24 Agu 2020

Bertepatan 1 Muharam Bakung Kidul Gelar Ngunjung Buyut Ki Gede Surang,

indomedianewsc -. Pemerintah Desa Bakung Kidul Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon Bersama ribuan masyarakat menggelar pawai obor dan ngunjung buyut Ki Gede Surang dalam rangka memperingati Tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1442 H turut hadir dalam Acara tersebut camat Jamblang. Kamis (20/08).

Bambang Setiawan ST,  Kuwu Desa  Bakung kidul mengatakan. “ Kami bersama masyarakat mempringati tahun baru Islam dengan mengadakan pawai obor dan ngunjung buyut Ki gede Surang jadi bersama masyarakat desa Bakung kidul dan desa Bakung lor bersama-sama ngunjung buyut karena kebuyutannya sama buyut Bakung jadi kami bersama-sama menggelar acaranya tersebut.  Untuk acaranya sendiri sebelum acara puncaknya kami adakan berbagai acara seperti tausiyah. Nyekar buyut buat warga. Yasinan. Marhabanan. Kirab obor dan kembang api kemudian kami bersama masyarakat berjalan kaki dari balai desa menuju buyut Surang untuk tahlil Akbar dan dzikir bersama. Supaya dengan adanya tahun baru Hijriyah ini masyarakat Bakung kidul khususnya dan Bakung pada umumnya menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Ini adalah sudah kali ke 2 kami mengadakan acara ngunjung buyut ini dan insya Allah akan menjadi agenda rutin tahunan mudah-mudahan ini bisa terus diadakan secara rutin salah satunya semangat untuk  memperingati tahun baru Islam kemudian untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat dan juga antar penggerak-penggerak masyarakat. Alhamdulilah respon masyarakat sangat bagus terbukti dengan banyaknya masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami memberikan himbauan kepada masyarakat bagi yang ingin ikut acara ini untuk memakai masker karena sesuai protokol kesehatan “ ungkapnya.

Harapan Bambang. Dengan tahun baru Islam ini masyarakat Bakung kidul bisa semakin guyub kemudian kita juga bisa selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita dan dari sisi pemerintahan dan masyarakat bisa bahu-membahu untuk bisa mencapai Bakung kidul yang lebih baik lagi.

Sementara itu Sudarno.SE ketua BPD mengatakan. “  Kami sangat mendukung sekali dengan adanya acara tahun baru Hijriyah 1442 H ini saya atas nama ketua BPD mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Bakung kidul yang telah melestarikan budaya ngunjung buyut ini. Mungkin untuk kedepannya acara-acara seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin. Terutama untuk masyarakat,  supaya masyarakat guyub untuk mengenal tradisi-tradisi leluhur kita jangan sampai hilang tradisi seperti ini. “ ujarnya penuh harap  ( 1e )

0 $type={blogger}: