8 Jun 2017

Tol Kanci-Pejagan Maksimalkan persiapan arus Mudik Lebaran





Cirebon- Indomedia . Pihak tol Kanci Pejagan terus lakukan pembenahan jelang arus mudik 2017. Kali ini, menyediakan 10 pintu keluar darurat di sekitar pintu keluar Brebes, Jawa Tengah.
Menurut Kepala Seksi Pelayanan Lalulintas Tol Kanci-Pejangan, Dudung A.Ridwan, disediakannya 10 pintu keluar darurat bagi kendaraan yang berada di ruas jalan tol ini sebagai upaya pencegahan terjadinya penumpukan kendaraan di pintu keluar Brebes, Jawa Tengah. Selain itu, jalanan juga sudah layak dilalui kendaraan pemudik. "Tentunya kejadian tahun lalu, menjadi pelajaran bagi kami untuk melakukan langkah antisipasi membludaknya kendaraan di pintu keluar Brebes," ungkap Dudung saat ditemui diruang kerjanya.
Pria yang juga menjabat kepala ruas Kanci-Brebes Timur ini menjelaskan, kendaraan besar yang melalui tol Kanci-Pejagan ini akan keluar melalui pintu keluar Brebes dan masuk jalur Pantura. Sedangkan, kendaraan kecil atau sejenisnya, dapat melanjutkan perjalanan ke pintu keluar Semarang, sesuai tujuan pemudik. Sehingga, dapat meminimalisir kepadatan kendaraan di ruas tol. "Dalam keadaan darurat, kami juga menyediakan rest area (tempat istirahat,red) dan pintu keluar darurat di Ciledug, Kabupaten Cirebon. Hal ini bertujuan, supaya kendaraan dapat keluar dari kepadatan di pintu keluar Brebes maupun pintu keluar Semarang," jelasnya.
Ketika ditanya apakah rambu lalulintas sudah terpasang di sepanjang jalan tol tersebut, Dudung menjawab, H-10 ditargetkan terpasang. "Secara bertahap kami lakukan pemasangan rambu di sepanjang jalan tol ini. Karena dengan rambu tersebut, pengemudi dapat mengetahui kondisi jalanan yang dilalui. Kami targetkan, H-10 terpasang seluruhnya. Disamping itu, kami juga menyediakan tenaga medis di rest area dan bekerja sama dengan Pertamina untuk penyediaan bahan bakar, bagi kendaraan yang mudik,namun pertamina mini" katanya.
Dirinya juga menghimbau pada pengemudi untuk mematuhi rambu yang terpasang dan waspada saat mengendarai. Karena perjalanan yang jauh, tentunya menguras tenaga yang tidak sedikit. Maka, istirahat di tempat yang disediakan (rest area). "Periksa kendaraan sebelum masuk jalan tol dan pastikan stamina dalam kondisi prima, karena tidak sedikit kecelakaan terjadi karena faktor kelelahan dan mengantuk. Lebih baik perbanyak istirahat, agar kondisi badan tetap fit," pungkas Dudung.  ( Ags )

0 $type={blogger}: