17 Okt 2020

Tak Puas dengan Jawaban PT. Pokphand " Warga Astanajapura akan adakan Demo "

Indomedianewsc- merasa tidak puas dengan MOU yang telah disepakati oleh pihak PT. Pokphand. Puluhan perwakilan Masyarakat dan Pemdes Astanajapura, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon , melakukan mediasi bertempat di kantor Desa Astanajapura, Jum'at 16/10/2020.
Acara yang dihadiri unsur Tripika , Camat, Kapolsek , Danramil, dan perwakilan Masyarakat termasuk pemdes, Lembaga Desa dan unsur lainnya berujung deadlock 

Hal tersebut dikarenakan adanya ketidak puasan yang dirasakan oleh Masyarakat termasuk Pihak Pemerintahan Desa.
Hal ini seperti yang disampaikan koordinator lapangan, Saeful Bahri, saat melakukan audensi   

" kami meminta adanya keterbukaan yang dilakukan pihak Pokphand, baik dalam hal CSR, kemitraan dan hal lainnya yang dirasakan tidak sesuai dengan MOU " ujarnya.
Senada hal tersebut disampaikan ,Andika, Anggota Karangtaruna Desa Astanajapura 

" Selama ini kami merasa dipermainkan oleh pihak perusahaan, khususnya dalam kemitraan baik dalam hal ketenaga kerjaan maupun kerjasama dalam penyediaan barang, karena selama ini mereka selalu menolak barang yang kami ajukan dengan jawaban bahwa barang yang kami ajukan dibawah standar, namun kami tidak pernah diberitahu setandar bagaimana yang mereka inginkan " tuturnya 
Senada hal tersebut disampaikan ketua BPD setempat, Ibrahim.

" Kami meminta adanya transparansi yang dilakukan pihak perusahaan, baik itu CSR , yang nilainya berapa dan untuk apa saja , karena selama ini kami telah dibuat kecewa dengan tidak adanya transparansi, apalagi masalah ketenaga kerjaan yang sampai saat ini tidak ada kejelasan " ujar Ibrahim.

Dalam acara tersebut sempat terlontar persoalan yang menyangkut masalah limbah, sayangnya perwakilan pihak PT. Pokphand, tidak bisa memberikan stetmen jelas terkait persoalan limbah.
Bahkan saat IM mencoba mempertanyakan hasil dari pertemuan tersebut, Perwakilan PT. Pokphand, yang tidak bersedia dicantumkan identitasnya menuturkan   " bukan kapasitas kami untuk menanggapi adanya tuntutan yang disampaikan warga maupun pihak Perwakilan Desa, namun yang pasti jika berbicara limbah, nominal nya sangat signifikan, tetapi kami tidak ingin membukanya disini " ujarnya.

Sementara itu, terkait tidak didapatnya hasil kesepakan yang diinginkan, menurut keterangan yang disampaikan salah seorang Perangkat Desa setempat, Ai, menegaskan

 " karena pertemuan ini tidak membuahkan hasil, maka kami sepakat akan melakukan Demo terhadap pihak perusahan,InsyaAllah, Aksi Demo akan kami laksanakan Hari Rabu, ini semua kami lakukan karena selama ini pihak perusahaan tidak komitmen dengan hasil MOU yang telah disepakati bersama" tegas AI.
Dari pantauan IM, Audensi tersebut selain tidak membuahkan hasil, bahkan sempat terjadi kericuhan hingga Masyarakat membubarkan diri karena tidak puas dengan pemaparan yang disampaikan perwakilan PT .Pokphand. (1c)

0 $type={blogger}: