30 Nov 2020

Kuwu dari 6 Kecamatan " sepakat dukung H.Lili " sebagai Ketua FKKC Kabupaten Cirebon

Indomedianewsc- konsolidasi, Sosialisasi dan silaturahmi terus dilakukan team Pemenangan H.Lili untuk maju sebagai Ketua FKKC Kabupaten Cirebon, bertempat di Kantor Desa Panongan Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Senin,30/11/2020.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan para Kuwu dari beberapa Kecamatan, diantaranya Kec, Sedong, Susukan Lebak, Astanajapura, Greged, Beber, Dan Kecamatan Lemahabang, berjalan dengan penuh kekeluargaan.

Dalam pemaparannya, H.Lili yang diusung para Kuwu untuk maju sebagai Ketua FKKC Kabupaten Cirebon menjelaskan, bahwa majunya dirinya merupakan keinginan dari para Kuwu

" Saya ini menjadi Kuwu Desa Cipeujeuh Kulon belum terlalu lama, dari segi pengalaman pun mungkin masih sangat minim, namun karena para Kuwu mendukung saya untuk maju sebagai Ketua FKKC, maka dengan keikhlasan dan semangat bersama, saya siapkan diri saya untuk maju sebagai ketua, ini adalah amanah dan saya harus junjung tinggi amanah tersebut ' ujarnya.

Lebih lanjut dirinya memaparkan,bahwa saat ini masih banyak Kuwu yang bermasalah namun seakan lepas dari perhatian FKKC. 

" Kerap persoalan menimpa para Kuwu hingga menyeret ke ranah Hukum, oleh karenanya, perlu adanya peran serta FKKC untuk memberikan bantuan kepada para Kuwu yang tersandung persoalan Hukum. Karena adanya persoalan tersebut, maka jika Allah mengijinkan saya untuk menjadi Ketua, langkah awal yang akan saya prioritaskan adalah pembentukan Lembaga Bantuan Hukum,  yang intinya demi kepentingan para Kuwu agar merasa terlindungi, bukan berarti membenarkan jika Kuwu berbuat salah, oleh karenanya mari kita bersama sama berjabat tangan dengan erat dan mencoba untuk bekerja dengan baik , intinya mari membangun Kabupaten Cirebon dan hilangkan paradigma Kuwu Cirebon Timur, barat atau apapun namanya, yang pasti Kuwu ya Kuwu, jadi sudah saatnya kita membangun kebersamaan demi membangun Cirebon kearah yang lebih baik lagi " pungkas H.Lili. (1c)

Kokohkan Sinergitas TNI-POLRI, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Gelar Sweeping Gabungan di Kampung Koya Karang



Indomedianewsc - Dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Skamto bersama Kepolisian Sektor (Polsek) Muara Tami menggelar Sweeping gabungan di Kampung Koya Karang Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam keterangan tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Senin (30/11).

"Dalam menyambut bulan yang penuh kasih yaitu bulan Desember, kami bersama Polsek Muara Tami rutin menggelar patroli dan sweeping gabungan dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif di wilayah Distrik Muara Tami." Ungkap Anggun.

Sebagaimana diketahui bahwa Bulan Desember merupakan bulan yang paling dinanti oleh warga Papua khususnya yang beragama Nasrani dan Khatolik, dimana pada penghujung bulan akan dirayakan momen cinta kasih Natal. "Jangan sampai ada oknum atau kelompok yang tidak bertanggung jawab, menodai bulan yang penuh kasih ini. Kami bersama Polsek Muara Tami akan mengawal hari besar ini." Tambah Dansatgas.

Kali ini pelaksanaan Sweeping gabungan dilaksanakan pada malam hari (29/11) pukul 20.00 WIT hingga 22.00 WIT yang melibatkan 1 regu Pos Skamto Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang diketuai Serka Agung Prayogo dan 1 Tim dari Polsek Muara Tami yang diketuai langsung Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina Wally.

"Kami sangat berterimakasih kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang sama-sama melakukan patroli gabungan dengan kami, semoga dalam menyambut perayaan Natal ini tidak terjadi hal yang kita inginkan, dan Distrik Muara Tami selalu dalam situasi yang kondusif." Tutur Jubelina.

Pensatgas 413 (1c)

Polresta Cirebon " salurkan bantuan Beras " melalui Polsek Susukan Lebak

Indomedianewsc- Kegiatan rutin Polresta Cirebon dalam turut meringankan beban Masyarakat terdampak Pandemi Covid-19.
Salah satunya melalui santunan kepada warga Masyarakat di setiap Desa se Kabupaten Cirebon.

Hal ini disampaikan salah seorang Anggota Jajaran Polsek Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon, Aipda Danu, saat menyerahkan bantuan berupa beras kepada warga Masyarakat Curug wetan, Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon, Senin, 30/11/2020.

" Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan jajaran kepolisian, dalam hal ini Polresta Cirebon, setiap bulan kami memberikan bantuan berupa  beras kepada warga masyarakat di seluruh Desa yang ada di Kabupaten Cirebon, dimana setiap Desanya ada lima warga penerima, dengan jumlah beras keseluruhan Desa yang ada di Kabupaten Cirebon sebanyak 11 ton, mudah mudahan apa yang kami barikan ini bisa bermanfaat bagi Masyarakat ' ujar Aipda Danu.

Sementara itu, Kuwu Desa Curug wetan, Jaenudin, menyampaikan terimakasihnya atas bantuan yang diberikan pihak Polri kepada warganya

" Kami sangat berterimakasih kepada jajaran kepolisian Polresta Cirebon, khususnya dalam hal ini Polsek Susukan Lebak, yang telah memberikan bantuan kepada warga kami, ini tentunya patut mendapat apresiasi, terlebih saat ini kita sedang dalam suasana yang  tidak menentu ( Pandemi ) tentunya harapan kami semoga kondisi Pandemi ini segera berakhir, dan segala program desa yang telah tersusun kembali bisa terealisasikan " ujar Kuwu yang akrab disapa Jejen , menerangkan ( 1c)

Manfaatkan Kekayaan Alam Papua, Satgas Pamtas Yonif 312/KH Olah Tanaman Berkhasiat



Indomedianewsc – Memanfaatkan kekayaan alam yang ada di tanah Papua, Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam menemukan dan mengolah salah satu tanaman herbal berkhasiat “Bajakah” di Kampung Senggi, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dankima Satgas Pamtas Yonif 312/KH Kapten Inf Puriadi Mardan dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Senin (30/11/2020).

Diungkapkan Puriadi tanaman bajakah berasal dari hutan Kalimantan ternyata juga terdapat di Papua, tanaman bajakah tengah menjadi perbincangan publik setelah khasiatnya diketahui mampu menyembuhkan penyakit kanker dan berbagai macam penyakit lainnya.

“Penemuan tanaman bajakah di kampung senggi ini berbekal pengalaman prajurit Satgas Pamtas Yonif 312/KH yang pernah melaksanakan pengamanan perbatasan di Kalimantan,” kata Puriadi.

“Dengan ini kami juga sekaligus mensosialisasikan kepada warga sekitar tentang khasiat tanaman bajakah yang baik untuk kesehatan, bahkan tidak mungkin akan bernilai ekonomi jika diolah dengan telaten dan serius,” tambah Puriadi.

Ditempat terpisah, Prada Salmon Towan Siba menjelaskan tanaman bajakah tumbuh di lahan gambut, sepintas pohon bajakah hampir mirip dengan tumbuhan lainnya yang berada di hutan, secara kasat mata tidak ada yang spesial sehingga membutuhkan kejelian dalam mencarinya. Tanaman bajakah bisa merambat pada ketinggian 5 meter lebih hingga ke puncak pohon lain yang dirambatinya.

“Cara mengolahnya cukup mudah dengan memotong tanaman bersulur bajakah kecil-kecil dan jemur sampai kering, kemudian potongan yang sudah kering tadi dicacah kembali dan direbus dengan air mendidih sampai berwarna kemerahan seperti teh lalu siap untuk diminum,” kata Salmon.
Autentikasi
Pen Satgas Yonif 312/Kala Hitam. (1c)

SMK Muhammadiyah "Berbenah untuk jadi SMK unggul di WTC"


Indomedianewsc -Salah satu SMK milik persyarikatan muhammadiyah yang berada di wtc ini terkenal memiliki jurusan multi media dan bisnis menejemen tepatnya berada di komplek perguruan muhammadiyah kecamatan ciledug kabupaten cirebon.

Untuk menyongsong jadi sekolah swasta unggulan ini mulai berbenah baik sarana phisik maupun peningkatan sumber daya manusia serta alat ajar bagi siswa,demikian di sampaikan Drs.H.Ato wihato ,di  kantor SMKM ciledug kabupaten cirebon, 29/11/2020.

Lebih jauh kepala sekolah yang selalu berpikir untuk peningkatan mutu anak didiknya itu menegaskan bahwa kehadiran SMK Muhammadiyah ini bukan hanya memprodak anak didik sekedar lulus tetapi bagaimana menciptakan anak didik bisa terserap di dunia usaha dan industri menjadi tenaga propesional yang memiliki moralitas tinggi sehingga kehadiran kami bukan menciptakan sederet pengangguran baru.
Untuk itu segala persyaratan baik physik maupun sdm selalu kami tingkatkan agar lulusan SMK Muhammadiyah Ciledug menjadi tenaga propesional tegas Drs.H.Ato wihato.
Diera kemajuan industri dan IT tentunya berbagai konsekwensi harus kita terima tetapi lulusan dari Sekolah kami bisa tetap eksis dan memiliki integritas tinggi Muhammadiyah sebagai bagian dari kader ujar kasek yang pendiam ini mengahiri pembicaraannya.(1a)

28 Nov 2020

Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Kalilapar Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Dengan Membersihkan Sarana Tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)



Indomedianewsc -Pentingnya membangun kebersamaan dan budaya gotong-royong dalam masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan pembangunan,
serta memperkokoh persatuan di lingkungan masyarakat perbatasan, Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS Pos Kalilapar melaksanakan karya bhakti pembersihan 
halaman tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kampung Sach, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Jumat,(27/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Danpos Kalilapar Letda Inf Irwan Silalahi menerangkan, selain menjaga wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas juga melaksanakan pembinaan Teritorial, dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat gotong royong, menjalin silaturahmi dan rasa kebersamaan baik antar Instansi maupun masyarakat di wilayah binaan Pos Satgas Pamtas.

Lingkungan tempat belajar anak anak tersebut ditumbuhi rerumputan yang sudah memanjang, sehingga membuat personel Pos Kalilapar berinisiatif membersihkannya dengan melakukan koordinasi kepada kepala Kampung untuk bersama masyarakat membersihkannya. "Secara bersama-sama, para personel Pos Kalilapar bahu-membahu membersihkan halaman PAUD yang letaknya tidak jauh dari pos, dengan terjaganya keindahan dan kebersihannya maka akan membuat nyaman bagi anak anak yang belajar,” ucapnya.

Sementara itu secara terpisah, Wadansatgas Kapten Inf M Nurdin dalam keterangan menyampaikan rasa bangga dan mendukung terhadap kegiatan yang dilakukan Pos Kalilapar, karena telah membantu masyarakat dan mendedikasikannya dalam kegiatan karya bhakti. "Dengan adanya partisipasi dan kegiatan yang positif tersebut, tentunya akan membangun komunikasi dan hubungan yang baik antara masyarakat dengan TNI. Sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat semakin erat," terangnya.

Dalam pelaksanaan karya bhakti tersebut juga turut hadir Kepala Kampung Bapak Laurens Ibe (50) dengan semangat ikut serta membantu membersihkan halaman PAUD dengan menggunakan parang untuk membabat rumput. " Saya senang sekali bisa gotong royong bersama Bapak TNI, saya juga berterimakasih atas bantuan Bapak TNI telah peduli dengan lingkungan kampung kami, semoga kita kedepan selalu kompak," ucap Laurens.(lis 1c )

Pemdes Karangasem adakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Indomedianewsc- Pemerintahan Desa Karangasem, Kecamatan Karangwareng, Kabupaten Cirebon, menggelar Peringatan maulid Nabi Muhammad  SAW , mengusung tema sebarkan kebaikan untuk ciptakan kedamaian. 

Acara yang  dilaksanakan dihalaman kantor desa setempat  dihadiri oleh berbagai lapisan Masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan .

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW , selain diisi pembacaan Kalam illahi dan pengajin umum dengan menghadirkan Penceramah ,H.Ahmad Zuhri Adnan ketua LDNU Kab Cirebon (pengasuh ponpes Ketitang.)

Selain diisi dengan pengajian umum, Peringatan Maulid Nabi kali ini , pihak Pemdes Karangasem, memberikan santunan kepada Anak Yatim/piyatu.

Hal tersebut disampaikan Kuwu Heriyanto kepada IM usai Acara , Sabtu, 28/11/2020

"Alkhamdulillah, kami Tahun ini masih bisa menggelar Acara Peringatan Nabi Muhammad SAW,  dengan tema sebarkan kebaikan untuk ciptakan kedamaian, diharapkan dengan tema tersebut selain kita semakin mampu mempererat silaturahmi, persaudaraan, kebersamaan dan yang terpenting lagi jauhi hal negatif, terutama menghindari atau bahkan menciptakan informasi yang bisa menciptakan iklim tidak kondusif '" ujarnya.

Lebih Lanjut, Heriyanto menuturkan
" Selain diisi dengan pengajian umum, kami dari pihak Pemdes menyalurkan Santunan kepada 79 Anak Yatim Piyatu, walaupun nilainya tidak seberapa, tetapi harapannya apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan dapat dipergunakan sebaik mungkin " pungkasnya (1c)

Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar webinar via Zoom meet

Indomedianewsc- Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon beserta Jaringan Cirebon Untuk Kemanusiaan menggelar webinar via Zoom meet. Kamis, (26 November 2020).

Merespon isu yang sedang hangat diperbincangkan mengenai dikeluarkannya RUU P-KS (Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual) dari Prolegnas prioritas tahun 2020 oleh badan legislatif DPR-RI, SEMA-DEMA FUAD IAIN Syekh Nurjati Cirebon serta Jaringan Cirebon Untuk Kemanusiaan menyelenggarakan webinar yang bertemakan "Tarik Ulur RUU P-KS: Seberapa Pentingkah RUU P-KS Bagi Korban Kekerasan Seksual?".

Menurut ketua pelaksana, Anjar Divoyanti mengatakan, dengan ditarik ulurnya RUU P-KS ini mengakibatkan muncul pertanyaan-pertanyaan mengenai keseriusan negara dalam memberikan payung hukum kepada para korban kekerasan seksual.

"Apakah negara merasa cukup dengan undang-undang yang ada sehingga tidak membutuhkan produk hukum baru? Padahal korban kekerasan seksual terus meningkat". Ucap Anjar, sapaan akrabnya.

Harapan dari terlaksana webinar RUU P-KS ini peserta bisa menjadi sadar akan urgentnya RUU P-KS ini dan negara bisa memberikan payung hukum kepada korban dengan memberikan hukuman yang sesuai kepada pelaku serta memberikan pendampingan kepada korban atas trauma yang dirasakan, kata Anjar.

"Semoga peserta yang hadir dalam webinar tidak berhenti setelah mengetahui urgensi RUU P-KS bagi korban kekerasan seksual, tetapi bersama-sama terus mengkampanyekan RUU P-KS agar segera di sahkan menjadi Undang-undang". Ujarnya.

Eva Zulfauzah, Ketua Umum SEMA FUAD mengatakan, kita sebagai mahasiswa, organisasi intra maupun ektra, komunitas, lembaga dan bersama masyarakat bersatu merapatkan barisan untuk terus menerus selalu mengawal dan mendukung RUU PKS.

"Bukan hanya itu, kita jadi menebar pengetahuan dan pemahaman kepada peserta untuk ikut berperan aktif dalam mengkampanyekan dan mencegah kekerasan seksual, bagaimanapun bentuk nya dan dimana pun tempatnya, mau itu di ranah kampus ataupun di masyarakat". Tegasnya.

Dilanjut Ketua Umum DEMA FUAD, Anton Ahyari juga mengatakan, dengan adanya isu-isu yang terjadi, seperti RUU P-KS diharapakan teman-teman mahasiswa bisa lebih peka dan membuka cakrawala.

"Teman-teman mahasiswa harus bisa lebih peka dan membuka cakrawala keilmuannya untuk mengkaji lebih dalam lagi. Dan tidak ceroboh dalam menilai suatu undang-undang yang dikeluarkan pemerintah". Ucap Anton.

Meskipun dilaksanakan secara daring, acara yang diisi oleh Mumtaz Afridah, M. Psi (Psikologi dan Dosen BKI) dan Dra. Hj. Masrokhah (Direktur WCC Mawar Balqis) berjalan dengan lancar. (1c)

27 Nov 2020

SATGAS YONIF MR 413 KOSTRAD GELAR IBADAH SHALAT JUMAT BERSAMA MASYARAKAT KAMPUNG SANGGARIA



Indomedianewsc- Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kout KM 31 menggelar Ibadah Shalat Jumat bersama warga Kampung Sanggaria Arso 1 Distrik Arso Kabupaten Keerom di Masjid Fisabilillah.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Jumat (27/11).

"Ini merupakan wujud kemanungggalan antara kami dengan masyarakat, setiap kegiatan di Kampung Sanggaria pasti kami dilibatkan termasuk salah satunya kegiatan keagamaan." Ujar Dansatgas.

Ditambahkan oleh Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat selaku Komandan Pos Kout KM 31, bahwa salah satu anggota nya menjadi penceramah atau Khatib dalam pelaksanaan shalat jumat kali ini. "Pada shalat Jumat kali ini, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Pos Kout KM 31 diberi kesempatan untuk menjadi Khatib di masjid Fisabilillah. Kami tunjuk Praka Alif yang juga biasa menjadi Khatib saat shalat Jumat di Homebase Sukoharjo." Jelas Hervin.

Selaku Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Bapak H. Didin sangat mengapresiasi Praka Alif sebagai Khatib. "Saya tidak menyangka, ternyata selain aktif dalam kegiatan sosial di wilayah kami Satgas Yonif MR 413 Kostrad Pos Kout KM 31 juga ada yang bisa menjadi Khatib. Terimakasih atas kesediaannya, semoga kedepan ada lagi yang bisa mengisi Ceramah shalat Jumat selain dari Praka Alif." Ungkap Bapak H. Didin

Pensatgas 413/1c

Ketua FKKC Astanajapura " Dukung Pencalonan H.Lili "

Indomedianewsc- Ketua Forum Kuwu Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Subandi, siap dukung Ketua FKKC yang baru demi terciptanya Cirebon lebih baik.

Hal tersebut disampaikan diruang kerjanya , Jum'at, 27/11/2020.

"Saya sangat mendukung jika H.Lili, atau siapapun untuk jadi ketua FKKC Kabupaten Cirebon, yang terpenting bisa menampung aspirasi seluruh Kuwu, dan bisa menaungi juga membantu Kuwu bilamana tersandung persoalan, karena hal ini bisa saja terjadi dalam pemerintahan manapun ' ujarnya.

Lebih lanjut Subandi menjelaskan, sebagai Kuwu membutuhkan adanya sosok pemimpin yang tidak sebatas mampu menjadi pemimpin hanya sebuah simbul

" Kami sangat berharap Ketua yang terpilih bisa bersinergi dengan berbagai pihak, selain itu yang utama lagi memiliki jiwa sosial dan merangkul semua kalangan agar tercipta sebuah kebersamaan yang bermuara pada perkembangan Cirebon menjadi Kabupaten yang benar benar bisa dibanggakan baik secara perekonomian, Sosial, Agama , Budaya dan hal positif lainnya '

Dengan majunya H.Lili sebagai Ketua FKKC Kabupaten, diharapkan tidak terjadi lagi pengotak ngotakan

" Cirebon itu harus bersatu, termasuk.pata Kuwu nya, dan sebagai Kuwu yang ada di Timur, saya sangat mendukung H.Lili untuk berkompetisi dalam pemilihan Ketua FKKC Kabupaten Cirebon, InsyaAllah, jika kita bersatu tidak ada kata tidak mungkin, termasuk terpilihnya H.Lili sebagai Ketua FKKC" pungkas Subandi.(1c)

Pemdes Cikulak lakukan penyemprotan rutin " minimalisir Pandemi covid-19"

Indomedianewsc -Lindungi warganya dari pademi covid,19 Desa Cikulak, kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, rutin adakan penyemprotan desinfektan menyeluruh 27/11/2020

Walau dari beberapa hari terakhir hasil sweb masal antara aparatur desa dan perwakilan masyarakat dinyatakan negatif cofid,19,  bagi pemdes cikulak tidak tinggal diam,tetap berbagai prefentif dan antifatip wabah pademi cofid,19 agar tidak bercokol di desa nya .

secara rutin pihak Pemdes melakukan penyemprotan desinfektan kepada seluruh blok/dusun yang ada di desa cikulak.
demikian penegasan Yusnaedi,ST kuwu cikulak kecamatan waled kabupaten cirebon di sela2 kesibukan persiapan kunjungan staf ahli kementan ke desa cikulak.

Lebih jauh kuwu Yusnaedi,  menjelaskan bahwa pademi cofid,19 yang pernah menerpa dua warganya positif hingga meninggal semua masyarakat harus memahami bahwa corona itu ada, jelas kapan saja di mana saja kepada siapa saja tanpa terasa bisa terjangkit karena ganasnya virus yang misterius .

"Yang terpenting adalah Masyarakat harus memahami, bahwa Corona itu memang fakta, oleh karenanya diharapkan kepada semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan membiasakan hidup bersih dan sehat, dan saya sebagai Kuwu tentunya berharap agar Pandemi ini bisa berakhir dan kembali kita menikmati hidup normal seperti sediakala " pungkasnya (1a)

Menjelang Bulan Desember, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Wembi Gagalkan Pemuda Bawa Miras Saat Gelar Sweeping



Indomedianewsc- Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 100/PS kembali berhasil mengamankan seorang warga pembawa minuman keras (miras)saat melakukan kegiatan sweeping di jalan lintas trans Papua Wamena tepatnya didepan Pos Wembi, tepatnya di Kampung Wembi, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Kamis,(26/11/2020).

Komandan Kompi Senapan A, Lettu Inf Arya Megah Miko, mengungkapkan bahwa kegiatan sweeping yang dilakukan Pos Wembi tersebut dalam rangka menjaga suasana kondusif di wilayah lalu lintas perbatasan RI-PNG, dimana menjelang bulan Desember tersebut banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab melancarkan aksinya dengan mengedarkan dan membawa berbagai barang barang terlarang salah satunya minuman keras (Miras). "Karena salah satu pemicu timbulnya kondisi tidak aman datang dari pengaruh minuman keras, apalagi saat membawa kendaraan bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

"Miras yang rencananya akan dibawa ke daerah Distrik Senggi berhasil digagalkan berawal saat Sertu Indra Susanto selaku Danpos Wembi bersama dengan 11 orang anggotanya hendak melaksanakan sweeping di jalan depan pos, kemudian dari arah Arso Kota menuju Senggi, 2 orang pemuda dengan inisial MD (21) dan AD (20) yang mencurigakan hendak melewati personel Pos Wembi yang sedang melaksanakan sweeping," jelasnya.

Lanjutnya, "Karena merasa terkejut mengetahui adanya personel Pos sedang melaksanakan sweeping, kedua pemuda tersebut langsung balik kanan memutar arah laju sepeda motornya, alhasil usaha mereka kabur berhasil digagalkan oleh masyarakat Kampung Wembi, dan didapatkan 10 botol miras jenis Anggur Merah yang siap digunakan, menurut pengakuan mereka minuman keras tersebut akan dibawa ke Senggi untuk dijual dengan harga yang lebih tinggi, kemudian 2 orang mencurigakan diantar ke Pos Wembi untuk diminta keterangan lebih lanjut," tambahnya.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, lanjut Danki A Satgas, Danpos Wembi memerintahkan untuk memberikan peringatan agar tidak membawa miras lagi, apabila ditemukan akan di proses secara hukum yang berlaku. Selanjutnya MD dan AD diperintahkan untuk kembali ke Kampung Senggi dan Botol Miras tersebut diamankan sebagai Barang bukti. 

Dengan penuh penyesalan MD dan AD meminta maaf atas perbuatannya, "Kami minta maaf atas perbuatan kami, dengan sadar kami tidak akan mengulangi kesalahan kami," ucapnya.(1c)

Empat Desa Kabupaten Cirebon, Dapat Bantuan BUMDES Mart



Indomedianewsc- Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian di desa. Salah satunya adalah, bantuan Bumdes Mart, yang diberikan kepada empat desa terpilih di Kabupaten Cirebon.

Bumdes Mart ini, merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan dukungan Bank BJB, untuk bisa memfasilitasi desa, dalam menampung produk masyarakat dan meningkatkan perekonomian desa.

Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag mengatakan, bahwa  empat desa ini, merupakan desa terpilih dari 412 desa yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Untuk tahun ini, ada empat desa yang difasilitasi Bumdes Mart, yaitu Desa Bobos, Desa Jatipancur, Desa Kebon Turi dan Desa Hulubanteng," kata Imron, Kamis 26 November 2020.

Ada beberapa kriteria yang membuat empat desa ini terpilih untuk mendapatkan bantuan Bumdes Mart, yaitu ketaatan terhadap pembayaran pajak selama dua tahun terakhir, ketaatan administrasi, kepengurusn BUMDes dan kelayakan usaha BUMDes.

Usaha yang dilakukan dalam BUMDes ini, bukan hanya berkutat pada penjualan barang pokok dan produk milik masyarakat saja, namun juga melayani sejumlah pembayaran lainnya, seperti pajak.

" BUMDes ini juga melayani transaksi non tunai," ujar Imron.

Imron berharap, desa yang mendapatkan bantuan BUMDes ini, nantinya bisa menjalankannya dengan profesional dan bisa menjaga kualitas dari produk yang dijualnya. Sehingga nantinya, BUMDes ini bisa bersaing juga dengan mini market yang sudah profesional.

" Harus profesional, kualitas terjamin dan harga standar," kata Imron. (1c)

26 Nov 2020

Kuwu Lima Kecamatan ' Dukung H.Lili " jadi Ketua FKKC Kabupaten Cirebon

Indomedianewsc -Konsolidasi dan silaturahmi dilakukan H.Lili beserta team dalam rangka pencalonannya sebagai Ketua FKKC Kabupaten Cirebon, bertempat di Aula Kantor Desa Jati Seeng Kidul, kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Kamis, 26/11/2020.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan Kuwu dari lima Kecamatan, yaitu, Kecamatan Ciledug, Pasaleman ,Kecamatan Waled. Kecamatan Lemahabang dan Kecamatan Astanajapura.

Dalam pemaparannya, H.Lili Kuwu Desa Cipeujeuh Kulon, Kecamatan Lemahabang, yang diusung beberapa Kuwu menuturkan

" Jika ada kata yang paling pas, adalah kata syukur, mengapa demikian, karena saya diberi kepercayaan oleh rekan rekan Kuwu untuk maju sebagai ketua FKKC, dalam pengertian majunya saya sebagai ketua semata adanya keinginan dan Dukungan dari para Kuwu, bukan keinginan saya, namun demikian, karena adanya dukungan dari para Kuwu, maka saya siap untuk maju sebagai ketua FKKC " ujarnya.

Lebih lanjut H.Lili menjelaskan, bahwa dirinya mengharapkan adanya perubahan menuju sesuatu yang lebih baik dari yang sudah baik,khususnya dalam memberikan bantuan Hukum manakala ada Kuwu yang tersandung persoalan.

" Saya mengharapkan kedepannya FKKC ini memiliki Lembaga Bantuan Hukum, selain itu ada satu yang perlu menjadi catatan, tidak ada lagi istilah Kuwu Cirebon Timur atau Cirebon Barat, semuanya adalah Kuwu, dan yang tidak kalah pentingnya adalah adanya saling kebersamaan dan keterbukaan dalam hal apapun yang intinya demi kemajuan Kabupaten Cirebon menuju arah yang lebih baik lagi ' ujar H.Lili.

Bahkan H.Lili menyampaikan bahwa secara sisi kemanusiaan dirinya menyadari, bahwa masih banyak kelemahan yang dimiliki namun bukan berarti menjadi penghalang 

" Secara kepemerintahan ( Kuwu-red ) saya masih minim pengetahuan, karena memang saya menjadi Kuwu belum genap satu tahun, namun bukan berarti tidak mampu untuk berkarya, yang terpenting adalah diantara kita saling membantu, bersinergi dan terus berupaya untuk berbuat baik dengan niat yang baik pula ' pungkas H.Lili

Sementara itu, salah seorang perwakilan Kuwu dari Kecamatan Astanajapura, Sumarno ( Kuwu Mertapadawetan ) menyampaikan dukungannya kepada H.Lili

"InsyaAllah, dengan diawali Basmalah, kami para Kuwu yang ada di Kecamatan Astanajapura, khususnya saya pribadi mendukung sepenuhnya kepada H.Lili untuk maju sebagai ketua FKKC Kabupaten Cirebon, dan harapan saya semoga Kuwu lainnya mendukung sepenuhnya agar niat ini tercapai dengan Ridlo Allah " tutur Sumarno.(1c)








Tingkatkan Prestasi Anak Perbatasan, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Arso 13 Terus Adakan Bimbingan Belajar (Bimbel)



Indomedianewsc- Berbagai cara dilakukan dalam upaya menciptakan generasi penerus yang berkarakter dan berpendidikan khususnya diperbatasan RI-PNG Sektor Utara, prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PG Yonif Raider 100/PS Pos Arso 13 memberi les atau Bimbingan belajar (Bimbel) kepada anak-anak SD Negeri Arso 13 di Kampung Naramben yang memiliki waktu terbatas ke sekolah ditengah Pandemi Covid-19, sehingga mengharuskan belajar dirumah.

Menyikapi Hal tersebut Komandan Pos (Danpos) Letda Inf Tri Yanto mengatakan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar tersebut adalah wujud inisiatif tentang betapa pedulinya personel Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Arso 13 dalam mendidik generasi penerus bangsa dengan tidak membiarkan mereka terlena dengan waktu yang kosong dimana anak anak memanfaatkan sebagian besar waktunya untuk bermain main, "Sehingga kami mengajak anak anak SD Negeri Arso 13 untuk belajar, membantu mereka dalam menyelesaikan tugas disekolah serta memberikan ilmu pengetahuan dengan berbagai mata pelajaran," cetusnya.

"Bimbingan belajar diberikan langsung oleh 3 orang anggota Pos Arso 13 yang dipimpin Serda Boang Manalu beserta anggotanya," kata Danpos di Kampung Naramben, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Kamis,(26/11/2020).

Ditempat terpisah, hal serupa disampaikan Wadansatgas Yonif Raider 100/PS Kapten Inf M Nurdin mengatakan bahwa kegiatan memberikan bimbingan belajar ini, merupakan salah satu program dari Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS. "Dan ini juga merupakan salah satu bukti bentuk kepedulian Satgas terhadap generasi muda dan anak-anak yang ada di wilayah perbatasan Papua," lanjutnya.

Dengan adanya prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS yang mengajar di kawasan Sektor Utara Keerom, sebutnya para anak-anak dan pelajar dapat menambah ilmu pengetahuan dan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. "Disekolah mereka juga sudah ada keterbatasan, dimana tenaga pendidik masih kurang oleh karena hal itu membuat Satgas membuka diri untuk membuka bimbingan belajar," terangnya.

Bapak Kastio (50), selaku Kepala Kampung Naramben sangat mendukung kegiatan tersebut. "Sebagai Kepala Kampung Naramben, saya sangat mendukung kegiatan ini, dengan harapan anak-anak disini mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan mengetahui lebih luas tentang NKRI . Dan yang lebih penting dapat memajukan bumi Papua, serta pendidikan di Papua lebih meningkat lagi kedepan," tambahnya.(1c)

Enam Pekerja PLTU tahap 2 " positif Corona" Akhirnya dikarantina

Indomedianewsc-  keresahan yang dirasakan warga Masyarakat Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, yang tinggal di BTN Kanci Ragance Blok  G 10 dan Blok G 11 RT 04/02  berakhir.

Ini berawal dari adanya penolakan warga setempat  yang terjadi pada Hari Selasa, 24/12/2020  terrhadap beberapa pekerja PT.Karang Mas Unggul ( Sub Kon PLTU tahap 2 ) yang terkonfirmasi positif Corona dan tengah dilakukan isolasi mandiri di perumahan yang berada di lingkungan BTN Kanci Ragance.

Dalam pemberitaan sebelumnya, bahwa ke enam pekerja PT.KMU yang tengah melakukan isolasi mandiri tersebut diketahui warga melakukan aktifitas diluar rumah, hingga akhirnya membuat warga tersebut merasa ketakutan dan berujung adanya aksi penolakan Warga.
Hal tersebut seperti yang disampaikan PLT Kuwu Kanci, Heriyanto, diruang kerjanya , Kamis, 26/11/2020.

" Keresahan warga kami bukannya tidak beralasan, mereka itu ( pekerja PLTU- Red ) tengah melakukan isolasi mandiri, seharusnya tidak keluar rumah, namun ternyata mereka diketahui warga setempat beraktifitas diluar rumah, hingga membuat warga ketakutan dan berujung pada adanya aksi penolakan" ujar Heriyanto 

Lebih lanjut dirinya menuturkan " alasan warga menolak selain diketahui para pekerja itu beraktifitas diluar rumah, mereka pun (pekerja -red ) merupakan warga pendatang yang ngontrak di BTN Kanci Ragance, jadi bukan asli warga Masyarakat Desa Kanci" lanjutnya.

dari keterangan yang disampaikan PLT Kuwu Kanci ini, ke enam Pekerja tersebut 4 diantaranya warga Bekasi, 1 Warga Indramayu dan 1 lainnya warga Kabupaten Cirebon (Clancang )

" Atas peristiwa tersebut, malam harinya kami melakukan pertemuan dengan warga yang dihadiri oleh perwakilan PT.KMU dan perwakilan dari PT.Hyundai, dalam kesepakatan tersebut diputuskan keenam pekerja tersebut akan dilakukan efakuasi dan karantina di salah satu tempat, sementara dari pihak hyundai menawarkan tempat karantina bagi Pekerja tersebut di salah satu hotel yang ada di Indramayu " jelasnya 

Saat disinggung tempat pastinya dimana , Heriyanto menjelaskan

" Yang saya tahu, pihak Hyundai menawarkan tempat di salah satu hotel yang ada di Indramayu, tetapi dalam hal ini kami selanjutnya tidak mengetahuinya, yang terpenting adalah warga kami saat ini sudah tidak resah dan ketakutan lagi, karena ke Enam pekerja tersebut sudah dievakuasi atau dikarantina pada Hari Rabu siang, Sekitar pukul sebelasan oleh pihak terkait " pungkas Heriyanto. (1c)

Aksi Heroik, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Waris Bantu Anak Sekolah Sebrangi Sungai Kalipay



Indomedianewsc -Sungai Kalipay yang terletak di Kampung Paitenda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Untuk menuju ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kanandega  anak-anak harus melintasi Sungai Kalipay dengan debit air yang cukup deras, karena belum adanya sarana penyebrangan berupa jembatan. Rabu,(25/11/2020).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf M. Zia Ulhaq mengatakan bahwa melihat hal itu, personel Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG sektor Utara Yonif Raider 100/PS dibawah pimpinan Letda Inf Muhammad Fauzan Yusuf, S.Tr. (Han) selaku Danpos, berinisiatif membantu anak-anak yang akan berangkat dan kembali dari sekolah menyebrangi Sungai Kalipay, “Kegiatan membantu anak-anak menyeberangi Sungai Kalipay ini dipimpin oleh Serda Haikal selaku Danru Pos Waris bersama Pratu Mansur dan Pratu Amin Rais anggotanya,” ungkapnya.

“Bantuan yang kami berikan ini untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa saat banjir bandang secara tiba-tiba yang disebabkan curah hujan tinggi terus-menerus setiap hari, dan membantu anak anak bersekolah yang harus melewati Sungai Kalipay tersebut, rencananya kami akan melaksanakan Bimbel Kepada anak-anak di kampung, saat Jalan mendekati sungai kami melihat anak-anak sekolah tidak bisa menyebrang karena Air deras, akhirnya kami membantu anak-anak tersebut, karena disana tidak ada jembatan,apabila Hujan deras sungai jadi tidak bisa dilewati.” ungkapnya lebih lanjut.

“Panggilan kemanusiaan dan kepedulian terhadap warga perbatasan yang kami kedepankan dalam kegiatan ini, khususnya kepada anak-anak selaku generasi penerus Bangsa, mereka tidak memiliki pilihan lain karena akses satu-satunya untuk berangkat dan kembali dari sekolah harus melintasi Sungai Kalipay," imbuhnya.

“Tidak hanya anak-anak sekolah, bahkan warga masyarakat yang berada di seberang sungaipun harus terisolir bila air sedang meluap dengan disertai arus yang sangat deras, waktu sekolah untuk menuntut ilmu sering kali terbuang sia-sia bila aktifitas mereka terkendala dengan derasnya arus sungai saat hujan terus-menerus di daerah tersebut,” tambah Dansatgas.

Letda Inf Muhammad Fauzan Yusuf, S.Tr. (Han) selaku Danpos Waris mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindakan antisipasi yang dilakukan oleh personel Pos Waris untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
“Kegiatan ini merupakan tindakan antisipasi karena Sungai Kalipay sering meluap dan banjir besar pada musim penghujan yang terus menerus seperti yang sekarang ini, sehingga menyulitkan aktivitas masyarakat,” ugkapnya.

Sementara itu, Bapak Andrianus Meho (59) selaku Kepala Dusun Paitenda menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Pos Waris Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS atas bantuan yang telah diberikan kepada anak-anak mereka.
“Saya selaku Kepala Dusun Paitenda mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang telah memberikan bantuan sosial terhadap kami masyarakat Paitenda berupa menyeberangkan anak-anak kami untuk pergi ke sekolah, kelak mereka nanti menjadi penerus Bangsa Indonesia,” ucapnya. (1a)

Kasi Kec. Waled Dinyatakan Positif Terinfeksi Covid 19.





Indomedianewsc  - Kasi Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid 19. Saat ini, Camat Waled bersama staf menunggu hasil swab yang di lakukan pembatasan kegiatan masyarakat (pkm).  

Untuk seluruh staf, kasi dan karyawan lainnya, dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat diterapkan secara bertahap, sedangkan untuk keperluan dan urusan yang urgen tetap berjalan. 

"Kami terapkan system piket secara bergilir untuk melayani masyarakat sambil menunggu hasil swab. " Kata Camat Waled, Drs. H Khamim SP, MM, Rabu (25/11/2020).

Menurut Camat H. Kamim, sambil menunggu hasil Swab, aktivitas pelayanan di kantor Kecamatan Waled. Sementara, dilakukan di rumah masing - masing, akan tetapi kalau sangat urgent, pihaknya masih bisa melayani sesuai protokoler kesehatan Covid 19. Ungkap Camat Waled.

Bahkan dirinya beserta dengan instansi terkait lainnya turut melakukan tracing atau pelacakan kontak erat pada pegawai yang ada di Kantor Kecamatan Waled melalui swab test. 

Selain itu, lanjut camat H.Kamim menyampaikan, dengan adanya salah satu kasi yang positif covid - 19 semua ruangan dan halaman kantor kecamatan dilakukan penyemprotan desinfektan secara menyeluruh.

" Kami mohon do'a dari semua masyarakat, agar hasil swab nanti semua dinyatakan negatif, walaupun begitu kita semua tetap menerapkan pola Hidup 3 M selalu Menggunakan masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun." Tandas  Camat Waled. (1a)

25 Nov 2020

GOR Watu Belah, Akan Digunakan Sebagai Tempat Isolasi Pasien Covid 19



Indomedianewsc -Gedung Olah Raga (GOR) Watu Belah Sumber Kabupaten Cirebon, akan digunakan sebagai tempat isolasi, warga yang terkonfirmasi positif covid 19.

Penggunaan GOR ini, sebagai salah satu bentuk antisipasi membludaknya pasien covid 19 yang harus mendapatkan perawatan medis. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno mengatakan, penggunaan GOR ini, sebagai salah satu bentuk antisipasi pemerintah, dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat, terutama pasien covid 19.

Rahmat menuturkan, nantinya GOR Watu Belah ini, akan dikelola oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun. Namun dirinya belum bisa memastikan, kapan GOR ini akan mulai digunakan. 

"Karena akan dianalisa dulu kebutuhannya. Kalau sudah siap, baru dipergunakan," ujar Rahmat, Rabu 25 November 2020.

Rahmat juga mengungkapkan, bahwa Pemkab Cirebon juga mewacanakan untuk menempatkan warga yang OTG covid 19, di GOR Watu Belah. 

Karena menurut Rahmat, melonjaknya warga yang terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Cirebon ini, salah satunya karena warga yang OTG, masih berinteraksi dengan masyarakat lainnya. 

" Jadi rencananya, akan kita rawat. Agar tidak berinteraksi dengan yang lainnya," kata Rahmat. 

dr Bambang Sumardi, Direktur RSUD Arjawinangun Cirebon mengatakan, bahwa saat ini memang cukup mendesak untuk dilakukan penambahan tempat isolasi. 

Bambang juga menyebutkan, bahwa di RSUD Arjawinangun saat ini, sudah menambah tempat tidur, untuk pelayanan bagi penderita covid 19.

"Namun ternyata, masih ada yang masuk daftar tunggu," kata Bambang. 

Rencananya, ada dua lokasi yang akan digunakan sebagai tempat isolasi, yaitu GOR Watu Belah dan eks RSUD Arjawinangun. 

Namun menurut Bambang, untuk saat ini, pihaknya fokus untuk bisa sesegera mungkin menggunakan GOR Watu Belah. Karena untuk eks RSUD Arjawinangun, membutuhkan banyak perbaikan. 

"Jadi sekarang fokus ke GOR Watu Belah dulu," ujarnya.(1c)

Pos Ampas Satgas Yonif Raider 100/PS Rutin Keliling Kampung Beri Pelayanan Kesehatan Diperbatasan RI-PNG



Indomedianewsc - Selain menjaga kedaulatan Negara, Satgas Yonif Raider 100/PS hadir di tengah tengah masyarakat, datang untuk membantu warga yang kurang mampu memberikan pelayanan khususnya di bidang kesehatan. Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam setiap hidup manusia, oleh sebab itu Satuan Tugas (Satgas) Pamtas Yonif Raider 100/PS Pos Ampas dengan senang hati melakukan pelayanan kesehatan bagi warga Kampung Ampas, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Selasa,(24/11/2020).

Danki B Satgas Lettu Inf Irwan Yudha mengatakan bahwa, dalam kegiatan pelayanan kesehatan tersebut melibatkan 4 personel Satgas dari Pos Ampas dipimpin Serda Bimantoro, Keikutsertaan Satgas dalam kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat perbatasan sekaligus mempererat tali silaturahmi. "Tujuan kegiatan ini untuk membantu warga perbatasan yang sedang mengalami sakit agar dapat segera di obati, dan perlu diperhatikan juga masyarakat yang masih kurang mampu untuk biaya berobat, sehingga kita personel satgas datang untuk memberi pengobatan, meringankan beban masyarakat," pungkasnya.

Salah satunya adik Ernaf (5) anak dari Bapak Pien Dewi (47), dimana anaknya mengalami bisul pada bagian kaki kiri dan sudah lama tidak ditangani sehingga mengakibatkan Ernaf demam, "menyikapi hal tersebut Prajurit Dua Syahputra Panggabean selaku personel Tim Kesehatan Pos Ampas memberikan penanganan terhadap kaki Ernaf, dengan membersihkan kaki Ernaf sehingga bisul tersebut cepat kering dan memberikan obat demam agar suhu badan cepat turun," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Danki B bahwa personel Satgas selain bertugas melaksanakan pengamanan perbatasan juga melaksanakan tugas-tugas lain diantaranya membantu kesulitan warga sebagai perwujudan dari kegiatan pembinaan teritorial. “Kegiatan ini pula sebagai wujud terciptanya hubungan emosional antara anggota Satgas Yonif Raider 100/PS dengan warga masyarakat di perbatasan,” tandasnya.

Kehadiran Satgas di Kampung Ampas mendapatkan respon positif dari warga, Bapak Pien selaku orang tua dari Ernaf mengucapkan terima kasih kepada Satgas atas pelayanan kesehatan ini. “Selama ini Bapak TNI selalu hadir dan aktif dalam setiap kegiatan di kampung ini, terimakasih banyak atas segala bantuannya, semoga Tuhan membalaskan kebaikan Bapak sekalian,” ucapnya. (1c)

DANREM 172/PWY SAMBUT KUNKER MENKO PMK DI PROVINSI PAPUA




Indomedianewsc - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan beserta para pejabat Muspida Provinsi Papua menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), Prof. Dr. Muhadjir Effendy bersama rombongan dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Papua, bertempat di VIP Room Bandara Theys Hiyo Eluay Sentani, Selasa (24/11).

Danrem menyampaikan bahwa kunjungan Menko PMK menunjukkan bahwa perhatian pemerintah Pusat sangat besar terhadap Provinsi paling timur Indonesia ini. 

"Bapak Menteri akan melakukan beberapa kegiatan di Jayapura yang berkaitan dengan peningkatan Sumber  Daya Manusia di tanah Papua, yang dijadwalkan sampai hari Kamis nanti", pungkasnya. 

Kunjungan kerja Menko PMK yang dijadwalkan akan memimpin pertemuan koordinasi bantuan sosial dan program PMK di Jayapura lalu melakukan kunjungan ke RSUD Dok II Jayapura.

Setelah itu, meninjau penyaluran sembako dan PKH melalui e-warong di Bhayangkara Kota Jayapura dilanjutkan melihat Pelaksanaan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) di rumah warga.

Pada Rabu (25/11) Menko PMK dan rombongan akan meninjau penyaluran bahan pokok dan PKH di e-warong Perbatasan Skouw serta menyerahkan bantuan secara simbolis di PLBN Skouw.

Terakhir, pada Kamis (26/11) Menko PMK akan menghadiri acara peletakan batu pertama Kampus Terpadu Universitas Muhamadiyah Papua dan selanjutnya melakukan peninjauan Venue PON "Stadion Lukas Enembe".

Penrem172 (1c)

Yayasan Pena Karya Persada " Berikan santunan " dalam rangka HUT Korpri ke 49

Indomedianewsc- bertepatan dengan Hari Korpri ke 49, Yayasan Pena Karya Persada menyalurkan santunan kepada beberapa warga Masyarakat yang memang berhak menerimanya.

Hal tersebut disampaikan ketua Yayasan Pena Karya Persada, Agus. s. Saat menyalurkan santunan kepada beberapa warga Masyarakat, Selasa, 24/11/2020.

" Alkhamdulillah, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Korpri ke 49, kami dari Yayasan Pena Karya Persada memperoleh kepercayaan dari pihak kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, untuk menyalurkan santunan kepada kaum duafa maupun yatim piyatu, berupa beras, mie instan dan masker ,  nilainya memang tidak seberapa, tetapi harapan kami dengan nilai yang tidak seberapa itu dapat bermanfaat bagi warga Masyarakat yang benar benar membutuhkan, terlebih lagi saat ini kondisi kita dalam keadaan yang serba tidak menentu ( Pandemi covid-19) tutur Agus 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, diharapkan kedepannya akan lebih banyak lagi pihak pihak yang peduli dengan kondisi Masyarakat saat ini

" Memberikan bantuan atau apapun kepada Masyarakat memang tidaklah mudah, selain banyak diantara kita yang terkendala anggaran atau sejenisnya, juga tidak sedikit yang mencemooh dengan dalih pencitraan, dengan adanya hal tersebut, langkah yang terbaik adalah abaikan semuanya, karena pada hakekatnya tergantung niat dan serahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT ' pungkasnya.

Sementara itu, Sekmat Astanajapura, Gita Rosali, menuturkan.

" Kami menghaturkan terimakasih atas peranserta Yayasan dalam turut menyalurkan santunan dari pihak korpri, dan tentunya harapan kami kedepannya  peran korpri di Masyarakat akan semakin baik lagi, dan tahun ini, dengan adanya bakti sosial yang digagas Korpri, bisa sedikit meringankan beban Masyarakat, hanya pesan kami kepada semua pihak untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, khususnya pelaksanaan 3M, ( memakai masker, Mencuci tangan dan menjaga jarak ) ujar Gita Rosali.

Salah seorang warga penerima santunan mengucapkan terimakasih atas santunan yang diterima

" Saya sangat berterimakasih atas santunan yang kami terima, semoga ini bermanfaat dan mendapat imbalan yang setimpal dari Allah SWT ' tutur Aas, warga Desa Mertapadawetan. (1c)

Tangki Gunner, Semprot Sejumlah Lokasi di Kabupaten Cirebon



Indomedianewsc - bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon , melakukan penyemprotan disinfektan kesejumlah lokasi.  Penyemprotan ini, dilakukan dengan menggunakan tangki gunner milik PMI Provinsi Jawa Barat. 

Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag mengatakan, penyemprotan ini dirasa sangat penting dilakukan, disaat jumlah terkonfirmasi positif di Kabupaten Cirebon terus meningkat.

Imron menjelaskan, hingga saat ini, tercatat sebanyak 317 warga Kabupaten Cirebon yang masih menjalani isolasi di rumah sakit, 374 Isolasi Mandiri dan 130 Meninggal.

"Sedangkan 1204 terkonfirmasi positif lainnya, dinyatak sembuh dan selesai isolasi," ujar Imron. 

Imron juga mengucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Cirebon dan Jawa Barat, yang telah membantu Pemkab Cirebon dalam menangani covid 19. 

Menurut Imron, peran PMI sangat besar dalam penanganan covid 19 di Kabupaten Cirebon. Karena bukan hanya masalah penyemprotan kali ini saja, tapi juga PMI sudah membantu pengobatan pasien covid 19 dengan menggunakan plasma darah. 

" PMI sudah berhasil untuk memproduksi plasma darah dan sudah digunakan," kata Imron. 

Ketua PMI Jabar Irjen Pol Purnawirawan Adang Rochjana menuturkan, pihaknya memiliki dua alat spraying gun yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat. 

Dua alat tersebut sudah digunakan untuk melakukan penyemprotan, disejumlah kota dan kabupaten di Jawa Barat. Untuk di Kabupaten Cirebon sendiri, rencananya penyemprotan akan dilakukan di Pasar Minggu Palimanan, Pasar Tegal Gubug, Pesantren Kempek dan alun-alun Ciledug. 

"Kemungkinan hanya satu hari. Tapi kalau ternyata kurang, nanti bisa ditambah," kata Adang. 

Adang menyebutkan, lokasi yang akan dilakukan penyemprotan, bukan hanya untuk lokasi yang zona merah saja. Namun juga zona lainnya, termasuk zona hijau. 

Karena menurut Adang, jika lalai dalam melakukan pencegahan diwilayah zona hijau, maka nanti bisa mengakibatkan zona tersebut berubah menjadi kuning atau merah. 

"Yang merah kita atasi, yang hijau kita pertahankan," kata Adang. 

Ketua PMI Kabupaten Cirebon Sri Heviyana menambahkan, bahwa produksi dan donor plasma di PMI Kabupaten Cirebon, berjalan dengan baik. Bahkan, plasma darah tersebut ditunggu oleh banyak rumah sakit di Kabupaten Cirebon. 

Heviyana mengatakan, sudah terdapat 21 orang  yang sudah melakukan donor plasma darah. Manfaat yang dihasilkan dari plasma darahpun, sudah banyak terlihat. 

"Pasien yang sudah akut, sudah membaik dan sudah mulai lepas oksigen, setelah menggunakan plasma darah," kata Heviyana. 

Untuk saat ini, banyak juga masyarakat yang sudah siap untuk menjadi pendonor plasma darah. Heviyana juga mengajak masyarakat yang memenuhi kriteria pendonor, untuk bisa ikut mendonorkan plasma darahnya. 

Untuk menjadi pendonor plasma darah, memang tidak sama dengan donor darah biasanya. Pendonor merupakan pasien covid 19 yang sudah dinyatakan sembuh oleh dokter. 

"Selain itu, pendonor juga harus laki-laki," ujar Heviyana (1c)

Darah Prajurit Satgas Yonif MR 413 Kostrad Rela Diberikan Kepada Masyarakat Papua



Indomedianewsc- Tiga Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Koya Koso mendonorkan darahnya untuk membantu salah satu warga Masyarakat Kampung Skouw Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H.,M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Selasa (24/11).

"Ketiga Prajurit Pos Koya Koso yang bergolongan darah B tersebut dengan cepat menuju Bank Darah di Rumah Sakit Abepura setelah mendapatkan informasi bahwa salah seorang warga Kampung Skouw atas nama Ibu Helena Dimara (49) membutuhkan darah akibat penyakit Kanker Payudara yang ia idap." Ungkap Anggun.

Sebelumnya, Dokter Satgas Lettu Ckm Andrew Agung mendapatkan informasi dari salah seorang petugas medis di RS Abepura bahwa pihak Rumah Sakit saat itu membutuhkan darah dengan segera. "Ini kali ketiga kami dihubungi oke pihak RS Abepura untuk dimintai donor darah bagi warga yang membutuhkannya segera, karena respon yang kita berikan sangat cepat sehingga tanpa ragu mereka menghubungi kami untuk meminta sekitar tiga kantung darah bergolongan B. Untungnya dapat kami respon cepat, dengan mendatangkan prajurit Satgas Yonif MR 413 Kostrad Pos Koya Koso yang memiliki golongan darah B yakni Praka Fauzi, Praka Irwansyah dan Pratu Doni." Jelas Lettu Ckm Andrew Agung selaku Dokter Satgas.

Dengan ketulusan hati dan niat mulia, ketiga prajurit tersebut menuju Bank Darah Rumah Sakit Abepura untuk mendonorkan darahnya kepada Ibu Helena Dimara. "Dari ketiga raut wajah prajurit, saya tidak menemukan adanya mimik keterpaksaan apalagi mengeluh. Justru mereka bersedia dan bersemangat mendonorkan darahnya untuk Masyarakat yang membutuhkan." Tandas Andrew Agung.

Bapak John (55) selaku suami dari Helena Dimara mengaku senang dan tidak kuasa menahan derainya air mata yang jatuh ke pipinya. "Saya tidak tahu harus berkata apalagi selain mengucap terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan. Mungkin para Prajurit Satgas ini jawaban atas doa yang kami panjatkan selama ini untuk kesembuhan istri saya. Semoga Satgas Yonif MR 413 Kostrad diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa." Tandas John.

Pensatgas 413 (1c)

24 Nov 2020

Warga BTN Kanci Ragance " Minta penanganan Serius Covid-19"

Indomedianewsc- Minimnya pemahaman tentang Pandemi  Covid-19 kerap menimbulkan persoalan, yang terjadi dalam kehidupan Masyarakat.
 
salah satunya seperti yang terjadi pada warga Masyarakat  Perumahan Kanci Ragance, Desa Ikanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.
 
Berawal dari adanya informasi terkait  6 Karyawan PT. karang Mas Unggul, salah satu Subkon PLTU tahap dua. Yang terkonfirmasi positif Covid -19.

Dikarenakan minimnya dan kurangnya komunikasi dari berbagai pihak, hingga menimbulkan adanya penolakan warga setempat terhadap beberapa Karyawan PT KMU, yang kebetulan menempati rumah kontrakan yang ada di perumahan tersebut 

Seperti yang disampaikan PLT Kuwu Desa Kanci, Heriyanto, Selasa, 24/11/2020.

" Warga mungkin merasa ketakutan akan adanya beberapa Karyawan PT.KMU yang saat ini sedang melakukan Isolasi mandiri karena terkonfirmasi Positif Covid-19, kebetulan warga tersebut merupakan pendatang , dan yang menjadi persoalan adalah karyawan tersebut keluar dari tempat tinggalnya, padahal sedang dilakukan isolasi mandiri " ujarnya

Lebih lanjut hal ini disampaikan Heriyanto
" Bahkan yang kami sayangkan tidak ada pengawasan atau hal.lainnya yang dilakukan oleh PT.KMU, semisal pengawasan  terhadap karyawan yang sedang melakukan Isolasi ataupun penyemprotan disinfektan, oleh karenanya kami dari Pemerintahan Desa akan melakukan Penyemprotan Disinfektan secara pribadi, karena dari perusahaan sampai saat ini belum ada tindakan kongkrit. " Tegas Heriyanto.

Adanya penolakan warga pun disampaikan ketua RT 4/2 Daryono.

" Saya selaku RT tidak bisa berbuat banyak, sementara warga menuntut agar Karyawan tersebut tidak berada di perumahan kami dengan alasan terkonfirmasi positif Pandemi Covid-19, alasan warga menolak bukann saja hanya merasa takut, tetapi yang jadi persoalan karyawan tersebut keluar dan beraktifitas diluar rumah, sedangkan yang bersangkutan sedang melakukan isolasi mandiri " terang Daryono 

Terkait adanya penolakan tersebut, salah seorang warga setempat, Upy, menjelaskan

" Kami jelas sangat takut kang, pada dasarnya bukannya kami tidak mengedepankan sisi kemanusiaan, tetepai ini persoalannya adalah Corona, jika memang harus tetap disini, ada pihak yang bertanggungjawab sekaligus wajib menerapkan protokol.kesehatan, termasuk jika mana harus dilakukan isolasi mandiri, ya yang bersangkutan jangan keluar dari rumah, dan pihak perusahaan yang memperkerjakannya harus juga bertanggungjawab, baik itu makanan maupun pengawasan, jadi jangan membuat kami ketakutan " tuturnya. (1c)

Ulang Tahun Korpri ke 49 " adakan bakti sosial dan donor darah "

Indomedianewsc- Ulang tahun korpri ke 49 tingkat kabupaten Cirebon  bertempat di Aula Kantor Kecamatan Lemahabang, Kab Cirebon, Selasa, 24/11/2020.

Dalam acara tersebut, selain memberikan bantuan berupa beras, Mie Instan dan masker juga dilaksanakan kegiatan Donor Darah.

Selain dilaksanakannya Acara Bakti Sosial dan Donor Darah,  Hartono Kadis Disbudparpora, yang hadir dalam acara tersebut menuturkan

" Dilaksanakannya acara Bakti Sosial dan Donor darah dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Korpri ke 49, diharapkan kedepannya peran korpri dalam membangun Negeri akan semakin baik, dan dalam acara ini, merupakan kali pertama kami dari Korpri melaksanakan bakti sosial ditengah Pandemi" tuturnya.

Lebih lanjut Hartono menjelaskan 
" Yang kami berikan saat ini nilainya memang tidak seberapa, namun tentunya kami berharap apa yang dilakukan korpri dalam turut peduli terhadap mereka yang berhak menerimanya bisa sedikit meringankan beban Masyarakat, khususnya para duafa " jelas Hartono.

Sayangnya dalam acara tersebut tidak semua perwakilan dari pihak Kecamatan hadir, karena hal ini pula Hartono menjelaskan 

" Acara yang dilaksanakan di pendopo Kecamatan Lemahabang ini melibatkan 7 kecamatan, diantaranya adalah Kec Lemahabang, Kec Mundu, Kec Astanajapura, Kec Sedong, Kec Karangsambung, Kec Karangwareng dan Kec Susukan Lebak, dan dari tujuh kecamatan tersebut satu diantaranya tidak hadir, oleh karenanya kami akan melakukan teguran kepada Kecamatan yang tidak hadir dalam acara ini, namun terlepas dari semuanya, tujuan kami hanya satu, yaitu kepedulian akan sesama menjadi prioritas yang harus diutamakan," pungkas Hartono

Pelaksanaan peringatan Hut Korpri yang tetap mengedepankan protokol kesehatan tersebut berjalan sesuai yang diharapkan, sayangnya dari informasi yang diperoleh melalui petugas PMI, pelaksanaan Donor Darah hanya berhasil mengumpulkan 11 labu, sementara kebutuhan stok darah di tengah Pandemi ini sangat dibutuhkan. (1c)

Akhirnya ketua fkkc waled pun bicara


Indomedianewsc- berkaitan dengan bermunculannya kandidat ketua fkkc kabupaten cirebon yang akan diperebutkan dalam perhelatan nanti.Semua punya peluang dan fotensi yang sama karena merka sama2 sebagai kuwu hanya beda tipis antara senioritas dan junior dalam memimpin pemdes

.Selain dari itu jika mereka terpilih akan lebih luas dan beratnya beban karena sekupnya kabupaten cirebon yang nota benenya ada 412 desa yang satu dengan lainnya memiliki gaya dan karakter kepemimpinan yang berbeda,disitulah seorang ketua nanti harus bisa mengacomodir seluruh kuwu dan bisa menjadikan panutan,keteladanan serta contoh bagi desa lainnya serta sekaligus bisa mentranformasi keberhasilan ketika mempin desa nya,hal ini di tegaskan oleh Nurwandi,kuwu desa ambit kecamatan waled kabupaten cirebon.Kuwu dua periode ini lebih lanjut mengatakan dipastikan akan mendukung penuh Alex kuwu lebak mekar untuk di dudukan menjadi ketua fkkc kabupaten cirebon.
Dukungan terhadap Alex bukan begitu saja tetapi lama melihat sepak terjang dan rekam jejak beliau,artinya sangat mampu jika mimpin fkkc kabupaten cirebon.Nurwandi sebagai ketua fkkc kecamatan waled ini sudah bulat untuk waled sdr Alex insya allah aman,ujar kuwu yang sangat paham sejarah bukit azimut ini.(1a)

22 Nov 2020

Normalisasi Irigasi dari BBWS atau PSDA Disayangkan Kuwu Desa Cikulak " Tanpa Koordinasi"



Indomedianewsc  - Normalisasi irigasi tersier desa Cikulak, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon. Untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang swasembada beras sedang di perbaiki dengan pembersihan di areal saluran irigasi desa setempat.

Selain memperbaiki saluran irigasi pertanianbaik sekunder maupun tersier, supaya para petani saat panen mendapatkan hasil yang memuaskan, diapun menginginkan terjangkaunya harga pupuk serta tersedianya benih padi unggul. Kata kuwu Cikulak Yusnaedi, ST lewat sambungan teleponnya , Sabtu (21/11/2020).

Kuwu Yusnaedi juga memaparkan, hampir 140 hektar areal pesawahan berada di desa Cikulak yang mayoritas petani penggarap sawah. Maka potensi ini harus benar - benar menjadi perhatian serius Pemdes Cikulak.

"Untuk itu terobosan untuk mendapatkan berbagai sarana dan prasarana pertanian selalu diupayakan baik lewat dinas pertanian maupun BBWS dan PSDA." Tandas kuwu muda yang banyak inovatif.

Namun, diapun menyayangkan untuk normalisasi irigasi tersier yang baru selesai pengerukan ini, saya belum dapat laporan apakah itu dari BBWS atau PSDA yang jelas bukan dari dana desa. Tegas kuwu Cikulak yang lagi konsentrasi menyelesaikan pendidikan S.2 di salah satu perguruan tinggi kota Cirebon mengahiri pembicaraannya .(1a)

21 Nov 2020

Bulatkan satu suara untuk kemenangan "H.Lili" menjadi Ketua FKKC

Indomedianewsc- Satu suara dukung H.Lili untuk maju sebagai ketua FKKC disampaikan oleh salah seorang Kuwu di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Dukungan tersebut seperti yang ditututkan Kuwu Desa Panongan Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Agus Syamsah, Sabtu, 21/11/2020

"InsyaAllah, kami seluruh Kuwu Se Kecamatan Sedong secara aklamasi mendukung penuh terhadap H.Lili untuk maju sebagai Ketua FKKC, ini dikarenakan beliau merupakan putra Asli Cirebon timur, dan secara pribadi sosok H.lili , menurut kami sangat cocok untuk menjadi Ketua FKKC, tentunya dengan harapan dibawah kepemimpinannya akan menjadikan Cirebon timur khususnya ,dan Kab Cirebon secara menyuruh akan semakin baik, entah dalam hal pembangunan yang merata, terlebih lagi kerjasama dan ikatan persaudaraan para Kuwu akan lebih terjalin erat ' ujar Agus.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dengan adanya sosok pimpinan dari Cirebon timur, diharapkan program pembangunan yang saat ini sudah baik akan lebih baik lagi .

" Peran Kuwu dalam turut membangun Negeri sangat lah menentukan dan berpengaruh, dengan adanya hal tersebut, tentunya dibutuhkan satu sosok pemersatu yang mampu dalam berbagai hal, baik secara finansial maupun pemikiran positif yang berkesinambungan " pungkas Agus (1c)

Berharap adanya perubahan " Kuwu Curug wetan " dukung H.Lili jadi ketua FKKC

Indomedianewsc-  berharap adanya perubahan di Cirebon bagian timur, momen pemilihan Ketua FKKC diharapkan mampu menjawab keinginan para Kuwu dalam membangun sinergitas dengan berbagai kalangan.
Salah satu caranya adalah mengusung sosok Calon Ketua yang berkedudukan di Kabupaten Cirebon bagian timur.

Dalam beberapa waktu ini telah muncul seorang Kandidat Ketua FKKC dari Cirebon timur , H.Lili (Kuwu Desa Cipeujeh kulon ) kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon.

Dukungan kepada H.Lili, tersebut disampaikan Kuwu Desa Curug wetan, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, Jaenudin.

Dirinya mengungkapkan alasannya tentang dukungan terhadap H.Lili tersebut disampaikan kepada IM, diruang kerjanya,Sabtu, 21/11/2020

" Alasan pertama saya mendukung Haji Lili untuk maju sebagai kandidat Ketua FKKC adalah karena beliau merupakan Kuwu Cirebon Timur, dan kami sangat berharap agar ketua terpilih nantinya berdomisili di Cirebon timur dengan harapan adanya perubahan ke arah yang lebih baik " tuturnya 

Lebih lanjut Jaenudin, menuturkan
" Demokrasi dalam pemilihan ketua ini harus dilakukan dengan cara yang benar, dengan kata lain, jika terjadi perbedaan itu merupakan hal yang biasa, terpenting adalah tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan, ini pula salah satu alasan kami mendukung H.Lili, karena pada prinsipnya kita semua ingin sesuatu yang terbaik, InsyaAllah, pak Haji bisa merealisasikan harapan dan keinginan para Kuwu, agar persatuan menjadi hal yang utama" jelas Jaenudin. (1c)

Anggota DPRD Jabar ,"Siap Perjuangkan Sarana Belajar dan Guru Honorer SMPN 1 Waled"





Indomedianewsc  - Dalam kunjungannya sebagai anggota DPRD provinsi Jawa Barat dapil Jabar XII dari Fraksi PKB. Yuningsih merasa terpanggil melihat langsung kondisi sarana belajar siswa SMPN 1 Waled Kabupaten Cirebon yang masih tidak seimbang antara RKB dengan jumlah siswa serta keterbatasan lahan.

Hampir 60 persen masih jomplang antara guru status honorer dengan guru PNS, untuk itu sebagai anggota DPRD provinsi Jawa Barat yang asli WTC ini, akan membawa dua aspirasi ke DPRD provinsi Jabar dan DPR RI Pusat di Jakarta. 

" Saya akan berusaha semaksimal mungkin, lewat fraksi PKB agar ada perhatian serius, untuk membenahi SMPN 1 Waled baik sarana belajar maupun guru honorer yang  berada di daerah perbatasan antara Kabupaten kuningan dan kabupaten brebes Jawa Tengah" Ujar Yuningsih yang karier politiknya di mulai dari anggota DPRD Kabupaten Cirebon dan sempat menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon.

Lebih lanjut kata Yuningsih,imengungkapkan, dirinya akan menjalin komunikasi yang baik dengan siapapun tanpa memandang warna baju. Sebab, saya adalah wakil rakyat terutama yang berada di Kabupaten Cirebon. Insya Allah dengan menjalin silaturahmi akan banyak hikmah yang kita peroleh. Apalagi saya selaku anggota DPRD provinsi Jawa Barat. 

"Saya siap untuk memperjuangan dua aspirasi tersebut baik sarana belajar maupun guru honorer. Saya memohon do'a agar diberi kesehatan" Tandas perempuan yang selalu vokal dalam menyuarakan pemekaran WTC.

Yuningsih juga menambahkan, silaturahmi dengan sejumlah guru dan pengurus komite SMPN 1 Waled salah satu upaya untuk lebih mendekatkan antara pendidik dengan anggota DPRD provinsi Jawa Barat. Walaupun acara ini dalam waktu sebentar serasa begitu akrab.

 " Saya mohon maaf, sebab tidak bisa lama, dikarenakan ada agenda penting ke pangandaran." Saat Yuningsih pamitan kepada guru dan komite SMP N 1 Waled.(1a)

20 Nov 2020

Kuwu Heriyanto '"siap dukung H.Lili " maju jadi Ketua FKKC

Indomedianewsc- semakin dekatnya masa pemilihan Ketua FKKC, membuat beberapa Kuwu dituntut untuk bersiap dalam menentukan pilihan.
Salah satu keinginan para Kuwu adalah siapapun kelak yang terpilih menjadi Ketua FKKC diharapkan mampu menjadikan Kabupaten Cirebon semakin lebih baik lagi 
Salah seorang Kuwu Cirebon Timur, Heriyanto , saat disinggung tentang rencana pencalonan H.Lili, maju menjadi ketua FKKC, dengan tegas menuturkan, Jum'at, 20/11/2020

" Saya mendukung sepenuhnya jika H.Lili maju sebagai Calon Ketua FKKC, tentunya sangat diharapkan dengan majunya beliau sebagai Calon Ketua, akan banyak perubahan yang terjadi di Kabupaten Cirebon, tidak semata dalam segi pembangunan, namun yang terlebih penting lagi kebersamaan dan kekompakan para Kuwu akan semakin terlihat nyata ' ujar Heriyanto, Kuwu Desa Sumurkondang.

Senada hal tersebut disampaikan Kuwu Desa Leuwidingding,Imas Rasdianto yang didampingi Ketua Forum Kuwu Kecamatan Lemahabang, H. Eman Sudirman, pihaknya meminta kepada semua Kuwu untuk bersatu membangun Cirebon ke arah yang lebih baik.

" Kami sangat berharap dengan adanya ketua FKKC yang baru, Cirebon ini akan semakin baik dalam berbagai segi, oleh karenanya, kami sangat mendukung sepenuhnya agar H.Lili terpilih menjadi Ketua FKKC, dan harapan ini semoga sama dimiliki oleh seluruh Kuwu Se Kabupaten Cirebon, intinya kami mengajak untuk adanya sebuah perubahan kearah yang lebih baik lagi dari yang saat ini sudah baik " ujar Imas.(1c)

DANREM 172/PWY RESMIKAN PEREHAPAN GEREJA ST THERESIA DI KAB. KEEROM

Indomedianewsc – Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan selaku Dankolakops meresmikan perehapan gedung Gereja Khatolik ST. Theresia di Kampung Yowong, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Kamis (19/11).

Perehapan gereja tersebut merupakan hasil kerjasama antara TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413/Bremoro dengan masyarakat kampung Yowong yang juga merupakan jemaat gereja ST. Theresia.

Danrem 172/PWY dalam kesempatannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu terlaksananya kegiatan ini, Pemda Kab. Keerom, Batalyon 413/Bremoro bersama-sama masyarakat yang melakukan berbagai upaya untuk merehap gedung gereja ini sehingga dengan adanya gedung baru, masyarakat akan semakin nyaman dalam beribadah, sehingga semakin meningkatkan keimanannya.

“Kita membangun dan merehap fasilitas ibadah ini karena di gedung inilah nanti keimanan akan ditumbuh kembangkan karena dengan keimanan kita bisa hidup layak dihadapan Tuhan, tanpa iman kita tidak punya arti apa-apa. Di gedung inilah juga benih-benih Kasih akan ditabur karena Tuhan bilang kepada kita, kamu adalah bait Allah yang harus dijaga”, katanya.

Pihaknya turut bangga, karena dengan selesainya seluruh proses perehaban gereja ini membuktikan bahwa kebersamaan TNI dan Masyarakat dapat membangun untuk kesejahteraan dan kepentingan masyarakat terutama di wilayah Kab. Keerom.

“Kebersamaan ini kita harapkan akan terus terjalin. Kita juga melihat bahwa keberadaan mereka ( Satgas TNI) adalah untuk membantu masyarakat semuanya, bekerjasamalah dengan mereka, mereka ditugaskan ke sini untuk mengabdi kepada masyarakat, jika ada kesulitan sampaikan kepada mereka (TNI) sehingga dapat bersama-sama menyelesaikan kesulitan yang ada di daerah ini, sehingga kita bisa hidup berdampingan, kita bisa hidup dengan damai di tanah yang diberkati Papua”, ujarnya.  

“Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Desember. Pada bulan Desember kita akan merayakan Natal, kita akan menyongsong kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus, untuk itu sebelum menyongsong kelahirannya kita juga harus membersihkan diri kita, tidak boleh ada dendam, kebencian, permusuhan apalagi pertumpahan darah tidak boleh, kita harus menyongsong kelahiran Tuhan Yesus Kristus dengan suka cita dengan hati yang bersih, mari kita jadikan bulan Desember sebagai bulan Kasih dan hanya saling berbagi Kasih yang harus kita lakukan”, tambahnya.

Disampaikan Dansatgas Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H.,M.Han juga dalam penjelasannya di kegiatan tersebut. "Puji syukur kegiatan rehab Gereja yang dilaksanakan selama 23 hari ini selesai dan diresmikan langsung oleh Dankolakopsrem 172/PWY yang merupakan salah satu dari program Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad di bidang teritorial Tahun 2020 ini." Ujar Anggun

Sementara itu Pastur Paroki St.Theresia, Krispinus Bidi, menyampaikan  terima kasih kepada TNI yang telah memberikan berkah ini kepada masyarakat kampung Yowong. 

“Saya sebelumnya bertugas di Distrik Waris, disana kami juga bersama Satgas telah membangun gereja dari pembangunan awal hingga menjadi sebuah gedung gereja baru. Untuk itu, kami merasa apa yang telah dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif MR 413 Kostrad di sini sangat membantu kesusahan masyarakat. Kehadiran Satgas di perbatasan, selain memberikan pengamanan juga memberikan motifasi bagi umat. Semoga kerjasama ini tetap tumbuh untuk meningkatkan persatuan dan persaudaraan”, ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut, Danrem 172/PWY bersama Dansatgas Yonif MR 413 Kostrad memberikan bantuan Alkitab, Speaker Gereja dan pembagian Masker kesehatan kepada masyarakat sebagai wujud mendukung protokol kesehatan Covid-19, dan mensosialisasikan gerakan 3M. 
Penrem172 (Lis 1c)

Pemkab Cirebon Sigap Tangani Lonjakan Kasus Covid 19



Indomedianewsc - Lonjakan kasus terkonfirmasi covid 19 di Kabupaten Cirebon dalam beberapa hari ini, mendapatkan perhatian serius dari Satuan Tugas (Satgas) penanganan covid 19 Kabupaten Cirebon. 

Salah satu klaster yang mendapatkan perhatian, yaitu munculnya klaster industri yang terjadi di perusahaan pembangkit listri Cirebon Power. 

Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag meminta kepada pihak perusahaan, untuk tidak lengah dalam melakukan pencegahan penyebaran virus covid 19 di lingkungan kerjanya. 

Imron menyebutkan, ia mendengar ada sekitar 86 karyawan di perusahaan pembangkit listrik tersebut, yang terkonfirmasi covid19. 

Ia mengapresiasi langkah Cirebon Power, yang berinisiatif akan menyewa salah satu hotel di Kabupaten Cirebon, untuk dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri.

"Karena kalau tidak memiliki tempat khusus, tidak menjamin mereka tidak keluar atau berinteraksi dengan masyarakat lainnya," kata Imron. 

Imron juga mengingatkan kepada seluruh jajarannya, untuk tidak bosan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, terkait covid 19.

Ia menduga, salah satu faktor melonjaknya angka konfirmasi positif ini, dikarenakan masyarakat sudah jenuh dengan covid 19,sehingga abai menerapkan aturan protokol kesehatan. 

"Kalau kita, jangan sampai bosan. Terus berikan pemahaman kepada masyarakat," kata Imron. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni, juga menyambut baik langkah Cirebon Power yang akan menyewa hotel. Karena hal tersebut bisa meminimalisir angka penyebaran covid 19.

Namun Eni juga menyoroti, sulitnya Pemkab Cirebon untuk bisa menyewa hotel, untuk digunakan sebagai tempat isolasi mandiri. 

"Ada yang mau, tapi harus disewa selama sebulan penuh dan seluruh kamar," ujar Eni. 

Oleh karena itu, ia berharap dukungan dari semua pihak, untuk bisa mengusahakan tempat isolasi mandiri. Karena menurutnya, saat ini tempat isolasi tersebut sangat dibutuhkan. 

Apalagi, Eni mencatat dalam beberapa hari ini, ada peningkatan cukup signifikan, terkait jumlah terkonfirmasi positif. 

Untuk hari ini, Dinkes mencatat ada sebanyak 83 kasus positif baru, sehingga jumlah total kasus covid 19 di Kabupaten Cirebon, berjumlah 1804 kasus. 

Selain itu ujar Eni, ada tren yang perlu diwaspadai dalam peningkatan kasus saat ini. Eni menyebutkan,  sebelumnya jumlah pasien yang bergejala berjumlah 30 persen dan tidak bergejala berjumlah 70 persen.

Namun saat ini, jumlah pasien bergejala dan tidak bergejala hampir seimbang. Dinkes mencatat, saat ini pasien bergejala berjumlah 837 dan tanpa gejala 967.

"Sekarang hampir imbang, bergejala 46 persen dan tidak bergejala 54 persen," kata Eni. 

Kondisi ini, mengakibatkan banyaknya pasien covid 19 yang tidak bisa terlayani, karena semua rumah sakit penuh. 

Padahal ujar Eni, hampir seluruh rumah sakit di Kabupaten Cirebon, sudah menambah kapasitas untuk pasien covid 19.

Ia menyebutkan, RS Mitra Plumbon yang sebelumnya hanya menyediakan 25 kapasitas, sekarang bertambah menjadi  87 kapasitas. Begitu juga, sejumlah rumah sakit lainnya, seperti RS Waled dan Arjawinangun. 

"Tapi walaupun sudah ditambah. Ternyata masih belum bisa melayani pasien covid, karena ruangan penuh," kata Eni. 

Melihat kondisi seperti ini, Eni mengusulkan kepada Pemkab Cirebon, untuk menjadikan salah satu rumah sakit di Kabupaten Cirebon, menjadi rumah sakit khusus covid 19. (1c)