10 Sep 2020

Pemdes Setupatok, Terakhir Dikunjungi Tim Monev Kecamatan Mundu.

indomedianewsc, - Dalam Mewujudkan Desa yang tertib dalam administrasi, Pemerintah Desa (Pemdes) Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, kedatangan Tim monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kecamatan setempat, Kamis (10/09/20).         

Dikatakan Kuwu Setupatok H. Jumadi melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Rudi, kegiatan Monev yang dilakukan oleh tim terkait, Kecamatan Mundu, menurutnya sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa, karena sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan kinerja kedepannya, sehingga dari hasil Monev tersebut akan dijadikan dasar pihaknya dalam membuat Laporan Pertanggungjawaban (SPJ) sesuai dengan peruntukannya.     "Dengan turun langsung ke desa sangat kami butuhkan, dengan demikian kami dapat memahami bagaimana pengeloloan Pemerintahan Desa yang baik dan benar sesuai aturan, sehingga dapat menekan kekeliruan atau kesalahan administrasi desa", ujar Rudi kepada Indomedianewsc       

Lebih Lanjut Rudi, menuturkan, kegiatan Monev ini, untuk lebih meningkatkan serta menguatkan kembali asas pengelolaan Keuangan Desa yang lebih efektif, efisien, dan akuntabel, agar dalam mengelola Dana Desa (DD), tepat sasaran dan bisa memberdayakan masyarakatnya guna menurunkan angka kemiskinan, dan tentunya membawa kemajuan bagi desa itu sendiri. 

Sementara Camat Mundu H. Anwar Sadat menyampaikan “ satu pekan kami melakukan road show untuk melakukan Monev, dan telah kami lakukan di 11 desa, dari 12 yang ada, dan Desa Setupatok merupakan desa yang terakhir dikunjungi Tim Monev Kecamatan” ujarnya Menurut Anwar, tujuannya Monev itu sendiri agar semua desa yang ada di wilayah Kecamatan mundu lebih tertib dalam administrasi, sesuai apa yang tertuang didalam peraturan Tentang pengelolaan Keuangan Desa, tidak lepas dari perencanaan yang baik, Selain itu tidak lepas dari persentase realisasi, pelaporan dan pertanggungjawaban. "Yang jelas pihak Kecamatan tidak akan memberikan rekomendasi bagi desa yang ada di Kecamatan Mundu, untuk mencairkan bantuan tahap berikutnya apabila Pemdes tidak tertib administrasi desa, jadi tertib dulu baru kami rekomendasikan" tegasnya. 

Selain itu diharapkan Pemdes melalui petugas penagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), untuk lebih intens melakukan penagihan, agar capaian hasil PBB lebih maksimal. dan itu sebagai penunjang pemabangunan dan kesejahteraan yang akan dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. 

“Sejauh ini apa yang telah kami lakukan di 12 desa, Dirinya bersyukur semua desa sudah baik dalam penyajian administrasi, namun harus lebih ditingkatkan kembali seperti kelengkapan penunjang dalam membuat laporan, Dirinya berharap ke depan usai Monev ini, Pemerintah Desa harus bisa melaksanakan dengan baik, serta menerapkan apa yang menjadi arahan ataupun tetap berpedoman dengan regulasi yang ada, pungkasnya (1e).

0 $type={blogger}: