20 Sep 2020

Kabupaten Cirebon menjadi kabupaten pertama menerapkan pengobatan terapi plasma,

Indomedianewsc - Kabupaten Cirebon menjadi kabupaten pertama di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning), yang menerapkan pengobatan terapi plasma, untuk pasien terkonfirmasi positif covid 19. Penggunaan pengobatan metoder baru ini, disampaikan oleh Bupati Cirebon, Drs H Imron.M.Ag. Menurut Imron, saat ini terapi plasma sedang diberikan kepada dua pasien terkonfirmasi positif covid 19 di RSUD Waled Kabupaten Cirebon. Terapi plasma merupakan terapi dengan cara transfusi, dengan menggunakan plasma darah dari pasien yang pernah terkonfirmasi positif covid 19 dan sudah sembuh. adanya transfusi plasma ini, diharapkan nantinya, anti body dari pasien bisa lebih meningkat dan bisa melawan virus covid 19. “ Di Rumah Sakit Waled saat ini sudah menggunakan terapi plasma,” kata Imron.

Imron menyebutkan, bahwa penggunaan terapi plasma pada pengobatan pasien yang terkonfirmasi covid-19, merupakan salah satu bentuk ikhtiar dari Pemerintah Kabupaten Cirebon, untuk memberikan pengobatan yang maksimal kepada warganya. Selain masalah pengobatan, Pemkab Cirebon juga melakukan langkah lainnya dalam penanggulangan wabah covid-19. ia mengatakan, bahwa Pemkab Cirebon sudah melakukan uji swab kepada puluhan ribu warga. Langkah tersebut untuk mempercepat pemataan dan penanganan covid 19 di Kabupaten Cirebon.

Selain itu, pihaknya juga mendistribusikan jutaan masker kepada masyarakat, sebagai salah satu pencegahan penyebaran covid 19. “ kami sudah bagikan sekitar 2,5 juta masker untuk masyarakat,” kata Imron. Ketua IDI Kabupaten Cirebon, dr Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein mengatakan, untuk di wilayah 3 Cirebon, terapi plasma baru dilakukan di RSUD Waled Kabupaten Cirebon. Pihaknya memberikan terapi kepada dua pasien, yang terkonfirmasi positif covid 19 dalam skala berat dan sedang. Dalam terapi plasma ini, memang tidak diberikan kepada warga yang terkonfirmasi positif, namun tanpa gejala. Dalam prakteknya, pasien yang terkonfirmasi positif, akan mendapatkan transfusi plasma sebanyak 400 cc. Jumlah tersebut akan ditransfusikan dua kali dalam waktu yang berbeda. (2a )

0 $type={blogger}: