir," jelasnya.

Kuwu Desa Lemahabang Kecamatan Lemahabang, Rini merasa bersyukur dengan adanya bantuan dari Palang Merah Indonesia Kabupaten Cirebon. 
Yang bisa meringankan warga kami yang terkena bencana banjir dan saya selaku kuwu desa lemah abang rini sekali lagi mengucapkan,Terima kasih kepada PMI Kabupaten Cirebon yang sudah penuh perhatian kepada warga Desa Lemahabang dengan memberikan bantuan," kata Rini

Dirinya berharap semoga bencana banjir yang telah melanda warga Desa Lemahabang tidak terjadi lagi. Dirinya juga meminta kepada pemerintah daerah untuk menormalisasi Sungai Singaraja dan Singaratu untuk mengantisipasi di desanya yang terdampak banjir,yaitu Di Blok Pande yang diapit dua sungai, Sungai Singaraja dan Singaratu. Jika kedua sungai tersebut meluap maka dipastikan daerah tersebut banjir. Kami berharap kepada pemerintah terkait segera menormalisasi kedua sungai tersebut," pungkasnya. RINI (wn)

Anggota DPR RI Dedi Wahidi Tinjau Lokasi Banjir Desa Tuk Karangsuwung



Indomedianewsc - anggota Komisi V DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H. Dedi Wahidi, S.Pd meninjau langsung titik lokasi banjir di Desa Tuk Karangsuwung Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon, Selasa (29/12). Dalam kunjungan tersebut, Dedi Wahidi membawa tim dari Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC) guna mencari tahu dan mencari solusi sebagai upaya penanggulangan atas persoalan banjir yang menjadi langganan di desa tersebut. Dalam kunjungan tersebut, Dedi Wahidi tidak hanya berdialog dengan Kuwu Desa Tuk Karangsuwung saja, namun bersama tim BBWSCC dirinya berkesempatan secara langsung meninjau sungai singaraja yang menjadi titik persoalan banjir di Desa Tuk Karangsuwung.

Dikesempatannya, H. Dedi Wahidi mengatakan, terkait kunjungannya di Desa Tuk Karangsuwung tidak lain sebagai bentuk perhatian dan kepeduliannya terhadap warga yang terdampak banjir. Atas keseriusannya tersebut, Dedi yang merupakan anggota Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur, Transportasi, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, dan Pencarian dan Pertolongan langsung menggandeng tim BBWSCC meninjau bersama lokasi banjir untuk dapat dilakukan indentifikasi persoalan yang diharap dapat segera dilakukan upaya penanganan dan penanggulangan problem yang ada di sungai singaraja Desa Tuk Karangsuwung. 

”Tentunya saya akan mendorong pihak BBWSCC agar dapat segera melakukan identifikasi dan penanganan serius terkait persoalan banjir ini, tentunya juga ini perlu sinergitas antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah,” ujarnya disela meninjau lokasi sungai singaraja.

Diwaktu yang sama, Kabid Operasi dan Pemeliharaan, Abdul Ghoni menjelaskan, setelah melakukan peninjauan bersama dilokasi sungai singaraja dan mendengar apa yang sudah disampaikan Kuwu Desa Tuk Karangsuwung, pihaknya perlu mengkaji dahulu dan baru akan mengambil langkah dalam menangani persoalan banjir yang tidak lain merupakan banjir kiriman dari hulu wilayah Kabupaten Kuningan. Menurutnya, debit air dari hulu sangat besar sedangkan di hilir tidak dapat mampu menampung secara maksimal, dimana persoalan tersebut diantaranya terdapat kondisi penyempitan, keberadaan beberapa bangunan liar dan juga perlu dilakukannya penanganan sampah.

 ” Persoalan banjir ini tidak hanya ditangani di hulu saja, namun juga saling berkaitan dengan memperhatikan persoalan yang ada di hilir. Terjadinya penyempitan dan pendangkalan ini juga perlu dilakukan normalisasi, sehingga alat berat akan diturunkan dalam penanganannya krena beban yang cukup berat,” terangnya.

Kuwu Tuk Karangsuwung, Azis Maulana mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Dedi Wahidi dan tim BBWSCC yang telah berkenan berkunjung dan meninjau langsung lokasi sungai singaraja yang ada di wilayah desanya. Atas adanya perhatian tersebut dirinya sangat berharap dapat segera adanya realisasi tindaklanjut untuk upaya-upaya penanggulangan banjir yang menjadi kekhawatiran dan ketakutan masyarakat disetiap tibanya musim hujan. ”Atasnama masyarakat dan pemerintah desa kami sangat berterimakasih atas adanya kunjungan Bapak Dedi Wahidi Anggota DPR RI, kami sangat berharap segara adanya penanganan ini,” tuturnya. (Wn)

Siswa SMKN 1 Sumedang Produksi Lampu LED Hemat Energi



Indomedianewsc- Dinas Pendidikan Jawa Barat terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas para pelajar di masa pandemi covid-19 dengan program Sekolah Pencetak Wiruasaha (SPW). Kali ini, para pelajar Siswa SMKN 1 Sumedang, Jawa Barat mampu membuktikan kapasitas mereka dengan memproduksi lampu LED hemat energi di tengah masa pandemi covid-19.

Lampu LED hemat energi tersebut diproduksi langsung oleh para pelajar SMKN 1 Sumedang yang tergabung dalam program Sekolah Pencetak Wiruasaha (SPW). Produk yang diberi label Nesas LED Lamp itu telah berhasil masuk ke pasaran di kawasan Kalimantan.

Adang Maulana (17) salah satu siswa yang tergabung dalam program tersebut mengaku, gagasan membuat lamput hemat energi tersebut karena menilai lampu merupakan kebutuhan masyarakat yang pasti digunakan setiap harinya. Meski telah muncul berbagai merk lampu ternama, namun hal itu diakui Adang tak menyusutkan semngat untuk bisa memproduksi lampu LED bersama lima temannya.

"Melihat karena banyak sekali (lampu) digunakan oleh masyarakat. Disini kami merakit lampu LED berawal dari pertama menyiapkan produk, dilanjutkan proses merakit, penyolderan, perekatan dan pemberian label," ujar Adang.

Adang menuturkan, ia bersama teman-temannya hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit untuk dapat mengproduksi satu buah lampu LED. Bahkan lampu buatan mereka telah tembuh pasar di Kalimantan pada awal produksi tiga bulan pertama di masa pandemi covid-19.

"Dari awal pembuatan produk sampai pembukusan perkiraan sampai 7 menit. 
kami bekerja dengan satu tim berisi lima orang, bagiannya pertama dibagi 
dengan lima tugas ketua, bendahara, pemasaran dan produksi. Jadi karena 
kami terbatas orang, ketua maupun bendahara ikut membuat produk ini," bebernya.

Lampu yang diproduksi pun berbagai varian daya, mulai dari 5 hingga 15 watt dengan harga yang bervariatif tergantung kebutuhan konsumen yang melakukan pemesanan lampu tersebut.

"Pemasaran kami menggunakan online atau pun menawarkan kepada teman 
paling jauh ke Kalimantan awal pemasaran sampai sampai 50 pcs. karena kami menggunakan daya 5 samapau 15 watt dan dengan kualitas yang bagus dan juga tidak boros. Untuk harga yang 5 watt itu Rp12 ribu, 9 watt Rp15 ribu, 12 watt Rp18 ribu, dan 15 watt Rp20 ribu," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Jawa Barat, Dedi Supandi, mengaku bangga atas produk yang dihasilkan para pelajar SMKN 1 Sumedang untuk meningkatkan kapasitas serta belajar berwirausaha. Disdik Jabar pun, lanjut Dedi, terus mendorong terobosan atau inovasi yang dihasilkan oleh para pelajar di Jabar.

"Sebetulnya berawal dari upaya kita di tahun ajaran kedepan bagaimana 
mengembangkan sma smk itu dengan pola BLUD. seperti contoh yang di SMK 
Sumedang, diberi modal sekitar Rp10 juta ternyata dari modal yang diberikan kepala sekolah kepada siswa. Tentunya ini bagian dari yang 
terus kita dorong, karena salah satu program atau kurikulum yang ada di 
smk yaitu bagaimana smk smk ini harus mampu mencipta," kata Dedi di Bandung.

Bahkan Dedi mengaku, para pelajar SMKN 1 Sumedang pun akan didorong untuk berkolaborasi dengan desa-desa di Jabar yang belum memiliki akses atau layanan penerangan. Pasalnya terdapat sekitar 16 ribu rumah di pedesaan hingga kini yang belum dilengkapi dengan penerangan.

"Nah dengan mereka mencipta sebuah lampu led ini merupakan bukti bahwa ciptaan mereka layak dan laku di pasaran. Ini tentu kita dorong kedepannya, bagaimana siswa smk bisa berkolaborasi dengan 5.320 desa dalam menyesaikan kampung-kampung di desa yang masih redup yang belum ada listrik," harap Dedi. (Lis 1c)

29 Des 2020

Anggota DPRD Kabupaten Cirebon " siap kawal penangan banjir Desa Japurabakti"

Indomedianewsc- Persoalan banjir di Kabupaten Cirebon, khususnya di Kecamatan Astanajapura yang tidak kunjung teratasi mendapat perhatian khusus dari para wakil Rakyat dan pihak BBWS.

Keseriusan wakil Rakyat ini dibuktikan dengan turun langsung kelapangan dan melakukan kajian singkat tentang bagaimana solusi terbaik agar tidak lagi terjadi banjir manakala hujan turun.

Kejadian langganan banjir yang terjadi di Desa Japura Bakti, Kecamatan Astanajapura , kabupaten Cirebon tersebut dikeluhkan Kuwu setempat, Haerudin 
Dirinya menuturkan bahwa salah satu penyebab terjadinya banjir adalah setelah adanya jalan tol (SMR) Tol Kanci pejagan, hal ini disampaikan saat kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Cirebon beserta rombongan di Desanya, Selasa, 29/12/2020

" Banjir yang terjadi di Desa kami ini sudah menjadi langganan, kami memang tidak menyalahkan secara mutlak bahwa penyebabnya adalah keberadaan Tol, namun pada kenyataannya salah satu penyebabnya memang setelah adanya tol Desa kami selalu menjadi langganan banjir, ini kan perlu dilakukan pembahasan yang mendalam" tuturnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan
" Kami sangat berterimakasih atas adanya kunjungan dari para wakil Rakyat beserta Rombongan yang langsung turun kelapangan dan memantau kondisi sungai Singaraja yang selalu meluap jika musim penghujan, oleh karena kami mengharap agar Dinas terkait segera melakukan berbagai cara agar Desa kami tidak lagi terkena banjir, salah satunya melalui normalisasi maupun pembuatan tanggul, termasuk betonisasi jalan, karena jika masih menggunakan aspal hotmik, sudah dipastikan jika musim penghujan jalan tersebut akan terkelupas dan tentunya sangat membahayakan pengguna jalan " tutur Haerudin.

Sementara itu, menanggapi adanya keluhan yang disampaikan Kuwu Desa Japurabakti tersebut,  komisi 1 Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Fraksi PKB, R. Hasan Basori , menuturkan

"Terkait adanya keluhan yang disampaikan Kuwu, bahwa salah satu penyebab terjadinya banjir dikarenakan adanya tol, ini bersifat hipotesis atau pendapat warga yang perlu dilakukan kajian lebih mendalam agar tidak terjadi kesalahan tafsir, dan kami selaku Wakil Rakyat tentunya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari solusi terbaik agar banjir ini segera bisa ditangani , dan salah satu caranya adalah harus dilakukan duduk bersama antara pihak BBWS maupun  PUPR, termasuk melibatkan pihak terkait lainnya " ujarnya 

Bahkan dirinya menjelaskan, Bahwa yang bertanggungjawab Masalah Sungai adalah pihak BBWS

" Penanganan banjir memang perlu dilakukan pengkajian yang mendalam, selain mencari penyebab utamanya juga hal ini tidak terlepas dari persoalan sampah, dengan adanya persoalan tersebut, kami akan berusaha agar apa yang diharapkan Masyarakat agar tidak lagi terkena banjir bisa segera terealisasi, baik itu dilakukan normalisasi maupun hal lainnya" jelasnya.

Saat disinggung bahwa pihak Kabupaten Selalu beralasan keterbatasan Anggaran , dengan tegas Dirinya menuturkan

" Kalau bicara Anggaran, berapapun Anggaran yang ada tidak akan pernah cukup,namun hal ini bukan menjadi alasan, yang perlu dilakukan adalah penanganan yang terintegrasi" pungkasnya.

Disaat yang bersamaan, Camat Astanajapura, M.Iing Tadjudin , menuturkan
" Salah satu solusi terbaik dalam penangan banjir yang kerap terjadi di Japura Bakti ini adalah memfungsikan kembali tempat penampungan air yang ada di Desa tuk atau membangun tempat penampungan air baru, baik berupa waduk atau yang lebih besar dari embung, jika ini bisa terealisasi, selain bisa menampung air tatkala hujan tiba, juga bisa menyimpan air jika datang musim kemarau" jelasnya. (1c)

Jelang Tahun Baru 2021, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bagikan Kaos Layak Pakai Kepada Warga Perbatasan RI-PNG



Indomedianewsc - Menjelang Tahun Baru 2021, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kaliasin membagikan Kaos Layak Pakai kepada warga Perbatasan RI-PNG khususnya di Kampung Kibay Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Selasa (29/12).

Disebutkan Dansatgas, Kegiatan yang dilakukan Pos Kaliasin tersebut merupakan bagian dari pembinaan Teritorial di wilayah Penugasan Operasi. "Pembinaan Teritorial harus tetap kami lakukan walaupun dalam kalender Tugas Operasi, Satuan kami menginjak pada akhir masa pengabdian Kami di Perbatasan RI-PNG. Karena keberhasilan tugas juga salah satunya ditunjang dari kegiatan Teritorial." Ungkap Anggun.

Ditambahkan oleh Komandan Pos Kaliasin Letda Inf Ravio Mourbas, kegiatan pembagian Kaos layak pakai ini sengaja ia berikan menjelang akhir pergantian tahun. "Di Tahun yang baru ini kami ingin memberikan sesuatu yang baru untuk mereka yaitu kaos layak pakai. Meskipun kaos ini bukan baru dari toko, tapi masih sangat layak pakai sehingga mereka merasa memiliki kaos baru di tahun baru." Ucap Ravio.

Salah satu warga bernama Christine Kuntuy (33) tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya atas pembagian Kaos yang diberikan Satgas kepada dirinya. Pasalnya tidak hanya ia yang mendapatkan kaos tersebut, bahkan Suami dan anak laki-laki nya pun mendapatkan bagian kaos dari Satgas. "Puji Tuhan, terimakasih sehingga keluarga kami bisa pakai kaos baru di Tahun baru nanti. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan abang-abang Satgas Yonif MR 413 Kostrad." Tutur senang Christine.

Pensatgas 413 (1b)

260 Warga Desa Karangasem, terima bantuan beras

Indomedianewsc- 260 warga dari 5 RW dan 5 Dusun Desa Karangasem, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, menerima bantuan Beras per warga sebanyak 5 KG yang penyalurannya berasal dari Dana Desa tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Karangasem, Heriyanto, diruang kerjanya, Selasa, 29/12/2020.

" Alkhamdulillah, kami telah selesai menyalurkan bantuan beras kepada 260 Warga yang diperioritaskan mereka masuk dalam kategori jompo, dan Anggarannya sendiri diperoleh dari Dana Desa, tentunya walaupun nilainya tidak seberapa, diharapkan apa yang kami lakukan bisa sedikit meringankan beban warga ditengah Pandemi Covid-19" ujarnya

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa ditengah Pandemi ini kesadaran Masyarakat dalam menjaga kesehatan semakin meninggi

" Satu harapan yang selalu kami himbau kepada Masyarakat adalah tetap melaksanakan protokol kesehatan, tentunya dengan menerapkan 3M, ini semua merupakan salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid -19 yang sampai saat ini belum beranjak dari Negeri tercinta, kita semua berharap dan berdoa, agar Pandemi ini segera berakhir dan kita kembali menikmati hidup normal seperti sediakala" pungkasnya. (1c)

Jelang Akhir Tahun, Satgas Yonif Raider 100/PS Gelar Acara Syukuran Dalam Rangka Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021



Indomedianewsc- Ungkapan rasa syukur dan sukacita perayaan hari Natal 2020 dan menyambut datangnya Tahun Baru 2021, Satgas Yonif Raider 100/PS gelar acara syukuran bersama sama dengan masyarakat yang diadakan di Makotis Satgas Yonif Raider 100/PS tepatnya di Kampung Wonorejo. Juga, sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta mempererat hubungan emosional maupun kerjasama bersama masyarakat, Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Mayor Inf M. Zia Ulhaq, S.Sos di Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Senin,(28/12/2020).

Acara yang digelar di Makotis Satgas Yonif Raider 100/PS tersebut disambut sukacita dan penuh kedamaian oleh masyarakat Kampung Wonorejo, diantaranya dihadiri Wadansatgas Yonif Raider 100/PS Kapten Inf M. Nurdin, Dankima Kapten Inf Supriadi, Danki A Lettu inf Arya Megah Miko, Jajaran Perwira Staf Satgas, Danpos Kotis Letda Chb Darmanik, seluruh personel Pos Kotis, dan juga masyarakat diantaranya Bapak Mathius Way selaku Kepala Kampung, Bapak Junaidin selaku Sekretaris Desa, Bapak Eli Ambahub selaku Pendeta, Bapak Serma Aksan Hukom selaku Babinsa, dan masyarakat lainnya.

Mengawali sambutannya, Dansatgas mengajak kepada seluruh keluarga besar Satgas Yonif Raider 100/PS dan masyarakat senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunianya. "Ya, acara ini ditujukan dalam rangka wujud rasa syukur dan sukacita perayaan Natal 2020 dan menyambut Tahun baru 2021 dan menjadi moment yang sangat spesial, saya bangga kepada personel Satgas Yonif Raider 100/PS bisa merayakan Natal dan Tahun baru walaupun jauh dari keluarga tercinta, namun tidak mengurangi rasa bahagia karena disini diperbatasan masih ada saudara saudara kita yang selalu bersama," ungkap Dansatgas.

"Ini adalah wujud kekuatan betapa dekatnya personel Satgas Yonif Raider 100/PS dengan masyarakat, semoga kebersamaan ini terus dipupuk kedepannya, kegiatan ini juga merupakan bentuk toleransi antar umat beragama, dan kami selaku penjaga Perbatasan RI-PNG di wilayah Kampung Wonorejo turut larut dalam sukacita yang mereka rasakan," tambahnya.

Selaku Kepala Kampung Wonorejo Bapak Mathius Way menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Satgas Yonif Raider 100/PS yang telah memberikan suasana nyaman dan aman selama penugasan, "Terimakasih atas bantuan Satgas, semoga dalam syukuran Natal dan dalam menyambut Tahun baru, kita semua senatiasi diberikan kedamaian dan kasih." Ucapnya. (1b)

28 Des 2020

Warga berharap dinas terkait segera memperbaiki jalan berlubang /ambles



Indomedianewsc - jalan di Desa Kamarang sangat membahayakan para pengendara motor maupun mobil yang tepat nya di Desa Kamarang Kecamatan Greged yang  tidak kunjung di perbaiki. Meskipun jalan tersebut merupakan salah satu akses utama jalan yang menghubungkan Ciawigajah-Sindanglaut, namun kondisi itu di biarkan saja  ,ini tentunya sangat membahayakan pengguna jalan.

Carwadi  Salah satu warga Desa Kamarang menjelaskan, Senin, 28/12/2020  ,  jalan ambles dan berlubang  tersebut sudah terjadi  lama namun tidak juga lakukan perbaikan. "Setiap saya lewat jalan berlubang/ambles ini sudah lama tetapi belum di benerin", ujarnya. 

Senada disampaikan Asep, warga Kamarang  lainnya mengungkapkan jalan ambles tersebut terkesan dibiarkan ambles oleh instansi terkait, terkesan tidak memiliki niatan untuk memperbaiki jalan tersebut. 

"Kalau yang tahu pasti sudah hafal jalan itu rusak. Tetapi kalau yang baru lewat itu pasti kagok.kalau bisa mas tolong kepada pemerintah agar cepat membetulkan jalan tersebut , apa lagi di desa ini akan di jadikan desa wisata, kan jalan harus bagus dulu mas" harap Asep

Pengguna jalan lainnya, Irwan mengatakan berharap jalan tersebut bisa segera dilakukan perbaikan. 

"Jangan sampai ada korban kecelakaan gara-gara jalan ambles ini" tegas Irwan. (Wn)

Hadiah Natal, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Berikan Pos Kamling Merah Putih Untuk Masyarakat Perbatasan RI-PNG



Indomedianewsc- Masih dalam suasana Perayaan Natal 2020, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Pitewi memberikan hadiah spesial kado Natal kepada warga Kampung Pitewi Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom berupa Pos Kamling (Keamanan Lingkungan) Merah Putih.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Senin (28/12).

Disebutkan Dansatgas bahwa pembuatan Pos Kamling Merah Putih yang digagas oleh Pos Pitewi merupakan bagian dari pembentukan sistem keamanan lingkungan. "Pembuatan Pos Kamling tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai sarana pembentukan sistem keamanan lingkungan, untuk menghindari adanya kegiatan ilegal khususnya di malam hari. Kami juga akan membantu proses operasional Pos tersebut sehingga masyarakat akan semakin faham fungsi dari pembuatan Pos Kamling ini." Ungkap Anggun.

Ditambahkan oleh Kapten Inf Rum Patria selaku Komandan Pos Pitewi mengatakan bahwa penyerahan bangunan Pos Kamling Merah Putih ini resmi diserahkan dalam suasana Perayaan Natal. "Kami serahkan bangunan Pos Kamling Merah Putih ini sebagai Kado Natal dari Pos Satgas untuk Masyarakat Kampung Pitewi. Semoga dapat bermanfaat guna menjamin stabilitas keamanan di wilayah ini." Ucap Rum.

Pemberian bangunan Pos Kamling Merah Putih secara simbolis diterima Kepala Kampung Pitewi Bapak Niko Kerra (53). Iapun tak kuasa menyembunyikan kebahagiaannya atas pemberian Pos Kamling dari Satgas Yonif MR 413 Kostrad. "Saya mewakili masyarakat Kampung Pitewi mengucapkan banyak terima kasih atas pengabdian dan dedikasi yang luar biasa dari Satgas Yonif MR 413 Kostrad khususnya Pos Pitewi, semoga Kebaikan kalian terbalas Tuhan Yang Maha Esa." Tandas Kepala Kampung.


Pensatgas 413 (1b)

Kuwu pabuaran lor berharap banprov jabar selama covid belum berakhir tetap ada.



Indomedianewsc- Masa pademi cofid,19 yang belum bisa dipredksi akan berakhirnya kapan,sehingga kehidupan masyarakat kembali normal selama ini belum bisa di prediksi
Untuk itu bantuan provinsi masih di perlukan masyarakat terutama desa pabuaran lor yg masuk zona merah pademi cofid,19.tegas kuwu pabuaran lor Heri Castari.27/12/2020

 kuwu yang berlatar belakang sebagai anggota polisi ini mengatakan banprov tahap ke IV tahun anggaran 2020 yang hari ini di salurkan yang semula ada 1200 KPM tetapi kini hanya 688 KPM saja yang menerima langsung dari pos dan giro sesuai dengan data yang kami terima,by name by adres dengan uang tunai seratus ribu rupiah .Walau semula berupa paket sembako dan uang tunai kini mengalami penurunan hanya uang tunai seratus ribu rupiah .Memang kami di buat bingung tetapi  apa harus dikata kenyataannya begitu, ya sudah kami terima saja serta berterimakasih pada gubernur jabar masih ada perhatian kepada masyarakat  kami,semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk sedikit meringankan beban hidup di saat pademi cofid,19.(1a)

Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bantu Masyarakat Perbatasan RI-PNG Bangun Pagar Masjid



Indomedianewsc- Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Ramil Tami bersama masyarakat bergotong royong membangun pagar Masjid Al-Aqsho di Kampung Skouw Sae Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Minggu (27/12).

Dikatakan Dansatgas bahwa pembangunan pagar Masjid Al-Aqsho yang dilakukan oleh Personel Pos Ramil Tami bersama masyarakat merupakan wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat. "Perbantuan tenaga yang kami berikan merupakan wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat, kami tidak pernah sekali-kali membedakan Agama, ras dan golongan karena semuanya adalah saudara kami." Ucap Anggun.

Lettu Inf Warmu selaku Danpos Ramil Tami menambahkan penjelasannya mengenai kegiatan pembangunan pagar di Masjid Al-Aqsho tersebut. "Kami bersama masyarakat membangun pagar ini dengan harapan membuat sistem keamanan baik dari oknum yang ingin berbuat jahat maupun binatang peliharaan yang sering berkeliaran di area masjid." Jelas Warmu.

Hal senada juga dilontarkan salah satu warga masyarakat Kampung Skouw Sae Bapak Junaidi (52) terkait pembangunan pagar tersebut. "Saya sangat setuju masjid ini dibangun pagar, selain menambah keindahan masjid, juga saya berharap tidak ada lagi binatang peliharaan atau liar yang sering masuk di teras masjid, kami ingin lebih khusyuk dalam beribadah." Ungkap Junaidi.

Pensatgas 413 (1b)

27 Des 2020

Pos Satgas Yonif MR 413 Kostrad dijadikan tempat Ibadah Perayaan Natal



Indomedianewsc- Pos Skofro Lama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad dipenuhi Warga Kampung Skofro Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom dalam acara perayaan Ibadah Natal Tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Sabtu (25/12).

Dijelaskan Dansatgas bahwa kegiatan Ibadah Natal yang digelar di Pos Skofro Lama merupakan kali pertama Ibadah Natal yang dilakukan oleh warga Kampung Skofro. "Kami sangat terbuka dan menyambut baik bagi masyarakat Kampung Skofro yang hendak menggelar Ibadah Natal di Pos Satgas. Ini merupakan suatu kehormatan dan bentuk kepercayaan masyarakat Perbatasan RI-PNG khususnya Kampung Skofro kepada kami." Ungkap Anggun.

Serka Adhi Susilo sekalu Komandan Pos Skofro Lama turut menambahkan penjelasan tentang pelaksanaan Ibadah Natal yang digelar di Pos nya. "Dua hari sebelum pelaksanaan Ibadah Natal, kami didatangi oleh Pendeta Brian Alelo (54) untuk meminta izin merayakan Ibadah Natal di Pos, dengan senang hati kami berikan izin dan turut membantu dalam penyiapan Ibadah tersebut." Jelas Adhi.

"Setidaknya malam itu ada sekitar 120 masyarakat yang memenuhi Pos kami dengan pimpinan Pendeta Brian Alelo. Dan kebetulan ada beberapa anggota Kami juga yang merayakan Natal, turut berbaur dengan masyarakat Kampung Skofro." Tambahnya.

Kedekatan Pos Skofro Lama dengan masyarakat telah terbukti dari beberapa kegiatan yang dilakukan secara Gotong Royong. Puncaknya pada pekan lalu, Warga Kampung Skofro yang diwakilkan oleh tokoh masyarakat, Patrix Kamar (52) menghibahkan Tanah Adatnya seluas 21 Hektar Kepada Tentara Nasional Indonesia melalui Satgas Yonif MR 413 Kostrad. Sehingga perayaan Ibadah Natal yang dianggap sakralpun tidak diragukan jika pelaksanaannya digelar di Pos Satgas.

"Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pos Satgas, karena telah menganggap kami sebagai saudara sendiri. Sebelumnya kami juga berencana menggelar Ibadah di Gereja Diaspora Skofro, namun kapasitas tidak memungkinkan sehingga kami alihkan di Pos, seluruh masyarakat juga setuju dengan hal itu." Terang Bapak Pendeta.

Pensatgas 413 (Lis 1b)

PMI lahir untuk Rakyat

Indomedianewsc- PMI Kabupaten Cirebon tanggap cepat bantu banjir wtc.
Hujan yang mengguyur sejak siang hingga sore hari dengan intensitas tinggi,membuat hampir sebagian daerah di wilayah timur cirebon tenggelam,air mulai naik masuk ke rumah penduduk dan kantor desa serta fasilitas lain hampir merata di ketinggian antara 70 hingga 100 Cm.
Bencana tenggelamnya beberapa desa di wtc ini antara kecamatan kr,sembung,kec.lemah abang,kr.wareng dan kecamatan astanajapura hingga kecamatan waled.
Sesuai dengan visi misinya PMI kabupaten cirebon untuk selalu hadir ditengah2 derita dan jeritan rakyat untuk mengefakakuasi serta menolong meringankan korban banjir di beberapa titik wtc.Berbagai perlengkapan yg dimiliki PMI serta satgas PMI kabupaten Cirebon turun langsung menyisir korban banjir di wtc.
Demikian di jelaskan ketua PMI kabupaten cirebon Sri Hefiana Dedi supardi.Perempuna yang selalu berpikir untuk masyarakat kabupaten cirebon yang terus memonitoring dan terjun langsung mengatur satgas PMI yang sibuk mengefakuasi korban banjir dengan berenang dan menggunakan perahu karet ini secara serius menyiapkan berbagai obat2 an dan menyiapkan dapur umum untuk korban banjir.Lebih jauh Sri Heviana Dedi Supardi mengutarakan
" insya Allah PMI akan selalu dekat dengan rakyat apapun bentuk musibahnya karena PMI lahir untuk menolong dan memanusiakan manusia.Saya berpesan kepada masyarakat korban banjir agar tetap waspada dan semangat bahwa musibah ini tetap harus jadi bahan intropeksi diri kita akibat ada pola hudup yang salah terutama buang sampah sembarangan salah satu penyebab banjir.(1a)

26 Des 2020

INDOMEDIA NEWSC: Bupati Cirebon Lakukan Monitoring Pelaksanaan Nata...

INDOMEDIA NEWSC: Bupati Cirebon Lakukan Monitoring Pelaksanaan Nata...: Indomedianewsc- Untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Natal disejumlah gereja di Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebo...

Bupati Cirebon Lakukan Monitoring Pelaksanaan Natal secara Virtual



Indomedianewsc- Untuk memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Natal disejumlah gereja di Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag bersama Forkopimda, melakukan monitoring secara virtual.

Bupati dan Forkopimda,  melakukan teleconference dengan tiga gereja di Kabupaten Cirebon. Teleconference dilakukan dengan pengurus gereja dan jemaat, yang usai melaksanakan kebaktian misa.

Imron mengaku cukup prihatin, dengan perayaan natal pada tahun ini, karena dilaksanakan dalam kondisi pandemi covid 19.

Namun ia berharap, kondisi tersebut tidak mengurangi sedikitpun kesakralan maupun kehidmatan dalam melaksanaan perayaannya.

"Kami memohon juga kepada jemaat, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Imron.

Imron juga mengungkapkan, bahwa angka penyebaran covid 19 di Kabupaten Cirebon masih cukup tinggi. Tercatat sebanyak 200 orang meninggal dunia dan 821 orang masih dalam perawatan rumah sakit maupun isolasi mandiri.

Kondisi tersebut, membuat sejumlah gereja terpaksa melaksanakan kegiatan ibadah secara virtual atau dengan jumlah jemaat yang terbatas.

"Hal itu semua, demi untuk mencegah terjadinya penyebaran covid 19," kata Imron.

Namun menurut Imron, virus covid 19 juga menyadarkan kita semua, bahwa kita semua ini adalah manusia yang sama, walaupun berbeda suku, ras dan agamanya. Karena virus ini menyerang siapapun.

Oleh karena itu, Imron mengharapkan kerjasama seluruh pihak, untuk bisa bersama-sama dalam menanggulangi pandemi yang sudah berlangsung hampir setahun ini.

"Kita harus bergandengan tangan. Dan situasi ini, menyadarkan kita semua, bahwa kita saling membutuhkan satu dengan lainnya," kata Imron.

Tidak lupa, Imron juga mengucapkan selamat natal dan tahun baru untuk seluruh warga Kabupaten Cirebon yang merayakannya. 

Ia berharap, tahun baru nanti, bisa diberikan keberkahan dan kedamaian, serta dihilangkannya virus covid 19 dari muka bumi.

"Semoga kita menghadapi situasi yang sulit ini, dengan keyakinan dan kedamaian, serta dipenuhi oleh kekuatan cinta," kata Imron. (1c)

Pos Tsinga Satgas Pamrahwan Yonif/756/WMS Gelar Acara Bakar Batu Bersama Masyarakat



Indomedianewsc-  Menyambut hari Natal 25 Desember 2020, Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS dibawah Kolakopsrem 174/ATW, Pos Tsinga bersama masyarakat Kampung Beanekogom Tsinga Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika melasanakan acara bakar batu sebagai bentuk ucapan rasa Syukur pada Tuhan atas Kesehatan dan hasil panen bagi masyarakat Kampung Beanekogom Tsinga, Kamis (24/12/2020).

Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea menyampaikan bahwa acara bakar batu juga merupakan salah satu bentuk kearifan lokal budaya masyarakat setempat.

"Kegiatan ini merupakan tradisi rutin yang dilakukan setiap tahunnya di Kampung Baenekogom Tsinga", ungkap Dansatgas dihubungi melalui telpon selulernya. 

Sementara itu Dan Pos Tsinga Letda Inf Riyanto mengatakan, pada tahun ini pos Tsinga berkesempatan untuk ikut terlibat secara langsung dalam kegiatan acara bakar batu bersama masyarakat kampung Beanekogom Tsinga.

"Disamping sebagai aparat keamanan yang bertugas memberikan dan menjamin rasa aman pada masyarakat, kami juga turut serta terlibat secara langsung bergotong royong bersama masyarakat mulai dari menyiapkan tempat di lapangan helypad Tsinga, mengambil bahan-bahan yang akan digunakan untuk acara bakar batu berupa pengambilan batu di sungai, kayu serta daun-daun di hutan sampai pada pelaksanaan kegiatan hingga selesainya", terangnya. 

Sementara itu, untuk bahan-bahan yang akan dimasak dalam acara bakar batu antara lain,
1. Babi lima ekor
2. Betatas lima noken
3. Jagung tiga noken
4. Keladi lima noken
5. Sayuran lima noken

Pada kesempatan acara bakar batu kali ini, pos Tsinga satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS melalui Danpos Letda Inf Riyanto memberikan bantuan sumbangan berupa pakaian pada masyarakat kampung Beanekogom Tsinga yang bertuliskan *NKRI HARGA MATI*,Tulisan tersebut mengandung makna untuk menumbuhkan rasa cinta dan rela Berkorban pada Tanah Air Indonesia serta mau  dengan Ikhlas menjaga Kedaulatan Negara Indonesia.

Kepala Suku Kampung Baenekogom Bpk Yoab Beanal (65 thn) mewakili seluruh masyarakat Kampung Beanekogom Tsinga memberikan Apresiasi dan berterima kasih pada Pos Tsinga Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS karena dengan cepat dapat beradaptasi dan berbaur dengan masyarakat serta selalu membatu masyarakat dalam hal kegiatan yang positif

"Sungguh Luar biasa untuk pos Tsinga Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Semoga dimanapun berada Selalu dalam lindungan Tuhan." harapnya.

Penrem172 (Lis 1b)

24 Des 2020

Pohon Tumbang Menutup Poros Jalan Keerom, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Cepat Tanggap Evakuasi



Indomedianewsc-Bertempat di Jalan Raya Distrik Arso Kabupaten Keerom, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kout KM 31 Bersama masyarakat membersihkan pohon yang tumbang menutupi poros jalan yang menghubungkan Kabupaten Keerom dengan Kota Jayapura. 

Hal tersebut disampaikan Wadansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kout KM 31 Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat dalam konfirmasinya di Pos Satgas KM 31 Distrik Arso Kabupaten Keerom. Kamis (24/12).

"Intensitas hujan lebat di penghujung tahun 2020 pada pekan ini mengakibatkan pepohonan di sepanjang ruas jalan bertumbangan. Jelas dampaknya sangat mengganggu lalu lintas dari kedua arah baik dari Jayapura menuju Keerom maupun sebaliknya." Ungkap Hervin saat memimpin pelaksanaan pembersihan Poros Jalan. 

"Untungnya dengan berbekal kedekatan Satgas dan masyarakat, sehingga proses evakuasi pohon yang berhamburan di jalan dapat diselesaikan dengan cepat. Lalu lintas pun kembali normal setelah pelaksanaan kegiatan pembersihan jalan." Tambahnya. 

Mendapat laporan dari Wadansatgas, Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han selaku Wadansatgas mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pos Kout KM 31. "Terimakasih atas respon cepat yang dilakukan Pos Kout KM 31 untuk mengevakuasi pohon yang tumbang menutupi jalan. Terlebih dapat menggerak masyarakat juga untuk bersama-sama dalam proses pembersihan tersebut. Hal yang kecil ini harus terus kita tularkan kepada masyarakat lainnya." Tutur Dansatgas. 

Pensatgas 413 (1b)

H.Lili mengucapkan selamat " Atas terpilihnya Kuwu Muali menjadi ketua FKKC Kabupaten Cirebon"

Indomedianewsc- kontestasi pemilihan Calon Ketua FKKC Kabupaten Cirebon telah selesai dengan menghasilkan seorang Pemimpin baru yaitu Kuwu Muali sebagai Ketua FKKC periode 2021-2023.

Dengan terpilihnya Muali sebagai Ketua FKKC diharapkan Kabupaten Cirebon akan lebih baik dari yang sudah baik, hal tersebut seperti yang disampaikan Salah seorang Kontestan , H.Lili. S, Kamis, 24/12/2020

" Pertama saya mengucapkan selamat kepada Kuwu Muali atas terpilihnya sebagai ketua FKKC Kabupaten Cirebon, tentunya secara pribadi saya sangat berharap kedepannya dibawah kepemimpinan Pak Muali Kabupaten Cirebon akan lebih baik, khususnya dalam memperhatikan keberadaan para Kuwu agar semua yang diinginkan para Kuwu bisa tertampung, yang utama lagi saya secara pribadi berharap agar Kedepannya FKKC memiliki Lembaga Hukum yang bertujuan untuk membantu para Kuwu jika suatu saat menghadapi persoalan ' ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan
" Saya percaya Pak Kuwu Muali memiliki kemampuan untuk memimpin FKKC, dan saya sangat yakin dibawah kepemimpinannya Kabupaten Cirebon akan lebih baik dan tidak ada lagi istilah Kuwu Barat atau timur, yang pasti sekali lagi saya tekankan selamat bertugas  dan kepada seluruh Kuwu Se Kabupaten Cirebon untuk secara bersama sama mendukung Ketua FKKC demi kemajuan Desa secara berkesinambungan" pungkas H.Lili. (1c)

Hasil Mubes "Kuwu Muali Terpilih Menjadi Ketua FKKC Periode 2020-2023"




Indomedianewsc - Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) menggelar Musyawarah Besar (Mubes) di Kabupaten Cirebon. Pelaksanaan Mubes FKKC itu, berlangsung di The Radiant Gronggong. Dan pembukaan Mubes tersebut, di buka langsung oleh Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi M.Ag. Rabu (23/12/2020)

Sedangkan dalam Pemilihan Ketua Forum Komunikasi Kuwu Cirebon periode 2020 – 2023 yang berlangsung dari 4 calon itu di menangkan oleh Kuwu Muali dari Desa Keraton Kecamatan Suranenggela Kabupaten Cirebon.

Perhelatan Mubes itu sendiri ada 4 kandidat calon ketua FKKC yaitu, Kuwu H. Lili Mashuri, Kuwu Alek, Kuwu Bambang dan Kuwu Muali. Dari hasil pemilihan yang berlangsung itu, Dimenangkan oleh Kuwu Muali yang mendapatkan suara 103 lebih unggul dari ke 3 calon kandidat lainnya.

Dalam momen kemenangannya Kuwu Muali mengatakan, dirinya akan merangkul semua Kuwu se kabupaten Cirebon. Bahkan dia akan memperkuat silaturahmi antar Kuwu dan menjaga Marwah kuwu.

 " Kami akan bekerja sama dengan berbagai pihak demi kemajuan FKKC dan desa serta program kinerja Kuwu agar tetap bersinergi dengan instansi terkait lainnya di Kabupaten Cirebon." Ungkapnya.

Kuwu Mualipun berjanji, dirinya akan menjadi  fasilitator, antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dan desa. Pasalnya seorang kuwu menjadi ujung tombak program pemerintah, baik infrastruktur dan bantuan lainnya yang langsung berhadapan dengan masyarakat.

Diapun mengucapkam terima kasih kepada semua para Kuwu, semua pihak dan instansi terkait lainnya yang telah mensukseskan Mubes FKKC di Cirebon. Lebih dari itu, dirinya membutuhkan dukungan dari para kuwu untuk bersama memajukan FKKC dan pembangunan program desa agar lebih maju dan berkembang serta bersinergi dengan pemerintah daerah. Pungkasnya. (1c)

Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS melakukan perbaikan Gereja di Kampung Aroanop




Indomedianewsc- Prajurit Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS pos Aroanop menyambut hari Natal 25 Desember 2020 dengan menggelar program perbaikan Gereja GKI Bethlehem di Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika, Selasa (23/12/2020).

Selain melaksankan tugas pokok menjaga wilayah daerah rawan, Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS juga turut serta mengambil bagian dalam pembentukan mental spiritual bagi masyarakat kampung Aroanop melalui perbaikan Gereja GKI Bethlehem Aroanop, hal tersebut dikatakan Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Mayor Inf Marolop Edison Bala Hutapea disela-sela kegiatannya. 

"Harapan kami dengan adanya perbaikan Gereja ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kampung Aroanop untuk beribadah pada Tuhan, terutama dalam menyambut bulan Desember yang penuh kasih dimana seluruh umat Kristiani akan merayakan hari Natal", katanya. 

Selain itu,  Dansatgas juga mengatakan bahwa membangun Papua harus melalui pendekatan kasih, karena  Tanah Papua merupakan tanah yang diberkati.

"Oleh karena itu, kami mengajak pada seluruh masyarakat kampung Aroanop untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas, menjauhi segala tindakan yang dapat merusak persatuan dan kesatuan serta menjadikan teladan Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari guna mencerminkan Kasih, Damai dan sejahtera bagi orang lain," jelas Dansatgas Mayor Inf Marolop Edison. 

Disamping itu,  Danki Satgas SSK ll Lettu Inf Sony Teguh Bahtiar juga mengatakan bahwa kehadiran serta program perbaikan Gereja merupakan salah satu upaya Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Jemaat Gereja GKI Bethlehem Aroanop dalam beribadah, terutama dalam Ibadah menyambut hari Natal Tanggal 25 Desember 2020.

"Semoga dengan perbaikan ini dapat meciptakan kenyamanan,  damai dalam beribadah bagi Jemaat", pungkasnya. 


Penrem172 (Lis 1b)

23 Des 2020

FKKC Diharapkan Bisa Jadi Fasilitator Pemkab dan Desa



Indomedianewsc-Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag, secara resmi membuka Musyawarah Besar Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) di Hotel Radiant Gronggong, Rabu 23 Desember 2020.

Banyak harapan yang disampaikan oleh Imron, terkait keberadaan FKKC dan juga pemimpin barunya nanti. Menurut Imron, FKKC diharapkan menjadi fasilitator, antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dan desa.

" Karena kuwu merupakan jabatan yang paling strategisa dan langsung berhadapan dengan masyarakat," ujad Imron.

Karena menurut Imron, wilayah Kabupaten yang cukup luas dan jumlah desa yang cukup banyak, membuat pihaknya di Pemda, membutuhkan dukungan dari para kuwu, untuk bisa melaporkan perkembangan wilayahnya.

Bukan hanya itu, Imron juga berharap, kuwu bisa aktif untuk memberikan informasi terkait potensi dan juga permasalahan yang terjadi di wilayahnya.

"Sehingga nantinya, kami bisa mengeluarkan kebijakan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada," kata Imron.

Untuk bisa melaporkan hal tersebut, Imron meminta untuk pengurus FKKC, agar bisa merangkum persoalan dan potensi yang ada. Nantinya, Pemkab Cirebon akan berkoordinasi dengan FKKC.

Imron mengungkapkan, pihaknya tidak memantau langsung seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu, ia sangat berharap, kuwu untuk bisa proaktif memberikan informasi kepada pemerintah daerah.

"Kalau kuwu tidak laporan, kami mungkin saja tidak tahu problem yang terjadi," ujar Imron.

Imron juga berharap, pemimpin FKKC yang baru nanti, bisa merangkul dan merangkum seluruh desa dan bisa bekerjasama baik dengan pemerintah daerah. (1c)

Salah satu penyebab banjir terowongan ' berdirinya bangunan disamping Dobel Trek"

Indomedianewsc-  Akibat kerap terjadi banjir dan menimbulkan kemacetan, pihak UPTD Wilayah enam Kabupaten Cirebon akhirnya melakukan perbaikan Jalan dan pembuatan pembuangan saluran air yang berlokasi tepat dibawah terowongan kereta Api , kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Rabu, 23/12/2020.

Dari keterangan yang disampaikan pelaksana UPTD Wilayah Enam, Muhtadi, saat disinggung pelaksanaan  proyek yang hanya bersifat perbaikan dan bukan peningkatan, menjelaskan

" Sebenarnya kami setiap tahun telah mengajukan proposal kepusat agar segera dilakukan peningkatan jalan, namun memang sampai saat ini belum terealisasi dan kami hanya melakukan perbaikan secara berkala sebagai salah satu langkah antisipasi terjadinya banjir atau genangan air yang menutupi permukaan jalan " tuturnya.

Lebih lanjut Muhtadi menuturkan

" Saat ini selain kami melakukan penambalan dan perbaikan jalan,  sebagai antisipasi terjadinya banjir, kamipun tengah mengerjakan pembangunan irigasi atau pembuangan saluran air sepanjang kurang lebih 500 meter yang bermuara ke bendungan ciwado mati atau kali bedah, mudah -mudahan dengan dibuatnya saluran pembuangan air tidak akan terjadi lagi banjir atau genangan yang menutupi permukaan jalan dibawah terowongan tersebut" jelasnya 

Saat disinggung penyebab banjir selain tidak tersedianya saluran pembuangan air, Muhtadi menjelaskan

" Sebelum adanya dobel trek , jalanan disini tidak pernah banjir, karena disampingnya belum berdiri bangunan seperti saat ini, namun setelah adanya beberapa bangunan akhirnya saluran air yang semula ada jadinya tertutup bangunan hingga dampaknya jika terjadi hujan lebat air di sekitar terowongan tidak bisa mengalir" pungkasnya. (1c)

KODIM 1712/SARMI SIAP BACK UP POLRES SARMI DALAM OPERASI LILIN-MATOA 2020 DI KABUPATEN SARMI



Indomedianewsc-  Polres Sarmi dan Kodim 1712/Sarmi kembali menggelar  Operasi Lilin Matoa 2020 dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan tahun baru 2021 di wilayah Kabupaten Sarmi,  apel gelar pasukan ini dilaksanakan di lapangan Mapolsek Sarmi Kota, Senin (21/12).

Dalam apel gelar pasukan tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kapolres Sarmi AKBP Hapry Lanudjun, S.Sos. M.M. dan Dandim 1712/Sarmi Letkol Inf Rizky  Marlon Silalahi, S.I.P. 

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Sarmi membacakan amanat dari Kapolri untuk senantiasa bekerjasama dengan semua komponen yang ada untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif selama perayaan Natal dan tahun baru, lebih lanjut kapolres juga menekankan untuk tetap menegakkan protokol kesehatan selama menghadapi pandemi covid-19.

Sementara dalam kesempatan yang sama Dandim 1712/Sarmi menyatakan bahwa kesiapan TNI dalam membantu pihak Kepolisian untuk pelaksanaaan Operasi Lilin-Matoa 2020 di wilayah Kabupaten Sarmi.

"Kami siap dan akan selalu melakukan koordinasi dengan Polres, serta instansi terkait tentunya, agar masyarakat di wilayah Kabupaten Sarmi nyaman dan aman dalam menjalankan ibadah perayaan Natal dengan penuh sukacita,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa tentunya harapan dan tujuan kita sama yaitu, perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021 dapat berjalan dengan aman dan lancar. 
“Mari kita laksanakan tugas dengan baik, agar aktivitas masyarakat di wilayah Kabupaten Sarmi berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Apel Kesiapsiagaan ini dihadiri 100 orang personil, yang terdiri dari anggota Kodim 1712/Sarmi dan Polres Sarmi beserta jajarannya, Subdenpom Sarmi, Kompi C 751/VJS dan Pos AL Sarmi. Turut hadir juga undangan tokoh adat, pemuka agama, tokoh pemuda dan perwakilan dari Pemerintah Daerah.

Penrem172 (Lis 1b)

22 Des 2020

Dukungan terus mengalir ' H.Lili minta semua pihak perkuat kebersamaan"

Indomedianewsc- Silaturahmi dan konsolidasi Calon Ketua FKKC Kabupaten Cirebon, H.Lili Mashuri bersama beberapa Kuwu dan Forum Kuwu dari Kecamatan Babakan, Gebang dan Lemahabang yang dilaksanakan pada Selasa, 22/12/2020.

Dalam acara Silaturahmi sekaligus konsolidasi tersebut, H.Lili Mashuri yang merupakan Kuwu Desa Cipeujeh kulon, mengharapkan agar ajang silaturahmi ini dapat bermanfaat untuk saat ini dan saat selanjutnya demi kemajuan bersama.

" Saya secara pengalamam dalam kepemerintahan Desa tentunya masih sangat minim, namun karena rekan rekan Kuwu meminta saya untuk maju sebagai Ketua FKKC Kabupaten Cirebon, dan melihat semangat rekan rekan yang begitu gigih , maka saya secara penuh kesadaran dan mencoba untuk memenuhi apa yang diharapkan rekan rekan Kuwu, siap untuk menjadi ketua FKKC Kabupaten" tuturnya

Lebih lanjut Lili menyampaikan harapan akan adanya sebuah perubahan menuju Cirebon lebih baik dari yang sudah baik

" Kabupaten Cirebon ini secara umum sudah sangat baik, khususnya terkait pengembangan pembangunan Desa, namun ada sesuatu yang mungkin sedikit terlupakan adalah adanya peran serta FKKC manakala ada Kuwu atau kepala Desa yang tersandung permasalahan. FKKC itu bukan hanya sebatas Forum atau perkumpulan, namun akan lebih baik jika keberadaan FKKC itu menjadi salah satu tempat dimana para Kuwu bisa bercerita atau curhat jika menghadapi satu persoalan dalam bentuk apapun, oleh karenanya, jika memang Allah berkehendak dan meridloi saya untuk duduk sebagai ketua FKKC, maka salah satu program atau misi saya adalah mendirikan atau membangun sebuah Lembaga Bantuan Hukum yang bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi para Kuwu, dan Alkhamdulillah, saat ini sudah ada beberapa Lembaga yang merapat dan siap menjadi penasehat jika mana saya terpilih sebagai ketua FKKC Kabupaten Cirebon " lanjutnya.

' satu yang menjadi harapan saya adalah tidak ada lagi Kuwu Barat, Tengah atau timur, yang pasti mari kita bersama membangun Kabupaten Cirebon dengan menyatukan satu visi dan misi, yang utama lagi kita jalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik Lembaga, rekan jurnalis maupun instansi terkait demi Cirebon yang kita cintai' pungkas H.Lili.

Sementara itu satu hal dan dukungan disampaikan ketua Forum Kuwu Kecamatan Babakan , Yeni setiati

' kami sangat mendukung H.Lili untuk maju sebagai ketua FKKC Kabupaten Cirebon, tentunya kita sama berdoa dan memohon kepada Allah agar niat baik Pak H.Lili  mendapat ridlo dari Allah dan diijabah apa yang menjadi harapan, satu yang perlu kami sampaikan adalah  sudah saatnya Cirebon berubah agar lebih baik dari yang sudah baik, dan tidak ada lagi istilah Timur maupun barat, yang ada hanyalah Kabupaten Cirebon" pungkas Yeni. (1c)

Karangtaruna dan Masyarakat Astanajapura ' Tutup Akses jalan pembangunan tower Sutet T6"

Indomedianewsc- dampak dari tidak adanya respon pihak pengusaha, dalam hal ini Bukaka dan PT RMS sebagai Subkon pembangunan tower Sutet T6, Karangtaruna beserta Masyarakat Desa Astanajapura, kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, melakukan penutupan Akses jalan pembangunan Tower Sutet T 6 yang berada di wilayah jalan Blok Nangka Desa Astanajapura.

Dalam keterangan yang disampaikan Ketua Karangtaruna Jali Angsana, Andi Sanjaya, menuturkan di sela Aksi Penutupan Akses Jalan, Selasa, 22/12/2020.

" Kami melakukan penutupan jalan akses pembangunan Tower sutet T 6 bukannya tanpa alasan, ini kami lakukan semata karena pihak pengusaha atau pelaksana proyek pembangunan tower, dalam hal ini Bukaka dan PT. RMS saat melaksanakan pembangunan tanpa sosialisasi terlebih dahulu dengan pihak Pemdes setempat, seharusnya mereka kordinasi terlebih dahulu dengan pihak Pemdes, karena pembangunan tersebut menggunakan akses jalan yang ada di Desa kami, jadi jangan seenaknya saja, bukannya kami menghambat, tapi tolong perhatikan dan lakukam koordinasi agar semuanya berjalan dengan baik " ujar Andi.

Sementara itu penutupan akses jalan pembangunan tersebut mendapat dukungan penuh dari Aktifis Forum Mahasiswa pemuda peduli lingkungan (FMPPL)  dukungan tersebut disampaikan Ketua FMPPL, Deden Iskandar

" Kami sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Karangtaruna dan Masyarakat setempat, pasalnya selain tidak adanya koordinasi dengan pemdes setempat , juga dampak dari adanya pembangunan tersebut menimbulkan banyak kerusakan lahan sekitar, seperti yang terlihat nyata dilokasi pelaksanaan pembangunan tower Sutet T6 ini" tegas Deden.

Senada hal tersebut disampaikan salah seorang Tokoh Masyarakat setempat, Abdul Rosyid.

"Selama ini Masyarakat Astanajapura tidak pernah menuntut terhadap apapun bentuk pembangunan yang diperuntukan bagi kepentingan Masyarakat umum, namun bukan berarti seenaknya saja dalam melaksanakan  pembangunan,  di sini ada Pemerintahan Desa dan ada Masyarakatnya, jadi alangkah bijaknya jika sebelum melaksanakan apapun libatkan Masyarakat dan Desa setempat, karena Desa Astanajpura ini masuk dalam ring satu keberadaan PLTU ( pembangkit listrik tenaga uap) baik yang sudah ada maupun yang sedang dalam tahap pembangunan ' ujar Abdul Rosyid.

Sementara itu saat awak media mempertanyakan tentang tidak adanya sosialisasi dan koordinasi pihak pengusaha kepada pihak Pemdes, beberapa saat sebelumnya, dibenarkan Kuwu Desa Astanajapura, Faturokhman.

" Memang benar, pihak pengusaha tidak ada sosialisasi dan koordinasi dengan pihak pemdes, oleh karenanya kami mendukung apa yang dilakukan Karangtaruna, selagi untuk kepentingan orang banyak dan dilakukan dengan mengutamakan kondusifitas lingkungan' terang Faturokhman singkat. (1c)

TNI BANGUN GEREJA, MASYARAKAT KUFU TIDAK LAGI BERIBADAH DI BAWAH POHON



Indomedianewsc – TNI dari Korem 172/PWY melalui Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 413/Bremoro melaksanakan kegiatan sosial dengan membangun sebuah gedung Gereja di Kampung Kufu, Distrik Arso Timur, Kab. Keerom, Papua dan telah diresmikan pada Sabtu siang, (19/12).

Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Izak Pangemanan menyampaikan bahwa Kampung Kufu adalah salah satu kampung yang terletak jauh di ujung perbatasan RI-PNG atau kurang lebih 3 Km dari kampung tersebut untuk mencapai perbatasan kedua negara. Kampung tersebut berdiri sejak 3 tahun yang lalu, dimana jarak yang jauh dari perkotaan dan jalan serta medan yang cukup sulit untuk menuju kampung tersebut.

“Kurang lebih dua bulan yang lalu, TNI dari Satgas Pamtas Yonif MR 413 Bremoro saat melakukan patroli pengamanan wilayah menemukan masyarakat ini dan kemudian melakukan pengobatan gratis dua hari setelahnya, sehingga masyarakat merasa senang karena sebelumnya belum ada instansi manapun yang datang ke kampung ini dan setelah itu masyarakat meminta untuk dibangunkan sebuah gedung gereja”, kata Izak di Jayapura, Minggu (20/12).

Sebelumnya, masyarakat dari kampung ini melakukan ibadah di bawah pohon, sebab jarak gereja terdekat ke Kampung New Sangke amat jauh.

“Dan sekarang kita buatkan gedung gereja agar masyarakat memiliki tempat yang layak untuk memuji Tuhan. Ini adalah kado natal dari TNI. Kemudian kita juga melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dalam rangka menyambut perayaan Hari Natal serta dilaksanaan pembagian masker dan sosialisasi tentang protokol kesehatan Covid-19”, ujarnya.

Izak juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu wujud nyata dari Komitmen Korem 172/PWY dengan seluruh jajarannya dalam menjaga dan menyelesaikan konflik yang ada di Papua saat ini dengan hati dan pendekatan secara agama kepada masyarakat.

Dansatgas Pamtas Yonif MR 413 Bremoro Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa selain melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan, salah satu tugas Satgas juga membantu masyarakat diwilayah Papua.

“Kami akan selalu siap membantu masyarakat apabila ada kesulitan, jangan sungkan-sungkan untuk datang ke Pos, anggap Pos kami sebagai saudara. Harapan kami juga agar masyarakat disini dapat meningkatkan keimanan kepada Tuhan dengan di bangunnya gereja ini, sehingga tanah Papua menjadi tanah yang di berkati Tuhan, tercipta damai, aman tentram dan sejahtera di tanah ini”, pungkasnya. 

Sementara itu salah satu tokoh pemuda dan penggerak kampung Kufu, Nikolas, menyampaikan terima kasih kepada TNI khususnya Satgas 413/Bremoro yang telah membangunkan sebuah gedung gereja termasuk dengan seluruh fasilitas untuk beribadah di dalamnya.

“Ini sangat berarti bagi kami masyarakat kampung Kufu di bulan kasih ini, kami semua bisa merayakan natal sendiri di gereja yang sudah ada dan tidak lagi harus di bawah pohon yang biasa kami lakukan”, tuturnya.

Pihaknya berharap agar hubungan kerjasama dan kekeluargaan yang telah terjalin saat ini dapat terus berlanjut. “Kami masyarakat kampung Kufu berharap agar Komandan Pos Skofro dapat tinggal lebih lama di sini bersama kami, karena kami sudah anggap seperti keluarga kami”, harapnya

Dalam kegiatan peresmian GKI Immanuel Bremoro Kampung Kufu tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Bapak Lamber Saruna Sekertaris Klasis GKI Kab. Keerom, dan dilanjutkan dengan doa bersama serta Bakti Sosial pembagian sembako dan bingkisan Natal oleh Korem 172/Praja Wira Yakti.

Penrem172 (Lis 2b)

Anggota DWP Kabupaten Cirebon Diminta Kuasai Teknologi Digital



Indomedianewsc -: Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) tingkat Kabupaten Cirebon, diminta untuk bisa menguasai teknologi digital yang saat ini terus berkembang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, saat mewakili Bupati Cirebon dalam peringatan hari jadi DWP yang ke-21.

Menurut Sutrisno, sudah saatnya anggota DWP menguasai teknologi digital yang saat ini sedang berkembang. Karena memahami teknologi saat ini, bisa menjadikan sebagai alat ketahanan keluarga.

"Hal tersebut, sesuai dengan tema hari jadi kali ini, yaitu peran DWP dalam pemberdayaan perempuan di era digital, untuk mendukung terwujudunya ketahanan keluarga," ujar Rahmat, Senin 21 Desember 2020.

Rahmat juga mendorong kepada pengurus DWP Kabupaten Cirebon, untuk lebih sering memberikan pemahaman tentang teknologi digital kepada anggotanya dan masyarakat umum.

Karena menurut Rahmat, banyak hal yang bisa dihasilkan melalui perkembangan teknologi saat ini. Yaitu, hal yang positif dan negatif. Sehingga, dengan seringnya pemberian pemahaman terkait teknologi digital, bisa membuat pemahaman anggota DWP menjadi lebih luas.

"Bisa mengetahui, hal apa saja yang bisa berpengaruh positif ataupun negatif," kata Rahmat.

Ia juga berharap, DWP bisa meningkatkan kemampuan dan ketrampilan anggotanya. Karena, dengan meningkatnya kemampuan, akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup.

Sehingga nantinya, dengan kualitas hidup yang baik, ketahanan keluarga juga bisa direalisasikan dengan mudah. 

Rahmat juga mengajak kepada anggota DWP, untuk bersama-sama dengan pemerintah, untuk ikut meningkatkan kualitas perempuan di Kabupaten Cirebon. 

Salah satunya, yaitu dengan memberikan kontribusi positif, dengan membantu menciptakan ketahanan keluarga, yang nantinya bisa menciptakan ketahanan masyarakat.

"Jika ketahanan masyarakat sudah bisa dilakukan, maka nanti bisa menciptakan ketahanan nasional," kata Rahmat.

Sementara itu, Ketua DWP Kabupaten Cirebon, Hj Wiwi Sutrisno menuturkan, bahwa dalam peringatan hari jadi ini, pihaknya menyelenggarakan sejumlah kegiatan.

Kegiatan yang diselenggarakan diantaranya, yaitu bakti sosial disalah satu panti di Kabupaten Cirebon, sekaligus memberikan bantuan kepada anak yatim dan jompo.

DWP juga menyelenggarakan webinar, yang berkaitan dengan tema, yaitu menjadikan perempuan yang sukses, tangguh dan mandiri.

"Kegiatan ini, diikuti oleh anggota DWP, baik di tingkat OPD ataupun kecamatan," ujar Wiwi.

Pihaknya berharap, DWP bisa ikut bersinergi dengan pemerintah, untuk bisa menciptakan perempuan yang hebat, maju dan sukses. Tentunya, hal tersebut untuk mejadikan Kabupaten Cirebon lebih maju dan sejahtera. (1c)

21 Des 2020

Ini Yang Dilakukan Satgas Yonif MR 413 Kostrad, Berbagi di Bulan Kasih



Indomedianewsc -Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Yetti melakukan 'aksi' membagikan bahan pokok makanan di bulan yang penuh Kasih kepada masyarakat Kampung Yetti Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Senin (21/12).

Disampaikan Dansatgas bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Pos Yetti pimpinan Lettu Inf Bagus Dwi Hartanto merupakan wujud kasih dan kebersamaan Satgas kepada masyarakat Papua dalam menyambut hari besar Natal. "Di Bulan Desember yang penuh kasih ini, saya perintahkan seluruh Jajaran Pos Satgas termasuk Pos Yetti untuk menggelar kegiatan Bhakti Sosial kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya Prajurit wajib menggunakan topi Sinterklas sebagai simbol bahwa kita juga turut menyambut kebahagiaan di bulan kasih ini." Ungkap Anggun.

Lettu Inf Bagus Dwi Hartanto yang langsung memimpin kegiatan pembagian bahan pokok mengutarakan tentang bahan pokok makanan yang ia berikan kepada masyarakat. "Bahan pokok ini merupakan bahan pokok yang sama kita makan, namun karena berlebih, kami dan anggota sepakat untuk membagikannya kepada masyarakat Kampung Yetti. Puji syukur mereka menerima paket yang kami berikan dengan senang hati." Ucap Bagus.

Raut wajah kebahagiaan warga Kampung Yetti pun tidak dapat disembunyikan lagi. Mereka sangat senang dengan adanya bantuan dari Pos Yetti Satgas Yonif MR 413 Kostrad. "Kami tidak melihat dari seberapa banyak yang diberikan, tapi kami merasakan seberapa tulus mereka memberikan kepada kami, terima kasih kami ucapkan kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad." Beber Yanes (37), Salah satu warga Kampung Yetti.

Pensatgas 413 (Lis 1b)

Pengusaha tak memiliki ijin " Kuwu Mertapadawetan minta penegakan Hukum"

Indomedianewsc- adanya beberapa bidang usaha yang tak memiliki legalitas atau perijinan yang resmi , perlu adanya tindakan tegas dari instansi terkait, agar tidak ada kesan tebang pilih.

Salah satunya terjadi di Desa Mertapadawetan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Dari informasi yang diperoleh, bahwa terdapat beberapa pengusaha yang tidak memiliki ijin dalam melaksanakan kegiatan usahanya, baik itu ijin usaha, Maupun hal lainnya.

Terkait adanya informasi tersebut, IM, melakukan konfirmasi kepada Kuwu Desa Mertapadawetan, Sumarno, diruang kerjanya, Senin, 21/12/2020.

Dirinya membenarkan bahwa ada beberapa pengusaha yang tidak memiliki ijin usaha, termasuk diantaranya Toko Idola .

" Sepengatahuan saya sampai saat ini pihak pengusaha ( Toko Idola ) tidak pernah berkomunikasi dengan pihak Desa, jadi kalau ditanya perijinan saya pastikan tidak ada ijinnya, bahkan bukan saja Toko Idola, termasuk beberapa tempat usaha lainnya, karena Tanah sepanjang jalan LPI sampai Kendal legalitas tanah kepemilikannya tidak sah, mereka hanya memiliki SPH, dan itupun sudah Expayer atau sudah kadaluarsa, jadi kami meminta pihak terkait segera melakukan penertiban jangan sampai hal ini terus berlarut tanpa adanya kepastian Hukum ' tegas Sumarno.
Sementara itu salah seorang Anggota Pol PP Kecamatan Astanajapura, Sukarta , saat dikonfirmasi terkait Toko Idola yang tidak memiliki ijin, dirinya menuturkan

" Kami sudah berulang kali mempertanyakan terkait perijinan Toko Idola, namun pihak pengusaha sepertinya kurang merespon terhadap apa yang kami lakukan, bahkan beberapa saat sebelumnya kami pernah mendatangi Toko tersebut dengan Anggota Pol PP Kabupaten, tetapi seperti yang saya katakan diawal, bahwa pihak pengusaha kurang pro aktif, dengan adanya hal tersebut, kami dari pihak Kecamatan akan berkoordinasi dengan pihak Pol PP Kabupaten , langkah apa saja yang harus ditempuh, jika pihak pengusaha tetap tidak mengindahkan,, maka akan dilakukan tindakan sesuai Hukum, bila perlu dilakukan penyegelan' ujar Sukarta. (1c)

KOREM 172/PWY TERIMA PENYERAHAN TANAH " dari Masyarakat adat'




Indomedianewsc – Masyarakat adat Kampung Skofro menyerahkan tanah seluas 21 Ha kepada TNI melalui Korem 172/PWY bertempat di Pos Skofro Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 413/Bremoro, Kampung Skofro, Distrik Arso, Kab. Keerom, Sabtu (19/12).

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan di Jayapura (20/12) menyampaikan bahwa penyerahan tanah ini merupakan bukti nyata bahwa keberadaan TNI dapat diterima ditengah-tengah masyarakat Keerom. “Tanah ini nantinya akan digunakan sebagai tempat pos pos pengamanan. Sebab saat ini beberapa lokasi telah ada pos dari Batalyon Satgas Pamtas Yonif MR 413 Bremoro,” ujarnya

Penyerahan lahan tersebut dilaksanakan secara adat dengan diawali upacara adat oleh masyarakat kampung Skofro dari suku marga Kamar dan Krom dan diserahkan langsung oleh Tokoh Adat kampung Skofro Jacob Kamar kepada Korem 172/PWY yang diwakili oleh Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 172/PWY Letkol Inf Fitriana Nur Heru dan Dansatgas Pamtas Yonif MR 413 Bremoro Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han.

“Tanah yang kami serahkan saat ini adalah tanah yang digunakan oleh Satgas 413 sebagai pos di tiga tempat yaitu Pos Bewan Lama, pos Skofro Lama dan pos Skofro Baru, dengan luas total sekitar 21 Hektar lebih”, kata Jacob dalam sambutannya.

Ia berharap tanah yang diberikan dapat terus dimanfaatkan oleh TNI sebagai upaya dalam menjaga keamanan di kampung Skofro dan sekitarnya.

“Saya yakin dengan keberadaan TNI di kampung kami dapat memberikan kenyamanan, keamanan dan kedamaian warga terjamin. Penyerahan tanah ini juga didasari karena warga merasa TNI sudah banyak membantu di kampung kami, begitu juga dengan hubungan antara TNI dan warga sudah terjalin dengan baik hingga hari ini”, ujarnya.

Kasiter Letkol Inf Fitriana Nur Heru mewakili Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat kampung Skofro dari suku marga Kamar dan Krom dan para tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh agama  yang sudah menghadiri acara tradisi pelepasan tanah adat tersebut.
“Kami (TNI) akan menjaga dan merawat serta memanfaatkan dengan sebaik mungkin lahan tanah yang sudah diberikan kepada kami sehingga kedepan dapat berguna bagi seluruh lapisan masyarakat di kampung Skofro dan sekitarnya”, ujar Nur Heru.

Pihaknya juga berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada TNI. Sehingga tercipta hubungan kekeluargaan yang baik dengan TNI yang bertugas di daerah tersebut.

Acara tersebut diakhiri dengan Bakti Sosial pembagian masker, topi dan bingkisan natal berupa sembako sebanyak 150 kantong dan peralatan alat tulis sebanyak 100 paket secara simbolis kepada perwakilan tokoh masyarakat kampung Skofro dan anak-anak setempat dilanjutkan dengan makan bersama dalam suasana keakraban.

Penrem172 (Lis 1b)

20 Des 2020

Tak Sungkan Datangi Pos Waris Satgas Yonif Raider 100/PS Untuk Dapatkan Pengobatan



Indomedianewsc -Seiring berjalannya waktu di daerah penugasan, Satgas Yonif Raider 100/PS dengan kehadiran tim kesehatannya memberikan dampak positif dan respon yang baik dari warga sekitar, selain terjalin komunikasi yang baik, masyarakat juga dapat berobat langsung untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang diberikan.

Seperti halnya Ibu Dina May (38) yang mengalami sakit perut selama 3 hari serta tak kunjung sembuh dan memutuskan mendatangi Pos Waris untuk mendapat pengobatan, Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom Provinsi Papua. Minggu, (20/12/2020).

Komandan Pos (Danpos) Waris
Letda Inf Muhammad Fauzan Yusuf, S.Tr. (Han) mengatakan pelayanan kesehatan ini sebagai wujud kepedulian Satgas Yonif Raider 100/PS untuk melayani kesehatan masyarakat apabila tidak dapat berobat ke Puskesmas maupun Rumah Sakit dihadapkan dengan kondisi wilayah yang terkendala dengan jarak yang sangat jauh untuk berobat, maka dapat berobat ke Pos Waris, "Dengan senang hati kami menyambut masyarakat yang datang untuk berobat dan memberikan pelayanan kepada mereka yang membutuhkan," pungkasnya.

Danpos Waris menyadari bahwa tenaga dan fasilitas kesehatan di wilayah perbatasan masih sangat terbatas. Puskesmas pun jaraknya cukup jauh, sehingga masyarakat sering berobat ke pos-pos Pamtas TNI terdekat. “Ini merupakan wujud kehadiran negara di perbatasan dan suatu bentuk Binter yang terus kami pelihara sebagai wujud kedekatan TNI dengan rakyat,” tutur Danpos.

Dengan tenaga medis dari Pos Waris, Ibu Dina May akhirnya mendapatkan pengobatan berupa obat dan vitamin, sehingga sakit yang dialaminya dapat segera sembuh.
"Semoga setelah meminum obat, Ibu Dina May segera sembuh dari sakitnya, kami juga memberi pesan supaya nanti setelah pulang kerumah harus rutin meminum obat yang diberikan supaya bisa lekas membaik dan sembuh," ucap Danpos.

Dengan wajah ceria sebelum meninggalkan pos, tak lupa Ibu Dina May berterimakasih kepada personel Pos yang telah memberikan obat, " Bapak TNI terimakasih banyak atas pengobatannya, semoga sakit perut yang saya alami segera sembuh," katanya.(1b)