22 Feb 2017

Forum Kabupaten Bandung Sehat DInilai Mampu Ciptakan Kualitas Lingkungan



Bandung - Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Barat dan Kabupaten Bandung mendukung Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS) pada tahun 2017. PMI menilai FKBS dinilai dapat menciptakan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya dan mengembangkan ekonomi masyarakat.

"PMI siap mendukung FKBS tahun ini sebagai mitra pemerintah daerah. FKBS dinilai dapat membantu menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, budaya dan mengembangkan ekonomi masyarakat. Dan kami siap mengabdi,” kata Sekertaris PMI Jabar Kombes Pol. Purn Ruhanda, disela acara Penutupan Bulan Dana dan Musyawarah Kerja PMI 2017 di Gedung Korpri Soreang, Selasa (21/2/2017).

Ruhanda mengatakan, dukungan PMI kepada FKBS bisa mempersuasif masyarakat akan terciptanya Kabupaten Bandng sehat, bahkan menurutnya capaian bulan dana PMI untuk tahun 2017 bisa meningkat.

"Saya harap dukungan ini selain berdampak positif bagi terwujudnya Kabupaten Bandung Sehat, juga bisa meningkatkan capaian bulan dana PMI tahun ini,”ujarnya.

Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Bandung Kurnia Dadang Naser menambahkan, kesiapannya kembali untuk menjadi ketua pada 2017. Dia berharap ke depannya ada output yang lebih jelas dalam pemanfaatan hasil bulan dana ini, khususnya untuk gerakan kemanusiaan yang lebih luas. Pemanfaatan bulan dana ini pada gerakan kemanusiaan. Dari 31 kecamatan 16 diantaranya berpotensi bencana.

"Sehingga, salah satu kegiatan PMI itu selain penanggulangan bencana,yakni ikut mengembangkan bagaimana masyarakat itu peduli terhadap lingkungan sebagai upaya prefentif terjadinya bencana,” ujar Nia.

Program FKBS tahun ini, lanjut Nia, berdasarkan kawasan dan permasalahan khusus akan dulakukan 4 tatanan, yakni kawasan pemukiman sarana prasarana umum, pariwisata sehat, ketahanan pangandan gizi juga kawasan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri.

“Hal inilah yang akan menjadi tanggung jawab sekaligus menjadi tantangan bagi para pengurus PMI, sebagai dukungan dalam menunjukan pengabdian pada masyarakat melalui 4 tatanan tadi,”katanya.

Nia melanjutkan, PMI Kabupaten Bandung telah bekerja keras dalam rangka pencapaian target bulan dana PMI tahun 2016. Seluruh jajaran PMI dengan dukungan semua pihak, memperoleh kenaikan capaian dana setiap tahunnya.

"Capaian bulan dana PMI mengalamai kenaikan setiap tahunnya. Pada 2015 tercatat sebesar Rp.1.369.083.000, terkumpul, kemudian pada 2016 dana terkumpul Rp.1.525.918.000, dari target 1,5 M,"ujarnya.

Nia melanjutkan, transparansi penggunaan bulan dana tentu saja harus juga diketahui. Pada penyerapan bulan dana 2016 ini, beberapa gerakan kemanusian yang dilakukan PMI diantaranya penanggulangan bencana banjir, longsor, puting beliung dan kebakaran.

“Dana yang dikumpulkan, digunakan untuk pelayanan sosial kesehatan masyarakat yakni siaga ambulans 24 jam di posko Markas, siaga PP Ambulans pada saat Hari Raya Idul Fitri dan Tahun baru, siaga PP dan kegiatan-kegiatan lainnya,” katanya.  ( Rangga/By Jek )

0 $type={blogger}: