5 Nov 2020

BUKIT MANEUNGTEUNG (AJIMUT) KAYA NILAI SEJARAH DAN POTENSI WISATA





Indomedianewsc - Bukit azimut atau bukit maneungteung adalah sebuah bukit yang terletak di desa Waled Kabupaten Cirebon tepatnya perbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.
Namun bukit azimut rawan longsor kalau tidak cepat di benahi akibat galian C. Sebab bukit maneungteung persis di pinggir jalan antara Cirebon menuju Kuningan, jadi sangat berbahaya sewaktu waktu terjadi longsor.

Akan tetapi, bukit azimut mempunyai nilai sejarah dan potensi destinasi wisata untuk Wilayah Timur Cirebon (WTC). Ada nilai sejarah di bukit tersebut yaitu menyimpan berbagai kerajaan kerajaan masa lalu dan masa purbakala, semua itu bisa di lihat dari bekas atas sisa sisa bekas galian di mana banyak sekali artefak kuno kerajaan yang sudah di temukan terlebih lagi fosil purbakala banyak berserakan di bekas galian seperti
jenis fosil yang di temukan, ada fosil kerang, Keong bintang laut, Terumbu karang, Kerbau Purbakala, Gajah dll. Kata Aktivis dan tokoh masyarakat  Desa Cikulak Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon Adang Juhandi.

Konon menurut cerita, lanjut Adang, jutaan tahun yang lalu bukit tersebut merupakan lautan dan
keistimewaan lainnya adalah sungai Cisanggarung yang berada di bawah bukit
Mangeunteung. Selain tempat ideal bagi para pemancing juga terdapat banyak sekali fosil laut terlihat banyak menempel pada pinggiran tebing. Bahkan fosil - fosil itu membentuk lukisan alam yang sangat indah di tambah lagi formasi batu batuan sungai yang tertata secara alamiah yang menakjubkan. Rabu (04/11/2020).

Bahkan, ada juga kisah lain, Konon 2 bukit yang mengapit sungai Cisanggarung di percaya sebagai bekas bendungan yang di buat sangkuriang untuk membuat danau. Untuk sekarang ini, sungai Cisanggarung membelah sebuah bukit persis di daerah perbukitan yang di jadikan lokasi pemasangan repeater PT.Telkom masuk wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon sekitar 20 Km arah utara dari Kuningan warga setempat menyebutnya bukit azimut.
"Di sinilah cerita Legenda Sangkuriang pernah membuat bendungan dan perahu tapi gagal, lokasi yang populer dengan sebutan maneungteung yang konon ceritanya pernah di jadikan bendungan oleh Sangkuriang." Tuturnya.

Sedangkan dari kisah kemerdekaan Republik Indonesia. Taman perjuangan Maneungteung yang biasa di kenal dengan azimut. Dimana lokasi taman itu terdapat sebuah bangunan dan pemancar yang di milki oleh PT.Telkom dan terdapat simbol patung perjuangan tepatnya di atas bukit.

"Ada sebuah patung yang merupakan simbol perjuangan bangsa Indonesia ketika melawan penjajah kompeni belanda khususnya para pejuang yang berasal dari tanah Sunda dan Cirebon."

Ketika kita melihat dari sisi positif simbol patung yang terdapat di taman perjuangan Maneungteung atau Azimut.
Ketika para pengunjung yang datang dan menyinggahi lokasi tersebut akan timbul jiwa dan nasionalisme yang tinggi, begitu besar jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia, tanah air kita. Tandasnya. (1a)

0 $type={blogger}: