8 Sep 2020

Pemdes Kertawinangun ajak Masyarakat Peduli Lingkungan


indomedianewsc, - Keseriusan Pemerintah Desa (Pemdes) Kertawinangun Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, dalam mewujudkan bersih sampah di di desanya, dengan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Kuwu Kertawingun Dedi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya masing-masing. Salah satunya, dengan tidak membuang sampah terutama plastik, maupun limbah usaha,  di sembarang tempat. Terlebih pada saluran sungai maupun di lahan kosong, karena dapat menyebabkan pencemaran.

Terlebih kondisi sungai/kali sipe sudah sangat memprihatinkan  dengan dipenuhi berbagai jenis sampah, dan tentunya mengeluarkan bau yang kurang sedap, untuk itu pihaknya dalam hal ini mengajak masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di sungai. karena dapat menyebabkan pencemaran,  bahkan dapat mengakibatkan banjir, serta menjadi sumber penyakit.

"Ini wujud nyata pihaknya dalam mendukung program kabupaten bersih sampah, dengan mensosialisasikan akan pentingnya menjaga lingkungan bersih," ujar Dedi kepada indomedianewsc, saat pemasangan spanduk larangan membuang sampah, Senin (07/09/20).

Lanjutnya, selain pemasangan spanduk larangan membuang sampah yang sudah dilakukannya dibeberapa titik yang disinyalir dijadikan tempat membuang sampah, pihaknya dalam hal ini sudah mengaktifkan program sampah yang diangkut melalui petugas di setiap RW nya.

" Hingga saat ini dari enam RW yang ada di Desa Kertawinangun, yang sudah melaksanakan program angkut sampah baru lima RW, berharap ke depan semua pihak ikut aktif dalam menjaga lingkungan bersih sampah," ungkapnya

Tidak mudah dalam menanggulangi lingkungan bebas sampah, dibutuhkan peran aktif semua pihak, baik pemerintah melalui dinas terkait, pemdes sebagai pelaksananya, dan tentunya masyarakat itu sendiri dengan menumbuhkan kesadaran dalam menjaga lingkungan tetap bersih.

Menurutnya  di tengah situasi pandemi COVID-19 mari kita menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sebagai bentuk peduli akan lingkungan dan tentunya untuk kesehatan masyarakatnya itu sendiri agar terhindar dari berbagai sumber penyakit, pungkas Dedi (1e)

0 $type={blogger}: