23 Nov 2018

Pengembangan Tanaman Pepaya Kalifornia Tingkatkan Perekonomian Petani Desa Tonjong

Pasaleman. SC – Banyak cara dalam meningkatkan Taraf Hidup Warga Pedesaan, khususnya Petani Desa yang bergerak bukan hanya berpatok pada Lahan Pertanian jenis padi maupun Tebu. Hal tersebut diterapkan Pemerintahan Desa Tonjong, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, bekerja sama dengan Pihak Perhutani setempat.
Kemajuan dan perubahan Petani Desa, disampaikan Kuwu Desa Tonjong, Yuherna, melalui Kaur Perogram Desa Tonjong,Komarudin, kepada Suara Cirebon, Rabu, 21/11/2018. Dirinya merasa bangga dengan adanya keseriusan para petani yang mengolah tanah menjadi lahan produktif dengan melakukan penanaman Pepaya jenis Kalifornia “ saat ini petani Desa kami yang berjumlah kurang lebih 150 dan terbagi dalam 6 Kelompok Tani, melakukan kerjasama dengan pihak Perhutani dalam melakukan penanaman Buah Pepaya Kalifornia. Dan hal ini tentunya sangat menguntungkan para petani yang sebelumnya hanya mengandalkan pada penanaman tebu “ ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bahwa Kerjasama dengan pihak perhutani mendapat sambutan baik dari seluruh Warga. Karena selama ini pihak Perhutani hanya melakukan penanaman pohon kayu putih “ selama ini banyak lahan kosong yang tidak digunakan oleh pihak Perhutani, karena penanaman Pohon Kayu Putih tersebut berjarak 8 meter dari pohon satu kepohon lainnya, kekosongan lahan tersebut akhirnya digunakan petani untuk menanam buah papaya Kalifornia, dan hasilnya ternyata sangat menjanjikan, karena dalam setiap panen, satu pohon menghasilkan Pepaya sebanyak 25 Kg. dan saat ini tanah yang digarap petani Pepaya Kalifornia seluas kurang lebih 300 Hektar, semoga keberadaan Pepaya Kalifornia yang terkenal Manis dan awet ini semakin diminati oleh seluruh kalangan dan berdampak pada peningkatan taraf perekonomian Warga Desa Tonjong “ pungkas Komarudin.  ( Boim ) 

0 $type={blogger}: