1 Sep 2020

Peringatan 1 Muharam 1442 H 60 Anak Yatim Dan Piatu Bakung Lor Dapat Santunan

Indomedianewsc – Peringati tahun baru Islam 1 muharram1442 H, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) BaiturahimDesa Bakung Lor, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Bakung Lorgelar acara santunan anak yatim piatu di Masjid Baiturahim, Sabtu,(29/8/2020).
Berserta Paguyuban Islam Bersatu Bakung Lor (PIBB),sekitar 79 donatur asal Bakung Lor memberikan santunan kepada 60 anak yatim dan piatu.
Kuwu Bakung Lor, H Watmamengatakan kegiatan tersebut menjadi agenda rutin yang setiap tahun di laksanakan pada 1 muharram.
“Kaitannya dengan peringatan 1 muharram ini menjadi tradisi kebiasaan para donatur di Desa Bakung Lor bahwa setiap  peringatan tahun baru Islam sudah menjadi rutinitas untuk melakukan kegiatan santunan kepada anak yatim piatu di Desa Bakung Lor,” ujarnya kepada media usai acara tersebut.
Menurutnya, acara formal tersebut di usung oleh DKM ,PIBB, dan Pemerintah Desa Bakung Lor yang mana sudah berlangsung selama 2 tahun, yang sebelumnya tidak dilakukan secara bersamaan di satu tempat.
“Kalau sekarang alhamdulillah semua para donatur dan penyumbang dana mereka berkumpul di satu titik sehingga pembagian dan teknis santunan anak yatim ini bisa berjalan dengan efektif,” paparnya.
Sementara itu, Ketua DKM Masjid Baiturahim, Abdul Hamid berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa peduliterhadap sesama manusia khususnya kepada para anak yatim dan piatu.
“Mudah-mudahan melalui kegiatan pada pagi hari ini bisa menumbuh kembangkan rasa peduli terhadap sesama, terutama wasiat dari Wali Songo yaitu ingsun titip tajuglan fakir miskin, sekiranya adik-adik yang bernasib menjadi anak yatim bisa di berdayakan, dan juga sedikit membantu mereka dalam hal perekonomian,” katanya.
Abdul menjelaskan, sebanyak 50donatur memberikan santunan kepada 60 anak yatim dan piatu melalui panitia.
“Itu dari donatur, sebenarnya kita tidak memberitahukan kemana-mana, tapi karena mungkin mereka sudah percaya ke kita dengan transparansi laporan keuangan sehingga tanpa dimintapun mereka datang sendiri mengasih uang cas ataupun transfer ke panitia,” terangnya.
Sementara, saat pelaksanaan pembagian santunan, sebanyak 29 donaturdatang menyusul  ikut serta memberikan santunan secara langsung.
“Kita juga tidak menyangka bahwa, pas hari H itu banyak donatur susulan yang ingin membantu berpartisipasi walaupun dana yang sudah kami kumpulkan itu kami rasa sudah cukup, dan oleh karena itu semoga bisa menambah kebahagiaan para anak yatim yang hadir pada siang hari ini,” pungksanya. (1a )

0 $type={blogger}: