2 Nov 2020

Gunakan Dana Desa " pasang fasilitas CCTV " Disambut baik Masyarakat

Indomedianewsc - Pemerintah desa Ambulu Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, dalam upaya meningkatkan keadaan desa lebih maju dan mandiri serta menjaga keamanan, ketertiban juga kenyamanan di lingkungan sekitar warganya. Melakukan pemasangan 16 CCTV di beberapa titik strategis Desa Ambulu. 
Hal ini disampaikan Kuwu Sunaji kepada IM

"Pemasangan CCTV 10 titik di lingkungan desa dan 6 titik di jalan strategis, bertujuan mengantisipasi kejahatan dan membantu aparat kepolisian jika ada tindak kejahatan yang memerlukan alat bukti, serta untuk memantau situasi desa jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan." Ungkap Kuwu Sunaji , Sabtu (30/10/2020).

Kuwu Sunaji juga menyampaikan, fasilitas CCTV tersebut direalisasaikan dengan menggunakan dana desa (DD) tahun 2020. Sejak bulan September sudah memasang kamera di 10 titik di desa Ambulu, sekarang di tambah 6 titik di tempat strategis, seperti pintu masuk desa, pertigaan dan batas wilayah desa. Jelasnya

Diapun memaparkan, diterapkannya CCTV ini, agar pihaknya bersama masyarakat bisa mengawasi dan memantau aktivitas warga dan lalu lalang di jalan, untuk keamanan, kentamanan dan ketertiban masyarakat sehari - hari. 

“Sebelum pasang kamera, Pihaknya terlebih dahulu koordinasi dengan masyarakat, termasuk dengan tokoh masyarakat. Dan, Alhamdulillah, disambut positif sebagai upaya bersama menjaga keamanan kampung,” katanya.

Untuk admin pada CCTV itu, Centralnya ada di kantor desa Ambulu, sehingga  bisa dilihat oleh admin umum. Namun, untuk rekaman siaran ulang, hanya bisa diakses dan baru bisa dipublikasi jika mendapat persetujuan tokoh masyarakat.

Sementara itu, tokoh masyarakat desa Ambulu, Tamsur mengatakan, adanya fasilitas CCTV sangat membantu masyarakat dalam upaya menjaga keamanan, tak hanya untuk pembuktian jika ada kejahatan. Tapi juga peristiwa lainnya. Sebab, adanya rekaman CCTV ini, bisa diberikan kepada pihak penegak Hukum untuk kepentingan penyelidikan atas tindak kejahatan.

"Kami berharap, dengan adanya fasilitas tersebut, dapat mendukung keamanan, ketertiban dan kenyamanan warga desa Ambulu juga sekitarnya." Ujar tokoh masyarakat Tamsur (1a)

0 $type={blogger}: