8 Sep 2020

Anggota TNI AD Harus Paham Hukum Pidana/Perdata Taati Aturan, Maka Aturan Akan Melindungi


Penyuluhan Hukum Kepada Anggota Militer bertempat
di Pendopo 76 Makodim

Indomedianewsc - Dalam era yang serba modern segala tatanan kehidupan didasarkan atas aturan hukum yang berlaku, sehingga pengetahuan tentang hukum sangat dibutuhkan agar tidak terjadi pelanggaran yang berujung pada proses pidana maupun perdata.

Sebagai anggota TNI, personil Kodim 0614/Kota Cirebon selain memahami hukum pidana dan perdata umum juga dituntut harus mengetahui Hukum Militer yang mengikat secara kedinasan. Dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait hukum, Kumdam III/Slw memberikan penyuluhan hukum kepada anggota Militer, PNS dan Persit Kodim 0614/Kota Cirebon yang digelar di Pendopo 76 Makodim. Selasa 08/09/2020

Dalam sambutanya mewakili Dandim 0614/Kota Cirebon, Kasdim Mayor Inf Tatang Basujata menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Kumdam yang berkenan memberikan pengarahan, selanjutnya
Kasdim berharap dengan arahan ini dapat menambah pengetahuan kepada anggota serta keluarganya dan  disampaikan juga kepada masyarakat di wilayah binaan khususnya permasalahan diluar kemiliteran.

Materi penyuluhan disampaikan langsung oleh Wakakumdam (Letkol Chk Suyatno, S.H.), salah satunya menekankan kepada anggota untuk  menggunakan media sosial secara tepat dan bijak dengan mematuhi ketentuan penggunaan media sosial bagi Prajurit TNI-AD diantaranya melaksanakan pengamanan personil, materiil, berita dan dokumen.

Permasalahan lain yang disampaikan terkait peran TNI-AD dalam melaksanakan penegakan disiplin Protokol Kesehatan di masa New Normal dengan dasar hukum Inpres no.06 tahun 2020 tanggal 13 April 2020.
"Sampaikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan secara persuasif dan humanis", pesan Wakakumdam.

Selain permasalahan diatas juga disampaikan beberapa materi seperti penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, permasalahan perzinahan, pornografi serta pelanggaran disiplin anggota. Dalam akhir penyampaianya Wakakumdam menekankan      "Taatilah peraturan maka peraturan itu akan melindungi kita “ tegasnya.   (2a )

0 $type={blogger}: