22 Okt 2020

Peringatan HSN " Peran Santri terhadap berdirinya NKRI "

Indomedianewsc- Peringatan Hari Santri Nasional diselenggarakan dihalaman Kantor Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon , Kamis, 22/10/2020 dihadiri ratusan Nahdiyin dan para santri sekecamatan Astanajapura termasuk unsur Muspika dan pihak Pemerintahan Desa.

Acara tersebut diawali dengan pelaksanaan kirab/karnaval yang dimulai dari halaman Kantor Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura.

Selain karnaval acarapun dimeriahkan oleh penampilan Pagar Nusa yang dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an, Tawasul, Tahlil dan pengajian umum yang diisi oleh Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Cirebon, KH. Wawan Arwani.

Hadir juga dalam Peringatan HSN tersebut  Ketua Tanfizhiyah MWCNU Kecamatan Astanajapura dan Ketua Tanfizhiyah PCNU Kabupaten Cirebon.

Dari keterangan yang disampaikan Ketua Panitia HSN, H. Moniman. S.ag. Acara yang diselenggarakan tersebut bertujuan untuk memperkuat ukuah Islamiyah

" Utamanya adalah memperkuat ukuwah Islamiah sekaligus mempererat silaturahmi jangan sampai pudar walau dalam kondisi dan situasi apapun, selain itu, harapannya dengan adanya HSN ini semakin menjadikan sosok santri menjadi insan yang bukan hanya pandai dalam segi ilmu Agama namun dibarengi dengan kemampuan dalam hal keilmuan lainnya, termasuk peningkatan SDM dalam bidang teknologi atau digital yang tetap diimbangi dengan keimanan yang berlandaskan Islam " tuturnya.

Sementara itu, penuturan Camat Astanajapura M. Iing Tadjudin, melalui Sekretaris Kecamatan, Gita Rosali, makna peringatan Hari Santri Nasional ini dijadikan sebagai momentum pentingnya peran santri dalam mengisi kemerdekaan melalui berbagai aspek yang positif

" Peran santri sangat fital dalam aspek kehidupan secara umum, dan mereka merupakan sosok pejuang di era pergolakan saat seluruh Rakyat mendambakan sebuah kemerdekaan, dan dalam peringatan HSN ini kami sangat mengharapkan adanya peran maksimal dari seluruh santri dan umat muslim secara keseluruhan, agar secara bersama-sama membangun Negeri tercinta ini dengan semangat membangun yang berkesinambungan, oleh karenanya sesuai dengan tema seminar peran Santri terhadap berdirinya NKRI , maka sudah sepatutnya sosok santri menjadi panutan yang patut untuk dibanggakan " tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan salah seorang Kuwu yang hadir dalam Acara tersebut, Edi Suhaedi, menyampaikan harapannya

" Santri memiliki peran yang sangat besar dalam masa pergolakan, mereka rela berkorban demi berdirinya NKRI, dan saat ini setelah kita terlepas dari belenggu penjajahan, maka sudah selayaknya sosok santri tidak saja pandai dalam Ilmu Agama, namun keilmuan lainnya pun harus seimbang, termasuk tekhnologi dan keilmuan lainnya " harap Edi. (1c)




0 $type={blogger}: