12 Okt 2020

Jika memang terbukti ada pungutan " proses sesuai aturan dan Hukum yang berlaku "

Indomrdianewsc-- menyikapi adanya pemberitaan terkait dugaan pungutan yang dilakukan oknum ketua kelompok Desa terkait penyaluran beras melalui Program Keluarga Harapan (PKH )  Desa Japura Lor , Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, hingga menyita perhatian khusus dari Ketua Koordinator PKH Kabupaten Cirebon, beberapa waktu lalu.
Saat sebelumnya, Ketua Koordinator PKH Kabupaten Cirebon, Aris , menuturkan pada IM, bahwa pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap yang bersangkutan.
" setelah kami mendengar informasi yang disampaikan oleh Masyarakat dan LSM Brigade 08, maka saya tugaskan ketua Koodinator PKH kecamatan untuk memanggil yang bersangkutan guna menggali informasi apa yang sebenarnya terjadi " tutur Aris.

Sementara itu, Kuwu Japura Lor, Mulyadi, saat ditanya adanya informasi telah terjadi pungutan yang dilakukan oleh Kelompok PKH di Desanya, menuturkan, Senin, 12/10/2020.

"Saya tidak tahu kang kalau ada hal seperti itu, karena selama ini pihak Dari pengurus PKH tidak pernah berkomunikasi dengan pihak kami, bahkan pada beberapa waktu yang lalu, saya didampingi Ketua BPD dan Babinsa pernah mengingatkan kepada koordinator PKH agar setiap kali ada penyaluran bantuan apapun seyogyanya menginformasikan kepada kami, karena jika mana ada persoalan tetap saja berimbas pada pihak pemdes, sayangnya saat kami memberikan teguran, dari pihak PKH mengatakan bahwa mereka punya konsep kerja dan cara sendiri " ujarnya.

Bahkan lebih lanjut Mulyadi ,menuturkan
"Kami sangat berharap adanya komunikasi dan kerjasama yang baik, jangan sampai manakala ada permasalahan baru melibatkan pihak Desa, dan terkait adanya dugaan telah terjadi pungutan dengan dalih apapun, kami sangat berharap semuanya diproses sesuai aturan dan Hukum yang berlaku " tegas Mulyadi.

Senada hal tersebut disampaikan Ketua BPD Japura Lor,Saleh Bukhori didampingi Bhabinsa setempat, Serda Karyono
" Selama ini memang kami tidak mengetahui struktur atau pengurus kelompok PKH Desa Japura Lor, karena seperti yang disampaikan oleh pak Kuwu, seolah olah mereka ini berjalan sendiri dan tidak pernah melibatkan pihak Desa, jadi kalau ditanya terkait penyaluran atau apapun bentuknya yang ada sangkut pautnya dengan PKH, kami tidak mengetahuinya " tuturnya.

Senada hal tersebut disampaikan Bhabinsa Japura Lor,  Serda Karyono
" Kami sangat mengharapkan adanya jalinan kerjasama dan informasi yang  baik, jangan sampai terjadi sesuatu yang kurang baik, karena tetap saja ujung-ujungnya bermuara pada pihak Pemdes, oleh karenanya kami sangat mengharapkan untuk mengedepankan komunikasi dan keterbukaan informasi publik, karena Masyarakat kita saat ini sudah sangat paham dan mengerti, apalagi di era Pandemi seperti sekarang ini " ujarnya. (1c)

0 $type={blogger}: